Connect with us

CSR

Bank Sampoerna Selenggarakan Gerakan Berbagi Paket Berbuka Puasa Serentak di 17 Kota Seluruh Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com  – Di penghujung bulan Ramadan tahun 2021 ini, Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) kembali melakukan gerakan berbagi paket berbuka puasa kepada masyarakat duafa atau kurang mampu. Setelah minggu lalu mengadakan di kota Jakarta, kali ini Bank Sampoerna mengadakan serentak di seluruh kantor cabang Bank Sampoerna yang terdapat di 17 kota seluruh Indonesia yang berlangsung pada tanggal 5 dan 6 Mei 2021.

“Selain menjadi Bank yang berfokus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Bank Sampoerna senantiasa peduli terhadap masyarakat sekitar. Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap sesama yang adalah merupakan salah satu nilai yang kami hidupi di Bank Sampoerna,” ungkap Ridy Sudarma, Corporate Communications & Investor Relations Head Bank Sampoerna di Jakarta (6/05/2021).

Bank Sampoerna yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia seperti Medan, Rantau Prapat, Palembang, Pekanbaru, Manado, Makassar, Palopo, Pontianak, Denpasar, Sorong, Jayapura, Surabaya, Malang, Semarang, Bandung, Jababeka dan Serpong dalam melakukan kegiatan ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan dilakungan dengan menghampiri warga yang tergolong dhuafa.

“Dalam kegiatan ini kami tetap menjalankan protokol kesehatan, termasuk memastikan tidak adanya kerumunan atau antrian yang ingin mendapatkan paket berbuka puasa. Untuk itu kami bekerjasama dengan Dompet Dhuafa agar pembagian ini lebih tepat sasaran,” lanjut Ridy.

Bank Sampoerna memberikan sedikitnya 1700 paket berbuka untuk di 17 kota. Bantuan ini tidak hanya dari perusahaan namun juga melibatkan seluruh karyawan Bank Sampoerna yang ikut berdonasi.“Kami juga menawarkan kepada seluruh karyawan untuk ikut berpartisipasi menyisihkan sedikit rejekinya untuk kegiatan ini. Jadi diharapkan karyawan juga ikut merasa peduli kepada sesame,” ujar Ridy menambahkan.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2020 lalu Bank Sampoerna membukukan penyaluran kredit sebesar Rp 8,2 triliun, meningkat 4,2% (yoy) dari penyaluran tahun sebelumnya sebesar Rp 7,8 triliun dan berhasil mencatatkan laba bersih pada akhir tahun 2020 sebesar Rp 46,9 miliar, meningkat dibandingkan dengan laba pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp 18,5 miliar.

Dari total kredit yang disalurkan itu, penyaluran kredit ke segmen UMKM sebesar Rp 4,2 triliun, kredit korporasi sebesar Rp 1,6 triliun, serta kredit konsumer sebesar Rp 2,4 triliun. Sementara itu, total DPK hingga 31 Desember 2020 mencapai Rp 10,4 triliun atau naik 7,6% (yoy) dari DPK tahun sebelumnya sebesar Rp 9,7 trilun. Sehingga rasio pinjaman berbanding dengan dana pihak ketiga / LDR berada pada level 78,4%. (Rls)

CSR

Sinar Mas Land Salurkan Bantuan Pendidikan Bagi Ratusan Pelajar dan Pendidik

Published

on

Bisniscorner.com – Salah satu amanat konstitusi kita mendorong upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya itu tentu bukan hanya kewajiban pemerintah tetapi perlu gotong royong berbagai pihak, termasuk perusahaan. Dalam rangka hal tersebut, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) di bidang pendidikan dengan menyalurkan bantuan kepada 785 para pelajar dan pendidik sebesar Rp700.000 per orang. Total bantuan dana pendidikan untuk tahun ini mencapai Rp550 juta.

