Connect with us

Tekno

ACE Banten Gaungkan Gerakan Nasional PLTS Sejuta Atap

Published

on

Bisniscorner.com Gerakan nasional Sejuta Surya Atap adalah upaya nyata untuk Indonesia yang lebih baik, yaitu dengan mengganti penggunaan bahan bakar fosil sebagai penghasil listrik utama dengan menggunakan tenaga dari sinar matahari yakni Pemakaian Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Untuk mendukung program gerakan nasional tersebut, Pokja Wartawan Harian Tangerang Selatan (PWHTS) bersama Asosiasi Chief Engineering (ACE) Banten dan Solar Quest serta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar seminar bertajuk ‘Gerakan Nasional PLTS Sejuta Atap’ yang digelar di Hotel Swiss Bell, BSD, Serpong, Kota Tangsel pada Sabtu, (15/2).

Plt ACE Banten, Wawan Kurniawan menjelaskan dengan adanya seminar ini diharapkan dapat mewujudkan penggunaan panel surya sebagai pengganti bahan bakar fosil.

“Gerakan sejuta atap panel surya merupakan upaya nyata untuk Indonesia lebih baik, yaitu mengganti bahan bakar fosil dengan menggunakan sinar matahari,” terang Wawan di Hotel Swiss Bell, BSD, Serpong, Sabtu (15/2).
Lanjutnya, pemakaian panel surya sebagai sumber listrik akan mengurangi polusi udata dan suara. Dengan begitu, ACE Banten akan siap mendukung program PLTS di Indonesia.

“Listrik yang dijadikan panel surya tidak menyebabkan polusi udara dan polusi suara. Maka itu, kami ACE Banten siap mendukung program pemaiakan listrik tenaga surga dalam mensukseskan gerakan nasional pemakaian listrik tenaga surya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, akan turut serta mendukung gerakan nasional PLTS di Indonesia.
Menurutnya, PLTS selain hemat dalam pemakaian energi listrik juga bisa membantu penghematan pengeluaran rumah tangga.

“Saya mendukung gerakan nasional PLTS ini karena bukan dalam rangka menghemat energi saja, tapi ternyata menghemat pengeluaran rumah tangga di masing-masing rumah. Di Tangsel saja kita punya 400 ribu lebih rumah, kalau separuhnya saja memakai PLTS terjadi penghematan ekonomi yang luar biasa,” tutur Benyamin. (red)

Advertisement iklan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tekno

DQLab UMN dan KOMINFO Berikan Beasiswa GRATIS untuk Calon Talenta Data

Published

on

Bisniscorner.com – Memasuki era transformasi digital, sejumlah perusahaan di semua lini bisnis kini berpangku pada data yang dimiliki. Dengan melihat serta mengolah data yang dimiliki, perusahaan bisa mendapatkan solusi yang tepat dalam mengambil keputusan. Oleh sebab itu, kini keberadaan praktisi data sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan.

Untuk mendukung tumbuh kembangnya sumber daya manusia yang ada, DQLab bekerja sama dengan Kominfo menghadirkan Professional Academy Digital Talent Scholarship. Saat ini sedang dibuka registrasi DTS PROA Batch 4 sebagai bentuk program beasiswa bagi para calon talenta data.

Program ini nantinya akan memberikan pembelajaran gratis serta pembelajaran data science secara intensif melalui modul pembelajaran yang akan diberikan secara online.

Para peserta beasiswa ini nantinya dapat menentukan jadwal pembelajaran secara mandiri. Sehingga cocok dengan keadaan pandemi seperti saat ini untuk mengexplore kemampuan para calon talenta data yang siap menghadapi era transformasi digital. Keuntungan dari mengikuti program beasiswa ini adalah para peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri data.

Selain itu, melalui program beasiswa ini para peserta juga berkesempatan untuk melebarkan networking dengan senior praktisi data. Dalam program beasiswa ini ada dua pelatihan yang ditawarkan, yakni untuk profesi Data Analyst, Data Scientist dan Data Engineer. Kamu tertarik untuk mengikutinya? Yuk simak informasi selengkapnya ya!

