Connect with us

Tekno

ATTACT, Alat Pembersih Udara Meminimalisir Covid-19

Published

on

Bisniscorner.com – Angka kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah kota besar makin meningkat dengan munculnya klaster-klaster baru dilingkungan perkantoran. Diketahui, virus Sars-CoV-2 yang berukuran 0,1 mikron mampu berada di permukaan partikel kecil dan bertahan serta menyebar di udara.

Karena hal tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama Dewan Riset Daerah Jakarta serta mitra terkait, memperkenalkam alat pembersih virus covid di dalam ruangan yakni, Airborne nano Trapping Technology for Anti Covid-19 Treatment (ATTACT) dalam Webinar bertema Strategi Peningkatan Kualitas Udara Lingkungan Kerja untuk Meminimalisir COVID-19 pada Rabu (23/9/2020).

Menurut Peneliti Nano LIPI, Nurul Taufiqu Rochman, produk inovasi teknologi anak bangsa tersebut menggunakan metoda nano-trapping untuk menangkap virus, dengan menyemprotkan air sabun dengan 18 nozle yang berukuran sangat halus dan dilanjutkan dengan pemancaran sinar UVGI (Ultra Violet Germicidal Inactivation) untuk menon-aktifkan virus yang dirancang untuk pemurnian udara dari covid-19 dalam ruangan dan mencegah penyebaran ke luar  ruangan.

“Alat tersebut aman digunakan secara terus menerus karena tidak menggunakan disinfektan kimia berbahaya dan sangat cocok diterapkan di fasilitas umum masyarakat, seperti ruang kerja atau perkantoran, ruangan fasilitas kesehatan, ruang karantina atau isolasi pasien, dan ruang publik lainnya,” jelasnya.

Di acara yang sama Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono, menyatakan bahwa LIPI sangat peduli terhadap peningkatan kualitas udara di lingkungan kerja agar pekerja dapat bekerja secara aman.

“LIPI  terus berkerja keras dalam penanganan pencegahan COVID-19 dan berupaya mewujudkan terciptanya  lingkungan kerja yang aman dari penyebaran COVID-19,” ujarnya.

ATTACT dikembangkan oleh tim Nanobubble.id, start-up lokal berprestasi (juara pertama ajang Thinkubator 2019 & gelaran Wirausaha Muda Mandiri 2019), binaan Nano Center Indonesia untuk berkontribusi dalam upaya menanggulangi persebaran virus COVID-19.

Dan sekarang , alat seharga Rp 15 juta ini telah dibeli oleh Kantor pusat PLN, Kementrian PUPR, Kemenhan, Kawasan Industri di Cikarang, beberapa restoran di Jakarta dan lainnya. (Ccp)

Advertisement iklan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tekno

Webseries “Rumah Biru” Season 2, Suguhkan Cerita di Balik Keunggulan Teknologi BCA

Published

on

Bisniscorner.com  – Perkembangan teknologi telah mengubah sendi-sendi kehidupan manusia, termasuk bisnis. Di industri perbankan, teknologi telah menjadi jantung pelayanan. Sebab, kebutuhan nasabah akan transaksi yang cepat dan aman harus dapat dipenuhi. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghadirkan webseries “Rumah Biru” Season 2 yang akan menampilkan kisah tim BCA berkolaborasi untuk menciptakan teknologi layanan perbankan sebagai solusi bagi nasabah.

Webseries “Rumah Biru” merupakan salah satu wadah BCA untuk menampilkan gambaran kehidupan kerja dan corporate value BCA. Webseries ini akan memperlihatkan bagaimana insan BCA menghadapi tantangan dan menyelesaikan tantangan demi memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan nasabah.

Di season kedua ini, menceritakan keseruan tim IT berkolaborasi dengan tim Business Relationship Officer atau yang dulu dikenal sebagai Account Officer (AO) dalam sebuah project menciptakan teknologi untuk memudahkan transaksi nasabah, terutama para pemilik usaha kecil.

“Sinergi insan BCA dalam bekerja selalu mengacu pada Corporate Core Value yang kami tanamkan sejak dulu. Melalui series ini, kita akan diperlihatkan realita situasi serta lingkungan kerja tim IT dalam menjawab tantangan dan berkolaborasi memberikan solusi. Para pemain juga sudah telah bekerja keras memerankan dengan sangat baik dan juga mempelajari setiap detail bagaimana situasi bekerja di BCA. Semoga series ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan juga dapat memberikan hal positif bagi yang menonton,” ujar Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono.

Season kedua ini diperankan oleh sederet aktor ternama di Tanah air antara lain Agnes Naomi, Wafda, Sahira Anjani, Albert Halim, Tubagus Ali, Givina dan sederet nama lainnya. Webseries ini akan memiliki 4 episode dengan masing-masing episode memiliki durasi 10-15 menit. Penonton dapat menyaksikan bersama para aktor melakoni tokoh masing-masing sebagai insan BCA di kanal Youtube Solusi BCA.

