Connect with us

CSR

Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, IKKP Tangerang Salurkan Bantuan Bagi Warga

Published

on

Bisniscorner.com – Awal tahun 2020, seluruh dunia dihadapkan dengan kondisi darurat yaitu pandemi Covid-19 dan Indonesia salah satu dari 215 negara yang terkena pandemi Covid-19.

Tidak hanya sektor kesehatan, sektor pangan yang merupakan kebutuhan dasar bagi manusia juga ikut terancam. Oleh karena itu, kondisi ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 menjadi hal yang serius untuk diperhatikan.

Untuk itu, PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk – Tangerang Mill merupakan perusahaan kertas dibawah APP Sinarmas, ikut peduli terhadap kesulitan masyarakat di masa pandemi dengan memberikan berbagai bantuan yang dapat meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya masyarakat di sekitar perusahaan.

“Ditengah pandemi, untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Serpong Utara, IKPP memberikan bantuan ke tiga wilayah, untuk Pakulonan Barat dan Kp. Wates RW 03 Kel. Pakulonan diberikan bibit, pakan dan peralatan, sedangkan untuk wilayah Pondok Jagung Timur diberikan bantuan pembuatan atap kolam pembibitan lele,” kata Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin, Sabtu (14/8/2021).

Sebelumnya, jelas Kholisul, PT IKPP telah memberikan berbagai bantuan kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kota Tangerang Selatan, diantaranya Kelompok Tani Amor Pakualam diberi dua rangkaian hidroponik dengan 2.000 lubang tanam dan tiga kolam budidaya lele dengan 3.000 bibit.

Kemudian, KWT Hijau Kreatif Pakujaya diberi tiga rangkaian hidroponik dengan 960 lubang tanam, KWT Mentari Jelupang satu rangkaian dengan 1.000 lubang tanam serta KWT Kemangi Pakualam satu rak dengan 320 lubang tanam.

Kholisul mengatakan, sebelum memberikan bantuan peralatan pertanian dan budidaya lele pihaknya telah melaksanakan pelatihan tanaman hidroponik beberapa waktu lalu.

Kholisul menambahkan, beberapa kelompok tani yang bisa mengembangkan hasil taninya diberi tambahan peralatan agar lebih memproduksi. Sedangkan, kelompok tani yang baru mendapatkan bantuan rangkaian hidroponik maupun kolam lele agar bisa berhasil hingga panen.

“Kami berharap, bantuan yang diberikan IKPP ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi,” pungkasnya. (Red)

CSR

Wecare Charity Group Bersama Scientia Square Park Menggelar Merah Putih untuk 1.000 Anak Yatim

Published

on

Bisniscorner.com – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan baik antar sesama manusia, salah satunya dengan kebersamaan. Hal inilah yang menjadi latar belakang WECare Charity Group untuk menggelar kegiatan Merah Putih Untuk 1.000 Anak Yatim. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat jalinan kerjasama, komunikasi, kekeluargaan, serta meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap masyarakat di lingkungan sekitar.

WeCare Charity Group adalah sebuah perkumpulan yang mempunyai satu pemikiran dan panggilan hati untuk melakukan sesuatu yang bermakna, sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan pelayanan di bidang kemanusiaan & sosial.

Misi dari WeCare tidak lain adalah memberikan perhatian khusus dalam bidang pelayanan sosial kemasyarakatan, untuk dapat sedikit meringankan beban hidup mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini dihadiri oleh 1.000 anak yatim/piatu/dhuafa di bawah pengasuhan panti asuhan yang tersebar di Jabodetabek. “Acara ini seharusnya kami lakukan pada tahun 2020, namun karena pandemi, maka baru terlaksana pada hari ini,” ujar Lisa Christiandy selaku ketua panitia.

Dalam keterangannya, Megawati Tan, selaku Founder dari WeCare Charity Group menyampaikan, di usia kami yang telah 12 tahun pada tanggal 8 Agustus, kami mempunyai beberapa program bantuan kepada masyarakat yakni, Pembangunan Air Bersih di Karawang, Tangerang, Sukabumi yang hingga saat ini telah mencapai 52 titik bantuan pembuatan pompa air bersih, pembangunan renovasi rumah ibadah, Pendirian Gubug Baca di Kab. Gunungkidul, bedah rumah di Kab. Karawang, pengobatan gratis, pemberian paket sembako, hingga berbagi kasih dengan anak-anak penderita thalasemia, kanker dan autis.

Selain sebagai wujud syukur perayaan 12 tahun WeCare Charity Group, kegiatan ini juga bertepatan dengan perayaan 77th Kemerdekaan RI, sehingga tema yang diangkat adalah “Merah Putih Untuk 1.000 Anak Yatim”. Dalam kegiatan ini, WeCare Charity Group mendapat dukungan penuh dari Scientia Square Park (SQP), yang merupakan group dari Summarecon.

