Connect with us

Bisnis

Menteri Basuki Ajak KADIN Terus Aktif Terlibat Dalam Pembangunan Perumahan di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk terus terlibat aktif dalam pembangunan perumahan di Indonesia, termasuk melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sebagai inovasi pembiayaan.

“Hal ini diperlukan untuk mengurangi gap pendanaan APBN dalam pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Program Strategis Nasional (PSN). Dalam RPJMN 2020-2024 Pemerintah telah menargetkan peningkatan Rumah Tangga yang menempati rumah layak dari semula 56% menjadi sebesar 70% atau ekuivalen dengan 11 Juta Rumah Tangga,” kata Menteri Basuki dalam sambutannya secara daring pada acara Indonesia Housing Forum bertajuk “Building Forward Better for Inclusive Housing”, Kamis (14/10/2021).

Dikatakan Menteri Basuki, penyediaan perumahan yang aman, terjangkau, dan layak bagi kesehatan serta kesejahteraan untuk seluruh elemen masyarakat merupakan agenda penting bagi pemerintah Indonesia. “Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-11 yaitu membangun kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan dan The New Urban Agenda yang menyebutkan inclusive housing sebagai salah satu elemen dalam membangun kota berkelanjutan,” ujarnya.

Untuk itu, menurut Menteri Basuki perlu dikembangkan konsep hunian inklusif yang menekankan adanya prinsip keadilan bagi seluruh elemen masyarakat untuk dapat memperoleh hunian yang aman, layak, dan terjangkau, termasuk dalam hal ini untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). “Pembangunan perumahan yang inklusif membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah serta sektor swasta,” tuturnya.

Untuk mempercepat penyediaan perumahan di Indonesia, Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 telah mencanangkan Program Sejuta Rumah untuk meningkatkan sinergi antar pelaku pembangunan dalam kerangka ekosistem perumahan. “Capaian Program Sejuta Rumah dalam periode 2015-2019 sebanyak 4,7 juta unit, tahun 2020 sebanyak 965 ribu unit dan hingga bulan September 2021 sebanyak 763 ribu unit,” ungkap Menteri Basuki.

Selain itu, ditambahkan Menteri Basuki, upaya pengentasan kemiskinan termasuk untuk penurunan stunting tidak cukup dilakukan dengan bantuan sosial, tetapi membutuhkan dukungan keterlibatan masyarakat melalui sektor perumahan, air bersih, dan sanitasi yang diimplementasikan Kementerian PUPR lewat program Padat Karya Tunai. 

“Upaya yang telah dilakukan Kementerian PUPR antara lain melalui Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya, yang dipadukan dengan penyediaan air bersih dan sanitasi melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dalam satu pendekatan kawasan. Selain itu juga melalui dukungan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk MBR,” tutur Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, dalam pemulihan ekonomi disaat ini, sektor properti dan perumahan menjadi pendorong utama, terutama dalam penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat karena memiliki multiplier effect tinggi dimana lebih dari 147 industri yang ikut serta dalam menggerakan pembangunan perumahan.

“Untuk itu diperlukan sebuah terobosan agar pasar perumahan ini dapat kembali bergairah. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) atas properti sebesar 100% untuk rumah dengan harga maksimal Rp2 miliar dan sebesar 50% untuk tipe rumah dengan rentang harga jual dari Rp2 miliar hingga Rp5 miliar,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga mengingatkan kepada para pengembang perumahan untuk terus berkomitmen dalam membangun rumah yang berkualitas dengan mutu bangunan sesuai standar termasuk dalam perumahan bagi MBR. (Rls)

Bisnis

Revolusi Transportasi: POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program subsidi pembelian motor listrik 1 NIK untuk 1 unit motor listrik. Langkah ini tentu menjadi hal penting yang sangat berarti demi mewujudkan visi mobilitas yang ramah lingkungan tersebut.

Seraya mendukung program pemerintah, POLYTRON juga memberikan solusi praktis dan efisien kepada para penggunanya dengan menghadirkan teknologi fast charging yaitu stasiun pengisian ulang daya cepat dan mudah yang memberikan keleluasaan para pemilik motor listrik POLYTRON untuk menjalankan aktivitas harian tanpa khawatir kehabisan daya. Dengan kehadiran fast charging station yang makin banyak, POLYTRON berharap adopsi kendaraan listrik semakin meningkat sejalan dengan tujuan bersama untuk mengurangi polusi udara dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Perwakilan dari POLYTRON, Ilman Fachrian Fadly sebagai Head of Product POLYTRON EV mengatakan bahwa POLYTRON hingga saat ini telah menyediakan Fast Charging Station di 12 titik, upaya ini dilakukan dengan mempertimbangkan efisiensi energi dan pemakaian teknologi yang ramah lingkungan. Stasiun ini juga sebagai bukti bahwa produk motor listrik POLYTRON, produksi dan pelayanannya dikerjakan secara maksimal dengan langkah konkret yang telah dilakukan.

