Connect with us

CSR

Gelar Pelatihan Hidroponik, PT IKKP : Hidroponik Bisa Memenuhi Kebutuhan Sayur Mayur

Published

on

Bisniscorner.com – PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang Mill melalui program CSR kembali menggelar pelatihan hidroponik angkatan ketiga. Sedikitnya ada dua puluh peserta diajari tentang budidaya sayur mayur.

Berlangsung di Serua Farm, Bojongsari Kota Depok. Peserta berasal dari Kelurahan Pakualam, Pakujaya dan Jelupang, Serpong Utara Kota Tangsel. Angkatan ketiga ini berbeda dengan angkatan pertama dan kedua yang mana mereka telah memiliki dasar tentang hidroponik. Sedangkan angkatan pertama dan kedua betul-betul dari awal.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin menyampaikan pesan kepada peserta, tujuan daripada pelatihan ini sama-sama menimba ilmu tentang hidroponik. Tentu dengan dasar yang sudah dimiliki bapak dan ibu  makin menambah pengetahuan  tentang tata cara menanam sayur mayur.

“Kita sama-sama belajar tentang hidroponik. Dengan belajar di sini tujuannya  untuk menambah khasanah pengetahuan. Oleh sebab itu kita  harapkan kegiatan ini bisa bermanfaat sehingga semakin banyak yang menekuni hidroponik sebagai solusi dalam mengembangkan pertanian di perkotaan yang mana lahan semakin menyempit,” ujarnya, Rabu (16/6).

Lanjut ia, menanam dengan cara hidroponik tentu hasilnya jauh lebih berkualitas mulai dari jenis sayur mayurnya serta kandungan nutrisi dari ragam sayuran. Berbeda   dengan tanaman yang konvesional. Maka hidroponik menjadi solusi dalam mengembangkan pertanian saat ini dan ke depan.

“Ada perbedaan yang ditanam di tanah dengan hidroponik. Ternyata hidroponik mampu menghasilkan empat kali lebih banyak. Kendati masalahnya sama, soal hama. Maka harapan kami hidroponik bisa jalan terus utamanya memenuhi kebutuhan sayur mayur,” tambahnya di dampingi Humas PT IKPP Tangerang Achmad Junaidi dan Head of CSR PT IKPP Tangerang Lily Yulianingsih.

Pemateri Serua Farm Zulhaq dan Charlie Tjendapati  menyampaikan  dalam melakukan pemberdayaan lahan akan sejalan dengan dunia usaha. Dan ini akan menjadi kenyataan bahwa suatu saat menjadi pilihan sayuran hidroponik. Kendati saat ini masih banyak sayuran konvensional melalui penanaman langsung.

“Maka harus dimanfaatkan dengan baik, banyak contoh masyarakat setelah rutin menanam  dan hasilnya bagus maka ketemu pasar sendiri. Karena sayuran hidroponik dari sisi penampilan lebih bagus. Jadi harus konsisten sehingga terus berkembang,” pesannya.

Lanjut ia, selama pandemi permintaan sayuran meningkat, yang mana kebutuhan harian masyarakat umum jauh lebih besar dari biasanya. Jadi jangan pernah khawatir untuk mencari pasar. “Tugas kita adalah menanam dan menjaga kualitas sayuran,” tambah ia.

Turut hadir Penyuluh Pertanian Serpong Utara dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel  Dika Meylanasari memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar serius mengikuti pelatihan serta bisa mengembangkan dengan ketekunan dan ketelatenan.

“Proses yang dilewati adalah proses yang panjang. Banyak bapak ibu di luar sana ingin seperti ini makanya kesempatan yang telah diberikan oleh Indah Kiat harus dilakukan dengan maskimal sehingga dapat dipertangungjawabkan,” pesannya.

Perwakilan peserta Evi Wafiroh menuturkan saat ini dirinya sudah berhasil mengembangkan hidroponik di lingkungan. Melalui program CSR PT Indah Kiat memperoleh bantuan tahap pertama 320 lubang sebagai median tanaman hidroponik. Bantuan yang kedua sebanyak 1040 lubang dan dari swadaya masyarakat 640 lubang. Total yang saat ini dikembangkan 2.000 lubang.

“Adapun hasil tanam dijual ke masyarakat sekitar khususnya  wilayah  RW 12 Pakualam. Untuk masa panen kangkung tiga Minggu sekali. Selain itu ada bayam serta caisim. Dengan mengembangkan hidroponik, selain bisa menambah pendapatan  juga bisa mencukupi kebutuhan sayur mayur untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya. (Red)

CSR

Adhi Karya Bantu Wujudkan Warga Mekar Asri II Miliki Taman Sehat

Published

on

Bisniscorner.com –  Warga RT 05/06 Kompleks Mekar Asri II, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang bakal memiliki Taman Sehat. Taman yang dibangun di fasos/fasum ini, diwujudkan melalui program Corporate Social Responbility (CSR), salah satu perusahaan BUMN, yaitu PT. Adhi Karya.

