Connect with us

Breaking News

Kota Tangerang Miliki Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung Terbesar di Banten

Published

on

Bisniscorner.com – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meresmikan operasional Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung yang digadang akan menjadi pasar induk terlengkap dan terbesar di Provinsi Banten dengan luas area 43.000 meter persegi.

Wali Kota mengungkapkan dengan mulai beroperasinya pasar induk yang baru di wilayah Jatiuwung, akan membantu dalam proses peningkatan geliat perekonomian khususnya di Kota Tangerang.

“Selain itu diharapkan bisa berperan dalam menekan harga sejumlah komoditas pokok,” ujar Wali Kota dalam acara peresmian Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung, Jl. Gatot Subroto, Keroncong, Jatiuwung, Sabtu (31/7).

Wali Kota dalam siaran tertulisnya menjelaskan dengan keberadaan Pasar Induk Jatiuwung akan semakin menambah pilihan lokasi belanja kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

“Ditambah dengan dukungan kapasitas dan area yang besar serta lokasi yang strategis jadi bisa menjadi opsi selain Pasar Induk Tanah Tinggi,” jelasnya yang hadir didampingi Wakil Wali Kota  Sachrudin.

Selain itu, ia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh manajemen pasar yang mengusung motto Beramanah (Bersih, Rapi, Aman dan Indah) dalam membantu program 3T (Testing Tracing Treatment) yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang sebagai upaya mengatasi pandemi Covid-19 melalui kegiatan vaksinasi dan tes swab gratis kepada masyarakat di sekitar pasar.

“Hari ini di Pasar Induk Jatiuwung targetnya vaksinasi dilakukan kepada 500 masyarakat,” pungkas Wali Kota. (Fjn)

Breaking News

Dvisasa Majantara untuk Merajut Persatuan dengan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Published

on

Bisniscorner.com – Jakarta, 24 April 2023. Bertempat di Kediaman Ketua Umum Dvisasa Majantara, telah dideklarasikan lahirnya organisasi yang bergerak di bidang Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan, Dvisasa Majantara.

Dvisasa Majantara lahir atas inisiator dari seorang Jeki Ayu, yang juga sebagai Ketua Umum Dvisasa Majantara, dan didirikan bersama oleh 12 Punggawa Majantara.

Dvisasa Majantara memiliki filosofi sebagai 12 (Dvisasa-duabelas) Punggawa Mata Rajawali Majantara yang mendedikasikan diri untuk memediasi, memfasilitasi dan membangkitkan program-program kerja dalam sektor Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan dengan gaya dan cara yang berbeda dari organisasi lain.

Dvisasa Majantara akan memulai Program hulu hingga hilir pada sektor Pengembangan Seni Budaya Nusantara dan Ekonomi Kerakyatan dengan pola Bottom-Up, dimana para Pelaku Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan sepenuhnya akan dilibatkan sepenuhnya dalam setiap program kerja yang akan dijalankan. Sedangkan Pembeda utama dari Dvisasa Majantara adalah, kegiatan program kerja akan dikemas dalam suasana kekinian dengan tetap mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal seni dan Budaya Nusantara.

Dvisasa Majantara adalah Nafas dan Marwah baru dalam Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia. Karena dalam kegiatannya akan melibatkan semua pihak, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, para Pelaku dan Sanggar Seni Budaya, Pelaku UMKM dan pihak swasta, sehingga terbangun satu kolaborasi dan kebersamaan yang akan berdampak kepada “kehidupan baru” dalam menjalin kebhinnekaan menuju Persatuan Indonesia yang hakiki dalam rangka meraih cita-cita Indonesia Emas 2045.

Deklarasi Dvisasa Majantara diisi oleh Penampilan 3 Matra Majantara yang menampilkan bentuk musik Bali, seni olah Vokal dan seni Pertunjukan Wayang Golek dalam balutan Kontemporer Urban yang dipersembahkan oleh 3 Seniman Nusantara, yakni :

Rudy Octave, musisi yang mengabdikan karya-karyanya untuk tutur Tradisi Bahasa di Nusantara.
Caecillia, seorang seniman Vokal dan Suling asal Jawa Timur.
Dr. Wawan Gunawan. S.Sn., MM yang akrab disapa Ki Dalang Wawan Ajen, Seniman Dalang yang Totalitas menggarap Seni Pewayangan Nusantara, terkenal dengan Wayang Ajen.