Webseries “Rumah Biru” menyasar generasi millenial dan generasi Z sebagai target audiens. Sebelumnya, “Rumah Biru” season 1 berhasil mendapat apresiasi oleh lebih dari 7,6 juta penonton di kanal Youtube BCA. Kesuksesan ini juga yang akhirnya menjadi salah satu alasan pembuatan season ke-2.

“Kami berharap dengan adanya peluncuran webseries ini dapat menghibur sekaligus memberikan gambaran tentang suasana bekerja di BCA. BCA terus berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi keluarga besar BCA maupun masyarakat luas. BCA senantiasa menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif bagi segenap karyawan BCA dengan terus berupaya untuk mengembangkan budaya kerja yang positif,” tambah Direktur BCA, Lianawaty Suwono.

Selain peluncuran webseries Rumah Biru, BCA juga sekaligus memperkenalkan working space #ITBCA di Wisma BCA Foresta dengan nuansa modern futuristic dalam rangka memberikan kenyamanan bekerja bagi Insan BCA. Working space ini juga menghadirkan fasilitas VR & Metaverse, Vtuber: Face & Hand Tracking, Hologram Fan, 3D Printer, HoloLens 2: Mixed Reality. Informasi lebih lanjut terkait berkarir di BCA dapat ditemukan di website karir.bca.co.id, Instagram @lifeatbca dan Linkedin PT Bank Central Asia Tbk. (Red)

Continue Reading

Tekno

Kementerian PUPR Bangun 50 Ribu Unit Rumah Berkonsep Green Building

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca/emisi karbon sebagai upaya penanggulangan perubahan iklim. Salah satu bentuk komitmen tersebut diwujudkan melalui target penyediaan 50.000 unit rumah yang menerapkan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH)/ green building sebagai proyek percontohan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna saat memberikan sambutan Pelatihan  Excellence in Design for Greater Efficiencies _ (EDGE) _Expert, Kamis (4/8/2022).

“Dalam memenuhi target sektor perumahan RPJMN 2020-2024, Kementerian PUPR melalui Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan bersama dengan para stakeholders terkait saat ini tengah menyiapkan konsep Indonesia Green and Affordable Housing Program (IGAHP) sebagai wujud nyata untuk mendukung pemenuhan dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) terbaru,” kata Herry.

Dikatakan Herry dari target 50.000 unit di atas, sebanyak  10.000 unit rumah akan mendapat dukungan hibah untuk sertifikasi dari International Finance Corporation (IFC)-EDGE. Sampai dengan saat ini, proyek percontohan IGAHP antara lain akan dilaksanakan di Sumatera Selatan, perumahan pengembang di Purwakarta dan Makassar, perumahan Perum Perumnas di DKI  Jakarta, Depok, Kabupaten Bogor, Bandung, Tangsel, dan Purwakarta.

Herry berharap dengan pelatihan ini dapat mewujudkan peningkatan pembangunan dan/atau pengelolaan bangunan yang menerapkan konsep ramah lingkungan yang berdampak terhadap perubahan iklim serta dapat meningkatkan kapasitas SDM untuk mendukung program IGAHP.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada World Bank dan International Finance Corporation (IFC), yang telah berkolaborasi bersama kami, dalam melaksanakan kegiatan pendampingan teknis dan sertifikasi Exellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) pada hari ini,” kata Herry.

Dalam upaya mendorong pelaksanaan pembangunan perumahan yang berwawasan lingkungan, Kementerian PUPR telah menyusun peraturan penerapan Bangunan Gedung Hijau (BGH) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah 16/2021 tentang Bangunan Gedung (PP 16/2021) dan didukung

dengan terbitnya PermenPUPR 21/2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.

Kementerian PUPR juga terus ikut berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon melalui berbagai pembangunan infrastruktur yang mengadopsi prinsip pembangunan gedung hijau (green building) dalam berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan, seperti pada pembangunan pasar tradisional, stadion, dan rumah susun (rusun), serta pemanfaatan energi terbarukan dalam pengoperasian dan pemeliharaan gedung dan pengembangan manajemen infrastruktur pengelolaan sampah. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan Layanan 5G di Bali untuk Presidensi G20

Published

on

Bisniscorner.com  – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melanjutkan kesuksesan merger dengan terus berinovasi dan memberikan manfaat untuk bangsa dan negara, melalui peluncuran layanan 5G di Bali untuk mendukung agenda Presidensi G20 serta transformasi Digital Indonesia.

Peluncuran layanan 5G IOH di Bali turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga S. Uno, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos Dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, serta CEO Huawei Indonesia, Jacky Chen. Bali merupakan kota ke-6 setelah sebelumnya IOH meluncurkan layanan 5G di Surakarta, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

President Director & CEO of Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, IOH berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam revolusi 5G untuk mendukung agenda transformasi Indonesia. Peluncuran 5G kami tidak akan terjadi tanpa kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami senang dapat mempersembahkan layanan 5G di Bali. Peluncuran ini juga menjadi bentuk dukungan kami kepada Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi Bali.