Ketua RT 05/06, Edi Widodo, menjelaskan, Taman Sehat ini dilengkapi dengan fasilitas lapangan bulu tangkis, jogging track untuk terapi kaki, senam serta sekretariat untuk Posyandu. Pun demikian, kata Edi, tempat ini juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan anak-anak muda seperti skateboard dan lain sebagainya. Bahkan juga bisa difungsikan untuk acara resepsi hajatan.

“Taman Sehat, tapi ya multi fungsi. Bisa untuk kegiatan Posyandu, termasuk juga bisa digunakan untuk acara resepsi hajatan,” ujar Edi Widodo, usai kegiatan gotong royong dalam proses pembangunan Taman Sehat, Minggu 18 Juni 2021.

Edi juga mengungkapkan, dana pembangunan Taman ini berasal dari program CSR PT. Adhi Karya, yang disampaikan melalui aspirasi warga kepada Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Banten III, St. Ananta Wahana, SH, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, aspirasi kami didengar oleh Pak Ananta selaku Anggota DPR RI, dan terwujud Taman Sehat yang saat ini sedang dalam proses pembangunan,” katanya.

Salah seorang tokoh masyarakat Mekar Asri II yang juga sebagai salah satu penggagas program pembangunan Taman Sehat ini, Widi Hatmoko berharap ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Anggota Komisi VI DPR RI Ananta Wahana yang telah menyambungkan aspirasi warganya kepada mitra kerjanya di Kementrian BUMN, hingga terealisasinya Taman Sehat tersebut. (Red)

Continue Reading

CSR

Sentul Highlands Golf Club Gelar Vaksinasi Gotong Royong Dosis Pertama

Published

on

Bisniscorner.com – Sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia, PT Padang Golf Bukit Sentul (Sentul Highlands Golf Club) mengadakan vaksinasi gotong royong dosis pertama sebagai bentuk tanggung jawab pengusaha kepada karyawannya, sekaligus membantu mempercepat herd immunity yang ingin dicapai pemerintah.

Direktur Komersial Sentul Highlands Golf Club, Aida Ristany menjelaskan bahwa Sentul Highlands Golf Club mendukung penuh program Vaksinasi Gotong Royong yang digagas oleh pemerintah dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam rangka mencapai kekebalan kelompok, sekaligus melindungi karyawan dan keluarganya terhadap penyebaran COVID-19.

“Sejak awal pandemi, keselamatan dan kesehatan karyawan selalu menjadi prioritas utama perusahaan. Vaksinasi ini merupakan salah satu upaya kita bersama untuk mempercepat sekaligus memperluas cakupan vaksinasi dan membantu pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Program vaksinasi Sentul Highlands Golf Club dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan pekerja yang aktif beraktifitas dan berperan krusial dalam menjaga keberlangsungan operasional golf.

Sebanyak 828 karyawan dan keluarga telah dilakukan Vaksinasi Gotong Royong di beberapa titik sentra vaksinasi diantaranya Gedung Pasar Pagi Mangga Dua Jakarta, Stadion Pakansari Cibinong, dan PT Argha Karya Prima Industry, Citeureup, Kab. Bogor.

Dilakukannya program vaksinasi ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk dapat memutus mata rantai COVID-19 dengan memperluas cakupan vaksinasi sehingga dapat mempercepat pemulihan kinerja perdagangan dan ekonomi Indonesia.

Dalam waktu dekat ini Insya Allah Sentul Highlands Golf Club akan melakukan kegiatan program “Berbagi 1.000 Vaksin” gratis yang bekerja sama dengan golfer dan club community.

“Pemberian 1000 vaksin merupakan kegiatan sosial Sentul Highlands Golf Club bersama para golfer untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Program ini akan kami berikan bagi warga atau masyarakat yang masih belum mendapatkan program vaksinasi, dengan harapan juga dapat mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak akibat pandemic,” ucap Aida Ristany.

Hal ini juga melanjutkan gerakan donasi yang sudah pernah dilakukan pada masa pandemic COVID-19 di tahun sebelumnya.

Sentul Highlands Golf Club telah bekerja sama dengan pemerintah, rumah sakit, golf community dan para golfer untuk menyalurkan bantuan berupa donasi penyediaan alat pelindung diri, peralatan medis, paket makanan sehat dan sembako untuk mencukupi kebutuhan nutrisi serta kesehatan para pejuang di masa pandemi ini.

