Connect with us

Bisnis

Satu Bulan Kebijakan PPnBM, Hasil Luar Biasa

Published

on

Bisniscorner.com – Kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah terkait dengan industri kendaraan bermotor, yakni PMK No 20/PMK 010/2021 dan Kepmenperin No 169 Tahun 2021 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), menjadi alasan utama kenaikan luar biasa yang dicatat industri otomotif Indonesia sejak pandemik Covid-19 melanda diawal 2020 lalu.

Kebijakan relaksasi pajak PPnBM adalah sebuah kebijakan yang digagas oleh Kementerian Perindustrian bersama dengan Kementrian Keuangan dan Kementrian Koordinator Perekonomian, dengan masukkan dari GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).  Setelah melalui proses pertimbangan yang matang kebijakan PPnBM resmi belaku sejak Maret 2021.

Industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional, pada tahun 2019 sektor industri otomotif memberikan kontribusi sebesar 3,98% terhadap PDB Indonesia. Pada tahun yang sama juga mampu mengekspor kendaraan CBU sebesar 332,000 unit ke berbagai negara. Termasuk dalam sepuluh besar eksporter non-migas, menjadikan industri otomotif sebagai salah satu penghasil devisa bagi negara. Upaya industri otomotif juga menjadikan Indonesia mampu swa-sembada mobil, dengan total kapasitas produksi sebesar 2,4 juta unit mobil per tahun.  Industri otomotif Indonesia tercatat menyerap tenaga kerja lebih dari 1,5 juta orang yang berkerja disektor industri otomotif ini.

“Dengan tanggung jawab menopang lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di Indonesia, industri otomotif harus bangkit dan terus bergerak, dan kebijakan PPnBM menjadi jawaban paling tepat karena memberi percepatan luar biasa terhadap upaya pemulihan industri otomotif. GAIKINDO merasa sangat berterimakasih kepada Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Perekonomian yang telah memperjuangan kebijakan PPnBM tersebut,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Adanya kebijakan Pemerintah dalam bentuk relaksasi PPnBM kendaraan bermotor menjadi momentum bangkitnya industri otomotif Indonesia. Terbukti semenjak diberlakukannya kebijakan PPnBM, terjadi lonjakan penjualan atau wholesale kendaraan bermotor yang memenuhi ketentuan insentif Pemerintah, hingga mencapai 172 persen pada bulan Maret 2021, dibanding dengan penjualam dibulan Februari 2021.  Angka pencapaian total pada bulan Maret 2021 mencapai lebih dari 85.000 unit, mendekati angka pencapaian normal yang berada pada angka sekitar 90.000 unit. Peningkatan yang signifikan ini merupakan awal yang luar biasa atas pulihnya ekosistim industri otomotif nasional yang sempat terpukul sangat dalam karena pandemi COVID-19 di tahun 2020.

Kebijakan PPnBM menggerakkan pasar dan mendorong tingginya permintaan, sehingga diperlukan penyesuaian kepasitas produksi untuk memenuhinya. Namun, disisi lain upaya percepatan produksi harus tetap mematuhi persyaratan dan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku. Upaya percepatan tidak dapat berlangsung secara maksimal, sehingga efek kejar-kejaran permintaan dan produksi tidak dapat dielakkan. Selain itu, keterbatasan pasokan semi-conductor juga menjadi salah satu alasan terhambatnya kecepatan produksi industri otomotif di Indonesia. Namun, perlu dicatat bahwa kurangnya ketersediaan semi-conductor yang menyebabkan production shortage bukan hanya menjadi persoalan di Indonesia, namun telah menjadi penyebab terjadinya kekurangan produksi kendaraan secara global.

Menurut GAIKINDO terjadinya kondisi production shortage ini telah diantisipasi oleh para pelaku industri otomotif dan juga Kementerian Perindustrian RI, dengan meminta langsung support dari prinsipal merek. Hal ini juga menjadi salah satu pembahasan utama pada pertemuan Menteri Perindustrian RI dengan para prinsipal Jepang pada awal Maret lalu. GAIKINDO meyakini bahwa kondisi ini akan dapat segera diatasi oleh industri otomotif Indonesia, “Kondisi ini sudah diantisipasi dari awal diberlakukannya kebijakan PPnBM, dan saat ini seluruh lini industri otomotif Indonesia tengah fokus untuk mempercepat produksi dan memenuhi permintaan konsumen,” ujar Nangoi.

