Connect with us

Tekno

Eka Hospital Luncurkan DIVINE, Pusat Endoskopi Canggih di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com –  Eka Hospital Group meluncurkan DIVINE (Digestive Intervention and Endoscopy Center), pusat layanan endoskopi berteknologi mutakhir yang menggabungkan diagnosa komprehensif dan terapi, khususnya pada masalah digestif dan liver (hati). DIVINE secara resmi mulai beroperasi sejak bulan Maret 2022 dan berpusat di Eka Hospital BSD, Tangerang Selatan. Diketuai oleh Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH selaku Chairman of Digestive Intervention and Endoscopy Center dan didukung dengan tim dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroentero-hepatologi.

“Endoskopi merupakan salah satu metode pemeriksaan yang dilakukan dengan memasukkan pipa lentur serta memiliki lampu juga kamera kecil melalui mulut pasien ke sepanjang sistem pencernaan yang diinginkan untuk mendeteksi adanya penyakit di dalam saluran pencernaan seperti esofagitis (radang pada kerongkongan) di esofagus, tukak lambung, tukak usus 12 jari, tumor di kolon (usus besar), dan Chron’s disease di usus halus. Alat ini juga memiliki walking tunnel yang digunakan untuk melakukan aksesoris tertentu yang berguna melakukan tindakan therapeutic seperti membuang polip, menutup luka, dan menghentikan pendarahan,” ungkap Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH

Prof. Murdani menjelaskan bahwa endoskopi disarankan dilakukan bagi pasien dengan diagnosis penyakit dalam tertentu. “Misalnya pasien dengan batu empedu, radang pankreas baik jenis akut maupun kronis, cedera atau komplikasi pembedahan pada empedu dan pankreas, pseudokista pankreas atau sejenis kista yang terbentuk akibat komplikasi pankreatitis, tumor atau kanker pada saluran empedu maupun pada pankreas. Jika memungkinkan, prosedur ini bisa sekaligus bertujuan sebagai terapi dalam menangani masalah yang terjadi,” paparnya.

Chief Operating Officer Eka Hospital Goup, drg. Rina Setiawati mengatakan, bahwa peluncuran DIVINE merupakan manifestasi dari upaya Eka Hospital Group dalam menghadirkan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Indonesia. “Kami berupaya mendukung Pemerintah Indonesia untuk memberikan opsi layanan kesehatan terbaik di dalam negeri yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, layanan-layanan kesehatan yang didukung dengan kelengkapan berupa State-of-the-Art Medical Equipment, pelayanan yang sifatnya specialized, personalized, cost effective dan tentunya mengutamakan quality of care, akan terus kami hadirkan di Eka Hospital Group,” ujarnya.

DIVINE, menurut Dokter Rina, berfokus pada dua layanan utama yaitu diagnostic & therapeutic. “Misalnya untuk prosedur EUS membutuhkan tingkat keterampilan dan keahlian yang tinggi. Dokter yang dapat melakukan prosedur ini biasanya sangat berpengalaman bahkan hanya sedikit dokter spesialis yang terlatih dalam teknik canggih ini. Prosedur EUS membutuhkan pelatihan sub-spesialisasi dalam teknik endoskopi lanjut dan peralatan endoskopi canggih. Hanya spesialis yang telah menjalani pelatihan dalam EUS yang dapat menafsirkan gambar USG,” ucap drg. Rina.

EUS, tambah Prof. Murdani, bermanfaat dalam diagnosis penyakit seperti batu saluran empedu, kanker dalam sistem pencernaan, kista dan tumor pankreas, pertumbuhan abnormal di perut, kerongkongan, rektum (tumor submukosa, lesi sub-epitel), limfoma dan pembesaran kelenjar getah bening di perut serta dada. Selain itu untuk endoskopi diagnostic, Eka Hospital Group juga menyediakan kapsul endoskopi terkecil dengan ukuran panjang 24,5 milimeter dan diameter 10,8 milimeter serta baterai yang bertahan hingga 12 jam. 