Sentul Highlands Golf Club berupaya untuk terus menjaga pelayanan, memberikan bantuan serta bekerja sama dengan berbagai pihak agar dapat berkontribusi dan memberdayakan masyarakat untuk saling peduli mengatasi dampak Covid-19 di Indonesia.

Melalui berbagai program donasi, Sentul Highlands Golf Club akan terus berupaya membawa dampak baik bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia. (Rls)

Continue Reading

CSR

Indah Kiat Tangerang Kembali Beri Bantuan Alat Hidroponik dan Budidaya Lele

Published

on

Bisniscorner.com  – PT Indah Kiat Pulp and Paper memberikan bantuan alat pertanian hidroponik kepada sejumlah wanita tani di Kecamatan, Serpong Utara, Kota Tangsel.

Kelompok Tani yang diberi bantuan yakni, Kelompok Tani Amor Pakualam diberi dua rangkaian hidroponik dengan 2.000 lubang tanam dan tiga kolam budidaya lele dengan 3.000 bibit.

Kemudian, KWT Hijau Kreatif Pakujaya diberi tiga rangkaian hidroponik dengan 960 lubang tanam, KWT Mentari Jelupang satu rangkaian dengan 1.000 lubang tanam serta KWT Kemangi Pakualam satu rak dengan 320 lubang tanam.

Bantuan tersebut diberikan perusahaan yang memproduksi kertas tersebut sebagai bagian Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin mengatakan, sebelum memberikan bantuan peralatan pertanian dan budidaya lele pihaknya telah melaksanakan pelatihan tanaman hidroponik beberapa waktu lalu.

“Bantuan ini untuk pemberdayaan masyarakat. Kelompok tani yang sebelumnya telah diberi bantuan agar lebih semangat dan meningkatkan produktivitas,” katanya usai menyerahkan bantuan, Sabtu, (10/7/2021).

Kholisul menambahkan, beberapa kelompok tani yang bisa mengembangkan hasil taninya diberi tambahan peralatan agar lebih memproduksi. Sedangkan, kelompok tani yang baru mendapatkan bantuan rangkaian hidroponik maupun kolam lele agar bisa berhasil hingga panen.

“Saya berharap ada kemajuan setelah adanya bantuan pelatihan dan juga tambahan modal dari perusahaan,” terangnya.

Ditambahkan Lurah Pakualam Wandi Susanto berterima kasih kepada PT IKPP Tangerang yang mau membantu kelompok masyarakat setempat pertanian hidroponik maupun budidaya lele.

“Saya harapkan dengan bantuan ini kemandirian masyarakat dalam usaha kelompok tani ini kian meningkat. Dan bisa mengajak masyarakat lain untuk bergabung dalam kelompok tani ini,” pungkasnya. (Red)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News23 jam ago

Beri Kenyamanan Wisatawan dan Kegiatan Keagamaan, Kementerian PUPR Mulai Penataan Kawasan Suci Pura Besakih di Bali

Bisniscorner.com – Pulau Bali sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia memiliki daya tarik yang identik dengan seni, budaya,...

Breaking News23 jam ago

Menteri Basuki Tegaskan Pentingnya Data BMKG dalam Pembangunan Infrastruktur

Bisniscorner.com – Sebagai negara kepulauan yang terletak di daerah cincin api dan juga negara seismik aktif, Indonesia secara konstan menghadapi...

Breaking News24 jam ago

Percepat Herd Immunity, BIN Banten Gelar Valksinasi untuk Pelajar dan Santri

Bisniscorner.com – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Banten di delapan wilayah kabupeten dan kota se Provinsi Banten menggelar vaksinasi untuk...

Breaking News3 hari ago

BMCI Salurkan Bantuan dari Donasi Konsumen Alfamart untuk Relawan PMI Kota Tangerang

Bisniscorner.com – Sebagai bentuk kepedulian serta memerangi pandemi Covid-19, melalui hasil donasi konsumen yang digalang di toko Alfamart memberikan bantuan...

Breaking News3 hari ago

Kota Tangerang Miliki Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung Terbesar di Banten

Bisniscorner.com – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meresmikan operasional Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung yang digadang akan menjadi...

Breaking News3 hari ago

Vihara Butong Dukung Percepatan Herd Immunity di Kota Tangerang

Bisniscorner.com – Dalam mendukung percepatan terbentuknya herd immunity di Kota Tangerang pada masa pandemi covid19, vihara Butong, di Kecamatan Neglasari...

Trending