Connect with us

Breaking News

Bendungan Sukamahi Bogor, Infrastruktur Pengendali Banjir Jakarta Sekaligus Taman Ekowisata

Published

on

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan konsep Ecotourism Park atau Taman Ekowisata dengan memanfaatkan kawasan konservasi pada Bendungan Sukamahi, di Kabupaten Bogor. Pembangunan bendungan nantinya tidak hanya sebagai bagian dari rencana induk (master plan) pengendalian banjir Ibu Kota Jakarta, tetapi juga pengembangan ekowisata kawasan Puncak Bogor dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan mengedepankan perlindungan ekosistem.

“Tujuan utama konsep ini adalah mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan dengan mengembangkan potensi yang ada dengan cara yang berkelanjutan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Konsep Taman Ekowisata Bendungan Sukamahi akan memanfaatkan kawasan terpadu pada bendungan itu sendiri seperti konservasi alam pada area sabuk hijau atau greenbelt dikembangkan menjadi forest conservation park atau hutan konservasi yang mempunyai fungsi utama untuk menjaga kelestarian dan keberlangsungan tumbuhan khas setempat, seperti pohon Suren dan Damar.

Pada kawasan ini juga akan dilengkapi fasilitas garden in the forest, trail/track, rest area, dek wisata, toilet, signage dan pusat informasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata, seperti outdoor recreation, bushwalking, jogging, cycling, horse riding, bird watching, dan sebagainya.

Pengembangan ekowisata Bendungan Sukamahi akan memanfaatkan badan air bendungan menjadi natural river valley basin. Bendungan Sukamahi berfungsi sebagai pengendali banjir dengan menerapkan konsep bendungan kering/dry dam, sehingga pada saat awal musim hujan, elevasi muka air waduk diatur berada pada elevasi yang rendah/kosong dan saat terjadi hujan debit air dapat diteruskan langsung ke hilir.

Manfaat bendungan kering dapat dikembangkan menjadi area penampungan air pada saat hujan dan area lansekap pada saat kering. Lansekap yang dikembangkan dapat berupa tanaman yang memiliki toleransi terhadap genangan dan mampu self generated atau trubus misalnya tanaman Datura.

Untuk kawasan konservasi pada aliran Sungai Ciliwung dari bagian hulu Bendungan Sukamahi hingga hilir dikembangkan menjadi natural creek. Area genangan atau pasang surut bagian hulu Sungai Ciliwung dengan pemandangan ekosistem alami sungai dapat sebagai wisata river valley. Selanjutnya aliran sungai anak Ciliwung berupa hutan lansekap pada bantaran sungai dapat manfaatkan untuk kegiatan wisata susur sungai.

Bendungan Sukamahi memiliki volume tampung sebesar 1,68 juta m3 dan luas area genangan 5,23 hektar.

Pembangunan bendungan ini sudah direncanakan sejak tahun 1990-an dan mulai dibangun tahun 2017 dengan progres konstruksi hingga 9 April 2021 mencapai 71,21%. Pekerjaan berjalan kini meliputi struktur beton pada bangunan pelimpah (clearing dan pengecoran), timbunan pada bendungan utama, pekerjaan hidromekanikal, dan kelengkapan fasilitas umum. 

Bendungan kering Sukamahi merupakan yang pertama kalinya dibangun di Indonesia dengan kontrak senilai Rp 447,39 miliar, ditandatangani pada 20 Desember 2016 dengan kotraktor PT. Wijaya Karya-Basuki KSO. Bendungan ini bukan untuk keperluan irigasi atau air baku, namun untuk meningkatkan kapasitas pengendalian banjir.

Taman Ekowisata Bendungan Sukamahi juga dapat dikembangkan sebagai pusat budidaya tanaman hydrophonik dan aquaphonic sekaligus menjadi tempat wisata edukasi dengan suasana alam yang indah (suhu udara sejuk dengan panorama Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Salak). Pengembangan jalan wisata/jalur akses rekreasi (kendaraan bermotor, pejalan kaki dan pesepeda) dengan memanfaatkan jalan operasi Bendungan Sukamahi yang terhubung dengan spot-spot view/pemandangan terbaik atau terhubung dengan Dam Recreation Circle Drive. (Rls)

Breaking News

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Polda Banten Gelar Patroli ke Anyer

Published

on

Bisniscorner.com – Untuk memastikan jalur wisata aman dan lancar serta mencegah  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Banten, Polda Banten gelar patroli sepeda motor  ke tempat wisata, Sabtu (15/05/2021).

Patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto dan didampingi oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari serta diikuti oleh para PJU Polda Banten ini menggunakan kendaraan R2 dengan rute Mapolda Banten – Pos Pam Simpang JLS – Pos Pam Mandalika – Pos Pam Mercusuar – Pos Pam Teneng – Pos Pam Carita.

Kendaraan yang digunakan oleh Kapolda dan rombongan Nmax 8 unit, BMW 2 unit, FJ Yamaha 4 unit, Yamaha JT 1 unit, Honda 750 cc 1, dan 1 Trail KLX .

Sebelum berangkat, seluruh rombongan mendapatkan arahan dari Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo tentang kamseltiblancar.

Dalam kesempatan ini juga, Kapolda dan rombongan  meninjau beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan di Hotel Mandalika, Mercusuar dan Cinangka Anyer.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan bahwa patroli yang dilaksanakan kali ini untuk melihat secara langsung kondisi arus lalu lintas di lokasi wisata.

“Ya, saya hari ini bersama PJU Polda Banten melakukan patroli untuk melihat secara langsung kondisi arus lalu lintas di lokasi wisata pantai Anyer dan Carita,” kata Rudy Heriyanto.

Kapolda juga mengatakan bahwa dirinya ingin melihat secara langsung pelaksanaan pengamanan personel Polda Banten yang ada di pos-pos pengamanan yang ada sepanjang jalur menuju wisata pantai Anyer. Karena wisata menjadi solusi buat masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga.

Dan Banten ini memiliki karakteristik wisata pantai yang sangat panjang sehingga banyak menjadi tujuan wisatawan. Apalagi Banten ini sangat dekat dengan Jakarta, sehingga bisa menjadi solusi bagi masyarakat di luar Banten untuk berwisata kesini

Kapolda juga menegaskan bahwa yang bisa berwisata ke Banten hanya masyarakat Banten sendiri.

“Dengan adanya pemberlakuan penyekatan, masyarakat dari Jakarta atau luar daerah Banten tidak boleh berwisata kesini. Kita hanya mengamankan untuk wisata lokal saja,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan guna mengantisipasi masyarakat luar Banten untuk berwisata ke Banten, Polda Banten menyiapkan 8 Pos Penyekatan.

“Berdasarkan surat edaran dari ketua Satgas Covid-19 nasional dan Menteri Perhubungan bahwa untuk lokasi wisata yang tetap dibuka hanya diperuntukkan bagi wisatawan lokal dan ini masih diberlakukan. Sehingga kami menghimbau kepada seluruh masyarakat tetap berlebaran di rumah saja tidak meninggalkan daerahnya untuk ke daerah yang lain. Kalau pun berwisata, silahkan wisata lokal daerah masing-masing. Dimana tujuannya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Edy Sumardi.

“Dan mengantisipasi masyarakat yang dari luar Banten untuk berwisata kesini, kita menyiapkan 8 titik pos pelayanan dan penyekatan diantaranya di Anyer, Carita, Labuan, Citorek, Tanjung Lesung, Bagedur, Sawarna, Ujung Kulon. Dimana tujuannya untuk melakukan filterisasi, mengecek apabila ada masyarakat yang dari luar daerah masih membandel ingin masuk ke daerah kita, maka secara otomatis akan  akan kita putar balik. Karena ini sudah aturan yang harus kita tegakkan bersama-sama,” tutup Edy Sumardi. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Cilegon Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Published

on

Bisniscorner.com – Cegah penyebaran virus covid 19 Sat Binmas Polres Cilegon Polda Banten berikan Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pantai wisata Anyar dan Cinangka,Jum’at 14-5-2021

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono SIk.SH melalui Kasat Binmas AKP Yudi Permana SH pada saat di wawancarai bahwa sat Binmas Polres Cilegon telah memberikan idukasi himbauan serta melaksanakan koordinasi kepada pengelola pantai serta hotel hotel atau penginapan yang ada di kawasan wisata Anyar dan Cinangka dan menegaskan bahwa pengelola pantai atau hotel serta penginapan harus mempersiapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat untuk mencuci tangan, sabun dan handsanitizer serta masker untuk para pengunjung yang akan masuki wilayah pantai, hotel serta penginapan yang ada di wilayah Anyer dan Cinangka.