SQP dipilih sebagai lokasi kegiatan karena di saat pandemi ini kegaitan yang relatif aman dan nyaman adalah di area terbuka (outdoor). Selain itu, di tempat ini anak-anak bisa bermain di ruang terbuka hijau sembari berinteraksi dengan berbagai jenis hewan. Para remaja juga bisa berkreasi, berekspresi memanfaatkan fasilitas untuk menyalurkan hobi, sembari bersantai menikmati suasana yang asri dan nyaman. Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk Kota Tangerang dan Jakarta, kehadiran SQP bagaikan oase yang menyegarkan.

Sementara itu, Tommy selaku Center Director SQP menambahkan, kami menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh WeCare Charity Group. Apalagi semenjak pandemi, anak-anak sudah bosan melakukan aktivitas di rumah terus. Momen 17 Agustus ini menjadi momen yang tepat untuk memberikan beragam wisata edukasi, sembari bermain dan memperkenalkan anak-anak pada berbagai jenis hewan. Di area Teepee Barn misalnya, pengunjung bisa memberi makan hewan Alpaca, sapi jenis Scottish Highland, Mini Donkey, dan Mini Horse.

“Selain berbagi kasih dan edukasi, kegiatan ini juga diisi dengan acara lomba antar panti asuhan dengan total hadiah sebesar 10jt, hiburan live band performance, sulap, edukasi kesehatan gigi dan mulut, serta pembagian goodie bag berisikan perlengkapan sekolah,” ujarnya. (Rls)

Continue Reading

CSR

ALAMI dan Dompet Dhuafa Bangun Sumur Wakaf untuk Masyarakat Bantuas

Published

on

Bisniscorner.com – ALAMI, sebuah perusahaan fintech bertempat di Jakarta, kembali menggandeng Dompet Dhuafa dalam melakukan kegiatan sosial. Kali ini, bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah, ALAMI dan Dompet Dhuafa meresmikan sumur wakaf yang telah usai dibangun di Pondok Pesantren Al-Mujahidah NW, di Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur.

Sumur wakaf di Pondok Pesantren Al-Mujahidah tersebut adalah salah satu bagian dari program Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa sebagai upaya mendukung salah satu Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yaitu Menjamin Ketersediaan serta Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi yang Berkelanjutan untuk Semua.

Sejumlah perusahaan dengan berbagai latar belakang menyambut antusias program tersebut. Salah satunya adalah ALAMI, yang juga memiliki visi untuk membangun kehidupan masyarakat yang berkelanjutan dan terus berkomitmen mengkonsentrasikan bisnis serta aktif melakukan berbagai kegiatan sosial yang bertujuan memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Setelah melewati beberapa tahapan assessment, Pondok Pesantren Al-Mujahidah di Bantuas, Samarinda menjadi titik pembangunan Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan hasil kolaborasi ALAMI dan Dompet Dhuafa. Selain sumur air bersih, tempat wudhu dan MCK juga turut melengkapi untuk memenuhi kebutuhan sanitasi dan kebiasaan hidup bersih.

Sejak berdiri 8 tahun silam, Pondok Pesantren Al-Mujahidah belum terjangkau oleh akses air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, para santri terpaksa mengkonsumsi air hujan atau membeli air bersih dari luar. Santri juga memanfaatkan air di kolam bekas galian atau sungai yang aliran airnya sudah terkontaminasi dengan air bekas galian tambang batu bara untuk keperluan mandi.

Di sela peresmian sumur wakaf di Pondok Pesantren Al-Mujahidah pada Jumat (29/7/2022) pagi, Sulistiqomah, selaku Manager Partnership Wakaf Dompet Dhuafa, menyampaikan bahwa selain dapat dinikmati oleh penghuni ponpes, masyarakat di sekitar pondok yang juga masuk dalam kategori mustahik dapat turut memanfaatkan akses air bersih yang dialirkan dari sumur wakaf tersebut. Sehingga mereka tidak lagi perlu untuk mengkonsumsi air yang kurang layak atau merogoh anggaran lebih untuk mendapatkan air bersih.

Sulis kembali menambahkan, “Dompet Dhuafa menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dan sambutan baik dari ALAMI dalam kolaborasi ini. Semoga air bersih yang terus melimpah akan mengalir dan membawa keberkahan untuk masyarakat di sini.”

Chief Culture Officer ALAMI, Amrullah Tahad menyambut baik kolaborasi Dompet Dhuafa dalam menghadirkan Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan. “Hal ini sebagai wujud misi perusahaan kami dalam memberikan dampak positif yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Alhamdulillah sumur ini dapat diresmikan bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H, awal yang baik untuk memulai tahun yang InsyaaAllah akan dipenuhi kebaikan. Semoga kami dapat terus istiqomah untuk menebarkan kebaikan yang lebih banyak lagi kedepannya,” tutur Amrullah.

