Connect with us

Hiburan

Tingkatkan Pariwisata di Kabupaten Ngawi, Kementerian PUPR Mulai Penataan Kawasan Pusaka Benteng Pendem

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan penataan Benteng Van Den Bosch atau lebih dikenal dengan Benteng Pendem yang merupakan kawasan cagar budaya di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Penataan kawasan pusaka Benteng Pendem merupakan tindak lanjut Direktif Presiden Joko Widodo usai meninjau bangunan bersejarah tersebut pada (1/2/2019) silam.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan konsep revitalisasi Benteng Pendem disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan Pemerintah Daerah.

Revitalisasi Benteng Pendem yang dilakukan Kementerian PUPR tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya. Destinasi wisata heritage yang berada di Kelurahan Pelem, Ngawi ini  dikenal memiliki bangunan bersejarah dengan arsitektur bergaya Eropa.

Bangunan bersejarah tersebut  merupakan benteng peninggalan Belanda yang dahulunya berfungsi sebagai pusat pertahanan, gudang peluru, dan barak pasukan. Saat ini kondisinya terlihat memprihatinkan dan minim perawatan. Dinding bangunan utama yang berada di kawasan tersebut rusak dan kusam, serta beberapa bagian bangunan juga hilang.

Sejak 10 Desember 2020, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mulai melakukan restorasi Benteng Pendem dengan tetap melindungi elemen-elemen bangunan utama sesuai dengan tahapan pelestarian bangunan gedung cagar budaya, sehingga pemugaran tidak menghilangkan arsitektur asli bangunan tersebut. Terdapat 13 bangunan yang akan dilakukan restorasi diantaranya bangunan barak tentara, mess perwira, dapur umum, kediaman dan kantor jenderal, baston, dan gerbang.

Kemudian juga dilakukan penataan kawasan dengan membangun jalan/akses, drainase, pedestrian, jembatan, dan lansekap. Selain itu dibangun fasilitas tambahan seperti deep wheel, power house, toilet, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), dan sarana prasarana air bersih.

Penataan kawasan Benteng Pendem Ngawi seluas kurang lebih 42.181 m2 dilaksanakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dengan masa pengerjaan 780 hari kalender dan ditargetkan selesai pada Januari 2023. Anggaran revitalisasi bersumber dari APBN Tahun 2020-2023 (Multy Years Contract) dengan nilai kontrak Rp 113,7 miliar.

Diharapkan program revitalisasi Benteng Pendem dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik atau manca negara, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena selain bangunannya yang megah dan bagus juga banyak memiliki spot foto yang sangat menarik. Benteng Pendem bisa menjadi destinasi wisata pilihan di Kabupaten Ngawi yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dari Kota Surabaya via Tol Trans Jawa. Lokasinya berada sekitar 3 Km dari pusat kota Kabupaten Ngawi. (Rls)

Hiburan

Timnas Inggris Menang 1-0 Atas Krosia di Laga Perdana Piala Eropa 2020

Published

on

Bisniscorner.com – Timnas Inggris mengawali langkahnya di Piala Eropa 2020 dengan mengalahkan Kroasia. Tergabung di Grup D, Inggris mendapat ujian dari Kroasia di pertandingan pertamanya di Euro 2020. Laga Inggris vs Kroasia digelar di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Raheem Sterling jadi pahlawan kemenangan The Three Lions lewat gol tunggal yang dia ciptakan pada menit ke-56.

Susunan pemain 

Inggris : Pickford, Walker, Stones, Mings, Trippier, Rice, Phillips, Mount, Foden, Sterling, Kane

Krosia : Livakovic; Vrsaljko, Caleta-Car, Vida, Gvardiol, Modric, Brozovic, Kovacic; Kramaric, Rebic, Perisic

Continue Reading

Hiburan

UMN Picture Hadirkan Virtualand-The Mystic Jungle di Living World Alam Sutera

Published

on

Bisniscorner.com – Sukses menyelenggarakan wahana digital interaktif pertamanya di PIK Avenue pada 25 Maret – 23 Mei 2021 lalu, UMN Pictures kembali menyelenggarakan wahana interaktif digital ini di Living World Alam Sutera. Tak hanya menjadi wadah bagi karya UMN Pictures, wahana ini juga memberikan nuansa pengalaman baru yang bisa dinikmati bagi aktivitas keluarga.

Mengusung tema Virtualand – The Mystic Jungle, wahana ini membawa pengunjung menikmati pengalaman teknologi digital dengan nuansa alam. Pengunjung diajak mengenalkan anak mereka dengan dunia hutan secara interaktif dengan mewarnai aneka ragam satwa melalui teknologi digital.

Pada bagian pertama pengunjung akan masuk ke dalam Immersive Room, dimana pengunjung akan dimanjakan dengan technology projection mapping lengkap dengan nuansa tema hutan dan alam. Ruang terbuka disiapkan demi mendapatkan pengalaman yang maksimal dan merasakan magical experience.

Menuju ruangan yang kedua, pengunjung akan melewati lorong atau Tunnel dibalut hiasan lampu dan tanaman merambat buatan. Pada ruangan kedua atau My Canvas tersedia 2 proyektor besar yang akan menghiasi dinding dan dipantulkan dengan kaca untuk membuat ruangan tampak lebih besar.