Pembangunan lokasi fast charging POLYTRON selain berada di perkotaan juga telah merambah daerah-daerah di lokasi strategis yang mudah dijangkau, sehingga kemudahan akses ini dapat memberikan efektivitas tinggi kepada para pengguna.

POLYTRON sepakat kehadiran stasiun fast charging ini juga memberikan sinyal positif kepada end user atau pengguna, agar lebih yakin dalam menggunakan motor listrik POLYTRON, bersamaan, POLYTRON sembari menjadikan momen ini sebagai daya tarik dalam mendongkrak penjualan.

Teknologi fast charging yang dibangun oleh POLYTRON tersebut dilengkapi dengan teknologi terkini untuk mengisi ulang daya motor dengan lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan listrik biasa, yaitu pengisian 10 menit dapat menempuh jarak hingga 20km perjalanan.

“Harapannya dengan adanya fast charging station yang dapat digunakan secara cuma-cuma untuk motor listrik POLYTRON, langkah ini dapat memberikan dukungan yang lebih luas terhadap ekosistem kendaraan listrik secara keseluruhan. Termasuk dukungan terhadap penggunaan bahan bakar alternatif, inovasi teknologi ramah lingkungan dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap manfaat kendaraan listrik,” kata Ilman menambahkan.

“Dengan langkah konkret ini, POLYTRON yakin tidak hanya menjadi produsen motor listrik, tetapi juga berperan aktif dalam membangun infrastruktur yang mendukung pertumbuhan mobilitas berkelanjutan di Indonesia. Dan keseriusan pembangunan fast charging tentu tidak hanya di 12 lokasi, namun akan terus konsisten dan bertambah di kota-kota lainnya yang akan segera dibuka dalam waktu dekat,” kata Ilman menutup.

Berikut ini adalah lokasi fast charging station yang telah dibangun oleh POLYTRON (data hingga  April 2024).

1.            Jakarta Selatan – Kebayoran Lama

Alamat: Jl. Arteri Pondok Indah No.79, RT.003/05, RT.10/RW.2 Kebayoran Lama, Jakarta.

Telp: 1500 833

2.            Jakarta Barat

Alamat: Jl. KS. Tubun 62, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat 11410.

Telp: 1500 833

3.            Bekasi

Alamat: Jl. Raya Siliwangi No.111B, Sepanjang Jaya, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat 17114.

Telp: 1500 833

4.            Depok

Alamat: Jl. Kartini Raya no. 28, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, 16431.

Telp: 1500 833

5.            Bandung

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.338 Bandung, Jawa Barat.

Telp: 1500 833

6.            Cirebon – Lemahwungkuk

Jl. Kalijaga No. 11, Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45113.

Telp: 1500 833

7.            Semarang

Alamat: Jl. MT. Haryono No.457, Jagalan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613.

Telp: 1500 833

8.            Solo

Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.18C Solo Baru. Madegondo, Grogol, Sukoharjo.

Telp: 1500 833

9.            Kudus

Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No.36, Krajan, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317.

Telp: 1500 833

10.          Yogyakarta – Klaten

Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. KM. 19, Tegalsanggrahan, Sanggrahan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454.

Telp: 1500 833

11.          Surabaya – Rungkut

Alamat: Jl. Rungkut Industri IV No.26, Rungkut Tengah, Kec. Gn. Anyar, Surabaya, Jawa Timur 60293.

Telp: 1500 833

12.          Jember

Alamat: Jl. MH. Thamrin No.53, Ajung, Kec. Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131.

Telp: 1500 833

Continue Reading

Bisnis

Team Astra UD Trucks dan Pengemudi Indonesia Siap Bersaing di Ajang Internasional: UD Gemba Challenge dan UD Extra Mile Challenge 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Tahun 2024 menjadi kesempatan emas bagi Astra UD Trucks dan Indonesia untuk kembali membuktikan keunggulannya dalam dua kompetisi tingkat dunia yang diselenggarakan oleh UD Trucks Global: UD Gemba Challenge dan UD Extra Mile Challenge.