Amrullah berharap, sumur wakaf ini dapat menjadi solusi atas permasalahan krisis air bersih di$$ Bantuas, dan manfaatnya terus mengalir sepanjang waktu sehingga kualitas kesehatan masyarakat sekitar juga terjaga dengan baik. “Terima kasih untuk ALAMI Squad yang juga telah berpartisipasi dalam donasi program ini,” tutup Amrullah. (Rls)

Continue Reading

CSR

Idul Adha 1443 H, Indah Kiat Tebar Puluhan Hewan Kurban

Published

on

Bisniscorner.com – PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang kembali membagikan pilihan hewan kurban yang didistribusikan untuk stakeholder dan masyarakat.

Penyerahan hewan kurban tersebut dihadiri Dandim 0506/Tgr, Kolonel Inf Ali Imran, Perwakilan Polres Tangsel, Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis, Lurah Pakulonan Dwi Santoso Head of Sustainability PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk.Tangerang Mill, Kholisul Fatikhin serta perwakilan RW dan RT yang mendapatkan hewan kurban.

Pembagian hewan kurban diserahkan secara langsung di area pabrik Jalan Raya Serpong, Kilometer 8, Serpong Utara, Kota Tangsel pada Jumat, (8/7/2022).

Head of Sustainability PT Indah Kiat Pulp and Paper Tangerang Mill, Kholisul Fatikhin mengatakan, hewan kurban yang didistribusikan kepada warga dan stakeholders terkait, merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) keagamaan untuk peduli dan berbagi bersama.

“Kami berharap bantuan hewan kurban ini dapat membantu pemenuhan gizi masyarakat di tengah pandemi virus Covid-19 ini,” kata Kholisul.

Kholisul menjelaskan, hewan kurban ini diserah kepada masyarakat, dan para stakeholders terkait yang ada disekitar pabrik. Pembagian hewan kurban ini menjadi tradisi perusahaan, agar masyarakat dapat merasakan kebahagiaan saat merayakan Hari Raya Idhul Adha.”Sama dengan tahun sebelumnya, Indah Kiat menyerahkan hewan kurban sebanyak 14 ekor kambing dan 10 ekor sapi,” terang Kholis.

Dia juga berpesan, agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penyembelihan maupun penyaluran hewan kurban. Meskipun saat ini kasus Covid-19 sudah melandai.

“Harapan kita seluruh masyarakat muslim yang akan merayakan hari Hari Raya Idul Adha tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Sementara, Lurah Pakulonan Dwi Santoso  menyampaikan terima kasih kepada PT Indah Kiat yang selalu membantu warga di lingkungan Kelurahan Pakulonan.

Menurutnya, setiap tahun PT Indah Kiat selalu mendidistribusikan hewan kurban kepada warga sehingga warga dapat menikmati daging kurban.

“Mudah-mudahan PT Indah Kiat Tangerang dari mulai karyawan, perusahaan serta usahanya diberikan kesuksesan sehingga terus berbagi dengan warga setiap tahun, sehingga kita mendapatkan limpahan rezeki,” ujarnya.

Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis juga berterima kasih kepada PT IKPP Tangerang yang memberikan hewan kurban. Hal ini patut dicontoh perusahaan lain yang peduli terhadap lingkungan masyarakat.”Hewan kurban ini akan kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhka di sekitar Mapolsek Serpong,” tandasnya. (Red)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Skystar Ventures UMN – Kementerian Koperasi dan UKM Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Startup

Bisniscorner.com – Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia untuk mendukung pengembangan kapasitas startup...

Breaking News3 hari ago

Tol Serbaraja Seksi 1A, Akses Baru Menuju GIIAS 2022 di BSD City

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15...

Breaking News5 hari ago

Groundbreaking Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 3, Target Operasi Penuh 2024

Bisniscorner.com  – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen melanjutkan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di...

Breaking News7 hari ago

Daftar ke KPU, Sarah Azzahra & Fahri Hamzah : Partai Gelora Siap Jadi Peserta Pemilu 2024

Bisniscorner.com – Bakal Calon DPR-RI dari Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Sarah Azzahra turut hadir mendaftarkan Partai Gelora bersama Wakil...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kerakyatan di 212 Kabupaten/Kota pada 2022

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung program percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Tanah Air...

Breaking News1 minggu ago

Rakernas Perkumpulan Politeknik Swasta: Politeknik Harus Bisa Menjadi Lembaga Pendidikan Berbasis Korporasi

Bisniscorner.com – Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang pertama pada 3-5 Agustus 2022 sejak dideklarasikan...

Trending