Connect with us

Gaya Hidup

6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menjaga dan Merawat Masalah Kulit Selama Isoman

Published

on

Bisniscorner.com – Jumlah penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) kini kian bertambah setiap hari seiring dengan pertambahan kasus covid-19 di Indonesia. Beberapa penderita isoman dilaporkan memiliki kelainan pada kulit baik yang berhubungan langsung dengan infeksi Covid-19 atau tidak langsung.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk merawat kondisi kulit dari rumah? Dermatologis ZAP Clinic dr. Novi Junita, M.Biomed, Sp.KK akan membagikan beberapa hal mengenai permasalahan kulit yang mungkin terjadi saat isoman serta bagaimana perawatan kulit yang dapat dilakukan oleh penderita Covid-19 untuk menjaga kesehatan kulit selama isoman. 

1. Ruam kulit bisa menjadi pertanda Covid-19

Ruam pada kulit adalah salah satu gejala infeksi Covid-19 yang kerap muncul bersamaan dengan sejumlah gejala lainnya. Angka kejadian infeksi Covid-19 yang bermanifestasi pada kulit dilaporkan sebesar 0,2%-20% di seluruh dunia. Menurut Galvan, et al., salah satu ruam yang paling sering dialami oleh penderita Covid-19 di spanyol adalah tipe makulopapular (47% dari 375 kasus), yaitu berupa ruam kemerahan atau bentol pada kulit yang banyak ditemukan di area badan dan ekstremitas. Biasanya bisa disertai perdarahan pada kulit berupa ptechiae atau purpura, gatal, rasa terbakar, demam, nyeri otot dan lemas. Varian lain manifestasi kulit akibat Covid-19 yang dilaporkan antara lain tipe urtikaria, vesikular, pseudochilblain/covid toes, dan vaskular. 

Belum diketahui secara pasti melalui jalur mana virus Covid-19 ini bisa menginfeksi kulit. Dokter Novi menjelaskan, “Salah satunya, virus ditengarai masuk melalui saluran nafas dan mukosa, kemudian menyebar ke peredaran darah sistemik atau seluruh tubuh, yang disebut dengan viremia. Normalnya, sepertiga dari peredaran darah sistemik ini akan disuplai ke dalam kulit, sehingga virus juga bisa ikut masuk ke dalam kulit atau disebut penyebaran secara hematogen. Atau kemungkinan lain virus bisa masuk ke kulit melalui kontak langsung, di mana seseorang yang memiliki mikrolesi pada kulit bersentuhan langsung dengan droplet penderita Covid-19 seperti saat bersalaman.”

2. Jari kaki bengkak kemerahan, ciri covid toes

Selain makulopapular, covid toes merupakan salah satu permasalahan kulit akibat infeksi Covid-19 yang sering ditemukan. Gejalanya jari-jari kaki terasa nyeri, gatal, bengkak, dan berwarna kemerahan hingga keunguan. Hal ini disebabkan oleh terjadinya thrombosis vasculopathy, yang menyebabkan peredaran darah di ujung jari terganggu sehingga suplai oksigen berkurang dan memicu inflamasi.

Walaupun covid toes dapat sembuh tanpa pengobatan dalam periode 1-3 minggu, penderita Covid-19 dapat mengurangi rasa tidak nyaman dengan kompres air hangat, menjaga suhu ruangan tetap hangat, mengganjal kaki dengan bantal waktu tidur, dan hindari merokok. Pengobatan yang dapat diberikan antara lain salep yang mengandung steroid secara topikal, pemberian nifedipine atau pentoxifyline pada kasus yang berat sesuai dengan anjuran dokter.

