Connect with us

CSR

Tingkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi, IKKP Tangerang Salurkan Bantuan Bagi Warga

Published

on

Bisniscorner.com – Awal tahun 2020, seluruh dunia dihadapkan dengan kondisi darurat yaitu pandemi Covid-19 dan Indonesia salah satu dari 215 negara yang terkena pandemi Covid-19.

Tidak hanya sektor kesehatan, sektor pangan yang merupakan kebutuhan dasar bagi manusia juga ikut terancam. Oleh karena itu, kondisi ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 menjadi hal yang serius untuk diperhatikan.

Untuk itu, PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tbk – Tangerang Mill merupakan perusahaan kertas dibawah APP Sinarmas, ikut peduli terhadap kesulitan masyarakat di masa pandemi dengan memberikan berbagai bantuan yang dapat meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya masyarakat di sekitar perusahaan.

“Ditengah pandemi, untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Serpong Utara, IKPP memberikan bantuan ke tiga wilayah, untuk Pakulonan Barat dan Kp. Wates RW 03 Kel. Pakulonan diberikan bibit, pakan dan peralatan, sedangkan untuk wilayah Pondok Jagung Timur diberikan bantuan pembuatan atap kolam pembibitan lele,” kata Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin, Sabtu (14/8/2021).

Sebelumnya, jelas Kholisul, PT IKPP telah memberikan berbagai bantuan kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kota Tangerang Selatan, diantaranya Kelompok Tani Amor Pakualam diberi dua rangkaian hidroponik dengan 2.000 lubang tanam dan tiga kolam budidaya lele dengan 3.000 bibit.

Kemudian, KWT Hijau Kreatif Pakujaya diberi tiga rangkaian hidroponik dengan 960 lubang tanam, KWT Mentari Jelupang satu rangkaian dengan 1.000 lubang tanam serta KWT Kemangi Pakualam satu rak dengan 320 lubang tanam.

Kholisul mengatakan, sebelum memberikan bantuan peralatan pertanian dan budidaya lele pihaknya telah melaksanakan pelatihan tanaman hidroponik beberapa waktu lalu.

Kholisul menambahkan, beberapa kelompok tani yang bisa mengembangkan hasil taninya diberi tambahan peralatan agar lebih memproduksi. Sedangkan, kelompok tani yang baru mendapatkan bantuan rangkaian hidroponik maupun kolam lele agar bisa berhasil hingga panen.

“Kami berharap, bantuan yang diberikan IKPP ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi,” pungkasnya. (Red)

CSR

PT IKPP Tangerang Ajak Petani Hidroponik Binaan Diskusi dengan DKP3 Tangsel

Published

on

Bisniscorner.com – Petani hidroponik binaan CSR PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang berkumpul dan curhat seputar permasalahan pertanian modern tersebut.

Pada forum komunikasi petani hidroponik binaan CSR PT IKPP Tangerang ini menghadirkan Kepala Balai Pertanian Penyuluhan pada DKP3 Kota Tangsel, Febry Putra, CSR IKPP Tangerang, Handoko, Suistanbility Head PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin serta pendamping dari Serua Farm, Charlie Tjendrapati.

Kegiatan yang digelar di Kampung Marga Jaya, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel dihadiri puluhan kelompok tani binaan PT IKPP Tangerang, Rabu, (8/9/2021).

Dalam pemaparannya, Kepala BPP Febry Putra menuturkan saat ini Kota Tangsel masuh kekurangan tenaga penyuluh pertanian. Namun, kelompok tani di kota dengan tujuh kecamatan ini mencapai 106 kelompok tani.”Dari ratusan kelompok tani, 70 persen yang bergerak di poktan adalah wanita,” katanya.

Menurutnya, pertanian perkotaan saat ini tengah digalakkan pemerintah daerah. “Lahan di Tangsel semakin sempit. Salah satu solusi pertanian perkotaan yaitu hidroponik,” ujarnya.

