Connect with us

CSR

Peduli Sesama, JMSI Bengkulu Selatan Bagikan Santunan

Published

on

Bisniscorner.com – Pengurus Cabang Jaringan Media Siber Indonesia (Pengcab JMSI) Kabupaten Bengkulu Selatan gelar kegiatan JMSI Peduli bulan suci Ramadan, Minggu, (24/04/2022) sore.

Acara yang diikuti 31 media siber anggota JMSI Bengkulu Selatan itu berbagi sembako yang berisi minyak goreng, uang tunai dan kebutuhan pokok lainnya.

Ketua JMSI Bengkulu Selatan, Rispan Ade Putra yang memimpin langsung kegiatan mengatakan, JMSI Peduli merupkan bentuk kesetiakawanan sosial di tengah pelaksanaan ibadah puasa dan menjelang Idul Fitri. JMSI Peduli hadir untuk turut meringankan beban masyarakat terutama dalam menghadapi badai pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah kita hari ini dapat berbagi untuk  keberkahan di bulan suci Ramadan, semoga ini dapat memberikan kebahagian bagi yang menerima walau ala kadarnya, dan saya sangat bangga kepada rekan rekan media khusunya JMSI yang sudah kompak dalam kegiatan mulia ini,” ungkap pria yang akrab disapa Ade Bewok ini.

Sebelumnya kata Ade, pihaknya bersama pengurus JMSI telah lebih dulu mendata warga yang benar-benar layak dan membutuhkan bantuan. Bantuan merupakan sumbangan dari seluruh anggota JMSI Bengkulu Selatan.

“JMSI selain secara keorganisasian memiliki misi untuk meningkatkan profesionalitas media siber juga memiliki tanggungjawab yang sama untuk ikut membantu masyarakat yang membutuhkan, sama seperti organisasi lain. Kami berharap dengan adanya bantuan ini keberadaan JMSI bukan hanya berdampak pada media siber tapi juga ke masyarakat langsung,” papar Ade.

Program JMSI Peduli merupakan gagasan pengrus JMSI seluruh Indonesia yang bertujuan untuk membantu langsung masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial, terdampak bencana alam, dan internal organisasi seperti permasalahan insan pers yang tergabung di JMSI. (Rls)

CSR

Bulan Suci Ramadan, Mercure Serpong Alam Sutera Santuni Anak-anak Disabilitas

Published

on

Bisniscorner.com –  Merupakan sebuah kehormatan untuk setiap umat manusia dapat berbagi dengan orang yang membutuhkan, apalagi di momen istimewa di Bulan Suci Ramadan. Mercure Serpong Alam Sutera bersama jajarannya mengunjungi Yayasan Sayap Ibu Provinsi Banten pada 12 April 2022.

Yayasan Sayap Ibu merupakan sebuah lembaga non-profit yang merawat anak-anak disabilitas ganda terlantar yang merupakan anak-anak yatim piatu serta memiliki keterbatasan secara fisik maupun mental.

Tim Mercure Serpong Alam Sutera membawakan makanan untuk berbuka puasa bersama dan beberapa kebutuhan sehari-hari seperti minyak, gula, sabun, tissue basah, popok sekali pakai, dan lain-lain sesuai dengan yang diperlukan oleh anak-anak di Yayasan. Menyambut kedatangan tim Mercure Serpong Alam Sutera, semua anak-anak dan para pengasuh berkumpul bersama untuk mendengarkan sambutan baik dari hotel, maupun dari Yayasan.

“Kami berterima kasih telah disambut di sini dan kami sangat berharap apa yang kami berikan dapat berguna dan membantu setiap anak-anak di Yayasan Sayap Ibu ini,” ujar Verawaty Tan, selaku Hotel Manager Mercure Serpong Alam Sutera.

Adapun anak-anak berkebutuhan khusus dan para pengurus sangat senang dengan kehadiran tim Mercure Serpong Alam Sutera yang sangat terlihat dari antusiasme mereka ketika tim hotel sampai ke yayasan. Anak-anak diwakili oleh pengurus yayasan sangat berterima kasih atas kunjungan dan bantuan yang telah diberikan oleh tim Mercure Serpong Alam Sutera.

Selain berbagi dengan anak-anak disabilitas, Mercure Serpong Alam Sutera juga berbagi dengan anak-anak yatim bersama Accor Hotels di area Greater Jakarta di Masjid Jami Nurul Huda Sampora, Tangerang. Kami mengadakan acara Buka Puasa Bersama anak-anak yatim dari Kampung Sampora dan membagikan goodie bag yang berisi sembako, alat makan, alat tulis dan tas. (Rls)

Continue Reading

CSR

Realisasikan CSR, IKPP Tangerang Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Bantaran Sungai Cisadane

Published

on

Bisniscorner.com  – PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang menanam ribuan bibit mangrove di bantaran Sungai Cisadane.