Selain acara diatas, Deklarasi Dvisasa Majantara yang dipadu dengan syukuran sederhana kelahiran Dvisasa Majantara tersebut diisi dengan acara menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, penjelasan singkat tentang Profil Dvisasa Majantara oleh Koordinator Bidang Humas dan Promosi Aknobin Sinaga, Pembacaan Manifesto Budaya Dvisasa Majantara oleh Sekjen Dvisasa Majantara Arief Darmawan, Sambutan Ketua Umum Jeki Ayu.

Pada Kesempatan itu juga, dikemukakan oleh Sekjen Dvisasa Majantara, bahwa pada moment 17 Agustus 2024, akan diselenggarakan Event Akbar berupa “Kemah Bakti Kebangsaan” di Ibu Kota Nusantara yang akan diikuti oleh 500 Seniman, Budayawan dan Para Tokoh Adat/Kepala Suku dari seluruh Indonesia, dan Oktober 2024 akan diselenggarakan event akbar “Atas Nama Cinta” sebagai bentuk tanda cinta kepada Bapak Ir.
Joko Widodo yang telah memancangkan pondasi dan tiang perubahan bagi kemajuan Indonesia selama menjadi Presiden Republik Indonesia, sekaligus juga sebagai bentuk ucapan selamat datang dan doa Lintas agama bagi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, sebagai penerus estafet kepemimpinan Jokowi.

Khusus untuk Kegiatan “Atas Nama Cinta” ini, akan diikuti oleh segenap masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke – dari Miangas sampai Pulau Rote secara live dan liputan langsung dari seluruh penjuru Indonesia, dengan pusat kegiatan inti di 4 kota yakni Jakarta, Bogor, Ibu Kota Nusantara, dan Puncak acaranya di Kota Solo dengan menampilkan atraksi seni dan budaya Nusantara serta pesta rakyat terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Sebagai penutup, Ketua Umum Dvisasa Majantara, mengajak seluruh Bangsa Indonesia untuk kembali memperkuat Bhinneka Tunggal Ika sebagai Pemersatu Bangsa, karena perbedaan yang dianugerahkan kepada Bangsa Indonesia adalah kekayaan luhur yang seharusnya dapat lebih mempersatukan seluruh anak bangsa dalam membangun Indonesia maju yang akan menjadi Mercusuar di kancah global.(Rls/Her)

Continue Reading

Breaking News

Sequis Bagi Tips Cara Jaga Bumi Sekaligus Bijak Kelola Finansial 

Published

on

Bisniscorner.com – Hari Bumi atau Earth Day diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia pada tanggal 22 April demi sebuah pesan yang kuat namun sering terabaikan, yakni setiap individu haruslah mengambil peran untuk melestarikan bumi demi kelangsungan hidup kita saat ini dan agar bumi tetap layak  bagi generasi mendatang.

Menjaga bumi identik dengan isu perubahan iklim akibat pemanasan global sehingga memerlukan kesadaran kolektif. Banyak aspek terkait untuk menanggulangi kerusakan bumi yang lebih fatal. Misalnya, dari apa yang kita konsumsi agar sampah yang dihasilkan dapat dikelola, bagaimana kita berhemat menggunakan bahan bakar dan praktik gaya hidup yang mendukung hemat energi.

Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto mengungkapkan bagaimana cara kita mengelola keuangan dapat mencerminkan tingkat kepedulian kita pada lingkungan, misalnya apakah barang-barang yang kita beli dapat meminimalkan pencemaran lingkungan, apakah kita dapat berhemat sehingga berkesempatan meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan apakah kita berinvestasi pada entitas yang melakukan praktik bisnis ramah lingkungan.

Mengelola keuangan dengan bijak identik dengan gaya hidup sederhana, berhemat, suka menabung dan membelanjakan uang hanya berdasarkan perencanaan keuangan yang sudah dibuat. Bagaimana cara mengatur keuangan sekaligus berkontribusi menyelamatkan planet bumi? Berikut tips sederhana dari Sequis yang dibagikan oleh  Yan Ardhianto

◢ Pilih peralatan elektronik yang hemat energi

Saat kita akan mengisi perabot atau mengganti perabot rumah maka pilih barang yang hemat energi. Saat membeli, mungkin saja harganya agak mahal, namun saat pemakaian akan lebih menghemat biaya listrik Anda. Misalnya, dari lampu biasa beralih ke bohlam LED.