Terlepas dari adanya kendala kelambatan untuk memenuhi pemesanan kendaraan pada jenis kendaraan tertentu dan dalam jumlah yang tidak terlalu besar, kebijakan relaksasi PPnBM kendaraan bermotor tetap menjadi pendorong luar biasa, yang secara efektif memicu pasar, dan meningkatkan permintaan secara signifikan.  Hal tesebut dinilai telah menandai bangkitnya industri otomotif Indonesia. “Kami ingin kembali menegaskan, bahwa bagi GAIKINDO dan anggotanya, kebijakan relaksasi PPnBM dari Pemerintah telah terbukti tepat sasaran dan efektif menghidupkan kembali industri otomotif Indonesia,” jelas Nangoi. (Rls)

Advertisement iklan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis

Sambut Liburan, Honda Tampilkan N7X Concept di Dreams Cafe Jakarta

Published

on

Bisniscorner.com –  Menyambut libur lebaran 2021, Honda menampilkan New 7 Seater eXcitement (N7X) Concept di Dreams Café powered by Honda yang berlokasi di Ground Floor, Senayan Park Jakarta. Mobil konsep yang baru saja diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia pada tanggal 3 Mei 2021 lalu tampil untuk umum di Dreams Cafe powered by Honda sampai dengan tanggal 6 Juni 2021.

N7X Concept dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd.,. N7X Concept mengadopsi berbagai keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) untuk menciptakan mobil 7-seater yang lengkap untuk digunakan di berbagai kondisi jalan, memadukan kenyamanan premium dan kelapangan khas dari MPV dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV.

Selain N7X Concept, pengunjung juga dapat melihat berbagai keseruan lainnya yang disuguhkan oleh Dreams Café powered by Honda, seperti mobil sport Honda Honda S800 yang pertama kali diperkenalkan melalui ajang Tokyo Motor Show 1965. S800 mengusung mesin S4 berkapasitas 791 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 70 hp (52 kW) pada 8000 rpm, sehingga membuat S800 menjadi mobil pertama Honda yang mampu menembus top speed 100 mph (160 km/h), namun dengan konsumsi bahan bakar yang terhitung irit yaitu 6,7 liter/100 km.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat motor balap Honda CBR 1000RR-R Fireblade yang pernah tampil pada beberapa kejuaraan balap kelas dunia dan produk unik dengan teknologi inovatif Honda, yaitu Transcooter yang merupakan scooter elektrik yang diciptakan sebagai alat mobilitas personal yang fleksibel dan ramah lingkungan. Terdapat pula Diecast pesawat buatan Honda berukuran 1:10, yaitu HondaJet yang secara khusus dihadirkan dari Honda Aircraft Company, Amerika Serikat.

Selagi mengunjungi Dreams Café powered by Honda, pengunjung juga dapat mengikuti kompetisi Honda Racing Simulator. Terdapat 2 simulator balap yang dapat dimainkan oleh peserta sebanyak 2 kali per kedatangan. Pada Kompetisi Honda Racing Simulator ini, peserta wajib memainkan Sirkuit Suzuka Jepang dan bebas memilih mobil Honda yang ingin dikendarai, yang tersedia dalam transmisi automatic maupun manual. Honda juga telah menyiapkan hadiah spesial bagi peserta dengan waktu tercepat yang akan diumumkan setiap bulannya.

Honda berkolaborasi dengan Dua Coffee untuk menyediakan makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat sedang bersantai di Dreams Café powered by Honda. Sebagai menu eksklusif di Dreams Café, Dua Coffee juga menciptakan racikan kopi yang terinspirasi dari teknologi Honda, antara lain VTEC Turbrew dan Sensing ACC.