Pada ruangan ini tersedia wahana digital interaktif dimana pengunjung akan diberikan berbagai macam jenis gambar satwa antara lain, jerapah, gajah, harimau, badak, sloth, burung hantu, orangutan, rusa dan beruang  untuk diwarnai dan nantinya gambar tersebut akan masuk ke dalam gambar My Canvas.

Bertempat di Living World Alam Sutera, wahana interaktif digital ini dilaksanakan pada 20 Mei – 25 Juli 2021. Segala aktivitas dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Selama kegiatan berlangsung, pengunjung diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak.

Tiket wahana virtualand senilai Rp 100.000 ini dijual secara offline maupun online. Gotix dan JD.ID menjadi platform penjualan tiket secara online. Dapatkan penawaran promo menarik dengan membeli tiket melalui platform online ini. Sedangkan untuk pembelian tiket offline, terdapat promo khusus kepada member card dan karyawan Kawan Lama (S&K berlaku). (Rls)

Continue Reading

Hiburan

Summarecon Mall Serpong Gelar “Betta Fishtival” Kontes Ikan Hias Cupang

Published

on

Bisniscorner.com – Memelihara ikan hias cupang kini menjadi hobi di kalangan masyarakat. Dengan pembatasan aktivitas dan ruang gerak di masa pandemi, ikan hias cupang menjadi sebuah bentuk hiburan karena variasi jenis dan warna yang menarik. Ditambah lagi, mengoleksi ikan hias cupang kini lebih dari sekedar hobi, karena dapat menjadi sumber penghasilan.

Dengan antusias terhadap ikan hias cupang yang semakin tinggi, Summarecon Mall Serpong (SMS) kembali menghadirkan Betta Fishtival sebagai ajang bagi para pecinta ikan hias cupang untuk dapat saling bertemu dan bisa menikmati keindahan ikan-ikan yang dipamerkan.

Betta Fishtival akan berlangsung selama 10 hari, mulai dari 20 – 30 Mei 2021, di Atrium Circle dan Broadway SMS.

Berbeda dari sebelumnya, Betta Fishtival kali ini terdiri dari dua rangkaian acara yakni Exhibition dan Betta Contest tingkat nasional. Betta Contest yang berlangsung pada 21 hingga 23 Mei 2021 ini akan terdiri dari berbagai kategori seperti Halfmoon, Plakat, Giant, dan masih banyak lagi, dengan total hadiah senilai Rp. 74.800.000 serta piala & sertifikat.

Betta Contest kali ini akan mendatangkan beberapa juri, seperti Edi Sudrajat (Jakarta), Mustafa Kamil (Jakarta), Arif Bho (Jakarta), Titis Adi Wijaya (Bekasi), Boy Liem (Tangerang), dan Anto Puing (Tangerang).

Untuk informasi lengkap mengenai Betta Fishtival, SMSLovers dapat langsung menuju media sosial Summarecon Mall Serpong, di Instagram dan Twitter @sms_serpong, Facebook Fanpage Summarecon Mall Serpong, atau mengunduh aplikasi Summarecon Mall di Google Play Store dan App Store.

“Pada Betta Fishtival kali ini, kami mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya, dengan mengadakan Betta Contest tingkat nasional. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pecinta ikan hias cupang, yang ingin mencoba menunjukan keindahan ikan-ikan yang dimiliki. Betta Fishtival juga akan dilengkapi protokol kesehatan yang ketat, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung. Hal ini termasuk pembatasan jumlah pengunjung dengan sistem buka tutup, pengaturan jaga jarak, wajib memakai masker dan pengecekan suhu badan,” tutup Tommy L, Center Director Summarecon Mall Serpong. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News6 jam ago

Hingga Pertengahan Juni 2021, Program Padat Karya Bidang Jalan & Jembatan Sudah Serap 230.007 Tenaga Kerja

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada TA 2021 terus melanjutkan program infrastruktur kerakyatan yang dilakukan melalui...

Breaking News7 jam ago

Kunker di Jateng, Menteri Basuki Targetkan Pembangunan Rusun Politeknik PU Rampung Tahun Ini

Bisniscorner.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul pembangunan Politeknik PU di...

Breaking News7 jam ago

JMSI : SKB Pedoman Implementasi UU ITE Bawa Angin Segar Bagi Perusahaan Media Siber

Bisniscorner.com – Langkah Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, dan Kapolri menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pedoman Implementasi Pasal-Pasal Tertentu...

Breaking News8 jam ago

Optimalisasi Tracing, Pertumbuhan Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Saat Ini Tertinggi

Serpongupdate.com – Kota Tangerang mengalami lonjakan angka kasus konfirmasi Covid-19. Sejumlah rumah sakit dan rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) dipenuhi pasien...

Breaking News1 hari ago

Herd Immunity di Kota Tangerang Ditargetkan Tercapai Akhir Agustus 2021

Bisniscorner.com – Dalam upaya mencapai kekebalan kelompok ditengah pandemi Covid-19, Pemkot Tangerang melakukan akselerasi-akselerasi. Saat ini vaksinasi massal dibuka untuk...

Breaking News1 hari ago

Kapolres Cilegon Bersama Dandim 0623 Cilegon Sidak PPKM Mikro di Cibeber

Bisniscorner.com – Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono SIk.S.H dan Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Rhomadhon melakukan sidak Posko Penerapan...

Trending