“Tagihan listrik adalah salah satu komponen besar dalam pengeluaran rumah tangga. Hal ini karena sejumlah peralatan elektronik mengonsumsi energi berlebih. Ditambah lagi cara kita menggunakannya seringkali tidak bijaksana, seperti terlalu sering menyalakan Air Conditioning, membiarkan lampu dan perangkat elektronik tetap menyala meski sedang tidak digunakan. Cara bijaksana untuk hemat listrik dan hemat biaya rumah tangga adalah gunakan peralatan elektronik yang hemat energi dan  operasikan hanya jika diperlukan saja, ” sebut Yan.

◢ Gunakan moda transportasi umum atau ramah lingkungan

Beralih ke transportasi umum dapat membantu mengurangi polusi udara, menghemat biaya bensin, dan mengurangi kemacetan. Moda transportasi umum di kota besar sudah banyak yang ramah lingkungan, seperti KRL, LRT, dan MRT yang mendukung perjalanan kita agar cepat sampai dan tetap nyaman.  Berjalan kaki, bersepeda, atau beralih ke kendaraan listrik (hybrid) juga dapat menjadi pilihan transportasi yang mendukung efisiensi bahan bakar jangka panjang dan karbon emisi yang lebih rendah.

“Menggunakan kendaraan sendiri berarti Anda harus menyiapkan sejumlah dana setiap bulan untuk biaya bensin dan perawatan kendaraan. Sayangnya, dana ini tidak selalu sama setiap bulan karena mobilisasi yang berbeda setiap hari dan adanya kenaikan biaya bbm, tarif toll hingga harus mempersiapkan biaya untuk parkir termasuk biaya parkir liar yang tidak bisa dihindari. Berbeda dengan mereka yang membiasakan diri menggunakan transportasi umum, sejumlah biaya tersebut tersebut dapat dialihkan untuk memperbesar tabungan dan sudah ikut berkontribusi menyelamatkan bumi,” sebut Yan.

◢ Kurangi pemakaian plastik

Pemakaian plastik sekali pakai telah menjadi penyumbang pencemaran lingkungan yang parah. Sampah ini terus ada setiap hari sehingga dapat mencemari tanah dan air. Dampak ekologis yang ditimbulkan oleh sampah plastik dapat merusak kesehatan manusia. Saat kesehatan terganggu tentu akan mengganggu finansial keluarga karena butuh biaya yang besar untuk pengobatan.

Yan menyarankan agar masyarakat mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan membiasakan membawa tas belanja sendiri dan wadah makanan dan minuman sendiri dari rumah. Dapat juga mulai mengurangi membeli makanan dalam kemasan plastik dan sekali pakai diganti dengan memilih dalam kemasan kaca atau ukuran besar sehingga jumlah sampah dapat berkurang. Dengan cara ini, kita telah ikut menjaga bumi tetap lestari dan belajar menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan.

Dengan mengurangi penggunaan energi berlebihan dan meminimalkan limbah berarti kita telah menghemat banyak biaya dalam jangka panjang. Dana yang berhasil dihemat tersebut bisa dialokasikan untuk  tujuan keuangan masa depan,  seperti dana darurat, investasi pada entitas yang berkomitmen pada pelestarian lingkungan, serta menyiapkan asuransi jiwa dan kesehatan bagi keluarga.

“Penurunan kualitas lingkungan hidup dan tingginya pencemaran udara, membuat masalah kesehatan semakin kompleks dan menjadi penyebab utama kematian sehingga memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan menjadi sangat penting sebagai langkah mitigasi mencegah kerugian finansial,” sebut Yan.

Asuransi kesehatan besar manfaatnya saat terjadi risiko sakit karena saat membutuhkan perawatan kesehatan bisa mendapatkannya dengan cepat karena biaya perawatan rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai perjanjian polis sedangkan memiliki asuransi jiwa sebagai langkah mitigasi melindungi finansial anggota keluarga jika terjadi risiko cacat tetap atau meninggal dunia pada pencari nafkah yang menjadi Tertanggung asuransi.

“Jadikan Hari Bumi sebagai momen untuk berani memulai langkah-langkah kecil yang berdampak positif pada lingkungan sekaligus menjadikan kita bijak mengelola keuangan,” tutup Yan. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Pulihkan Aktivitas Sosial Ekonomi, Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Rehab dan Rekonstruksi Bangunan Gedung Pascabencana Sulawesi Barat

Published

on

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, (Pj) Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, dan Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi meresmikan sejumlah fasilitas kesehatan, pendidikan, hunian, berikut infrastruktur permukiman yang diperbaiki pascabencana Sulawesi Barat pada 2021 silam. Peresmian dilakukan terpusat di SMKN 1 Rangas di Kota Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (23/4/2024).

