Connect with us

Breaking News

Tol Jakarta – Cikampek II (Elevated) Secara Resmi Menjadi JALAN LAYANG MBZ Sheikh MOHAMED BIN ZAYED

Published

on

Bisniscorner.com – Pemerintah Indonesia menetapkan nama Sheikh MOHAMED BIN ZAYED (MBZ) sebagai nama Jalan Layang untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated). Peresmian penamaan jalan layang terpanjang di Indonesia ini dilakukan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Senin (12/4/2021) di lokasi akses masuk Jalan Layang Tol Arah Cikampek Km 10 A Jakarta – Cikampek.

Peresmian perubahan nama jalan layang tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam sambutannya mengatakan, latar belakang pemberian nama JALAN LAYANG MBZ Sheikh MOHAMED BIN ZAYED adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah menjalin hubungan diplomatik di bidang sosial dan budaya dan ekonomi selama 45 tahun dengan Indonesia. Di bidang ekonomi UEA merupakan salah satu negera dengan investasi terbesar di Indonesia khususnya di bidang infrastruktur. Sebelumnya nama Presiden Joko Widodo juga telah dicanangkan sebagai nama salah satu jalan tol strategis di negara penghasil minyak tersebut.

“Perlu kami sampaikan juga sebelumnya nama jalan Presiden Joko Widodo juga telah dicanangkan di Abu Dhabi pada sebuah jalan yang strategis antara Abu Dhabi National Exhibition Center menuju ke arah kompleks kedutaan. Ini juga merupakan sebuah penghormatan pada bangsa Indonesia yang diberikan oleh pemerintah UEA khususnya Sheikh Mohamed Bin Zayed. Jadi, itulah latar belakang dari perubahan nama ini,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian dalam laporannya mengatakan, perubahan nama ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR nomor 417 KPTSM tanggal 8 April 2021 lalu. Dimana keputusan tersebut menetapkan nama jalan tol Jakarta Cikampek II Elevated menjadi JALAN LAYANG MBZ Sheikh MOHAMED BIN ZAYED. “Dengan diresmikannya nama jalan ini semoga dapat meningkatkan kerjasama dan hubungan diplomatika antara Indonesia dan UEA,” jelasnya.

Menurut Hedy, jalan tol Jakarta Cikampek II elevated ini memiliki panjang 36,4 kilometer, di mana konstruksinya dikerjakan sejak awal 2017 dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Desember 2019 lalu. “Dengan kepadatan lalu lintas sebesar 200 ribu kendaraan per hari, jalur ini merupakan urat nadi perekonomian Indonesia dan berada di kawasan industri dan permukiman yang berkembang pesat di timur Jakarta,” ungkapnya.

Sementara, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid Aldaheri menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia. Kerja sama antara Indonesia dan UEA mulai menuju perubahan dari kerja sama konvensional di bidang minyak, gas, dan pelabuhan menuju kerja sama di bidang baru seperti pendidikan, kesehatan, investasi, agrikultur, ritel, dan sebagainya,” kami sangat bangga dan senang mendapatkan kesempatan ini, kami mengapresiasi Indonesia dan juga hubungan dua negara secara positif,” terangnya.

Jalan Tol Jakarta – Cikampek II (Elevated) merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang panjang dari wilayah Junction Cikunir hingga Karawang Barat dan melintasi beberapa bangunan perlintasan eksisting berupa Overpass, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), atau Simpang Susun pada Jalan Tol Jakarta – Cikampek eksisting. Sehingga pada konstruksinya telah dilakukan penyesuaian berupa peninggian elevasi struktur elevated dengan tetap memperhatikan kualitas pemenuhan ketentuan dan persyaratan teknis yang berlaku.

Jalan Tol Japek II Elevated yang telah beroperasi tersebut telah menjadi salah satu solusi kemacetan yang sering terjadi di ruas vital tersebut. Ruas tol Japek II Elevated merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia dan menjadi jalan tol bertingkat (double decker motorway) yang pertama di Indonesia karena dibangun di atas Jalan tol Jakarta-Cikampek. Adapun tujuan dibangunnya jalan tol ini adalah untuk memisahkan pergerakan komuter jarak pendek Jakarta-Bekasi-Cikarang (lajur kolektor/eksisting) dengan pergerakan jarak jauh tujuan Cirebon, Bandung, Semarang, dan Surabaya (lajur ekspres/layang), khususnya golongan I non-bus.