CSR PT IKPP Handoko meminta kepada masyarakat binaan CSR hidroponik bisa memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan perusahaan. “Akan lebih baik lagi bantuan yang diberikan perusahaan berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan Suistanbility Head PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin berharap dengan pertemuan antar kelompok tani ini bisa menambah pengetahuan dan mendapatkan solusi yang menjadi kendala selama ini.

“Mudah-mudahan pertemuan rutin ini bisa menambah pengetahuan bagi pengelola poktan hidroponik. Dan kedepannya akan lebih baik lagi,” tandasnya. (Red)

Continue Reading

CSR

Peduli Pandemi, IOF Jakarta Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Published

on

Bisniscorner.com – Indonesia Offroad Federation (IOF) Pengurus Daerah DKI Jakarta terus berkomitmen membantu masyarakat yang paling terdampak terhadap Covid-19. Bantuan berupa kebutuhan sembako didistribusikan langsung kepada petugas kebersihan, pemulung, tukang sapu dan masyarakat pekerja nonformal di beberapa wilayah di Jakarta.  Hampir dua tahun bergulat dengan Covid-19, membuat masyarakat pekerja nonformal menurun kesejahteraannya. Kondisi ini yang membuat IOF Jakarta berkomitmen untuk terus membantu warga.

“Ratusan paket kami distribusikan dalam beberapa hari ini, supaya bisa segera digunakan oleh mereka yang memang membutuhkan. Hampir dua tahun pandemi berjalan, tidak bisa dipungkiri pekerja nonformal pasti merasakan sekali dampaknya. Kami ingin membantu secara langsung supaya semangat untuk sama-sama berjuang melawan pandemi ini bisa kita lakukan bersama,” ujar Michael Pundjabi, Kepala Bidang Sosial IOF Pengda DKI Jakarta, 21/8.

Bantuan tersebut berupa barang habis pakai yang paling diperlukan oleh anggota keluarga seperti beras, minyak, teh, sabun dan sebagainya. Distribusi bantuan dilakukan langsung oleh pengurus dan anggota IOF Jakarta di beberapa wilayah hingga ke Bekasi.

“Memang belum banyak paket yang bisa kami distribusikan, tetapi kami akan terus mengupayakan untuk bisa berbela rasa dengan warga. Kegiatan berbagi ini akan terus kita lakukan untuk kepedulian sesama. Sulitnya ekonomi saar pandemi ini mendorong kita untuk saling peduli,” tambah Michael.

Kegiatan IOF Peduli Pandemi ini didukung sepenuhnya oleh pendiri IOF, pengurus IOF Jakarta yang terlibat langsung dalam pendistribusian sembako ini. Sebelumnya IOF Pengda DKI Jakarta juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Kampung Cegog Desa Rancapinang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Bantuan yang diberikan berupa tas ransel untuk para petani ladang, tempat minum, baju untuk warga, perlengkapan ibadah, sarana permainan anak, sarana penunjang air bersih, serta bantuan pembuatan tiang bendera dan bendera merah putih. (Rls)

Continue Reading

CSR

Bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian, Bank Sampoerna dan KSP Sahabat Mitra Sejati Berbagi Sembako ke 17 Kota

Published

on

Bisniscorner.com – Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati kembali bersinergi bersama Dinas Koperasi dan Kepolisian setempat untuk melakukan aksi kepedulian di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini. Aksi kepedulian yang dinamakan Peduli Komunitas ini berupa pembagian paket sembako serentak dilakukan di 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dan 17 cabang Bank Sampoerna di seluruh Indonesia yang mencapai hingga 20.000 paket sembako.

Bank Sampoerna Cabang Gading Serpong melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 20 Agustus 2021 yang berlokasi di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang beralamat di Gedung Cisadane, Jl. KS Tubun no. 1, Pasar Baru, Karawaci, kota Tangerang, Banten.

