Connect with us

CSR

Careinn Merauke Bersinergi dengan Polres Merauke dan Kodim Merauke Tekan Penyebaran Covid-19

Published

on

Serpongupdate.com – Pandemi Covid-19 belum berakhir dan banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten, stakeholder terkait dan TNI-Polri, yang sudah gencar dan terus menerus berjibaku untuk meminimalisir penyebaran Covid-19

Careinn Merauke By Yolo Hospitality secara berkelanjutan sudah membagikan masker dan hand sanitizer ke instansi terkait salah satunya pada Kamis, 11 Februari 2021 telah memberikan masker dan hans sanitizer kepada Kodim 1707 Marauke yang diterima oleh Pasi Ops Kapten Inf. Arman Tanjung dan Polres Marauke oleh Wakapolres Kompol Y.S  Kaddang S.sos.

Yusup Maulana Mana mengapresiasi  kepada aparat Kodim 1707 Merauke dan Polres Merauke yang selalu intens yang berpatroli di tengah masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes)  selama pandemi Covid-19.

“Kami berharap patroi yang dilakukan olah apparat terus insten dilakukan. Semoga keadaan cepat membaik dan normal. Sebagai hotel, salah satu program internal Careinn Merauke juga melakukan prokes kepada tamu dan staff untuk menjaga hotel dalam keadaan aman dan siap digunakan oleh tamu,” ujar Yusuf.

Sebagai informasi. Careinn Merauke mendapat Sertifikasi CHSE, tentang Prokes pelayanan yang menjadi concern utama.

“Semoga dengan sertifikat ini, Careinn Merauke lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang prima dengan menggunakan protokol kesehatan yang membuat tamu aman dan nyaman,” tukasnya. (Rls)

CSR

Program CSR Sinar Mas Land Sukses Raih Penghargaan Bergengsi di Ajang Indonesia CSR Excellence Awards 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land kembali sukses menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang Penghargaan Indonesia CSR Excellence Award 2024. Kali ini, Sinar Mas Land meraih empat penghargaan yakni The Best Company for Community Commitment, The Best Integrated CSR, The Best Climate Change Management Sustainability CSR Program dan The Best Leadership Commitment on CSR yang diberikan kepada Michael Widjaja selaku Group CEO Sinar Mas Land. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Adhityo Galih Priyambodo selaku Vice President Corporate Social Responsibility and Green Initiative Sinar Mas Land pada Rabu, 20 Maret 2024 di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Jawa Barat.

Indonesia CSR Excellence Award merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atau lembaga pemerintahan yang dinilai telah menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau Community Development terbaik. Adapun aspek penilaian penerapan CSR didasarkan pada keterkaitan CSR terhadap tiga hal yakni ISO 26000, Sustainable Development Goals (SDGs) dan praktik Good Corporate Governance (GCG).

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menyatakan, kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Indonesia CSR Excellence Award kepada Sinar Mas Land. Penghargaan ini menjadi penyemangat sekaligus menguatkan komitmen kami untuk terus meningkatkan program CSR yang lebih baik di masa depan. Kami percaya bahwa program tanggung jawab sosial yang selaras dengan SDGs dan konsep Good Corporate Governance (GCG) merupakan aktivitas strategis yang berperan penting dalam memastikan keberlanjutan perusahaan dan membawa manfaat baik bagi masyarakat luas.

Sinar Mas Land melalui program CSR telah melakukan pendampingan berbagai komunitas di wilayah Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang hingga Kabupaten Bogor. Melalui berbagai program CSR, perusahaan telah memberdayakan sejumlah komunitas di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pertanian, lingkungan hingga pendidikan. Komunitas tersebut diberdayakan melalui beberapa program di antaranya Bina Sekolah, Bina Literasi, Bina Kampung, Bina Usaha, Pasar Rakyat Go Digital hingga program Kemitraan Pertanian Lokal.

Program Bina Sekolah dan Bina Literasi diimplementasikan melalui sederet aktivitas seperti peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan pendidikan, bantuan sekolah, peningkatan kapasitas siswa melalui kelas kewirausahaan sosial dan multimedia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta pendampingan program pendidikan secara berkala di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, program Kemitraan Pertanian Lokal dilaksanakan melalui budidaya pertanian secara kemitraan dengan petani lokal di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Program ini tidak hanya hanya berdampak secara ekonomi saja, tapi juga sekaligus menjadi bentuk upaya pelestarian lingkungan karena berpijak pada prinsip pertanian ramah lingkungan (sustainable farming) dan ketahanan pangan yang berorientasi pada keberlanjutan (sustainability) dengan menggunakan pupuk organik dan pestisida alami.