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, untuk memulihkan kondisi pascabencana Sulbar yang terjadi di tahun 2021 telah dikeluarkan instruksi dan perintah langsung Presiden untuk segera dilakukan rekonstruksi bangunan fasilitas umum yang rusak akibat gempa.

“Alhamdulillah berkat kerja keras semua hari ini diresmikan 147 bangunan yang telah direhabiltasi dan direkonstruksi di Sulawesi Barat pasca bencana gempa,” kata Presiden Jokowi.

Dikatakan Presiden, anggaran yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat untuk rehabilitasi dan rekonstruksi 147 bangunan tersebut sebesar Rp1,31 triliun dan terdiri dari rekonstruksi 47 gedung kantor pemerintah, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan yang terdiri dari 32 SD, 4 SMP, 6 SMA termasuk SMKN 1, dan 1 Perguruan Tinggi STAIN Majene. Selanjutnya terdapat 1 fasilitas peribadatan yakni Masjid Baitul Anwar, 1 fasilitas olahraga, 7 rumah susun, 2 rumah adat, dan 17 prasarana air minum.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah direkonstruksi, bangunan yang sebelumnya rusak akibat gempa dibuat menjadi lebih baik dari sebelumnya seperti SMKN 1 yang menjadi lokasi peresmian.

“Saya melihat di SMK 1 Rangas ini bangunannya menjadi lebih bagus. Tadi Kepala Sekolah juga menyampaikan anak-anak butuh asrama, nanti sebentar lagi akan kita bangun asramanya atas permintaan Kepala Sekolah, Ibu Bupati dan Pak Gubernur. Di bengkel praktik juga akan ditambah, apalagi sudah jamannya mobil listrik nanti saya kirim mobil listrik untuk praktek,” kata Presiden.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana, perlu dipastikan kualitas pembangunannya. “Termasuk dipastikan kualitas fasilitas pendukungnya seperti kecukupan pasokan air bersih dan estetika gedung yang telah direkonstruksi,” kata Menteri Basuki.

Sulman, Guru Teknisi Mesin Kendaraan di SMKN 1 Rangas mengatakan, dampak dari Gempa Mamuju pada 2021 silam membuat gedung sekolah tersebut roboh sehingga mengganggu aktivitas belajar mengajar.

“Alhamdulillah dengan bantuan dari Bapak Presiden dan Pemerintah Pusat, pembangunan kembali berjalan dengan lancar. Luar biasa gedungnya semakin tertata rapi lengkap dengan fasilitasnya,” kata Sulman.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Essy Asiah, Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Cakra Nagara, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Barat Evry Biaktama Meliala, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Barat Monang Saut Reynold, dan Kepala BWS Sulawesi III Kementerian PUPR Dedi Yudha Lesmana. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News18 jam ago

Dvisasa Majantara untuk Merajut Persatuan dengan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Bisniscorner.com – Jakarta, 24 April 2023. Bertempat di Kediaman Ketua Umum Dvisasa Majantara, telah dideklarasikan lahirnya organisasi yang bergerak di...

Breaking News1 hari ago

Sequis Bagi Tips Cara Jaga Bumi Sekaligus Bijak Kelola Finansial 

Bisniscorner.com – Hari Bumi atau Earth Day diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia pada tanggal 22 April demi sebuah...

Breaking News2 hari ago

Pulihkan Aktivitas Sosial Ekonomi, Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Rehab dan Rekonstruksi Bangunan Gedung Pascabencana Sulawesi Barat

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi...

Breaking News3 hari ago

Dukung Produktivitas Pertanian, Presiden Jokowi Resmikan Penanganan 5 Ruas Jalan Daerah di Gorontalo

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan 5 ruas jalan daerah...

Breaking News4 hari ago

Langkah Serius UMN Bersama LLDIKTI Wilayah III dalam Mewujudkan Lingkungan Akademik yang Aman di Perguruan Tinggi

Bisniscorner.com – Dalam upaya mewujudkan lingkungan akademik yang aman dan bebas dari kekerasan seksual, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) bersama...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR Akan Terima 26.319 Formasi ASN TA 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengusulkan jumlah formasi aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024 kepada...

Trending