Pembangunan Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (Kerjasama Operasi). Pengusahaannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) yang merupakan anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan nilai investasi sebesar Rp. 16.2 Triliun.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, Pejabat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama Anita Firmanti, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan Semihardjo, Kepala BPJT Danang Parikesit, Sekretaris BPJT Triono Junoasmono,  Kepala Biro Komunikasi Publik Krisno Yuwono. (Rls)

Breaking News

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Polda Banten Gelar Patroli ke Anyer

Published

on

Bisniscorner.com – Untuk memastikan jalur wisata aman dan lancar serta mencegah  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Banten, Polda Banten gelar patroli sepeda motor  ke tempat wisata, Sabtu (15/05/2021).

Patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto dan didampingi oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari serta diikuti oleh para PJU Polda Banten ini menggunakan kendaraan R2 dengan rute Mapolda Banten – Pos Pam Simpang JLS – Pos Pam Mandalika – Pos Pam Mercusuar – Pos Pam Teneng – Pos Pam Carita.

Kendaraan yang digunakan oleh Kapolda dan rombongan Nmax 8 unit, BMW 2 unit, FJ Yamaha 4 unit, Yamaha JT 1 unit, Honda 750 cc 1, dan 1 Trail KLX .

Sebelum berangkat, seluruh rombongan mendapatkan arahan dari Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo tentang kamseltiblancar.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolda dan rombongan  meninjau beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan di Hotel Mandalika, Mercusuar dan Cinangka Anyer.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan bahwa patroli yang dilaksanakan kali ini untuk melihat secara langsung kondisi arus lalu lintas di lokasi wisata.

“Ya, saya hari ini bersama PJU Polda Banten melakukan patroli untuk melihat secara langsung kondisi arus lalu lintas di lokasi wisata pantai Anyer dan Carita,” kata Rudy Heriyanto.

Kapolda juga mengatakan bahwa dirinya ingin melihat secara langsung pelaksanaan pengamanan personel Polda Banten yang ada di pos-pos pengamanan yang ada sepanjang jalur menuju wisata pantai Anyer. Karena wisata menjadi solusi buat masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga.

Dan Banten ini memiliki karakteristik wisata pantai yang sangat panjang sehingga banyak menjadi tujuan wisatawan. Apalagi Banten ini sangat dekat dengan Jakarta, sehingga bisa menjadi solusi bagi masyarakat di luar Banten untuk berwisata kesini

Kapolda juga menegaskan bahwa yang bisa berwisata ke Banten hanya masyarakat Banten sendiri.

“Dengan adanya pemberlakuan penyekatan, masyarakat dari Jakarta atau luar daerah Banten tidak boleh berwisata kesini. Kita hanya mengamankan untuk wisata lokal saja,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan guna mengantisipasi masyarakat luar Banten untuk berwisata ke Banten, Polda Banten menyiapkan 8 Pos Penyekatan.

“Berdasarkan surat edaran dari ketua Satgas Covid-19 nasional dan Menteri Perhubungan bahwa untuk lokasi wisata yang tetap dibuka hanya diperuntukkan bagi wisatawan lokal dan ini masih diberlakukan. Sehingga kami menghimbau kepada seluruh masyarakat tetap berlebaran di rumah saja tidak meninggalkan daerahnya untuk ke daerah yang lain. Kalau pun berwisata, silahkan wisata lokal daerah masing-masing. Dimana tujuannya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Edy Sumardi.

“Dan mengantisipasi masyarakat yang dari luar Banten untuk berwisata kesini, kita menyiapkan 8 titik pos pelayanan dan penyekatan diantaranya di Anyer, Carita, Labuan, Citorek, Tanjung Lesung, Bagedur, Sawarna, Ujung Kulon. Dimana tujuannya untuk melakukan filterisasi, mengecek apabila ada masyarakat yang dari luar daerah masih membandel ingin masuk ke daerah kita, maka secara otomatis akan  akan kita putar balik. Karena ini sudah aturan yang harus kita tegakkan bersama-sama,” tutup Edy Sumardi. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Cilegon Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Published

on

Bisniscorner.com – Cegah penyebaran virus covid 19 Sat Binmas Polres Cilegon Polda Banten berikan Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pantai wisata Anyar dan Cinangka,Jum’at 14-5-2021

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono SIk.SH melalui Kasat Binmas AKP Yudi Permana SH pada saat di wawancarai bahwa sat Binmas Polres Cilegon telah memberikan idukasi himbauan serta melaksanakan koordinasi kepada pengelola pantai serta hotel hotel atau penginapan yang ada di kawasan wisata Anyar dan Cinangka dan menegaskan bahwa pengelola pantai atau hotel serta penginapan harus mempersiapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat untuk mencuci tangan, sabun dan handsanitizer serta masker untuk para pengunjung yang akan masuki wilayah pantai, hotel serta penginapan yang ada di wilayah Anyer dan Cinangka.