3. Stres dapat sebabkan jerawat

Rasa khawatir dan cemas yang tak terhindarkan oleh penderita Covid-19 mampu memicu timbulnya perasaan stres yang akan direspon tubuh dengan produksi hormon kortisol dan androgen berlebih. Perpaduan kedua hormon yang bekerja lebih aktif ini mampu meningkatkan aktivitas kelenjar minyak serta inflamasi pada kulit wajah, sehingga muncullah komedo dan jerawat. Selain itu, stres juga dapat memberikan efek negatif lain pada kulit, seperti gangguan regenerasi kulit menyebabkan kulit kusam, gangguan permeabilitas kulit sehingga kulit menjadi kering, gangguan imunitas kulit yang mengakibatkan kulit mudah mengalami peradangan serta memperlambat kesembuhan dan kambuhnya penyakit kronis kulit pada seseorang yang menjalani isoman seperti dermatitis seboroik, dermatitis atopik, psoriasis, neurodermatitis, dll. Stres juga mampu mempercepat proses penuaan kulit. 

4. Berjemur meningkatkan imun, jangan lupa pakai sunblock di wajah!

Sinar UVB mampu memicu kulit membentuk vitamin D yang berfungsi sebagai imunomodulator sehingga meningkatkan sistem imunitas kulit dan tubuh, mengurangi inflamasi serta mempercepat proses penyembuhan. Berjemur di bawah sinar matahari sebaiknya dilakukan maksimal jam 10 pagi. Pastikan untuk mengekspos area kulit seluas mungkin agar sinar matahari dapat terserap maksimal.

“Lamanya durasi berjemur bergantung pada usia dan tipe kulit individu masing-masing. Untuk mereka yang berkulit terang dan berusia muda cukup dilakukan selama 10-15 menit. Tapi mereka yang berkulit gelap dan berusia lanjut membutuhkan durasi berjemur yang lebih lama, yaitu minimal 30 menit untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam kulit,” terang dokter Novi.

Penggunaan sunblock pada wajah saat berjemur sempat diperdebatkan di media sosial. Merespon hal ini, dokter Novi mengungkapkan jika memang benar penggunaan sunblock dengan SPF 30 atau lebih akan menghalangi penyerapan sinar matahari 95-98%, namun luas area kepala hanya sebesar 9% dari luas seluruh permukaan tubuh sehingga penggunaan sunblock di area wajah saja tidak akan memberikan perbedaan signifikan dalam pembentukan vitamin D pada kulit. Sebagai alternatifnya, topi dan kacamata juga dapat digunakan untuk melindungi area kepala, wajah dan mata dari radiasi sinar UV.

5. Telemedicine terbukti akurat untuk diagnosis masalah kulit

Studi yang dilakukan Hersh, et. al. menyatakan dermatologi merupakan salah satu bidang kedokteran yang memiliki akurasi tinggi dalam melakukan diagnosis dan memberikan pengobatan secara online. Hal ini juga didukung oleh penelitian Oliveira, et. al. yang menemukan akurasi diagnosis teledermatologis (telemedicine dengan dermatologis) memiliki sensitivitas 73%-97% dan spesifisitas 73%-83%. Dengan kata lain, teledermatologi dapat menjadi alternatif bagi penderita Covid-19 yang tengah isoman agar tetap mendapatkan pengobatan. 

“Sejak 2020, ZAP sudah melayani teledermatologi melalui video call sebagai upaya untuk mengurangi mobilitas serta menurunkan risiko penularan Covid-19. Untuk kasus yang dicurigai Covid-19, diagnosis yang paling banyak adalah makulopapular dan urticaria,” terang Dokter Novi.

6. Mandi, konsumsi makanan bergizi hingga terapkan basic skincare untuk perawatan minimal

Ada kalanya isoman terasa overwhelming, bagi penderita Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG, hal minimal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah tetap mandi dua kali sehari, minum 2-3 liter air putih, olahraga ringan hingga sedang, tidur minimal 8 jam di malam hari serta menggunakan pelembab minimal tiga kali sehari, utamanya di area tangan yang sering kering akibat mencuci tangan atau memakai hand sanitizer. Menjaga nutrisi tubuh juga penting untuk dilakukan, jadi upayakan untuk makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah serta lengkapi dengan konsumsi vitamin C, B, D, E dan zinc. 