1. Data Analyst

Meningkatnya permintaan akan pekerjaan di bidang data seperti Data Analyst, membuat banyak pihak tertarik untuk mempelajari kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Salah satunya yaitu bahasa database seperti SQL. Bahasa SQL merupakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah. Sebagian besar perusahaan dan situs web besar pasti memiliki database yang digunakan untuk menghasilkan informasi dalam membuat suatu keputusan. Disinilah Data Analyst sangat berperan

2. Data Scientist

Seringkali orang awam memandang data scientist memiliki arti yang sama dengan data engineer, padahal kenyataannya tidak. Data scientist adalah seseorang yang bertugas untuk membersihkan, memproses, dan mengolah data yang sudah dikumpulkan oleh data engineer. Berdasarkan latar belakang pendidikan, sebagian besar data scientist biasanya memiliki background pendidikan matematika, statistik, dan ekonomi.

Tanggung jawab utama seorang data scientist adalah menceritakan atau mempresentasikan hasil analisisnya kepada perusahaan beserta para stakeholdernya. Dalam pekerjaannya sehari-hari seorang data scientist biasanya menggunakan machine learning dan metode statistik untuk menyiapkan data sehingga menghasilkan informasi yang diperlukan oleh perusahaan atau organisasi. Data scientist juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian guna menjawab memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di perusahaan, maupun demi perkembangan perusahaan.

3.  Data Engineer

Data engineer adalah seseorang yang bertugas menyiapkan data, membangun alur data dari berbagai sumber yang ada, mengintegrasi, merapikan, dan membentuk data yang digunakan untuk keperluan analisis data scientist. Umumnya, seorang data engineer berangkat dari latar belakang pendidikan programming, seperti Java, Scala, atau Python.

Lain nama, lain pula tanggung jawab data engineer dengan data analyst dan data scientist. Tanggung jawab utama seorang data engineer pada perusahaan adalah mengembangkan, membangun, dan memelihara arsitektur seperti database dan sistem pemrosesan skala besar. Pada praktik lapangannya, data engineer menggunakan beberapa tools dan bahasa pemrograman untuk menggabungkan beberapa sistem untuk menemukan peluang pengambilan data. Tidak berhenti sampai di situ, seorang data engineer juga mencari dan merekomendasikan cara atau proses yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas data.

4. Ingin Berkarir sebagai Data Analyst, Data Engineer atau Data Scientist? Registrasi Professional Academy Digital Talent Scholarship Sekarang!

Keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti program beasiswa yang diinisiasi oleh DQLab dan Kominfo adalah, seluruh partisipan akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri untuk hadapi studi kasus nyata. Selain itu, partisipan akan mendapatkan kesempatan belajar gratis untuk menikmati semua materi yang tersedia pada DQLab.

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pelatihan untuk profesi Data Analyst, Data Scientist dan Data Engineer. Pelatihan ini akan dibawakan secara daring melalui modul interaktif DQLab dan sesi mentoring bersama praktisi data di Industri. Peserta yang berhasil menyelesaikan program akan mendapatkan certificate of completion dan certificate of competence lewat proyek data menantang.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa GRATIS yang diselenggarakan oleh DQLab dan Kominfo. Kuota terbatas! masing-masing pelatihan hanya menyediakan 2.000 slot untuk calon talent data.

Catat Tanggalnya! kamu bisa mendaftarkan diri kamu sampai tanggal 25 September 2021, Yuk daftar sekarang melalui DQLab! (Rls)

Continue Reading

Tekno

Siap Berdayakan Lebih Banyak Perempuan Indonesia Melalui Teknologi, Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang SheHacks 2021

Published

on

Bisniscorner.com – Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, menggelar acara pengumuman pemenang SheHacks 2021, sebuah program inovasi yang diluncurkan pada bulan Juni 2021 untuk memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia dengan kekuatan teknologi dan mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan perempuan.

Ketiga pemenang yang mendapatkan total hadiah Rp100 juta antara lain: Tim Wegrow dengan proposal Wegrow (Green Living Platform), Triasih dengan proposal Ruang Tengah, dan Troopers dengan proposal Wifood, Save It Don’t Waste It.

Acara pengumuman pemenang SheHacks 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu, 1 September 2021 dibuka oleh Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Viram Sinha, dan mendapat sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga, dan Direktur Tata Kelola Digital Ekonomi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Selliane Halia Ishak.