Yudi menjelaskan, pantai yang hari ini disambangi dan diberikan imbauan adalah Pantai Tanjung Tum Anyar, Pantai 121 Anyar, Pantai Sambolo 2 Anyar dan Pantai Pasir Putih Karang Meong Cinagka dan P antai Cibereum Cinangka. dalam kegiatan tersebut saya di dampingi oleh IPTU Agung Sudirman SH, IPTU Agus Supardi serta AIPDA Erwan Maulana,” ujarnya

Dalam tempat yang sama IPTU Agung Sudirman SH selaku Kanit Bintibmas  memberika imbauan kepada para pengunjung pantai tentang Protokol Kesehatan Covid -19 didalam melaksanakan kegiatan himbauan dipantai para pengunjung harus, memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dilanjutkan dengan  pembagian masker kepada pengunjung pantai yang tidak memakai masker demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kawasan wisata anyar dan Cinangka. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Polres Cilegon Gelar Apel Pengamanan Jalur Wisata

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Maung 2021, Polres Cilegon Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, di Mercusuar Anyar, Jum’at, 14/5/2021.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, S.ik, S.H mengatakan Bahwa hari ini Polres Cilegon bersama Polda Banten melaksanakan apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, dipimpin oleh Wakapolda Banten Brigjend Pol. Drs. ERY NURSATARI, M.H. juga dihadiri, Irwasda Polda Banten KBP ADY SOESENO, S.I.K., M.H., Karo Ops  Polda Banten KBP AMILUDIN ROEMTAAT, S.I.K., Karo SDM  Polda Banten KBP ARIF FAJARUDIN, S.I.K., M.M., PJU Polda Banten dan Polres Cilegon.

Adapun Peserta apel, 1 pleton Brimob, 1 pleton Pol Airud Polda Banten, 2 pleton Lantas Polda Banten, 2 pleton Samapta Polda Banten, 1 pleton Lantas Polres Cilegon, 1 pleton Dokkes, Dishub Kab. Serang dan Pers yang terlibat Ops Ketupat Maung tahun 2021 Polres Cilegon. Ujar AKBP Sigit

Saya ucapkan Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin 1442 H., Saya harapkan Personel Polres Cilegon dalam pelaksanaan tugas arus wisata ini, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Tambah AKBP Sigit

“Untuk Pospam 5 Ciwandan Polres Cilegon diharapkan menjadi gerbang filterisasi kendaraan apabila keadaan tempat wisata dalam keadaan penuh (lebih dari 50% dari kapasitas). Laksanakan himbauan terkait protokol kesehatan dan pembagian masker kepada pengunjung wisata dan Jangan lupa berdoa kepada sang maha kuasa Allah SWT,” tutup AKBP Sigit. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News3 jam ago

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Polda Banten Gelar Patroli ke Anyer

Bisniscorner.com – Untuk memastikan jalur wisata aman dan lancar serta mencegah  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah...

Breaking News10 jam ago

Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Cilegon Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Bisniscorner.com – Cegah penyebaran virus covid 19 Sat Binmas Polres Cilegon Polda Banten berikan Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pantai...

Breaking News10 jam ago

Polres Cilegon Gelar Apel Pengamanan Jalur Wisata

Bisniscorner.com – Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Maung 2021, Polres Cilegon Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, di...

Breaking News10 jam ago

453 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten saat Hari Raya Idul Fitri

Bisniscorner.com – Sebanyak 453 kendaraan yang nekat melakukan mudik lebaran pada hari Kedelapan diputarbalikkan oleh Polda Banten dalam Operasi Ketupat...

Breaking News1 hari ago

DFSK Gelora E Dukung Program Pemerintah di Sektor Pariwisata

Bisniscorner.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor utama yang sedang dimaksimalkan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia...

Breaking News1 hari ago

Kelancaran Program Vaksinasi Diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land terus berupaya membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya melalui pengadaan sentra...

Trending