Connect with us

Gaya Hidup

Olahraga dan Saraf Terjepit

Published

on

Bisniscorner.com – Saraf terjepit atau HNP (Hernia Nucleus Pulposus) adalah kondisi dimana terjadi penekanan pada saraf. Saraf kejepit bisa terjadi di area pinggang (Lumbal) dan leher (Cervical). Banyak masyarakat yang salah mengartikan saraf kejepit.

Seseorang dikatakan saraf kejepit apabila merasakan gejala, salah satu dari tiga komponen di bawah ini, seperti:

1. Komponen sensorik (rasa), misalnya kesemutan, baal yang terasa di tangan atau kaki.

2. Komponen motorik (gerakan), misalnya jika sudah mendapati kelemahan anggota gerak.

3. Komponen otonom, misalnya gangguan buang air kecil, dan buang air besar.

“Beragam faktor menjadi penyebab terjadinya saraf kejepit. Faktor genetik dan usia memang tidak bisa dihindari dalam kasus ini. Contohnya saja pada usia produktif (25-40 tahun) dimana banyak sekali keluhan di daerah pinggang. Saat ini nyeri di bagian pinggang tidak hanya dialami oleh orang lanjut usia, tapi juga pekerja muda yang sering menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer selama berjam-jam,” terang dr. Harmantya Mahadhipta, Sp.OT (K) Spine – Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi, Konsultan Tulang Punggung Eka Hospital BSD.

Oleh karena itu penting untuk selalu melakukan peregangan ringan saat di kantor, disarankan setiap 30-40 menit kita harus berdiri. Kemudian pada usia di atas 40 tahun juga tak dipungkiri dengan keluhan tulang keropos dan pengapuran sendi serta osteoporosis dan lainnya. Namun ada faktor risiko yang bisa kita rubah, yaitu yang berkaitan dengan aktivitas. Misalnya dengan melakukan olahraga low impact, contohnya jalan cepat, berenang, golf, senam.

Dijelaskan oleh dr. Harmantya, kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor risiko pada saraf kejepit. Merokok sangat berperan terhadap kerusakan bantalan sendi, karena rokok mengandung nikotin dan karbonmonoksida, keduanya berkumpul di jaringan bantalan sendi. Seperti diketahui bantalan sendi tidak memiliki pembuluh darah, dan bergantung besar pada nutrisi yang masuk. Jika terhalang nikotin, tidak ada asupan gizi yang masuk.

Pada kasus saraf kejepit ringan, 80% memang bisa sembuh dengan bedrest ataupun hanya dengan melakukan fisioterapi. Namun, jangan anggap remeh jika timbul gejala- gejala diatas, apalagi jika gejala sudah dirasakan selama lebih dari dua bulan. Segera periksakan diri ke dokter spesialis agar bisa dilakukan pemeriksaan penunjang untuk kasus saraf kejepit. (Rls)

Gaya Hidup

Tingkatkan Kunjungan, Begini Strategi Mall Balekota

Published

on

Bisniscorner.com – Para pecinta olahraga sepeda kini semakin dimanjakan dengan diizinkannya bersepeda di dalam  Balekota Mall yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Buaran, Kota Tangerang.

Manager Markom Mall Balekota, Rika mengatakan, alasan diizinkannya sepeda masuk ke dalam mall tersebut sebagai salah satu langkah guna merangsang pertumbuhan ekonomi yang sempat lesu karena pandemi Covid-19.

“Tujuannya agar warga yang ingin main sepeda enggak usah jauh-jauh, bisa di Mall Balekota. Sekalian menambah traffic pengunjung (Mall Balekota), karena dimasa pandemi gini, kita engga bisa menutup mata, yah semua terimbas,” ujar Rika kepada Bisniscorner.com, Rabu (13/4).

Rika mengatakan, pihak Mall Balekota juga menyediakan lahan dibelakang mall yang akan dibangun sebagai track sepeda.

Ia juga mengklaim telah menggandeng komunitas sepeda BMX untuk bermain di mall   itu. “Kita memang kerjasama dengan komunitas BMX, dan kita juga kerjasama dengan (tenant) Gramedia dan beberapa titik kita juga ada tempat parkir untuk sepeda,” katanya.

