Connect with us

Breaking News

Polda Banten Akan Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Aksi Mayday dengan Prokes yang ketat

Published

on

Bisniscorner.com  – Polda Banten dan Polres Jajaran lakukan pengawalan dan pengamanan rencana giat serikat buruh pada peringatan Mayday Sabtu (01/05/21) besok.

Seperti diketahui, tanggal 1 Mei adalah Hari Buruh atau biasa disebut Mayday. Pada hari inilah biasanya buruh/pekerja yang tergabung dalam serikat buruh/serikat pekerja melakukan kegiatan untuk menyampaikan aksinya.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan dalam peringatan Mayday tahun 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini karena masih pandemi Covid-19, jadi agak sedikit berbeda. Kali ini kami dari jajaran Polda Banten sudah melakukan kordinasi dan komunikasi dengan teman teman Serikat buruh baik di kota maupun tingkat provinsi.

Seandainya ada beberapa kelompok buruh yang akan ke jakarta, maka kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan massa buruh yang melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polda Banten, dengan diawali dengan pemeriksaan swab antigen, menerapkan protokol kesehatan” kata Rudy Heriyanto, Jum’at (30/04/2021).

Ia juga menjelaskan dalam upaya Jalin Komunikasi dan mengarahkan kegiatan dan merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi kegiatan yang lebih positif dan humanis seperti bentuk kegiatan aksi bantuan dan baksos seperti santunan karyawan korban PHK, pembagian masker, santunan anak yatim, pembagian sembako, pembagian takjil, dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan, serta kegiatan seminar virtual buruh.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan jika jumlah buruh yang akan mengikuti aksi Mayday sebanyak 415 orang dari 8 elemen buruh se kab/kota yang ada di Banten, sedangkan Polda Banten akan memberi back up 300 personil yang bertugas pengamanan ke polres jajaran dengan meneruskan satgas Covid-19 bersama teman-teman TNI, Polri dan satpol pp.

“Aksi Mayday besok akan diisi dengan giat-giat baksos seperti yang dijelaskan bapak Kapolda tadi. Pelaksanaan baksos sendiri dilakukan di masing-masing wilayahnya. Seperti FSPMI Tangerang raya akan melakukan baksos pembagian 2000 paket takjil di depan gerbang Citra raya dan jalan baru Tigaraksa kabupaten Tangerang, KSPSI 1973 Pandeglang akan melakukan santunan anak yatim dan buka bersama di hotel mutiara Carita Pandeglang dan yang lainnya,” jelas Edy Sumardi.

Kabidhumas juga mengapresiasi para Serikat Buruh yang mau merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi bentuk kegiatan aksi sosial.

“Semoga aksi sosial yang dilakukan oleh para serikat buruh dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Dan semoga kegiatan besok berjalan dengan lancar dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan angka penularan Covid-19,” tandasnya. (Rls)

Breaking News

Masuk Top-Rated ESG Companies List untuk Regional Asia Pasifik, Sinar Mas Land Siap Memperkuat Komitmen Penerapan Prinsip ESG di 2024

Published

on

Bisniscorner.com  – Perubahan iklim dan risiko kerusakan lingkungan hidup telah menjadi kekhawatiran utama bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Pengembangan bisnis yang keberlanjutan berbasis konsep Environmental, Social, and Governance (ESG) merupakan strategi penting perusahaan dalam menghadapi tantangan global sekaligus mengurangi dampak perubahan lingkungan dan menghemat biaya operasional.

Terkait dengan impelementasi ESG, Sinar Mas Land menjadi satu-satunya pengembang properti di Indonesia yang masuk dalam 2024 Top-Rated ESG Companies List untuk regional Asia Pasifik. Berdasarkan data Morningstar Sustainalytics, Sinar Mas Land mencatat ESG Risk Rating poin 14,5 yang berarti berada pada tingkat low risk. ESG Risk Rating mengukur penerapan ESG pada sebuah perusahaan dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko ESG. Semakin rendah ESG Risk Rating perusahaan, maka semakin baik pula perusahaan tersebut dalam mengelola risiko ESG.

Chief Risk & Sustainability Officer – Sinar Mas Land, M. Reza Abdulmajid menyatakan, Sinar Mas Land selalu berkomitmen untuk menerapkan prinsip ESG di semua aspek operasional perusahaan. Pada tahun 2023 kami menambahkan lima gedung operasional yang memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan Renewable Energy Certificate (REC), yakni Sinar Mas Land Plaza Thamrin, Sinar Mas Land Plaza BSD City, My Republic Plaza BSD City, Green Office Park 1 BSD City, dan Green Office Park 9.

“Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan Chandra Asri untuk mengaplikasikan aspal dengan campuran olahan sampah plastik sepanjang 8,6 km atau setara 410 ton sampah plastik di kawasan BSD City. Hal ini menjadikan kawasan BSD City sebagai township pertama di Indonesia yang menerapkan aspal dengan campuran sampah plastik. Atas segala upaya ini Sinar Mas Land berhasil menaikkan ESG rating score dan mempertahankan status sebagai low ESG risk company,” paparnya dalam siaran pers pada 28 Maret 2024.

Dari aspek sosial governance, Sinar Mas Land telah melakukan pendampingan masyarakat di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pertanian, lingkungan hingga pendidikan di wilayah Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang hingga Kabupaten Bogor. Komunitas tersebut diberdayakan melalui beberapa program di antaranya Bina Sekolah, Bina Literasi, Bina Kampung, Bina Usaha, Pasar Rakyat Go Digital hingga program Kemitraan Pertanian Lokal.

Program Bina Sekolah dan Bina Literasi telah menjangkau 35.395 partisipan  yang diimplementasikan melalui sederet aktivitas seperti peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan sekolah, pemberian beasiswa, peningkatan kapasitas siswa melalui kelas kewirausahaan sosial dan multimedia serta meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sementara itu, program Kemitraan Pertanian Lokal yang telah menjangkau 480 petani, dilaksanakan melalui budidaya pertanian secara kemitraan dengan petani lokal. Program ini tidak hanya hanya berdampak secara ekonomi saja, tapi juga sekaligus menjadi bentuk upaya pelestarian lingkungan karena berpijak pada prinsip pertanian ramah lingkungan (sustainable farming) dan ketahanan pangan yang berorientasi pada keberlanjutan (sustainability) dengan menggunakan pupuk organik dan pestisida alami.

Atas komitmen dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan sesuai prinsip ESG, Sinar Mas Land berhasil memperoleh empat penghargaan dalam Indonesia CSR Excellence Award 2024 yakni The Best Company for Community Commitment, The Best Integrated CSR, The Best Climate Change Management Sustainability CSR Program dan The Best Leadership Commitment on CSR yang diberikan kepada Michael Widjaja selaku Group CEO Sinar Mas Land.

Tak hanya di lingkup nasional, Sinar Mas Land juga meraih sejumlah penghargaaan diantaranya ASEAN Energy Awards 2023 kategori Energy Efficient Building, Special Submission – Zero Energy Building, TrenAsia ESG Awards 2023 untuk kategori Best Action in Property Company, Property Guru Indonesia Property Awards 2023 untuk kategori Best Smart Building Development dan Special Recognition in ESG, Property Guru Asia Property Awards 2023 untuk kategori Best Smart Building Development in Asia,  dan 8th Global Good Governance Awards 2023 untuk kategori Best Green Innovation and Solution dan Innovation in Environmental Solution. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan, Menteri Basuki Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (28/3/2024). Pertemuan ini merupakan komunikasi awal dalam proses pemeriksaan laporan keuangan pemerintah pusat oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

“Kementerian PUPR telah menyampaikan Laporan Keuangan Kementerian PUPR BA 033 TA 2023 Unaudited, Laporan Keuangan Kementerian PUPR BA 999.07 Tahun 2023 Unaudited, dan 13 Laporan Keuangan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri Tahun 2023 Unaudited kepada BPK RI pada 28 Februari 2024,” kata Menteri Basuki.

Laporan Keuangan Kementerian PUPR BA 033 TA 2023 Unaudited merupakan hasil konsolidasi pencatatan realisasi pendapatan dan belanja, serta mutasi aset dan kewajiban dari 1 Januari 20223 sampai dengan 31 Desember 2023 pada 10 unit organisasi dan 704 satuan kerja di lingkungan Kementerian PUPR.

“Pada TA 2023, pagu belanja Kementerian PUPR senilai Rp182,02 dengan realisasi pendapatan Kementerian PUPR senilai Rp1,10 triliun dan realisasi belanja senilai Rp174,32 triliun,” tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa Kementerian PUPR telah melaksanakan kegiatan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 pada TA 2023 dengan pagu belanja operasional penanganan/pencegahan COVID-19 sebesar Rp30,43 miliar dan realisasi sebesar Rp26,92 miliar (88,56%).

Kementerian PUPR juga telah melaksanakan kegiatan Prioritas Nasional (PN) yaitu PN I (Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas dan Berkeadilan), II (Meningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing), III (Memperkuat Infrastruktur untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Dasar), VI (Membangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana, dan Perubahan Iklim), VII (Memperkuat Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik) pada TA 2023 dengan pagu sebesar Rp92,48 triliun dan realisasi sebesar Rp87,90 triliun (95,05%).

“Selain itu, Kementerian PUPR juga telah melaksanakan kegiatan dalam rangka pencegahan stunting melalui penyelenggaraan air minum dan sanitasi yang layak pada TA 2023 dengan pagu sebesar Rp1.089 miliar dan realisasi sebesar Rp1.088 miliar (99,92%),” tutup Menteri Basuki. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Published

on

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bendung dan Jaringan Irigasi pada Daerah Irigasi (DI) Gumbasa dengan layanan irigasi seluas 8.180 Hektare (Ha).