UD Gemba Challenge mencari tim purnajual UD Trucks terampil di Indonesia yang akan berkompetisi di tingkat dunia pada bulan November 2024 di Jepang. Kompetisi ini tidak hanya fokus pada kemampuan mekanik serta penyediaan suku cadang secara individu, tetapi juga menekankan pentingnya semangat tim dalam memecahkan masalah bersama.

Bambang Widjanarko, Chief Operating Officer mengungkapkan, keterampilan kerja dan kolaborasi antar karyawan frontline menjadi kunci dalam meningkatkan pelayanan pelanggan, hal ini sejalan dengan Semangat Gemba yang dipercayai oleh UD Trucks. Astra UD Trucks telah memulai proses kualifikasi tim UD Gemba Challenge pada bulan April ini

Sementara itu, UD Extra Mile Challenge berfokus pada keterampilan pengemudi pelanggan Astra UD Trucks dalam tiga bidang utama meliputi inspeksi sebelum mengemudi, efisiensi bahan bakar dan keselamatan berkendara, termasuk keterampilan manuver dan parkir. Tantangan ini tidak hanya menguji kemampuan teknis, tetapi juga pola pikir serta perilaku pengemudi dalam memprioritaskan faktor-faktor penting dalam berkemudi seperti produktivitas dan keamanan selama di perjalanan.

“Ajang kompetisi seperti UD Extra Mile Challenge menjadi wadah penting untuk memotivasi pengemudi dan mempromosikan pola mengemudi truk yang efisien, tertib, dan aman di jalan. Inisiatif ini sejalan dengan Program ‘Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas’ yang digulirkan oleh Astra untuk mengurangi insiden kecelakaan lalu lintas atau Zero Accident,” lanjut Bambang Wijanarko dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Kompetisi ini akan diikuti oleh perwakilan UD Trucks dari berbagai negara, melalui dua tahap kualifikasi dengan ujian teori dan praktik. Pemenang dari UD Extra Mile Challenge Indonesia akan melangkah ke putaran final yang digelar di UD Experience Center, Ageo, Jepang pada bulan Oktober 2024.

Astra UD Trucks akan membuka pendaftaran bagi seluruh pengemudi Quester di Indonesia  dan pada bulan April 2024. Ini merupakan kesempatan emas bagi Perusahaan dan pengemudinya untuk dapat mengharumkan bangsa dan perusahaan mereka.

Dengan demikian, Astra UD Trucks membangun tonggak baru dalam kompetisi global dengan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Mari kita dukung bersama para tim purnajual dan pengemudi truk untuk meraih prestasi gemilang di panggung internasional. Bersama-sama, kita buktikan bahwa Indonesia mampu bersaing dan menginspirasi dunia dalam industri otomotif. Ayo terus bergerak maju, karena kesuksesan bukanlah akhir, tetapi awal dari perjalanan yang lebih besar. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Muncuci Hijab dengan Praktis dan Cerdas: Fitur Terkini Bikin Hijab Awet dan Anti Kusut

Published

on

Bisniscorner.com – Bagi sebagian besar wanita Muslim, hijab bukan hanya sekedar aksesori fashion, tetapi juga bagian penting dari identitas dan spiritualitas mereka. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan keindahan hijab menjadi prioritas yang tidak bisa diabaikan. Namun, mencuci hijab bisa menjadi pekerjaan yang rumit dan menantang, karena tekstur kainnya yang berbeda dari kain biasanya, oleh karena itu perlunya penanganan yang tepat.

Perwakilan dari POLYTRON, Albert Fleming sebagai General Manager Home Appliances, baru-baru ini di Jakarta menyampaikan bahwa mesin cuci terbaru Primadona Giant Series  dari POLYTRON adalah pilihan tepat untuk problema mencuci kain hijab. Primadona Giant Series dapat menjaga hijab tetap cantik tanpa berkerut, kusut dan rusak. Mencuci hijab dengan Primadona Giant series maka hijab akan selalu terjaga tekstur dan keindahannya.

Primadona Giant series dilengkapi dengan mode hijab, Anda dapat mengaktifkan mode ini untuk mencuci kain yang bertekstur lembut. Umumnya kain hijab bertekstur ringan, seperti kain chiffon, paris, sutra dan silk. Dengan mode hijab maka tekstur kain lembut akan selalu terjaga dan tidak akan mengalami pengerutan, pengikisan atau pun rusak. Mode hijab juga bisa digunakan untuk pencucian pakaian lembut lainnya, misal pakaian bayi, pakaian dalam hingga kaos kaki.