Tujuan bantuan pendidikan itu memberikan apresiasi bagi para pelajar berprestasi maupun tidak mampu, penghargaan untuk para pendidik yang memiliki dedikasi nyata bagi perkembangan pendidikan, dan membantu putra/putri karyawan yang berprofesi sebagai office boy (OB), messenger, petugas keamanan, dan supir. Dengan demikian, bantuan di masa pandemi itu diharapkan dapat memperkuat semangat para pelajar dan pendidik dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Para pelajar yang menerima bantuan itu beragam mulai dari SD/MI, SMP/MTs sampai SMA/MA. Kalangan pendidik pun mencakup pengawas, kepala sekolah, dan guru.

Bantuan pendidikan ini menjadi bagian dari rangkaian acara Festival Pendidikan SML yang ke-7 sekaligus mengapresiasi Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei.  Festival Pendidikan Sinar Mas Land pada tahun ini mengangkat tema Mewujudkan lingkungan sekolah yang berkualitas melalui kreativitas yang inovatif dalam merdeka belajar.

“Semoga bantuan pendidikan ini bermanfaat bagi para pelajar maupun pendidik yang menerimanya.  Program tahunan Sinar Mas Land ini menjadi wujud nyata dukungan perusahaan kepada dunia pendidikan Indonesia dan sebagai upaya perusahaan dalam merealisasikan pembangunan berkelanjutan, khususnya mengurangi ketimpangan dan mengatasi kemiskinan serta mengangkat kesejahteraan masyarakat lebih baik,” ujar Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP.

Bantuan itu diberikan secara bertahap mulai 27 Mei sampai dengan 17 Juni 2021. Selain bantuan berupa dana, Sinar Mas Land sebelumnya memberikan edukasi dan pelatihan kepada para pelajar dan pendidik dalam rangkaian acara Festival Pendidikan SML ke-7 itu.  (Rls)

Continue Reading

CSR

Gelar Pelatihan Hidroponik, PT IKKP : Hidroponik Bisa Memenuhi Kebutuhan Sayur Mayur

Published

on

Bisniscorner.com – PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang Mill melalui program CSR kembali menggelar pelatihan hidroponik angkatan ketiga. Sedikitnya ada dua puluh peserta diajari tentang budidaya sayur mayur.

Berlangsung di Serua Farm, Bojongsari Kota Depok. Peserta berasal dari Kelurahan Pakualam, Pakujaya dan Jelupang, Serpong Utara Kota Tangsel. Angkatan ketiga ini berbeda dengan angkatan pertama dan kedua yang mana mereka telah memiliki dasar tentang hidroponik. Sedangkan angkatan pertama dan kedua betul-betul dari awal.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin menyampaikan pesan kepada peserta, tujuan daripada pelatihan ini sama-sama menimba ilmu tentang hidroponik. Tentu dengan dasar yang sudah dimiliki bapak dan ibu  makin menambah pengetahuan  tentang tata cara menanam sayur mayur.

“Kita sama-sama belajar tentang hidroponik. Dengan belajar di sini tujuannya  untuk menambah khasanah pengetahuan. Oleh sebab itu kita  harapkan kegiatan ini bisa bermanfaat sehingga semakin banyak yang menekuni hidroponik sebagai solusi dalam mengembangkan pertanian di perkotaan yang mana lahan semakin menyempit,” ujarnya, Rabu (16/6).

Lanjut ia, menanam dengan cara hidroponik tentu hasilnya jauh lebih berkualitas mulai dari jenis sayur mayurnya serta kandungan nutrisi dari ragam sayuran. Berbeda   dengan tanaman yang konvesional. Maka hidroponik menjadi solusi dalam mengembangkan pertanian saat ini dan ke depan.