Ribuan bibit mangrove ditanam di sepanjang 1.500 meter dengan lebar tiga meter di bantaran Sungai Cisadane di Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel pada Jumat, (22/4/2022).

“Untuk itu, kami ucapkan terimakasih kepada PT. Indah Kiat yang telah mensupport Program Pelestarian Sungai Cisadane yang dimulai dengan Penanaman 3.000 Pohon Mangrove di Bantaran Sungai Cisadane,” kata Ketua Yayasan Banksasuci, Ade Yunus.

Penanaman mangrove ini selain untuk pelestarian lingkungan juga mendukung ekowisata Mangrove Cisadane.

“Pelestarian lingkungan khususnya Sungai Cisadane dibutuhkan kohesifitas sosial, sinergi seluruh stakeholders, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Hari ini kita buktikan sinergi tersebut, antara PT.Indah Kiat, Pemkota Tangsel dan kita dari Banksasuci demi mewujudkan Ecowisata Mangrove Cisadane,” terang Ade Yunus.

Sementara, Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin mengatakan, sebelumnya menanam mangrove di wilayah pesisir Kabupaten Tangerang sudah mencapai 125 ribu bibit mangrove.

“Setelah kenal dengan kang Ade yunus dari banksasuci baru kami mengetahui bahwa mangrove juga bisa tumbuh di air tawar tepatnya di pinggir sungai.Maka hari ini sekalian memperingati Hari Bumi kita laksanakan penanaman mangrove di bantaran Sungai Cisadane,” ujarnya.

“Saya berharap dengan penanaman mangrove ini ekosistem sungai tetap terjaga. karena sungai Cisadane sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat luas, baik air minum maupun industri. Juga mudah-mudahan cita-cita kita bersama terwujud eco wisata di Bantaran Cisadane,” jelas Kholisul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Wahyunoto Lukman berterimakasih atas kepedulian PT IKPP Tangerang dalam pelestarian lingkungan.”Pelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi kita semua, butuh sinergi dan kolaborasi,” pungkasnya.

Usai penanaman mangrove, kemudian dilanjut dengan bersih-bersih sungai dengan mengambil sampah. (Red)

Continue Reading

CSR

Vanish Ajak Masyarakat Indonesia Berbagi Sambil Memperpanjang Masa Pakai Baju

Published

on

Bisniscorner.com – Membeli baju baru saat Ramadan terutama menjelang lebaran merupakan tradisi turun-temurun yang sudah ada di Indonesia sejak abad ke-16 , karenanya tak heran jika tradisi ini sudah menjadi bagian yang sangat melekat dengan Ramadan dan lebaran. Bahkan menurut survei JakPat (Jajak Pendapat) tahun 2021, meski pandemi masih melanda, belanja baju baru masih menduduki posisi empat besar (45%) diantara kebutuhan lainnya. 

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh media online Tirto pada tahun 2017, sebanyak 61,71% masyarakat menyatakan selalu membeli baju baru untuk lebaran setiap tahunnya. Di saat 3 dari 10 orang Indonesia mengaku menyingkirkan sepotong pakaian setelah mengenakannya hanya sekali (Omnibus YouGov, 2017), di sisi lain, masih banyak masyarakat kurang beruntung yang tidak memiliki kesempatan membeli baju baru untuk merayakan lebaran.

Bertepatan dengan momen Ramadan tahun ini, Reckitt Indonesia melalui Vanish, menginisiasi gerakan #BahagiaBerbagiBaju untuk mengajak masyarakat Indonesia menyumbangkan pakaian lama layak pakai bagi mereka yang membutuhkan sekaligus memperpanjang masa pakai pakaian untuk mengurangi limbah pakaian. Program ini juga sejalan dengan tujuan keberlanjutan perusahaan dalam upaya pelestarian lingkungan dalam upaya bersama-sama menciptakan dunia yang lebih bersih dan sehat.

Rahul Bibhuti, Marketing Director Reckitt Indonesia menyatakan, m engenakan pakaian terbaik merupakan bentuk sukacita dalam menyambut Hari Raya. Mengingat di antara kita masih banyak yang tidak bisa membeli baju baru untuk merayakan lebaran, maka melalui gerakan #BahagiaBerbagiBaju, Vanish ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk turut berbagi kebahagiaan dengan ‘menghidupkan kembali’ pakaian lama layak pakai mereka dengan Vanish agar menjadi pakaian yang terlihat bersih dan pantas dikenakan untuk menyambut momen kebersamaan ini.”