Bagi pemilik mobil Honda, Dreams Café powered by Honda menawarkan diskon 20% untuk makan dan minuman hanya dengan menunjukkan STNK mobil Honda*. Sementara bagi pengunjung yang tidak memiliki mobil Honda, pengunjung juga bisa mendapatkan diskon 10% dengan menunjukkan postingan Instastory yang diunduh menggunakan filter Dreams Café lalu tag ke akun Instagram @Hondaisme*.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor menambahkan, jika sebelumnya libur lebaran identik dengan mudik atau road trip, pada liburan kali ini kami mengajak konsumen untuk mengunjungi Dreams Café powerd by Honda untuk melihat mobil konsep yang baru saja diperkenalkan untuk pertama kalinya di dunia, N7X Concept. Selain produk, teknologi dan kopi, di Dreams Café powered by Honda juga terdapat banyak spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Pengunjung Jelang Lebaran Meningkat, TangCity Mall Tegakan Prokes

Published

on

Bisniscorner.com – Hari raya idul Fitri 1442 hijriah menghitung hari. Menjadi kebiasaan masyarakat biasanya berburu pakaian atau kebutuhan lebaran di pusat perbelanjaan.

Meski kondisi Pandemi masih terjadi di Indonesia termasuk Kota Tangerang, tidak menyurutkan antusias warga menyerbu pusat perbelanjaan salah satunya TangCity Mall.

Pada akhir pekan kemarin pengunjung di TangCity Mall tercatat mencapai angka 35 ribu kunjungan. Namun demikian angka tersebut masih jauh dari jumlah kunjungan di masa normal demikian dijelaskan Media Relation Tangcity Mall, Intan Amalia.

“Angka kunjungan itu belum mencapai 50 persen kondisi normal pengunjung yang mencapai 80 ribu. Untuk harian biasanya 25 ribuan,” ujar Intan kepada awak media, Senin (10/5).

Untuk menyiasati terjadi kerumunan di dalam mal, pihaknya menutup jam operasional lebih awal yakni pukul 20.30 wib.

“Jadi sejak kemarin kita menutup operasional mal sejak pukul 20.30 WIB, semua pengunjung gak boleh masuk lagi. Tapi yang pengunjung mal sudah di dalam masih boleh belanja,” ungkapnya.

Lebih jauh Intan menjelaskan sudah menyiagakan Satgas Covid-19 di setiap lantai pusat perbelanjaan. Bahkan pihaknya juga melakukan buka tutup pintu jika kondisi padat terjadi di dalam mal.

“Jadi Tim Satgas kita banyak yang bertugas disetiap lantai dengan selalu memberi imbauan untuk menjaga prokes dan di beberapa pintu jika setiap waktu melihat kondisi penuh maka kita akan tutup dulu melihat massa sampai mencair,” tuturnya.

Salah seorang pengunjung Hisyam mengatakan tidak terganggu dengan adanya aturan TangCity Mall, justru membuat pengunjung semakin peduli akan protokol kesehatan.

“Saya rasa aturan di mal ini sangat baik ya, betul-betul mematuhi anjuran pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan, tadi saya lihat ada petugas yang memberikan imbauan kepada pengunjung di lantai dua,” ucapnya. (Fjn)

Continue Reading

Bisnis

PT Diamond Citra Propertindo Bukukan Aset dan Laba Bersih Naik Hingga 109,77 %

Published

on

Bisniscorner.com – Di tengah tekanan dan penurunan pasar properti akibat pandemi Covid-19, PT Diamond Citra Propertindo (DADA) cukup berhasil dalam menjaga dan mempertahankan kinerja usaha sepanjang tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan pada tahun 2020 perusahaan berhasil mencatat pencapaian laba bersih  hingga 109,77 persen dari tahun 2019.

Presiden Direktur PT Diamond Citra Propertindo, Adam Bilfaqih mengatakan. pandemi Covid-19 telah berdampak pada perlambatan berbagai aktivitas bisnis dan penjualan, khususnya terjadi pada awal-awal diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar di sejumlah kota besar di Indonesia,” ujarnya.