Pada aspek Climate Change Management Sustainability, Sinar Mas Land telah konsisten melaksanakan program Plastic Exchange. Program tersebut mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Pagedangan dan Cisauk (Kabupaten Tangerang), dan Serpong (Kota Tangerang Selatan) untuk mengumpulkan sampah plastik yang dapat ditukar dengan buku bacaan, ataupun kebutuhan pokok seperti beras dan minyak goreng.

Program yang bertajuk Plastic to Food dan Plastic to Book ini membuat masyarakat di sekitar kawasan lebih peduli untuk memilah sampah. Sampah plastik juga dimanfaatkan oleh Sinar Mas Land bersama Chandra Asri Group sebagai bahan dasar pembuatan jalan aspal sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City. Inisiatif ini setara dengan memanfaatkan 164,2 juta lembar plastik kresek atau setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA. Pencapaian kolaborasi kedua perusahaan tersebut menjadikan kawasan BSD City sebagai township pertama di Indonesia yang menerapkan aspal dengan campuran sampah plastik yang diolah menjadi biji plastik.

Berbagai inisiatif hijau lainnya juga sudah dilakukan Sinar Mas Land untuk mendukung pembangunan berkelanjutan antara lain penggunaan material ramah lingkungan, penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui penerapan panel surya di bangunan-bangunan komersial, sarana penerangan jalan hingga pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero). Proses energy management di sejumlah gedung milik Sinar Mas Land difokuskan untuk meminimalisir penggunaan energi dan rendah karbon. Melalui layanan dan kegiatan  ini, Sinar Mas Land turut mendukung inisiasi pemerintah dan mengambil bagian dalam mengurangi emisi CO2. (Rls)

Continue Reading

CSR

Sambut Ramadan, Yayasan Muslim Sinar Mas Land Kembali Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an di BSD City

Published

on

Bisniscorner.com  – Ramadan merupakan bulan turunnya Al-Qur’an, momentum istimewa bagi umat Islam. Mempelajari, membaca, serta memahami makna setiap ayat Al-Qur’an adalah salah satu ibadah utama di bulan suci, untuk melipatgandakan pahala dan memperkuat keimanan kepada Allah SWT. Dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1445 Hijriah, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) kembali menyelenggarakan program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) di BSD City. Program ini bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pagedangan dan Yayasan Mama Papa, yang diluncurkan pada Sabtu (16/3) lalu di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City.

BBQ merupakan program cara cepat membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Mama Papa kepada para ustaz dan guru mengaji. Tahun ini menjadi tahun keenam program BBQ sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018 lalu. Selama penyelenggaraannya di tahun 2018, 2019, 2021, 2022, dan 2023, program ini telah diikuti sebanyak 894 ustaz dan guru mengaji dari 249 masjid/musala/TPA di sejumlah wilayah, yakni BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan. Program BBQ dilaksanakan sebagai salah bentuk kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang keagamaan bagi masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land.

Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan mengatakan, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sekitar 72% umat Islam di Indonesia belum dapat membaca Al-Qur’an. Hal tersebut tentunya sangat memprihatinkan dan perlu menjadi perhatian bagi kita semua. Untuk itu Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land berharap dengan adanya program BBQ ini, kami dapat menjangkau lebih banyak lagi tenaga untuk membantu mengurangi jumlah muslim di Indonesia yang buta aksara Al-Qur’an.

Kepala KUA, Kecamatan Pagedangan – H. Nuryani S.Ag menyampaikan, kami sangat mendukung dan berterima kasih kepada YMSML yang telah mempercayakan KUA Kecamatan Pagedangan untuk menjadi bagian dari kegiatan pengenalan cara cepat membaca Al-Qur’an kepada seluruh umat Islam di wilayah BSD City dan sekitarnya. Kolaborasi ini bukan hanya sebagai bentuk sinergi antara lembaga keagamaan, tetapi juga merupakan wujud nyata dari komitmen bersama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendekatan agama Islam yang berintegritas. Kami percaya bahwa pendidikan agama yang berkualitas merupakan fondasi utama dalam membangun karakter generasi muda yang kokoh dan berakhlak mulia.

Program BBQ berisi pelatihan atau training of trainers (ToT) secara intensif kepada ustaz dan guru mengaji, dilengkapi dengan buku panduan dan alat peraga sejumlah metode pembelajaran, yang salah satunya bernama metode Mama Papa, sebuah pendekatan sederhana agar para anak didik lebih mudah dalam mempelajari cara membaca Al-Qur’an.