Perawatan kulit wajah selama isoman yang dapat dilakukan di rumah dengan basic skin care antara lain membersihkan wajah, melembabkan area wajah, tetap menggunakan sunblock meskipun di dalam ruangan dan mengeksfoliasi wajah untuk regenerasi kulit. Produk yang digunakan harus sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Untuk kulit berminyak dan kombinasi baiknya melakukan double cleansing, foaming soap, oil free moisturizer, sunblock non comedogenic dan eksfoliasi fisik atau kimiawi menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA.

Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif dapat memilih produk balm cleanser, non-SLS, hipoalergenik, oil-based atau cream based moisturizer, mineral sunblock tanpa parfum dan bahan pengawet, serta eksfoliasi dengan AHA dosis rendah. (Rls)

Gaya Hidup

Eka Hospital Official Medical Partner Persija Lakukan Medical Check Up Pemain Jelang Musim 2022-2023

Published

on

Bisniscorner.com  – Eka Hospital Group didukung tim Dokter Gatam Institute melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh manajemen dan pemain Persija Jakarta pada Minggu(15) dan Senin(16) Mei, dalam rangka persiapan menghadapi musim kompetisi Liga 1 2022/2023 yang kabarnya akan dimulai pada akhir Juli 2022 mendatang. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari kerja sama strategis antara Persija dengan Eka Hospital yang merupakan official medical partner.

“Atlet-atlet Persija pada hari ini menjalani Pre-Competition Medical Assessment (PCMA) sesuai dengan parameter dan standar yang ditentukan oleh Asian Football Confederation (AFC). Kita semua berharap seluruh pemain Persija dalam kondisi sehat dan prima, sehingga dapat menatap musim kompetisi yang baru dengan lebih semangat dan percaya diri,” ungkap Chief Operating Officer Eka Hospital Group, drg. Rina Setiawati.

Dijelaskannya, sebagai official medical partner, Eka Hospital mengawal kesehatan seluruh pemain Persija selama mengarungi kompetisi. “Dengan peralatan berteknologi terkini dan terintegrasi, serta didukung oleh dokter-dokter ahli dan berpengalaman, kami siap merawat cedera para atlet Persija maupun keluarganya. Selain itu, bagi pendukung setia Persija yaitu Jakmania, terdapat penawaran khusus untuk keringanan biaya laboratorium, radiologi, rehab medik hingga paket kesehatan khusus,” pungkas Rina.

Berbagai inovasi terus dihadirkan oleh Eka Hospital dalam rangka mendukung kerja sama dengan Persija, khususnya untuk pusat layanan unggulan di bidang Orthopedi, Spine, Hip & Knee, serta Sport Injury yang tergabung di dalam Gatam Institute. “Gatam Institute terus berupaya untuk meningkatkan layanan, termasuk untuk menunjang kerja sama Eka Hospital dengan Persija. Melalui berbagai inovasi yang kami hadirkan, Eka Hospital saat ini merupakan rumah sakit dengan pelayanan orthopedi yang memiliki peralatan operasi tulang belakang terkini dan terintegrasi se-Asia Tenggara,” ujar DR. dr. Luthfi Gatam, Sp.OT (Spine), Chairman of Gatam Institute Eka Hospital Orthopedic & Spine Center.

Peralatan canggih lain yang baru saja dihadirkan Eka Hospital baru-baru ini adalah Pro Axis Table, meja operasi dengan teknologi robotic sehingga gerakannya lebih halus dan presisi. “Hadirnya meja operasi robotic ini, melengkapi peralatan mutakhir dan terintegrasi yang dimiliki oleh Gatam Institute antara lain robot navigasi untuk operasi tulang belakang yang pertama dan satu- satunya di Indonesia dan Asia Tenggara, O-arm dan C-arm 3D,” ungkap Luthfi.

