Connect with us

Hiburan

Membanggakan, “Ahasveros” Karya UMN Jadi Film Animasi Pendek Terbaik di FFI 2021

Published

on

Bisniscorner.com  – UMN Pictures kembali menoreh prestasi melalui film animasi pendek dua dimensi (2D) yang berjudul “Ahasveros”. Film ini membawa pulang Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021 untuk kategori “Film Animasi Pendek Terbaik” pada Rabu, 10 November 2021. Festival ini digelar di Jakarta Convention Center dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Sebelumnya “Ahasveros” telah mendapatkan pengumuman masuk nominasi lima besar pada Minggu bulan lalu (10/10/2021).

Animasi “Ahasveros” adalah cuplikan singkat kehidupan tragis penyair bohemian Chairil Anwar yang mulai terjerat oleh ketakutan akan kefanaan hidupnya di tengah salah satu periode yang paling meresahkan dalam sejarah Indonesia. Ahasveros merupakan jiwa yang mengutuk dirinya sendiri sebagai pengembara abadi dan mulai melakukan pencarian untuk meninggalkan jejak abadi di tengah dunia yang kian berubah.

Film animasi pendek “Ahasveros” dikerjakan oleh Alumni UMN Bobby Fernando sebagai Penulis, Sutradara, Animator, dan Editor. Bobby didukung oleh Yenna Mariana sebagai Background Artist, Diva Stevania sebagai pelukis, Dwi Atmoko Adi sebagai 3D modeller, Dira Nararyya sebagai Sound Designer, Elvaretta Tirta sebagai Composer dan Jeremiah Harvest sebagai Chairil Anwar. Riset visual dikerjakan oleh Dosen Sejarah Film UMN, Salima Hakim. Sementara untuk gaya visual film ini dikerjakan oleh Dosen Animasi, Yohanes Merci. Film ini juga melibatkan Andrey Andoko sebagai Produser Eksekutif.

Gaya dalam film ini terinspirasi oleh film noir yang menggunakan palet warna hitam putih dan juga aspect ratio 4:3 yang tidak eksklusif, namun kerap dikaitkan dengan periode tahun ’40-an dalam dunia perfilman. Masing-masing aspek ini sendiri pun tidak Bobby sertakan hanya sebagai keputusan style belaka, melainkan demi kepentingan tematik dan value naratif yang secara inheren dimiliki oleh elemen-elemen tersebut. Secara sekilas, inilah yang kemungkinan besar akan menjadi ciri khas “Ahasveros” yang membuatnya terlihat unik dari luar.

Sejak tahun 2015 sampai 2021 Film Pendek Animasi UMN selalu hadir dalam daftar nominasi Film Animasi pendek Terbaik di FFI, kecuali tahun 2017 UMN absen. Tetapi kemenangan baru bisa UMN dapatkan tahun 2021 ini setelah 6 tahun sebagai nominator.

Kebanggan ini tidak hanya di ajang FFI 2021 dan bukan pencapaian pertama Ahasveros. Sebelumnya, film ini masuk dalam seleksi pada kategori New Directions di Kaboom Animation Festival. Tentunya hal ini membanggakan karena Kaboom Animation Festival adalah Film Festival Animasi hasil gabungan dua festival animasi sebelumnya, yaitu KLIK Amsterdam Animation Festival dan The Holland Animation Film Festival (HAFF) yang mempunyai reputasi sebagai Film Festival Animasi yang bergengsi.

“Salah satu misi tim ini dalam membuat Ahasveros adalah untuk menciptakan sebuah karya animasi yang memiliki karakter, identitas, dan ide yang kuat, dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa animasi adalah sebuah medium storytelling yang bisa menjadi apapun. Dan Saya pastinya berharap misi tersebut dapat terus diaplikasikan ke karya-karya lain yang dihasilkan oleh perfilman UMN,” tutup Bobby.

Kus Sudarsono selaku Kaprodi FTV UMN mengungkapkan, kemenangan film Ahasveros merupakan kebanggaan bagi Prodi Film UMN yang berkolaborasi dengan alumni UMN, dosen UMN, dan industri dalam bersinergi untuk kemajuan Prodi Film UMN.

Kemal Hasan sebagai Direktur UMN Pictures sekaligus produser dari Ahasveros menyatakan tantangan dari pembuatan film animasi pendek yang dibuat hampir satu tahun ini, yaitu bagaimana membuat kisah yang membumi dan bisa hadir sebagai potret yang puitik.