Namun demikian, PT Diamond Citra Propertindo dapat melalui tahun 2020 dengan baik, hal ini tercermin dari pendapatan DADA yang berhasil tercatat sebesar Rp 92,79 miliar di akhir tahun 2020. “Jumlah ini turun 17,51% secara tahunan (yoy) dibanding pendapatan tahun 2019 yang sebesar Rp 112,48 miliar,” pungkas Adam.

Lebih jauh Adam menjelaskan,  Kontribusi pendapatan DADA paling besar berasal dari penjualan unit Apartemen Dave yang mencapai Rp 48,23 miliar dan Apple1 Condovilla sebesar Rp 48,44 miliar.

Dengan pendapatan yang turun, DADA terlihat berhasil menekan beban pokok pendapatan hingga 43,3% yoy dari Rp 88,51 miliar menjadi Rp 50,18 miliar di tahun lalu. Alhasil laba bruto emiten properti ini naik dari Rp 24 miliar menjadi Rp 42,62 miliar.

Sehingga, meski beban usaha naik 37,94% dari Rp 14,05 miliar menjadi Rp 23,24 miliar, laba bersih DADA tidak mengalami tekanan. Adapun laba bersih yang dikantongi DADA capai Rp 11,16 miliar di akhir tahun lalu, Jumlah itu, melonjak 109,77% dibandingkan laba bersih tahun 2019 yang hanya Rp 5,32 miliar.

Liabilitas DADA tercatat sebesar Rp 249,32 miliar. Didominasi oleh liabilitas jangka pendek sebesar Rp 205,32 miliar. Sedangkan ekuitas DADA sebesar Rp 337,84 miliar. Pada akhir periode, DADA memiliki kas dan setara kas sebesar Rp 22,61 miliar.

Dari sisi aset, Adam menjelaskan,  hingga saat ini perseroan memiliki nilai aset sebesar Rp 587,16 miliar di 2020 mengalami kenaikan 139% dari tahun 2019  yaitu 245,28 miliar dengan didominasi oleh aset lancar sebesar Rp 322,65 miliar.

Dave Apartment adalah apartment highrise yang memiliki 25 lantai dengan total unit hampir 900. Apartment yang sudah beroperasional ini menyumbang keuntungan terbesar bersama Apple1 Condovilla, yang merupakan Appartment low-rise 4 lantai berlokasi di TB Simatupang, yang di tahun 2021 ini akan serah terima.

Sepanjang tahun 2020, Perseroan mengembangkan proyek-proyek strategis mencakup proyek residensial, seperti peluncuran  Apple3 Condovilla yang berlokasi di kawasan Lebak Bulus Cilandak.

“Diamond Citra Propertindo senantiasa melakukan inovasi serta promosi iklan dan strategi pemasaran digital untuk memberikan stimulus tambahan agar dapat menumbuhkan kembali daya beli masyarakat,” tutup Adam. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News3 jam ago

Pastikan Situasi Aman dan Kondusif, Polda Banten Gelar Patroli ke Anyer

Bisniscorner.com – Untuk memastikan jalur wisata aman dan lancar serta mencegah  mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah...

Breaking News11 jam ago

Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Cilegon Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Bisniscorner.com – Cegah penyebaran virus covid 19 Sat Binmas Polres Cilegon Polda Banten berikan Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19 di Pantai...

Breaking News11 jam ago

Polres Cilegon Gelar Apel Pengamanan Jalur Wisata

Bisniscorner.com – Dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Maung 2021, Polres Cilegon Melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Jalur Wisata Pantai Anyar-Cinangka, di...

Breaking News11 jam ago

453 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten saat Hari Raya Idul Fitri

Bisniscorner.com – Sebanyak 453 kendaraan yang nekat melakukan mudik lebaran pada hari Kedelapan diputarbalikkan oleh Polda Banten dalam Operasi Ketupat...

Breaking News1 hari ago

DFSK Gelora E Dukung Program Pemerintah di Sektor Pariwisata

Bisniscorner.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor utama yang sedang dimaksimalkan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia...

Breaking News1 hari ago

Kelancaran Program Vaksinasi Diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land terus berupaya membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya melalui pengadaan sentra...

Trending