Yudi menjelaskan, pantai yang hari ini disambangi dan diberikan imbauan adalah Pantai Tanjung Tum Anyar, Pantai 121 Anyar, Pantai Sambolo 2 Anyar dan Pantai Pasir Putih Karang Meong Cinagka dan P antai Cibereum Cinangka. dalam kegiatan tersebut saya di dampingi oleh IPTU Agung Sudirman SH, IPTU Agus Supardi serta AIPDA Erwan Maulana,” ujarnya

Dalam tempat yang sama IPTU Agung Sudirman SH selaku Kanit Bintibmas  memberika imbauan kepada para pengunjung pantai tentang Protokol Kesehatan Covid -19 didalam melaksanakan kegiatan himbauan dipantai para pengunjung harus, memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dilanjutkan dengan  pembagian masker kepada pengunjung pantai yang tidak memakai masker demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kawasan wisata anyar dan Cinangka. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Polres Cilegon Gelar Apel Pengamanan Jalur Wisata

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Maung 2021, Polres Cilegon Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, di Mercusuar Anyar, Jum’at, 14/5/2021.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, S.ik, S.H mengatakan Bahwa hari ini Polres Cilegon bersama Polda Banten melaksanakan apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, dipimpin oleh Wakapolda Banten Brigjend Pol. Drs. ERY NURSATARI, M.H. juga dihadiri, Irwasda Polda Banten KBP ADY SOESENO, S.I.K., M.H., Karo Ops  Polda Banten KBP AMILUDIN ROEMTAAT, S.I.K., Karo SDM  Polda Banten KBP ARIF FAJARUDIN, S.I.K., M.M., PJU Polda Banten dan Polres Cilegon.

Adapun Peserta apel, 1 pleton Brimob, 1 pleton Pol Airud Polda Banten, 2 pleton Lantas Polda Banten, 2 pleton Samapta Polda Banten, 1 pleton Lantas Polres Cilegon, 1 pleton Dokkes, Dishub Kab. Serang dan Pers yang terlibat Ops Ketupat Maung tahun 2021 Polres Cilegon. Ujar AKBP Sigit

Saya ucapkan Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin 1442 H., Saya harapkan Personel Polres Cilegon dalam pelaksanaan tugas arus wisata ini, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Tambah AKBP Sigit

“Untuk Pospam 5 Ciwandan Polres Cilegon diharapkan menjadi gerbang filterisasi kendaraan apabila keadaan tempat wisata dalam keadaan penuh (lebih dari 50% dari kapasitas). Laksanakan himbauan terkait protokol kesehatan dan pembagian masker kepada pengunjung wisata dan Jangan lupa berdoa kepada sang maha kuasa Allah SWT,” tutup AKBP Sigit. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Polda Banten Gelar Patroli ke Anyer

Bisniscorner.com – Untuk memastikan jalur wisata aman dan lancar serta mencegah  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah...

Breaking News10 jam ago

Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Cilegon Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Bisniscorner.com – Cegah penyebaran virus covid 19 Sat Binmas Polres Cilegon Polda Banten berikan Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pantai...

Breaking News10 jam ago

Polres Cilegon Gelar Apel Pengamanan Jalur Wisata

Bisniscorner.com – Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Maung 2021, Polres Cilegon Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, di...

Breaking News10 jam ago

453 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten saat Hari Raya Idul Fitri

Bisniscorner.com – Sebanyak 453 kendaraan yang nekat melakukan mudik lebaran pada hari Kedelapan diputarbalikkan oleh Polda Banten dalam Operasi Ketupat...

Breaking News1 hari ago

DFSK Gelora E Dukung Program Pemerintah di Sektor Pariwisata

Bisniscorner.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor utama yang sedang dimaksimalkan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia...

Breaking News1 hari ago

Kelancaran Program Vaksinasi Diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land terus berupaya membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya melalui pengadaan sentra...

Trending