“Saat ini kami sudah menjalankan berbagai teknik endoskopi tersebut di Eka Hospital Group. Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH dan tim berpraktik di Eka Hospital BSD sedangkan Prof. dr. Abdul Aziz Rani, Sp.PD-KGEH dan tim berpraktik di Eka Hospital Cibubur. Dengan adanya DIVINE, kami berharap masyarakat yang memiliki keluhan pada saluran pencernaan dan membutuhkan perawatan khususnya melalui metode endoskopi, dapat menjadikan Eka Hospital Group sebagai tujuan utama,” pungkas drg. Rina Setiawati, Chief Operating Officer Eka Hospital Goup. (Rls)

Tekno

Kementerian PUPR Tingkatkan Kinerja Dukungan Manajemen dengan Teknologi Informasi

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik, tidak terkecuali juga untuk meningkatkan kinerja dukungan manajemen.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka untuk memberikan kemudahan dan kecepatan layanan, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR melakukan transformasi di bidang pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi.

“Di antaranya di Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri kita terapkan integrated e-monitoring, untuk pemantauan secara real time pelaksanaan pembangunan infrastruktur PUPR, Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Tata Laksana dengan aplikasi e-HRM, untuk dukungan implementasi sistem merit ASN PUPR, Biro Keuangan dengan e-Keuangan PUPR untuk pemantauan pelayanan keuangan secara elektronik,” kata Sekjen Mohammad Zainal Fatah dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Senin (27/6/2022).

Ditambahkan Zainal Fatah, Setjen Kementerian PUPR melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi juga telah mengembangkan aplikasi Sahabat PUPR, sebagai upaya implementasi pelayanan publikdalam genggaman dan aspirasi, untuk memudahkan penyampaian aspirasi DPR.

“Sedangkan di Pusat Analisis Pelaksanaan Kebijakan juga ada e-Pusaka untuk penyusunan dan pengawasan pelaksanaan kebijakan PUPR yang berdaya guna dan aplikasi e-Monitoring DAK oleh Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah untuk sinkronisasi pembangunan infrastruktur pusat dan daerah,” ujarnya.

Dikatakan Zainal Fatah, terkait capaian kinerja Setjen Kementerian PUPR pada tahun 2022, hingga 17 Juni 2022, realisasi keuangan Sekretariat Jenderal TA 2022 sebesar Rp197,88 miliar atau 33,44% dari total pagu Rp591,77 miliar.

“Kami telah menyusun prognosis atau rencana penyerapan akhir pada tahun ini sebesar Rp553,30 miliar atau sebesar 93,5%. Akan terus kami lakukan pemantauan menggunakan e-monitoring sehingga dapat membandingkan dari waktu ke waktu,” tutur Zainal Fatah.

Hadir dalam rapat tersebut Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Khalawi Abdul Hamid, dan dan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Rachman Arief Dienaputra. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Keamanan Siber, Melindungi Masyarakat Agar Berdigital dengan Aman

Published

on

Bisniscorner.com – Kejahatan siber kini marak sekali terjadi seiring dengan berkembangnya dunia teknologi. Banyak sekali pengguna digital yang sudah menjadi korbannya. Untuk diperlukan kewaspadaan dan sistem keamanan agar kejahatan serupa tak terjadi lagi.

Wakil Ketua Komisi I DPRI RI, H. Bambang Kristiono, S.E memaparkan bahwa keamanan siber mampu melindungi ekosistem siber, aset-aset perusahaan, maupun perorangan dari serangan-serangan berbahaya yang bertujuan untuk mengganggu kerahasiaan informasi ataupun data yang kita miliki yang sifatnya pribadi.

“Ancaman siber adalah gerakan yang mungkin muncul yang berpotensi menyebabkan maslaah serius. Di mana semua orang dapat terkena dampaknya. Dalam ranah negara misalanya, komponen yang terkomputerisasi itu merupakan bagian dari infrastruktur pemerintah yang terpenting,” terang Bambang dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk “Keamanan Siber : Berdigital Dengan Aman” yang berlangsung pada Selasa (7/6/2022).

Berdasarkan data dari Badan Siber Negara, Bambang menyebut, pada tahun 2021 telah terjadi serangan siber sebanyak hampir 1 miliar kali. “Adapun serangan siber yang paling banyak terjadi yaitu pada bulan Mei 2021, dan maleware menjadi serangan tertinggi pada tahun 2021,” tuturnya.

Dalam hal ini, kata Bambang, kesadaran masyarakat sangat diperlukan. Khususnya dalam memilih informasi yang kredibel, akurat, dan terpercaya.”Sehingga dengan adanya teknologi ini bisa mendorong kemajuan bersama dan tentunya dengan banyak sosialisasi mengenai pentingnya kesadaran terhadap perkembangan dari teknologi,” lanjut Bambang.