“Film ini dibuat dengan passion, karena mengerjakan sesuatu dengan senang akan membuat karya kita maksimal. Saya berharap untuk perfilman UMN kedepannya akan melahirkan kreator-kreator muda yang akan menggantikan generasi sebelumnya dan akan membuat bentuk yang makin kompetitif,” tutup Kemal. (Rls)

Hiburan

SMS dan Plana Hadirkan Sustainibility Area di Salsa Food City dan Hana Pond

Published

on

Bisniscorner.com – Summarecon Mall Serpong berkolaborasi dengan Plana, sebuah wirausaha sosial yang fokus pada proses daur ulang plastik dan gabah kayu yang kemudian diubah menjadi material bangunan ramah lingkungan, menghadirkan Sustainability Area di Summarecon Mall Serpong (SMS). Kepedulian terhadap sustainable living ini menghadirkan dua sustainable area di SMS yaitu di area Hana Pond dan Salsa Food City, dengan menggunakan produk daur ulang dari Plana.

Plana menghadirkan inovasi material terbaru sebagai pengganti kayu, yang diberi nama Planawood. Material ini memiliki bentuk dan tekstur yang menyerupai kayu asli, dan terbuat dari 60% gabah padi, 30% sampah plastik, dan 10% aditif. Planawood lebih kuat dan tahan terhadap air, api, dan juga sinar matahari dibanding kayu asli. Sustainability Area di Salsa Food City dan Hana Pond dibangun dari Planawood.

“Plana memiliki tujuan untuk menyelamatkan bumi dengan menghadirkan sebuah produk sustainable yang dapat menjadi substitusi utama untuk kayu natural. Kami ingin dengan adanya kolaborasi ini, semakin banyak masyarakat yang terdampak dan memiliki keinginan yang kuat akan gaya hidup berkelanjutan,” kata Co-Founder Plana Juan A. Chandra.

Dengan area seluas 300 m², dua area ini telah telah berhasil menyelamatkan 533   pohon, 720 kg sampah plastik, dan  memanfaatkan 1.440 kg gabah padi. “Sejalan dengan konsep keberlanjutan yang diusung oleh Plana, Summaraecon Mall Serpong kemudian memiliki inisiatif untuk menjalin satu kolaborasi dengan Plana untuk menghadirkan area dengan sustainable value tersebut. Dengan adanya kolaborasi ini, SMS dan Plana berharap bisa menyebarkan value keberlanjutan ke semua lapisan masyarakat dan penggunaan daur ulang bisa semakin digencarkan..” ujar Tommy, Center Director SMS.

Sebagai bentuk peresmian Sustainability Area ini, SMS akan menghadirkan Mind Trip Competition, pada tanggal 15 April 2023, di Hana Pond – Downtown Walk. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Mind Trip Competition, SMSLovers dapat langsung menuju Instagram dan TikTok SMS di @sms_serpong. (Rls)

Continue Reading

Hiburan

Resmi Dirilis Global, Vincent dan Desta Ajak Gamers Indonesia Main Call of Dragons

Published

on

Bisniscorner.com –  Setelah sukses dengan Rise of Kingdoms, Farlight Games kembali merilis game unggulan terbaru Call of Dragons. Game bergenre Fantasy MMO Strategy ini telah dapat diunduh oleh pengguna iOS, Android dan PC Windows di seluruh dunia sejak Selasa (28/3) lalu. Untuk merayakan perilisan ini, duo entertainer Vincent dan Desta terpilih untuk menjadi ikon peluncuran Call of Dragons di Indonesia.

“Vincent dan Desta kami ajak untuk menjadi wajah di peluncuran Call of Dragons di Indonesia karena image mereka yang smart, fun dan fearless, sesuai untuk mewakili karakter pemain CoD di Indonesia,” ungkap  Adrian Alpin, Marketing Director Farlight Games untuk wilayah Indonesia, Filipina, Singapura & Malaysia.

“Berbagai program dan konten bersama Vindes juga sudah disiapkan untuk mempromosikan berbagai keseruan Call of Dragons, salah satunya lewat video yang akan dirilis Jumat (31/3) di Instagram Call of Dragons Indonesia,” tambah Adrian.

Call of Dragons menawarkan pengalaman bermain game fantasi menggunakan strategi pertarungan real-time yang intens. Mengambil setting di negeri Tamaris yang sangat luas, pemain akan diajak untuk menjaga wilayah kekuasaan, mengembangkan pasukan, serta berusaha untuk menguasai kerajaan-kerajaan di sekitarnya, baik sendiri maupun menggunakan aliansi dengan pemain lain.

Ada 3 faksi yg bisa dipilih pemain di awal game, yaitu Liga Ordo (Human), Wilderburg (Orc), dan Springwardens (Elf). Masing-masing faksi memiliki keunggulannya masing-masing yang berguna di sepanjang permainan.

“Hal lain yang menarik dari Call of Dragons adalah di dalam game ini pemain akan bertemu dengan Behemoth atau makhluk kuno raksasa. Di antaranya ada Hydra, Thunder Orc, Red Dragons, dan Dire Bear. Jika berhasil ditaklukan, pemain dapat menggunakan hewan-hewan ini untuk berbagai hal, termasuk memenangkan pertempuran antar pemain atau Kingdom (KvK),” tambah Adrian.