Luthfi menambahkan, Gatam Institute didukung oleh tim dokter yang kompeten di bidangnya. “Tim dokter kami antara lain terdiri dr. Rizki Gatam, Sp.OT (K) spesialis Spine, dr. Ricky E.P Hutapea, Sp.OT (K) spesialis Hip and Knee dan dr. Erick Wonggokusuma, Sp.OT (K) spesialis Sport Injury. Dengan komposisi dokter spesialis yang komprehensif bersama tim Dokter Jantung dr. Daniel Tanubudi, Sp.JP, FIHA tersebut, para atlet Persija dapat mempercayakan kesehatannya secara penuh kepada kami, sehingga seluruh pemain dapat fokus untuk mengukir prestasi dalam kompetisi Liga 1 2022/2023 mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, manajemen Persija Jakarta menyampaikan apresiasinya terhadap layanan kesehatan Eka Hospital. “Kami sangat senang dapat menjalin kerja sama strategis dengan Eka Hospital yang memiliki peralatan canggih dan tim dokter yang mumpuni mulai dari tim dokter umum hingga tim dokter spesialis di bidang spine surgery, hip & knee, sport injury serta jantung. Pada PCMA yang dilakukan hari ini pun terlihat bahwa atlet-atlet Persija ditangani oleh ahli di bidangnya. Kami berharap, kerja sama ini akan berdampak positif terhadap kondisi kesehatan seluruh pemain Persija secara umum selama mengarungi musim kompetisi di Liga 1 2022/2023,” papar dr. Donny Kurniawan, Sp.KO(K), Head Medical Persija Jakarta. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

Kiat Menjaga Kulit, Agar Tidak Dehidrasi di Saat Puasa

Published

on

Bisniscorner.com – Bulan Ramadan sudah tiba, walau sedang berpuasa kita ingin kesegaran tubuh dan juga kulit tetap terjaga. Jangan sampai berpuasa membuat kulit kita menjadi dehidrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, penting menjaga kesegaran dan kelembaban kulit kita selama berpuasa.

Dalam acara ZAP Media Gathering Buka Bersama yang diadakan di Good Rich Kemang pada Kamis (21/4) hadir dr. Rahma Evasari, Sp.DV selaku Dermatologist di ZAP Clinic memberikan kiat-kiatnya agar kulit tidak terdehidrasi ketika berpuasa.

Kulit yang mengalami dehidrasi yaitu kulit yang kehilangan kelembabannya. Hal tersebut dapat terjadi ketika kita berpuasa di mana kulit menampakkan tanda kering. Tanda-tanda kering ini dapat menjadi peringatan agar kita lebih aware dalam menjaga kesegaran dan kelembaban kulit kita. Namun begitu ada juga yang tidak menampakkan tanda atau gejala yang sama tapi sebenarnya kulit telah terdehidrasi.

Selain menampakkan tanda kering pada kulit yang terdehidrasi, kulit juga mengalami sensitivitas yang lebih tinggi. Hal tersebut terjadi karena kulit mengalami iritasi jadi mudah dimasuki berbagai bakteri dan kuman yang menembus lapisan luar kulit. Bila sudah demikian kulitpun akan mengalami pengelupasan dan terlihat kusam.

Kemampuan kulit dalam menjalankan fungsi-fungsi penting seperti regenerasi sel akan semakin lemah. Selain itu dehidrasi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit seperti garis halus, kerak-kerak dan bahkan kerutan.

Agar dapat menjaga kesegaran kulit dan tidak mudah dehidrasi, penting bagi kita untuk memenuhi konsumsi cairan selama berpuasa, Ketika sahur dan berbuka. Selain air, dapat juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan cairan yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada kulit.

Jangan lupa untuk mencuci muka dengan pembersih muka yang lembut dan air hangat lakukan secara rutin. Pilih pembersih yang bebas zat kimia dan pewangi agar terhindar dari alergi. Lakukan mencuci muka ini sehari dua kali agar tetap terjaga kebersihan dan kelembabannya. Penggunaan pelembab dan tabir surya juga jangan sampai terlupakan sebagai perawatan kulit agar terhindar dari dehidrasi.