Sebagai wakil rakyat, Bambang menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung setiap upaya pemerintah dalam menanggulangi peraturan atau hukum mengenai keamanan data dari serangan siber.

Sementara itu, pemateri lainnya yang merupakan seorang Penyidik Polri, AKP Abdillah Rifai memaparkan bahwa banyak sekali kasus-kasus serangan siber yang terjadi menyerang data pribadi. “Ini penting untuk kita pahami agar kita bisa melindungi data pribadi, karena kita semuanya mempunyai data pribadi,” ujar Abdillah.

Untuk menghindari hal itu terjadi, Abdillah mengatakan bahwa setiap pengguna wajib menggunakan data pribadi dengan bijak, khususnya dalam menggunakan aplikasi pinjaman online.

“Data-data yang dikumpulkan itu kita sebut sebagai big data. Dalam big data tersebut menjadi sangat berharga. Namun bagi perusahaan tersendiri itu juga menjadi sebuah keuntungan. Karena dari big data tersebut dapat menemukan ide-ide atau bisnis baru khususnya dalam bidang finansial,” terangnya.

Abdillah mengatakan, data kini disebut sebagai is the new oil. Fenomena ini bisa diartikan bahwa data adalah harta yang berharga pada zaman sekarang.

“Belakang ini kita melihat banyak kasus pinjaman online baik yang legal ataupun yang ilegal. Yang ilegal tentu itu sudah sangat berbahaya dan melanggar hukum, sedangkan yang legal, meskipun dalam pendiriannya sah secara umum,  namun dalam bentuk tagihan menggunakan debt collector, seringkali menggunakan cara-cara yang melanggar hukum,” jelasnya.

Maka dari itu, data pribadi sangat penting untuk dilindungi. Tujuannya agar tidak terjadi dalam permasalahan hukum.

“Terkait keamanan data, dalam pemanfaatan pilending memang menimbulkan tantangan terkait data pribadi. Dalam setiap aspek ataupun prosesnya. Salah satu perlindungan data pribadi terkait penggunaan data pribadi tersebut akan diproses. Keamanan data pribadi wajib dilindungi oleh penyelenggara perlindungan data pribadi,” tuturnya.

Menurutnya, pemilik data pribadi memiliki hak data pribadi meskipun sudah diunggah ke aplikasi apapun.

“Di situlah pentingnya kita harus menjaga data pribadi, baik pemerintah maupun legulator, bagaimana bisa menjaga data masyarakat di zaman ini. Kebocoran data itu memang mutlak terjadi di negara kita, oleh karena itu penting perlindungan data dalam sistem elektronik. Dan perusahaan-perusahaan terkait yang mempunyai sitem elektronik yang tentunya berhubungan dengan keuangan, tentunya terdaftar di kominfo dan OJK,” terangnya.

Selain kehati-hatian dan aturan yang mampu melindungi setiap pengguna dari ancaman kejahatan siber, dalam hal ini literasi digital bagi masyarakat juga sangat diperlukan.

Untuk itu, Dirjen Aptika Kemkominfo, Samuel A Pangerapan, B.Sc mengatakan bahwa pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam penanaman literasi digital ini kepada masyarakat.  “Karena penggunaan internet perlu dibantu dnegan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan produktif, bijak dan tepat guna,” jelasnya.

Sebab jika dilihat dari kondisi yang ada, tingkat literasi digital di Tanah Air kini masih belum mencapai tahap yang lebih baik.

“Saat ini indeks literasi digital Indonesia masih berada pada angka 3,49 dari skala 5, yang artinya, masih dalam kategori sedang belum mencapai tahap yang lebih baik. Angka ini perlu terus kita tingkatkan sehingga menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan litrerasi digital,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan IDCamp

Published

on

Bisniscorner.com  – Indosat Ooredoo Hutchison, dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia, kembali meluncurkan IDCamp 2022 untuk menyiapkan masyarakat Indonesia menjadi talenta digital berkelas dunia dan mendukung terciptanya bangsa digital.