Dirinya mengklaim, saat ini Mall Balekota merupakan yang pertama di Kota Tangerang yang mengizinkan sepeda masuk kedalam mall. “Jadi Balekota ini jadi satu-satunya di daerah Tangerang yang mengizinkan sepeda bisa masuk mall,” jelasnya.

Kedepannya, Mall Balekota berencana membuat bengkel sepeda di dalam mall sehingga mempermudahkan warga untuk melakukan perbaikan sepeda.

Dirinya berharap, dengan langkah yang dilakukan managemen tersebut dapat menarik pengunjung yang datang ke mall, sehingga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi. “Kita sekarang belum ada, tapi ada rencana buat bengkel sepeda. Mudah-mudahan bisa menambah traffic di Balekota,” tutupnya. (Fjn)

Continue Reading

Gaya Hidup

TANGCITY MALL

Published

on

Serpongupdate.com – TangCity Mall merupakan mal terbesar ketiga di Tangerang. Mal ini diresmikan pada tanggal 28 Juli 2011, dengan lokasi Kawasan terpadu TangCity Superblock.

Mal ini terdiri dari 6 lantai, 2 Basement memiliki Luas 10 Hektar & berkonsep Mondrian minimalis dan futuristik memberikan gaya hidup baru sekaligus urban yang nyaman untuk berbelanja, dengan penyewa-penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain, Cinema XXI, Carrefour, Fun World & masih banyak lagi.

TangCity Mall merupakan family mall yang berkonsep one shop shopping experience untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Continue Reading

Gaya Hidup

ZAP Memberikan Pengalaman Perawatan Terbaik Sebaik Mungkin

Published

on

Bisniscorner.com – ZAP group sudah mendirikan 50 outlet di 16 kota, dengan persebaran 33 ZAP Clinic dan 16 ZAP Premiere dan 1 MEN/O/LOGY by ZAP (klinik ketampanan khusus pria). Brand ZAP sendiri telah menjadi satu-satunya klinik kecantikan khusus wanita terbesar Indonesia yang mengutamakan perawatan kulit berbasis teknologi laser dan kini merambah ke pelayanan kesehatan ZAP HEALTH.

Sejak berdiri pada 2009, ZAP telah berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan, baik skala nasional seperti Top Brand Awards 2016-2019, Superbrands 2019, TOP Marketing Award 2019 hingga penghargaan internasional seperti Business Excellence Forums & Awards kategori “Fastest Growing Company”.

Menggabungkan konsep hospitality terbaik dan medical yang terpercaya, ZAP mengedepankan pengalaman pelayanan berbintang dan mengutamakan kualitas terbaik untuk seluruh material perawatan dan produknya. Seluruh brand ZAP juga mengedepankan ketepatan waktu, kepraktisan sistem yang terintegrasi secara online di seluruh Indonesia.

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News3 jam ago

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Polda Banten Gelar Patroli ke Anyer

Bisniscorner.com – Untuk memastikan jalur wisata aman dan lancar serta mencegah  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah...

Breaking News10 jam ago

Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Cilegon Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Bisniscorner.com – Cegah penyebaran virus covid 19 Sat Binmas Polres Cilegon Polda Banten berikan Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pantai...

Breaking News10 jam ago

Polres Cilegon Gelar Apel Pengamanan Jalur Wisata

Bisniscorner.com – Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Maung 2021, Polres Cilegon Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, di...

Breaking News11 jam ago

453 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten saat Hari Raya Idul Fitri

Bisniscorner.com – Sebanyak 453 kendaraan yang nekat melakukan mudik lebaran pada hari Kedelapan diputarbalikkan oleh Polda Banten dalam Operasi Ketupat...

Breaking News1 hari ago

DFSK Gelora E Dukung Program Pemerintah di Sektor Pariwisata

Bisniscorner.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor utama yang sedang dimaksimalkan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia...

Breaking News1 hari ago

Kelancaran Program Vaksinasi Diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land terus berupaya membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya melalui pengadaan sentra...

Trending