Turut mendukung gerakan #BahagiaBerbagiBaju dari Vanish, Aghnia Punjabi, seorang influencer hijab yang juga merupakan pengusaha fashion mengatakan, dalam industri fashion, terdapat istilah fast fashion untuk menggambarkan bagaimana pakaian diproduksi secara cepat agar dapat terus mengikuti tren terbaru. Perilaku membeli baju lebaran baru pun salah satunya didorong oleh tren fashion yang menampilkan desain yang berbeda setiap tahunnya.

Menurut artikel yang dirilis The World Bank tahun 2019, fast fashion dapat memperburuk masalah lingkungan karena mendorong lahirnya produk fashion yang memiliki masa pakai lebih singkat. Sebanyak 50 miliar pakaian baru diproduksi tahun 2000, dan 20 tahun kemudian tepatnya tahun 2020, tercatat rata-rata konsumen membeli pakaian 60% lebih banyak. Tidak hanya membeli lebih banyak, konsumen juga membuang lebih banyak pakaian. Kurang dari 1% pakaian bekas didaur ulang menjadi pakaian baru. Diperkirakan setiap tahunnya sekitar USD 500 miliar hilang akibat pakaian yang berakhir di tempat pembuangan sampah karena tidak disumbangkan atau didaur ulang.

Sebagai seorang Muslimah, Aghnia pun percaya keberhasilan ibadah Ramadan tidak hanya tercermin dari berpuasa sebulan penuh melainkan juga dari bagaimana kita mendorong diri untuk menjadi lebih baik, salah satunya dalam hal konsumsi pakaian.“Saya menerapkan konsep one in, one out, yaitu saat membeli baju baru, saya akan memilih pakaian lama yang bisa disumbangkan ke sesama yang membutuhkan. Dengan konsep ini, selain dapat menghadirkan kebahagiaan kepada orang lain, kita juga bisa berkontribusi dalam upaya mengurangi limbah pakaian yang merupakan salah satu ancaman bagi kelestarian lingkungan,” paparnya.

Dona Agnesia selaku Brand Ambassador Vanish menambahkan, saya percaya merawat pakaian yang kita miliki dengan sepenuh hati, salah satunya dengan cara mencucinya menggunakan pembersih noda yang dapat membuat pakaian bersih, warna terlihat cerah dan tampak seperti baru, merupakan kebiasaan baik yang dapat memperpanjang masa pakai pakaian. Untuk membantu mengurangi personal fashion waste kita juga bisa memanfaatkan momen-momen istimewa salah satunya seperti Ramadan ini untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama dengan cara menyumbangkan pakaian lama kita. Sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian terhadap sang pemilik baru, sebelum menyerahkan pakaian lama kita, alangkah lebih baik jika kita memastikan pakaian tersebut dalam keadaan bersih dan tampak layak untuk dipakai.

Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyumbangkan pakaian lama layak pakainya, Vanish menyediakan drop box di sejumlah pusat perbelanjaan seperti Transmart & Lottemart. Vanish juga bekerja sama dengan Paxel dalam menyediakan layanan penjemputan sumbangan pakaian lama layak pakai di lebih dari 40 kota di Indonesia. Sebagai apresiasi, Vanish juga menyediakan hadiah menarik berupa uang tunai senilai Rp 1.000.000 untuk masing-masing 5 orang donatur tercepat serta 300 pcs produk Vanish untuk donatur beruntung lainnya.

“Mari berikan pakaian kita kesempatan untuk menjalani banyak kehidupan dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain, tak hanya di Ramadan kali ini melainkan juga di momen-momen istimewa lainnya,” tutup Rahul Bibhuti. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusun Kampus Unila

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan...

Breaking News1 minggu ago

Multimedia Nusantara Polytechnic dan KGX Perkuat Industri Logistik Indonesia

Bisniscorner.com  – Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menjalin kerja sama dengan salah satu unit usaha logistik milik Kompas Gramedia, PT Sirkulasi...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Tata Kawasan Pura Agung Besakih, Tingkatkan Kenyamanan Beribadah Umat Hindu di Bali

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan penataan Kawasan Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem,...

Breaking News2 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pekerjaan Lanjutan Penataan Kebun Raya Bogor Sebagai Pusat Konservasi Tanaman Anggrek

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor di...

Breaking News2 minggu ago

Eka Hospital, Pelayanan Orthopedi dengan Peralatan Operasi Tulang Belakang Terkini dan Terintegrasi se-Asia Tenggara

Bisniscorner.com – Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam menangani pasien mulai dari...

Breaking News3 minggu ago

Serdik Sespimmen Dikreg 62 Pokjar XIV Salurkan Ratusan Paket Sembako

Bisniscorner.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan santri Lembaga Pendidikan (Lemdik) Sespim Polri menggelar bakti sosial membagikan ratusan...

Trending