Lebih lanjut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga S. Uno, menyampaikan, saya ingin memberikan apresiasi kepada Indosat Ooredoo Hutchinson sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terdepan yang memberikan layanan 5G, serta turut berperan menyukseskan Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi, KTT ke-17 G20 di Bali pada bulan November 2022 mendatang. Harapannya, kedepan Indosat ooredoo Hutchinson dapat terus mengembangkan layanan 5G ini di berbagai destinasi di Indonesia khususnya destinasi pariwisata super prioritas dan unggulan lainnya.

Peluncuran layanan 5G IOH juga menghadirkan beberapa use case pemanfaatan teknologi 5G di beberapa sektor yang relevan untuk pemulihan Bali seperti di sektor pariwisata, pertanian, kesehatan, tata kota, dan pelaku UMKM. Beberapa di antaranya adalah Smart Tourism berupa Naked-eye 3D, Mixed reality entertainment, dan bullet moment; Digital Agribusiness berupa smart irrigation and fertilizer dan smart agricultural tools; Smart City berupa Sensor Management; Smart Environment berupa SPARING Smart Environment Monitoring, Fleet Management berupa mobility as a service for electronic vehicle; serta Smart Healthcare berupa serviks and stunting monitoring. Seluruh use case didukung oleh para mitra seperti Huawei, Habibi Garden, Temara, Sensync, Rakata, dan Data28.

“Bali yang memiliki potensi pariwisata tinggi tentu harus terus didukung oleh perkembangan teknologi yang ada. Hal ini akan bermanfaat bagi masyarakat lokal serta sebagai daya tarik tambahan bagi wisatawan. Dengan adanya layanan 5G dari IOH, kami berharap Bali dapat menjadi destinasi wisata super yang membawa nama baik Indonesia di kancah internasional,” ujar Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, menyampaikan, kami sangat mengapresiasi konsistensi Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung agenda transformasi digital Indonesia, yang salah satunya lewat peluncuran layanan 5G di Bali guna mendukung rangkaian Presidensi G20. Kementerian Kominfo sendiri memiliki tiga prioritas isu pada Presidensi G20 yaitu pemulihan dan konektivitas pasca Covid-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara. Kami yakin, teknologi 5G dapat mengakselerasi terwujudnya seluruh prioritas tersebut.

Mengulang kembali keberhasilan yang dicapai bersama pada peluncuran 5G IOH di 5 kota terdahulu, ajang peluncuran di Bali mendatang akan sekaligus mengenalkan solusi jaringan 5G termutakhir di Indonesia, yakni 1 Gbps FDD 5G Massive MIMO. Solusi teknologi ini dapat meningkatkan kapasitas trafik data serta pengalaman pengguna secara signifikan.

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan, “Menggandeng keseluruhan ekosistem digital, sesuai dengan komitmen perusahaan yang dinamakan ‘I DO’, Huawei akan terus mengontribusikan teknologi termutakhir bertaraf global guna meningkatkan efisiensi jaringan pada layanan 5G di Bali dan mendukung berjalannya KTT G-20. Pada saat yang bersamaan, Huawei juga berkomitmen mendorong transformasi digital di Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca-pandemi.”

Selain peluncuran layanan 5G, IOH juga bekerja sama dengan beberapa institusi sebagai dukungan atas digitalisasi Bali. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena dengan Universitas Udayana, serta penandatangan nota kesepahaman (MoU) untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dan Politeknik Negeri Bali (PNB). Sementara itu, Indosat Business juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Bank Pembangunan Daerah Bali untuk Transformasi Digital Layanan Finansial.

Di samping memamerkan teknologi terdepan dengan banyaknya kolaborasi yang dilakukan IOH pada event G20, IOH juga menghadirkan produk khusus Travel On yang akan memungkinkan wisatawan asing dan turis dapat menikmati kemudahan penggunaan internet, telepon, SMS saat menjelajahi Indonesia dengan koneksi yang kuat dari Indosat Ooredoo Hutchison. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Skystar Ventures UMN – Kementerian Koperasi dan UKM Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Startup

Bisniscorner.com – Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia untuk mendukung pengembangan kapasitas startup...

Breaking News3 hari ago

Tol Serbaraja Seksi 1A, Akses Baru Menuju GIIAS 2022 di BSD City

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15...

Breaking News5 hari ago

Groundbreaking Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 3, Target Operasi Penuh 2024

Bisniscorner.com  – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen melanjutkan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di...

Breaking News7 hari ago

Daftar ke KPU, Sarah Azzahra & Fahri Hamzah : Partai Gelora Siap Jadi Peserta Pemilu 2024

Bisniscorner.com – Bakal Calon DPR-RI dari Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Sarah Azzahra turut hadir mendaftarkan Partai Gelora bersama Wakil...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kerakyatan di 212 Kabupaten/Kota pada 2022

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung program percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Tanah Air...

Breaking News1 minggu ago

Rakernas Perkumpulan Politeknik Swasta: Politeknik Harus Bisa Menjadi Lembaga Pendidikan Berbasis Korporasi

Bisniscorner.com – Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang pertama pada 3-5 Agustus 2022 sejak dideklarasikan...

Trending