“Kelembaban kulit akan tetap terjaga walau sedang berpuasa selama kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh dengan rutin serta mengkonsumsi air putih dan juga sayuran yang kaya akan cairan. Selain itu tidak lupa juga rutin merawat kulit dengan pelembab dan tabir surya” ujar dr. Rahma Evasari, Sp.D agar berpuasa tetap dapat dijalani dan kulit tidak akan terdehidrasi. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

Guardian Beauty Days Dukung Perempuan Tampil Cantik dan Bersinar

Published

on

Bisniscorner.com  – Bertepatan dengan Hari Kartini, Guardian yang merupakan ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuka PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) kembali mengadakan Guardian Beauty Days sebagai bentuk dukungan terhadap perempuan Indonesia agar senantiasa sehat, cantik, dan bersinar untuk meningkatkan percaya diri.

Guardian Beauty Days 2022 kali ini bertema #CelebrateWomenCelebrateBeauty hadir dengan logo baru yang ikonik dan beragam promo produk skincare maupun make up hingga 50% yang berlangsung pada 21-24 April 2022 di semua outlet Guardian dan sejumlah platform belanja online.

Naresh Kalani, Director of Guardian Indonesia, menyatakan, seiring perkembangan jaman, perempuan menjadi sosok inspiratif yang memiliki kebebasan untuk meraih cita-cita setinggi mungkin. Hal ini menjadi intisari dari Hari Kartini yang selalu menjunjung tinggi kesetaraan perempuan serta laki-laki di berbagai bidang. Guardian Indonesia berkomitmen untuk mendukung peran perempuan Indonesia dengan fakta bahwa 75% pegawai dan 50% jajaran manajemen kami di HERO Group adalah perempuan. Kami juga secara reguler memberikan apresiasi terhadap tokoh perempuan dari berbagai bidang yang telah berkontribusi kepada masyarakat. Melalui program tahunan ini, kami ingin menjadi teman terpercaya dan dapat diandalkan oleh semua perempuan Indonesia kapan pun mereka butuhkan termasuk saat pandemi ini.

Lia Stephiningrum, Head of Marketing Guardian Indonesia menjelaskan, “Guardian percaya bahwa untuk meraih impian, setiap perempuan harus memiliki rasa percaya diri, mempunyai self-worth, self-love agar selalu sehat, bersinar, cantik luar dalam. Self love dan rasa percaya diri dapat mulai dibangun dengan rutin merawat diri, tidak harus dengan kemewahan, yang penting konsisten dan sesuai kebutuhan. Beauty should be accessible for everyone. Perempuan tidak harus mengesampingkan self-love untuk memenuhi kebutuhan utama keluarga. Fakta inilah yang mendorong Guardian untuk mengadakan Beauty Days yang memberikan berbagai promosi untuk rangkaian produk kecantikan mulai dari harga yang terjangkau di bawah Rp. 30.000,00 sampai dengan yang premium untuk bisa memenuhi  aspirasi perempuan Indonesia.”

Pada acara Guardian Beauty Days 2022 #CelebrateWomenCelebrateBeauty kali ini, selain mengadakan talkshow membahas skincare sehari-hari, Guardian juga meluncurkan logo baru. Masih dengan pink yang ikonik, namun dengan aksen glitter energetic yang merepresentasikan perempuan Indonesia agar jangan ragu untuk terus bersinar dan menentukan pilihan. Logo bibir mencerminkan keberanian berpendapat dan juga berbagai kategori kecantikan dan perawatan yang ada di Guardian.

Lia Stephiningrum menambahkan dalam talkshownya, sekarang konsumen semakin teredukasi berkat maraknya media sosial dan KOL yang aktif membagikan tips. Terbukti dengan kategori yang bertumbuh paling tinggi yaitu serum, sunscreen, micellar water dan toner. Artinya konsumen sudah lebih paham dengan rutinitas skincare di luar basic cleanser dan pelembab. Memiliki kulit sehat adalah investasi penting untuk tampil percaya diri, kunci utamanya adalah konsistensi dalam penggunaan, pemilihan produk sesuai jenis kulit dan pastinya sesuaikan dengan budget masing-masing. Kami yakin para pecinta skincare baik yang pemula ataupun yang sudah expert akan menikmati pengalaman mengeksplorasi produk-produk berkualitas dengan harga spesial di Guardian Beauty Days. Again beauty should be accessible, beauty is for everyone.