Dikesempatan yang sama, Albert Fleming juga memberikan beberapa tips jitu untuk merawat hijab atau kain lembut lainnya.

1.Sebelum mencuci pastikan Anda mengecek label perawatan.

Alangkah baiknya sebelum mencuci Anda memastikan untuk selalu memeriksa label perawatan pada hijab Anda dan ikuti instruksi pencucian yang disarankan. Hal ini akan membantu menjaga kualitas hijab dan mencegah kerusakan akibat perawatan yang salah.

2.Menggunakan detergen yang sesuai.

Gunakan detergen yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia agresif yang dapat merusak serat halus pada hijab. Pilihlah detergen yang dirancang khusus untuk mencuci pakaian berbahan halus untuk hasil terbaik.

3.Menggunakan air dingin.

Saat mencuci hijab, gunakan air dingin atau air dengan suhu rendah. Air dingin dapat mencegah pemudaran warna dan merusaknya serat kain, menjaga hijab tetap terlihat seperti baru dan warnanya cemerlang.

4.Pengeringan dan penyimpanan terbaik.

Setelah dicuci, jemur-lah hijab di tempat yang teduh dan hindari sinar matahari langsung. Hindari juga menyimpan hijab di tempat yang lembab, karena dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Penyimpanan hijab di tempat yang baik maka akan menjaga hijab tetap awet dan cantik.

Dengan memanfaatkan fitur hijab mode dari Mesin Cuci 2 Tabung Primadona Giant Series milik POLYTRON, Anda tak perlu khawatir hijab akan memudar, melar, atau kehilangan bentuknya. Fitur ini memungkinkan pencucian hijab di mesin cuci tanpa masalah. Proses pencucian dan pengeringan dilakukan di dua tabung terpisah, untuk hijab atau kain lembut, sebelum mencucinya pastikan Anda memasukkannya kedalam hijab pouch yang ada dalam paket pembelian. Dengan mode ini maka hijab bisa kering tanpa terkena suhu tinggi yang dapat merusak serat halusnya.

Primadona Giant Series terdiri dari kapasitas besar hingga 14kg yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Terdapat empat pilihan warna menarik yaitu biru, hijau, pink, dan abu-abu yang cantik yang bisa Anda pilih menyesuaikan dengan interior dan warna cat rumah Anda.

Primadona Giant Series juga dilengkapi dengan teknologi magic gear terbaru, teknologi ini memungkinkan pencucian 30% lebih hemat listrik, dan terdapat tombol water selector yang memberikan kemudahan dan praktis dalam pencucian. Untuk masa garansinya POLYTRON mengover 3 tahun untuk motor penggerak dan komponen sparepart, dengan demikian maka Anda akan terbebas rasa khawatir. Untuk layanan after sales Anda dapat menghubungi layanan call center di nomor 1500833 atau layanan pesan singkat WhatsApp di nomor 085321005100, dengan sigap POLYTRON akan membantu.

POLYTRON senantiasa menjaga kualitas, keawetan dan inovasi pada produknya #QualityThatMatters. Anda dapat memperoleh  Primadona Giant Series dikisaran harga Rp1 jutaan di toko online/offline terdekat dan terpercaya. Untuk informasi promo dan spesifikasi lengkap silahkan menghubungi akun sosial media Instagram @polytron.homes. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News6 jam ago

Rayakan HUT 172, Kebun Raya Cibodas Disambut Mekarnya Bunga Bangkai

Bisniscorner.com – Bunga bangkai yang memiiki nama ilmiah Amorphophallus titanum Becc yang mekar saat ini merupakan koleksi Kebun Raya Cibodas...

Breaking News19 jam ago

Tinjau Ruas Tol Palembang – Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Bisniscorner.com – Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki...

Breaking News3 hari ago

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk...

Breaking News5 hari ago

Kementerian PUPR : Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung...

Breaking News1 minggu ago

Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak Siap Difungsikan Mulai Kamis, 11 April 2024

Bisniscorner.com – Pasca penanganan darurat dan pembersihan lokasi pada Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak Km 64+600, Kementerian PUPR...

Breaking News2 minggu ago

Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kebun Raya Cibodas

Bisniscorner.com – Libur Lebaran sudah tiba, untuk Anda yang masih bingung mau mengisi liburan kemana, Kebun Raya Cibodas bisa menjadi...

Trending