“Ada perbedaan yang ditanam di tanah dengan hidroponik. Ternyata hidroponik mampu menghasilkan empat kali lebih banyak. Kendati masalahnya sama, soal hama. Maka harapan kami hidroponik bisa jalan terus utamanya memenuhi kebutuhan sayur mayur,” tambahnya di dampingi Humas PT IKPP Tangerang Achmad Junaidi dan Head of CSR PT IKPP Tangerang Lily Yulianingsih.

Pemateri Serua Farm Zulhaq dan Charlie Tjendapati  menyampaikan  dalam melakukan pemberdayaan lahan akan sejalan dengan dunia usaha. Dan ini akan menjadi kenyataan bahwa suatu saat menjadi pilihan sayuran hidroponik. Kendati saat ini masih banyak sayuran konvensional melalui penanaman langsung.

“Maka harus dimanfaatkan dengan baik, banyak contoh masyarakat setelah rutin menanam  dan hasilnya bagus maka ketemu pasar sendiri. Karena sayuran hidroponik dari sisi penampilan lebih bagus. Jadi harus konsisten sehingga terus berkembang,” pesannya.

Lanjut ia, selama pandemi permintaan sayuran meningkat, yang mana kebutuhan harian masyarakat umum jauh lebih besar dari biasanya. Jadi jangan pernah khawatir untuk mencari pasar. “Tugas kita adalah menanam dan menjaga kualitas sayuran,” tambah ia.

Turut hadir Penyuluh Pertanian Serpong Utara dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel  Dika Meylanasari memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar serius mengikuti pelatihan serta bisa mengembangkan dengan ketekunan dan ketelatenan.

“Proses yang dilewati adalah proses yang panjang. Banyak bapak ibu di luar sana ingin seperti ini makanya kesempatan yang telah diberikan oleh Indah Kiat harus dilakukan dengan maskimal sehingga dapat dipertangungjawabkan,” pesannya.

Perwakilan peserta Evi Wafiroh menuturkan saat ini dirinya sudah berhasil mengembangkan hidroponik di lingkungan. Melalui program CSR PT Indah Kiat memperoleh bantuan tahap pertama 320 lubang sebagai median tanaman hidroponik. Bantuan yang kedua sebanyak 1040 lubang dan dari swadaya masyarakat 640 lubang. Total yang saat ini dikembangkan 2.000 lubang.

“Adapun hasil tanam dijual ke masyarakat sekitar khususnya  wilayah  RW 12 Pakualam. Untuk masa panen kangkung tiga Minggu sekali. Selain itu ada bayam serta caisim. Dengan mengembangkan hidroponik, selain bisa menambah pendapatan  juga bisa mencukupi kebutuhan sayur mayur untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya. (Red)

Continue Reading

CSR

Sinar Mas Land Latih 150 Tenaga Pendidik dalam Memberdayakan Lingkungan Sekolah

Published

on

Bisniscorner.com – Masa depan bangsa bergantung kepada kualitas sumber daya manusia. Pendidikan menjadi salah satu penentu bagi generasi bangsa yang unggul. Dalam membentuk para siswa yang berkualitas dan unggul dibutuhkan peran pengawas, kepala sekolah, dan guru dalam memberdayakan lingkungan sekolah. Berbeda dengan saat sebelumnya, pada masa pandemi memerlukan kreativitas dan inovasi tersendiri dari pengawas, kepala sekolah, dan guru. Pemberdayaan lingkungan sekolah yang baik bakal mendukung kegiatan belajar-mengajar.

Turut memberikan dukungan hal itu, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyelenggarakan workshop atau pelatihan bagi para pendidik. Pelatihan ini termasuk dalam rangkaian Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-7 yang mengusung tema Mewujudkan lingkungan sekolah yang berkualitas melalui kreativitas yang inovatif dalam merdeka belajar sebagai apresiasi Hari Pendidikan Nasional 2021.