Putricaya Windiarti, Beauty Influencer, yang akrab disapa Puch mengatakan, dulu aku tidak pernah membayangkan akan akrab dengan rangkaian skincare, hanya sebatas menggunakan pembersih dan pelembab. Tuntutan pekerjaanlah yang mengharuskan aku tampil rapi dan menarik, kemudian membuatku mulai menjelajahi dunia skincare. Kini aku memahami bahwa skincare memiliki peran vital sebagai investasi tampil cantik dengan kulit yang sehat. Skincare berfungsi untuk memperlambat penuaan dini, menjaga kekenyalan kulit, menunda kerutan, meminimalisir noda hitam, dan masih banyak lagi. Perawatan kulit wajah harus menjadi ritual wajib di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Merawat kulit tidak harus selalu mahal karena semua perempuan berhak untuk cantik dan bersinar bukan untuk menyenangkan orang lain tapi lebih penting sebagai bentuk self-love dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Lebih lanjut Puch mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk skincare yaitu pertama adalah pahami jenis kulit. Kedua, pilih produk dari brand terpercaya misalkan yang dijual outlet modern terkemuka atau memiliki review yang baik. Ketiga, pilih produk dengan harga yang sesuai dengan budget karena skincare akan digunakan dalam jangka panjang sehingga jika terputus di tengah terhalang budget maka hasil yang didapatkan tidak akan maksimal. Berbagai produk skincare berkualitas dengan harga terjangkau bisa didapatkan di Guardian, apalagi saat ini berlangsung Guardian Beauty Days. Aku excited sekali karena ini merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan produk skincare kesayangan dengan promo menarik!

Dapatkan promo hingga 50% Guardian Beauty Days #CelebrateWomenCelebrateBeauty termasuk untuk kategori skincare, perawatan rambut, dan make up yang berlaku 21-24 April 2022 di semua outlet Guardian di Indonesia, Guardian Official Store di e-commerce Shopee dan Tokopedia, Grabmart, Gomart, Whatsapp Delivery, dan website www.guardianindonesia.co.id. Guardian juga mengadakan shopping race dan make up demo di outlet serta giveaway dan talkshow bersama KOL di akun Instagram resmi @Guardian_ID.

“Guardian juga menyediakan rangkaian suplemen kaya akan kandungan aktif untuk kesehatan dan kecantikan perempuan seperti kolagen dan anti oksidan, baik produk modern maupun herbal. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk membantu perempuan Indonesia mendapatkan kecantikan yang holistik yaitu kombinasi tampilan luar dengan skincare dan make up serta dari dalam tubuh dengan dukungan suplemen,” tutup Lia. (Red)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusun Kampus Unila

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan...

Breaking News1 minggu ago

Multimedia Nusantara Polytechnic dan KGX Perkuat Industri Logistik Indonesia

Bisniscorner.com  – Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menjalin kerja sama dengan salah satu unit usaha logistik milik Kompas Gramedia, PT Sirkulasi...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Tata Kawasan Pura Agung Besakih, Tingkatkan Kenyamanan Beribadah Umat Hindu di Bali

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan penataan Kawasan Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem,...

Breaking News2 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pekerjaan Lanjutan Penataan Kebun Raya Bogor Sebagai Pusat Konservasi Tanaman Anggrek

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor di...

Breaking News2 minggu ago

Eka Hospital, Pelayanan Orthopedi dengan Peralatan Operasi Tulang Belakang Terkini dan Terintegrasi se-Asia Tenggara

Bisniscorner.com – Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam menangani pasien mulai dari...

Breaking News3 minggu ago

Serdik Sespimmen Dikreg 62 Pokjar XIV Salurkan Ratusan Paket Sembako

Bisniscorner.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan santri Lembaga Pendidikan (Lemdik) Sespim Polri menggelar bakti sosial membagikan ratusan...

Trending