Untuk meramaikan peluncuran Call of Dragons di Indonesia, sampai dengan 30 Mei mendatang akan berlangsung Call of Dragons Hashtag Challenge dengan filter “Faction Test from CoD”. Lewat tantangan ini, para pemain berpeluang untuk memenangkan hadiah utama iPhone 14 dengan mengunggah tangkapan layar faksi mereka saat sedang bermain menggunakan hashtag #callofdragons. (Rls)

Continue Reading

Hiburan

Musical March Kembali dengan Lebih Spektakuler!

Published

on

Bisniscorner.com – Setelah hampir tiga tahun “puasa” nonton konser offline, antusias masyarakat Indonesia terhadap gelaran festival musik saat ini sangat besar seiring dengan meredanya pandemi. Setiap festival dan konser dari berbagai aliran musik nyaris selalu dipadati pengunjung. Melihat animo masyarakat yang sudah rindu akan konser, Summarecon Mall Serpong akan kembali menggelar Musical March, pada tanggal 11 dan 12 Maret 2023, di Uptown Park, Summarecon Mall Serpong.

Musical March tahun ini akan kembali dengan lebih spektakuler dan semarak dengan deretan musisi yang akan tampil di Uptown Park, yang merupakan area baru di Summarecon Mall Serpong. Uptown Park akan menjadi area baru yang diperuntukan sebagai venue berbagai macam event, mulai dari musik hingga kuliner. Dengan kapasitas area yang mampu menampung lebih dari 10.000 pengunjung dan dilengkapi dengan sistem audio dB Technologies VIO212 pertama di Indonesia dan lighting berskala internasional, Uptown Park akan memanjakan SMSLovers dan memberikan pengalaman terbaik dalam menikmati konser maupun event lainnya.

Musical March akan dimeriahkan oleh musisi terbaik Tanah Air dari berbagai genre. Hari pertama Musical March akan diisi deretan musisi elektronik, dan akan menghadirkan salah satu ikon musik elektronik Indonesia, Winky Wiryawan, serta Roycdc, Chika Kinsky, Devarra, dan akan ditutup dengan penampilan dari DJ asal Korea Selatan, Soda. Tak hanya menampilkan musisi dari genre elektronik, Musical March hari kedua akan dimeriahkan oleh musisi lintas generasi dan genre, mulai dari Isyana Sarasvati, KLA Project, JKT 48, J-Rocks, dan E-clat.

“Melalui Musical March, kami ingin merayakan Hari Musik Nasional dan mengapresiasi karya-karya terbaik musisi Indonesia. Tahun ini, kami akan menghadirkan Musical March dengan lebih spektakuler, dengan deretan musisi lokal dan internasional yang akan bermain di area Uptown Park. Beragam penampil dalam Musical March tahun ini diharapkan mampu menghibur dan membuat SMSLovers bernyanyi bersama,” ujar Tommy, Center Director Summarecon Mall Serpong.

Tiket Musical March dapat dibeli secara online di loket.com dengan harga Rp. 275.000 untuk daily pass dan Rp. 450.000 untuk two days pass. Untuk informasi lengkap mengenai Musical March, SMSLovers dapat langsung menuju media sosial Summarecon Mall Serpong, di Instagram dan TikTok @sms_serpong, Facebook Fanpage Summarecon Mall Serpong, atau mengunduh aplikasi Summarecon Mall di Google Play Store dan App Store. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News24 jam ago

PUPR: Ruas Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Ditargetkan Selesai Bulan Juli 2023

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah mempercepat pembangunan Jalan Tol...

Breaking News2 minggu ago

Kementerian PUPR Catat Program Sejuta Rumah Capai 298.203 Unit pada Kuartal I

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mencatat hingga kuartal pertama bulan April 2023,...

Breaking News2 minggu ago

Kementerian PUPR Serah Terimakan Rusun Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Dzikrul Qolbi di Kulonprogo

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan rumah susun (Rusun) Pondok...

Breaking News3 minggu ago

Tingkatkan Pasokan Irigasi di Jateng dan Jatim, Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Bendungan Karangnongko di Perbatasan Bojonegoro dan Blora

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus membangun bendungan guna menambah...

Breaking News4 minggu ago

Jelang KTT ASEAN ke-42, Kementerian PUPR Percepat Peningkatan Infrastruktur Penunjang di Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Bisniscorner.com – Menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur...

Breaking News4 minggu ago

Momentum Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kementerian PUPR Rehabilitasi 1.174 Sekolah dan Madrasah Tahun 2023

Bisniscorner.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei menjadi momentum pembangunan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Presiden...

Trending