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengingatkan pentingnya untuk terus melaksanakan pembangunan infrastruktur,  termasuk bendung dan jaringan irigasi yang tersebar di seluruh tanah air untuk memastikan ketersediaan air bagi sawah, air bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kita juga perlu terus membangun dan melanjutkan rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi untuk pemulihan sektor pertanian termasuk Daerah Irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah pasca bencana tsunami dan likuifaksi tahun 2018. Rehabiltasi Daerah Irigasi (DI) di Gumbasa telah dimulai sejak 2016, kemudian terjadi bencana di 2018, dan Alhamdulillah di 2024 selesai,” kata Presiden Jokowi, Rabu (27/3/2024).

Dikatakan Presiden, rehabilitasi Daerah Irigasi Gumbasa membutuhkan biaya yang tidak sedikit yakni sebesar Rp1,25 triliun yang dipergunakan untuk rekonstruksi satu bendung, 35 km saluran primer, 52 km saluran sekunder, 120 km saluran tersier dan 82 km saluran pembuang.

“Ini akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 ha persawahan dan meningkatkan indeks penanaman dari semula 149% menjadi 300%. Saya harap dengan rehabilitasi dan rekonstruksi Daerah Irigasi Gumbasa ini meningkatkan produktivitas pertanian kita, mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan, serta meningkatkan kesejahreraan petani,” kata Presiden Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa irigasi di kawasan hulu Sungai Gumbasa berfungsi untuk mengairi lahan pertanian subur pada sentra pangan prioritas .

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia mengatakan, dengan telah diperbaikinya Irigasi Gumbasa, sampai saat ini sawah

seluas 894 Ha termasuk

190 Ha lokasi panen yang dikunjungi Presiden Jokowi sudah bisa ditanami padi 3 kali sejak 2023.

“Peningkatan indeks penanaman dapat dilakukan karena Irigasi Gumbasa memiliki Debit Andalan sebesar 33m3/detik, sedangkan debit yang dibutuhkan untuk mengairi 8.180 ha sawah hanya sekitar 13m3/detik. Jadi air di kawasan pangan ini sangat berkecukupan,” kata Dirjen Bob.

Azhar, salah seorang petani di Desa Pandere Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi mengatakan, saat ini air sudah sangat mencukupi untuk bertani. “Sehingga kami saat ini sudah bisa tiga kali tanam dan panen, sebelumnya kami maksimal hanya bisa dua kali tanam, yakni 1 kali tanam padi, 1 kali tanam palawija” ujarnya.

DI Gumbasa terletak di  area lembah Palu yang memanjang dari kaki hulu Sungai Gumbasa mengalir hingga Sungai Kawatuna di Kota Palu yang melayani 5 Kecamatan yang berada di Kabupaten Sigi dan Kota Palu yaitu: Kecamatan Gumbasa,Tanambulaya, Dolo, Sigi Biromaru dan Palu Selatan. DI Gumbasa yang dibangun pada tahun 1931 mulanya hanya berupa free intake dengan suplai air dari Sungai Gumbasa, kemudian oleh Departemen PU dibangun menjadi bendung permanen pada tahun 1976.

Turut hadir dalam acara tersebut Country Director Asian Development Bank-Indonesia Jiro Tominaga, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR Ismail Widadi, dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu Kementerian PUPR Dedi Yudha Lesmana. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News12 jam ago

Masuk Top-Rated ESG Companies List untuk Regional Asia Pasifik, Sinar Mas Land Siap Memperkuat Komitmen Penerapan Prinsip ESG di 2024

Bisniscorner.com  – Perubahan iklim dan risiko kerusakan lingkungan hidup telah menjadi kekhawatiran utama bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Pengembangan bisnis...

Breaking News12 jam ago

Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan, Menteri Basuki Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun...

Breaking News1 hari ago

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran...

Breaking News2 hari ago

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 15 Ruas Inpres Jalan Daerah Sepanjang 147 km di Sulawesi Tengah

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan perbaikan 15 ruas...

Breaking News2 hari ago

BMKG Imbau Masyarakat Banten dan Jakarta Antisipasi Musim Kemarau Tahun 2024

Bisniscorner.com – Meskipun musim kemarau tahun 2024 tidak separah dibandingkan tahun 2023, pemerintah daerah dan masyarakat di Provinsi Banten dan...

Breaking News2 hari ago

Konsisten Terapkan Konsep Green Building, Sinar Mas Land Bersama Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia Gaungkan Bangunan Tanpa Emisi Karbon

Bisniscorner.com – Bertambahnya emisi gas rumah kaca di atmosfer secara terus menerus membuat panas matahari yang dipantulkan dari bumi kian...

Trending