Pada tahun ini, program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) digelar di wilayah BSD City menyasar pada puluhan orang ustaz atau guru mengaji, dalam periode 16 Maret hingga tanggal 22 Oktober 2024, yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Dalam penutupan atau puncak acara, nantinya juga akan diselenggarakan lomba membaca Al-Qur’an antara anak didik dari masjid-masjid di kawasan BSD City yang telah mengikuti program BBQ dengan kategori usia 6-12 tahun, berhadiah total sebesar Rp25 juta. Pada tahun-tahun sebelumnya, lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa diikuti 3.704 murid taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekitar kawasan BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan. (Rls)

Continue Reading

CSR

SML Gelar Pelatihan Para Petani untuk Mengembangkan Tanaman Vegetatif Guna Peningkatan Produksi Tanaman

Published

on

Bisniscorner.com – Kabupaten Bogor menjadi salah satu kota pertanian penghasil tanaman pangan, hortikultura serta perkebunan di Indonesia. Berdasarkan data sensus pertanian 2023 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, kondisi Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTUP) Kabupaten Bogor mencapai 189.979 rumah tangga. Subsektor yang paling banyak diusahakan oleh RTUP adalah tanaman pangan dengan jumlah 115.460 rumah tangga, disusul hortikultura dengan jumlah 81.093 rumah tangga.

Melihat potensi tersebut, Sinar Mas Land turut berupaya untuk memberikan pelatihan melalui program Kemitraan Pertanian Lokal bagi petani setempat di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang diadakan pada 27 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan proses pendampingan hingga beberapa bulan ke depan.

Pelatihan ini diikuti oleh petani binaan dari sejumlah desa, diantaranya Tamansari, Rumpin, Cipinang dan Desa Kampung Sawah di Kabupaten Bogor serta perwakilan pengurus kecamatan dan desa di Balai Pelatihan Pertanian Terpadu CSR & Green Initiative Sinar Mas Land wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menyatakan, kami secara berkala memberikan edukasi dan pendampingan kepada para petani lokal di berbagai wilayah binaan.  Pelatihan pertanian yang diadakan di Kabupaten Bogor kali ini fokus pada pengembangbiakan tanaman secara vegetatif bagi tanaman pangan seperti durian, mangga, manggis, alpukat, jeruk santang madu, anggur, dan tanaman hias seperti Sansiviera, Aglonema, Anturium, dan sebagainya.

“Pelatihan ini turut memberi manfaat ekonomi berupa bibit-bibit tanaman baru yang bisa diperjualbelikan, terutama tanaman yang dikembangkan dalam media pot,  mulai dari tanaman penghasil buah, sayur mayur maupun tanaman hias. Kami harap para petani binaan bisa memetik manfaat dan kesejahteraannya meningkat,” ujarnya dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Program Kemitraan Pertanian Lokal ini memberikan bekal keilmuan dan keterampilan bagi para petani untuk dapat memperbanyak tanaman dengan metode vegetatif melalui teknik cangkok, stek, sambung dan okulasi. Metode ini dapat mempercepat proses penghijauan dan melipatgandakan produksi pertanian.

Pelatihan pertanian pada kelompok petani binaan merupakan salah satu upaya untuk Sinar Mas Land terus berupaya memberikan sumbangsih dan kontribusi sosial kepada berbagai pihak yang berada dalam ekosistem kawasan dan wilayah sekitar kota mandiri BSD City.

Kontribusi sosial tersebut juga terwujud dalam berbagai terapan program Corporate Social Responsbility (CSR), baik itu di bidang keagamaan, pelestarian lingkungan, pemberdayaan ekonomi, pengembangan pendidikan, pengembangan pertanian, dan lain sebagainya. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News11 jam ago

Masuk Top-Rated ESG Companies List untuk Regional Asia Pasifik, Sinar Mas Land Siap Memperkuat Komitmen Penerapan Prinsip ESG di 2024

Bisniscorner.com  – Perubahan iklim dan risiko kerusakan lingkungan hidup telah menjadi kekhawatiran utama bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Pengembangan bisnis...

Breaking News12 jam ago

Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan, Menteri Basuki Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun...

Breaking News1 hari ago

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran...

Breaking News2 hari ago

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 15 Ruas Inpres Jalan Daerah Sepanjang 147 km di Sulawesi Tengah

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan perbaikan 15 ruas...

Breaking News2 hari ago

BMKG Imbau Masyarakat Banten dan Jakarta Antisipasi Musim Kemarau Tahun 2024

Bisniscorner.com – Meskipun musim kemarau tahun 2024 tidak separah dibandingkan tahun 2023, pemerintah daerah dan masyarakat di Provinsi Banten dan...

Breaking News2 hari ago

Konsisten Terapkan Konsep Green Building, Sinar Mas Land Bersama Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia Gaungkan Bangunan Tanpa Emisi Karbon

Bisniscorner.com – Bertambahnya emisi gas rumah kaca di atmosfer secara terus menerus membuat panas matahari yang dipantulkan dari bumi kian...

Trending