Tahun ini, IDCamp menargetkan lebih banyak penerima manfaat beasiswa coding online yaitu sebanyak 55 ribu peserta. Pada acara ini juga dilangsungkan wisuda bagi peserta IDCamp 2021 yang diwakili oleh sepuluh lulusan terbaik. Tahun lalu, program ini telah berhasil mencatatkan 46.025 peserta beasiswa coding online, dengan menghasilkan lebih dari 110 ribu total penerima manfaat sejak didirikan pada tahun 2019.

Dengan program yang ditingkatkan, IDCamp 2022 tidak memiliki batasan usia untuk peserta, lebih banyak kelas coding, dan lebih banyak roadshow yang menargetkan kampus serta acara komunitas developer secara virtual. Bootcamp untuk komunitas penyandang disabilitas juga dilakukan kembali untuk memajukan inklusivitas program dalam mewujudkan misinya menciptakan talenta digital bersertifikat global di seluruh negeri.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, membawa semangat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison melihat IDCamp sebagai sarana untuk memberdayakan talenta digital masa depan.

“Salah satu program CSR di pilar Pendidikan Digital ini, juga bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di negara ini. Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa,” terangnya dalam siaran pers (29/5/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Kemenparekraf berupaya meningkatkan digital talents Indonesia dengan berbagai program. Saya sangat mengapresiasi langkah Indosat dalam upaya menciptakan talenta-talenta digital berkualitas melalui program IDCamp yang telah terlaksana sejak tahun 2019. Saya ucapkan selamat atas kelulusan peserta IDCamp 2021 dan acara peresmian IDCamp 2022. Kami harap kegiatan ini selain dapat memunculkan talenta digital berkualitas, juga dapat memunculkan unicorn baru yang memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30 ribu developer bersertifikat di seluruh program. Sebanyak 1.538 developer difabel, 22,1% developer wanita, 28% partisipan dari luar Jawa, dan 81% partisipan berusia 18-25 tahun. Tahun ini, peserta IDCamp 2022 bisa mendapatkan sertifikat global dengan lima tingkat keahlian mulai dari basic, beginner, intermediate, expert, dan professional dalam 8 spesialisasi pemrograman, yaitu Android Developer, iOS Developer, Web Developer, Machine Learning Developer, Multi-Platform Apps Developer, Front End Developer, Back End Developer, UI/UX Designer, Data Analytic, dan Data Scientist.

Pendaftaran beasiswa coding online dibuka mulai hari ini, 27 Mei 2022, melalui idcamp.ioh.co.id. Setelah pendaftaran berhasil, peserta dapat langsung memulai pelatihan basic dan beginner hingga Agustus 2022. Pelatihan tingkat intermediate akan dimulai pada bulan September hingga Desember 2022, sedangkan tingkat expert dan professional akan dimulai dari November 2022 hingga Februari 2023. Selain pelatihan online, IDCamp 2022 juga akan menyelenggarakan roadshow virtual di kampus-kampus, virtual meet-up untuk developer 2022, rangkaian Developer Challenges, Bootcamp untuk Disabilitas, dan pelatihan untuk guru.

Peserta dapat memperoleh informasi terbaru melalui website resmi, Instagram @idcamp dan Facebook IDCamp Indosat Ooredoo Hutchison. Peserta juga dapat menghubungi alamat email resmi idcamp@ioh.co.id untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut mengenai IDCamp 2022. Semua orang termasuk segala usia dipersilakan untuk mendaftar! (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 hari ago

Tim Bola Voli Putra SMPN 2 Tamsel Raih Juara 1 Kejuaran Bola Voli Antar Pelajar Kabupaten Bekasi

Bisniscorner.com – Tim Bola Voli Putra Sekolah Menengah Negeri (SMPN) 2 Tambun Selatan (Tamsel), tampil gemilang di kejuaraan Bola Voli Antar...

Breaking News2 hari ago

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada...

Breaking News3 hari ago

Ketum JMSI: Pembangunan IKN Harus Dikawal

Bisniscorner.com – Media siber yang tergabung dalam organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kalimantan Timur diminta ikut...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR Tetapkan Pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara

Bisniscorner.com – Setelah melalui serangkaian tahap penjurian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan...

Breaking News4 hari ago

Menteri Basuki : Tingkatkan Terus Layanan Jalan Tol

Bisniscorner.com  – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan pesan agar para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)...

Breaking News5 hari ago

Pelatihan Mobile Journalism Kebencanaan di Desa Panggarangan Lebak, Banten

Bisniscorner.com – Komunitas Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN)...

Trending