Acara tersebut juga dihadiri oleh peserta dan komunitas perempuan Indonesia, serta CEO of LinkAja Haryati Lawidjaja, dan Construction Director of MRT Jakarta, Silvia Halim, sebagai pembicara talkshow bertemakan ‘How to Overcome the Challenges for Women in Tech’.

Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan, SheHacks 2021 hadir dengan tujuan sederhana yaitu untuk memberdayakan lebih banyak perempuan di bidang teknologi dalam berkontribusi mengurangi kesenjangan gender yang kami temukan di hampir semua lini kehidupan. Merupakan pengalaman yang berharga bagi kami melihat ide dan karya luar biasa dari para perempuan inspiratif ini. Semangat mereka dalam menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang muncul terkait dengan kesenjangan gender telah membuat kami percaya pada masa depan yang menjanjikan akan peran perempuan di bidang teknologi. Kami berharap para peserta dan pemenang dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari program SheHacks dan karya-karyanya dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan di Indonesia!

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga mengatakan, kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya dari Indosat Ooredoo yang telah memberikan sumbangsih nyata untuk pengarusutamaan gender di Indonesia melalui program SheHacks.

“Hal tersebut menjadi bagian dari solusi dalam mengurangi jurang kesenjangan gender dari sisi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan dengan penggunaan teknologi. Pemberdayaan perempuan merupakan isu yang kompleks dan multisektoral. Oleh karena itu, komitmen dan kerja sama antar lembaga, baik pemerintah maupun swasta menjadi sangat penting, ucapnya sekaligus memberikan selamat  kepada 10 finalis yang terpilih.

Direktur Tata Kelola Digital Ekonomi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Selliane Halia Ishak, mengatakan, kami sangat mengapresiasi adanya program SheHacks dari Indosat Ooredoo. Karya inovasi para peserta yang merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah yang muncul terkait dengan kesenjangan gender, telah membuat kami percaya pada masa depan yang menjanjikan akan peran perempuan di bidang teknologi.

“Kami berharap agar program SheHacks bisa menjadi motivasi bagi pihak lain untuk bersama meningkatkan peran perempuan Indonesia dengan pemanfaatan teknologi agar bersama-sama berkontribusi pada industri kreatif dan meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” pungkasnya.

SheHacks tahun ini berhasil memberdayakan 1.453 wanita Indonesia dengan rentang usia 15- 40 tahun dan menerima total 477 proposal solusi permasalahan. Pencapaian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya dengan total 95 peserta dan 30 proposal yang dikumpulkan. Jangkauan SheHacks 2021 juga lebih luas dari tahun 2020 karena 23% dari total peserta tahun ini berasal dari luar Pulau Jawa.

Para finalis dinilai berdasarkan intensitas permasalahan, solusi yang berkelanjutan, produk dan pasar, potensi dampak, daya saing, komunikasi, dan lain-lain. Juri-juri yang terlibat antara lain Arief Musta’in (Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo), Natasha Nababan (Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo), Haryati Lawidjaja (CEO LinkAja), Samira Shihab (CEO & Co-Founder Tinkerlust), dan Dwi Faiz (Kepala Program UN Women Indonesia).

Tiga pemenang terbaik mendapatkan hadiah uang tunai total Rp100 juta, dengan rincian pemenang pertama Rp50 juta, pemenang kedua Rp30 juta, dan pemenang ketiga Rp20 juta. Lima peserta dengan proposal terbaik juga berkesempatan melakukan presentasi kepada mitra global potensial untuk mendapatkan kemungkinan pengembangan bahkan pendanaan karya inovatif mereka. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G di Jakarta untuk Mendukung Industri 4.0

Published

on

Bisniscorner.com – Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, hari ini mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial di Jakarta untuk mendukung revolusi 5G di Indonesia dan mempercepat transformasi digital dan visi kota pintar Jakarta.