Kepala Cabang Bank Sampoerna Gading Serpong, Tangerang, Olivia Santoso menyampaikan bahwa gerakan ini merupakan inisiatif atas keprihatinan terkait kondisi merebaknya wabah Covid-19 di seluruh Indonesia. Penerima bantuan difokuskan kepada masyarakat yang terdampak pandemi baik secara finansial, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor Bank Sampoerna dan KSP Sahabat Mitra Sejati .

“Inisiatif ini kami lakukan dengan memberikan sebanyak 600 paket sembako di wilayah Tangerang. Mendukung pendistribusian sembako ini, Kami bekerja sama dengan nasabah dalam pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah, sehingga pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara merata serta lebih banyak yang menerima manfaatnya. Selain nasabah, kami juga bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian dalam penyaluran ini,” ujar Olivia Santoso.

Lebih lanjut Olivia Santoso menjelaskan bahwa ke 17 cabang Bank Sampoerna tersebut antara lain Jakarta, Palembang, Medan, Pekanbaru, Bandung, Pontianak, Makassar, Surabaya, Malang, Sorong, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Jayapura, Palopo, Gading Serpong dan Jababeka.

Menyinggung soal kinerja, Bank Sampoerna sendiri hingga Maret 2021 total kredit yang disalurkan relatif tidak berubah yakni sebesar Rp 8,2 triliun. Sementara itu total asset Bank Sampoerna meningkat sebesar 21% menjadi Rp 13,2 triliun dibandingkan dengan kondisi per Maret 2020. Penghimpunan Dana Pihak Ketiga pada akhir Maret 2021 meningkat 21% hingga berjumlah Rp 11,0 triliun bila dibandingkan dengan Maret 2020. Secara keseluruhan Bank Sampoerna juga membukukan kinerja yang cukup baik. Laba bersih meningkat 13% menjadi Rp 11,1 miliar.

KSP Sahabat Mitra Sejati adalah mitra strategis dari Bank Sampoerna yang memiliki lebih dari 90 kantor cabang yang menyebar diseluruh Indonesia. Bank yang dimiliki oleh grup Sampoerna Strategic dan Alfa ini berfokus untuk melayani UMKM. Sebagai mitra strategis, selain memiliki kerja sama operasional, Bank Sampoerna juga memberikan dukungan likuiditas bagi KSP Sahabat Mitra Sejati.

Bahkan lebih dari itu, Bank Sampoerna juga membagikan keahlian maupun pengetahuan teknis hingga KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki kemampuan pengelolaan risiko, manajerial, serta teknologi yang representatif dalam mendukung kegiatan usaha dan dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya di Indonesia. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Resmi Dibuka, Begini Sambutan Gubernur Sultra di Rakor Biro Organisasi

Bisniscorner.com – Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi se Sultra dengan tema Penguatan Kelembagaan Ketatalaksanaan...

Breaking News8 jam ago

Kementerian PUPR Siap Laksanakan Arahan Presiden Jokowi untuk Uji Coba Operasional Jembatan Sei Alalak

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membuka Jembatan...

Breaking News20 jam ago

Konstruksi Rampung, Venue Dayung Digunakan Tes Even Jelang Pembukaan PON XX Papua

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan arena olahraga Dayung untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga...

Breaking News2 hari ago

Mulai Konstruksi, Tol Solo – Yogyakarta – Bandara YIA Kulon Progo Tingkatkan Konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah memulai pembangunan Jalan Tol...

Breaking News2 hari ago

Tangsel Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama 2020

Bisniscorner.com – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama Tahun 2020. Penghargaan ini diserahkan oleh Kementerian...

Breaking News3 hari ago

Warga Manokwari Senang Mendapat Bantuan PSU Berupa Jalan Lingkungan

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen menyediakan hunian yang berkualitas, terjangkau serta nyaman khususnya bagi...

Trending