Workshop yang bertemakan Menjadi agen perubahan pendidikan bangsa yang kreatif dan inovatif dalam memberdayakan lingkungan sekolah itu akan diselenggarakan dalam tiga batch, yaitu 10-11 Juni, 17-18 Juni, dan 24-25 Juni. Acara akan berlangsung mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan 150 peserta yaitu pengawas, kepala sekolah, dan guru dari Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan dan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Ada dua narasumber yang akan membawakan materi pada workshop pendidikan tersebut. Keduanya pakar pengembangan SDM dan pendidikan yaitu Psikolog Dra. Endang Retno Wardhani MBA, Ph.D, CHt, dan Drs. Rujiyanto, MSn. Pada saat membuka workshop, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land khususnya PT BSD yang telah membuat berbagai kegiatan dan program CSR untuk pemberdayaan masyarakat, baik di bidang Lingkungan, Pendidikan maupun Ekonomi.

“Semoga Program Sekolah Berhati dapat membantu sekolah-sekolah dalam mempersiapkan lingkungan yang baik, berkarakter hijau, sehat dan inovatif, tentunya berdasarkan landasan Pancasila,” ujarnya.

Workshop itu termasuk pula dalam program Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat, dan Inovatif). Ini merupakan bagian dari program Bina Sekolah yang menjadi bentuk kolaborasi dan sinergi antara CSR Sinar Mas Land Bidang Pendidikan dengan para pendidik Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan serta Tim Pusat Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT). Program Sekolah Berhati dinisiasi oleh CSR BSD Sinar Mas Land bertujuan membantu sekolah dan madrasah di pinggiran perkotaan yang mengalami keterbatasan fisik lingkungan sekolah. Dengan demikian, sekolah dan madrasah dapat siap melakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi maupun kenormalan baru.

“Program itu sejak awal 2021 tengah dikembangkan di 2 kecamatan yang menjadi area piloting yaitu Kecamatan Pagedangan Kab. Tangerang dan Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Melalui program tersebut, CSR BSD memberikan bantuan dalam bentuk edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung proses pembelajaran ekstrakurikuler yang produktif di masa pandemi maupun sesudahnya,” tutur Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP. Bantuan itu diberikan melalui pemberdayaan sanitasi bersih, pemanfaatan pekarangan menjadi taman sekolah, UKS, serta penyelenggaraan kantin sehat. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News7 jam ago

Hingga Pertengahan Juni 2021, Program Padat Karya Bidang Jalan & Jembatan Sudah Serap 230.007 Tenaga Kerja

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada TA 2021 terus melanjutkan program infrastruktur kerakyatan yang dilakukan melalui...

Breaking News7 jam ago

Kunker di Jateng, Menteri Basuki Targetkan Pembangunan Rusun Politeknik PU Rampung Tahun Ini

Bisniscorner.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul pembangunan Politeknik PU di...

Breaking News8 jam ago

JMSI : SKB Pedoman Implementasi UU ITE Bawa Angin Segar Bagi Perusahaan Media Siber

Bisniscorner.com – Langkah Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, dan Kapolri menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pedoman Implementasi Pasal-Pasal Tertentu...

Breaking News8 jam ago

Optimalisasi Tracing, Pertumbuhan Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Saat Ini Tertinggi

Serpongupdate.com – Kota Tangerang mengalami lonjakan angka kasus konfirmasi Covid-19. Sejumlah rumah sakit dan rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) dipenuhi pasien...

Breaking News1 hari ago

Herd Immunity di Kota Tangerang Ditargetkan Tercapai Akhir Agustus 2021

Bisniscorner.com – Dalam upaya mencapai kekebalan kelompok ditengah pandemi Covid-19, Pemkot Tangerang melakukan akselerasi-akselerasi. Saat ini vaksinasi massal dibuka untuk...

Breaking News1 hari ago

Kapolres Cilegon Bersama Dandim 0623 Cilegon Sidak PPKM Mikro di Cibeber

Bisniscorner.com – Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono SIk.S.H dan Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Rhomadhon melakukan sidak Posko Penerapan...

Trending