Layanan 5G yang baru akan memberikan akses ke Internet broadband seluler yang lebih baik bagi pelanggan konsumen dan bisnis Indosat Ooredoo yang akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi Jakarta serta mendukung era industri 4.0. Layanan 5G akan memberdayakan berbagai use case unik yang menawarkan potensi untuk merevolusi industri manufaktur kota, layanan publik, sektor kesehatan, dan memenuhi permintaan konten digital dan layanan hiburan yang terus meningkat melalui jaringan seluler.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengumumkan peluncuran 5G di sebuah acara di Jakarta yang dihadiri oleh pejabat terkemuka, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Direktur Jenderal Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Ismail. Protokol kesehatan dan jarak sosial yang ketat diberlakukan selama acara berlangsung.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan, saya dengan rendah hati dan rasa bangga meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta, sekaligus sangat senang dengan potensi transformatifnya di berbagai industri. Kami percaya teknologi 5G dan berbagai use cases akan membantu merevolusi cara industri dan bisnis beroperasi dan cara konsumen mengakses layanan publik dan hiburan. Dengan peluncuran ini, Indosat Ooredoo mendorong revolusi 5G Indonesia dan menggerakkan bangsa menuju masa depan yang cerah dan mendukung 5G.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang, mengatakan, kami melihat peluncuran layanan 5G ini akan sangat membantu masa pemulihan perindustrian Indonesia akibat pandemi. Dukungan teknologi digital yang dibawa oleh 5G, akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses yang dibutuhkan untuk mempercepat produksi barang dan jasa agar segera dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Harapan kita bersama untuk membantu Indonesia dari segala sektor agar segera bangkit dan semakin tangguh menghadapi masa depan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, kondisi pandemi perlu dihadapi secara kolaboratif, artinya kerja bersama. Salah satu hikmah dari pandemi yaitu kita semakin mengoptimalkan bagaimana teknologi bisa membantu menjalankan banyak hal dengan lebih baik dan lebih efisien. Dampak positif lainnya adalah tumbuh besarnya kultur digital, khususnya di Jakarta. Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta karena dengannya dapat dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government, dan Smart Society. Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini, membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut serta membuat seluruh kota siap memanfaatkannya.

Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper, mengatakan, Ericsson sangat senang dapat memperkuat kemitraan dengan Indosat Ooredoo melalui penyediaan layanan 5G di Jakarta. Digitalisasi adalah salah satu pendorong utama pemulihan ekonomi pasca-pandemi dan teknologi 5G akan membantu Indonesia menyongsong masa depan yang lebih baik, mempercepat transformasi digital, serta memenuhi kebutuhan negara akan konektivitas jaringan yang lebih kuat. Sebagai pemimpin dalam industri ICT global, Ericsson akan tetap berkomitmen untuk mendukung Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan 5G yang inklusif bagi konsumen dan perusahaan di Indonesia.

5G menawarkan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah dan ini memberdayakan berbagai use cases unik yang mencakup semua industri dan berlaku untuk pelanggan bisnis dan konsumen. Beberapa use cases paling canggih termasuk mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil; teknologi pengawasan pintar seperti drone dan CCTV pintar; listrik pintar yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga; aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh; dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360, dan virtual reality. Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta yang menunjukkan beberapa use cases tersebut melibatkan mitra-mitra strategis seperti Ericsson, Qualcomm, Indocyber, SONAR, Sari Technology x Universitas Gunadharma, Bosch, dan MPS.

Untuk melanjutkan revolusi 5G di Indonesia, Indosat Ooredoo berencana untuk memperluas peluncuran komersial layanan 5G ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Surabaya, dan Makassar, di mana terdapat permintaan konsumen yang tinggi akan layanan data. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 jam ago

Resmi Dibuka, Begini Sambutan Gubernur Sultra di Rakor Biro Organisasi

Bisniscorner.com – Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi se Sultra dengan tema Penguatan Kelembagaan Ketatalaksanaan...

Breaking News8 jam ago

Kementerian PUPR Siap Laksanakan Arahan Presiden Jokowi untuk Uji Coba Operasional Jembatan Sei Alalak

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membuka Jembatan...

Breaking News20 jam ago

Konstruksi Rampung, Venue Dayung Digunakan Tes Even Jelang Pembukaan PON XX Papua

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan arena olahraga Dayung untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga...

Breaking News2 hari ago

Mulai Konstruksi, Tol Solo – Yogyakarta – Bandara YIA Kulon Progo Tingkatkan Konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah memulai pembangunan Jalan Tol...

Breaking News2 hari ago

Tangsel Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama 2020

Bisniscorner.com – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020. Penghargaan ini diserahkan oleh Kementerian...

Breaking News3 hari ago

Warga Manokwari Senang Mendapat Bantuan PSU Berupa Jalan Lingkungan

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen menyediakan hunian yang berkualitas, terjangkau serta nyaman khususnya bagi...

Trending