Connect with us

Tekno

IOH Catatkan 27% Kenaikan Trafik Data Tertinggi di Masa Perayaan Lebaran 2022

Published

on

Bisniscorner.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, berhasil mempertahankan performa jaringan yang baik dalam mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya selama masa libur Lebaran 2022. Pada musim liburan kali ini, IOH mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27% pada tanggal 29 April 2022 dibandingkan periode yg sama tahun lalu, dimana sekitar 97% diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G.

Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi. Beberapa site MOCN (Multi Operator Core Network) juga memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan di dalam ruangan.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, Lebaran ini menjadi momentum kami untuk mempercepat proses integrasi jaringan dan kami senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran, meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan.

Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo Hutchison melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu. Tercatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga turut berpartisipasi dalam program THR (Tri Hujan Rejeki) yang ada di aplikasi bima+ dan program RAMAH (Ramadan Penuh Berkah) di aplikasi myIM3. Tercatat trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga naik sekitar 34% di sepanjang bulan Ramadan dibandingkan hari normal tahun ini. Hal tersebut mengindikasikan tren pemanfaatan kanal layanan digital yang semakin luas oleh pelanggan IOH dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasinya.

Beberapa aktivitas peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Tri dan IM3 menikmati pengalaman digital yang terbaik. Peralatan & dasbor khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 29% dibandingkan masa Lebaran tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, lebih dari 87% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan. Pelanggan Tri dan IM3 pun sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa liburan Lebaran dalam beberapa hari ke depan.

“Sesuai dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami berharap jaringan terintegrasi dengan dukungan ekosistem digital IOH yang lengkap akan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini,” tutup Vikram. (Rls)

Tekno

Indosat Ooredoo Siapkan Integrasi Jaringan di 300 Titik Pusat Keramaian

Published

on

Bisniscorner.com  – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, menyatakan kesiapannya menghadapi masa libur lebaran tahun ini. Resmi beroperasi pada awal Januari tahun ini, IOH yang kini baru berumur sekitar 100 hari telah melakukan integrasi jaringan secara bertahap untuk memberikan pengalaman telekomunikasi

digital pelanggan yang lebih baik.

Pada akhir tahun 2022, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites. Integrasi memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya.

Sebagai tambahan, IOH akan menambahkan lebih dari 11 ribu sites baru di beberapa tahun mendatang untuk lebih memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan, sejak resmi bergabung menjadi IOH, kami langsung melakukan pilot project pengintegrasian jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Hal itu bertujuan agar kami dapat segera mewujudkan layanan telekomunikasi digital berkelas dunia dengan kecepatan dan jangkauan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan. Dalam rangka menyambut masa libur Lebaran tahun ini, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia akan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman, kami telah melakukan segala persiapan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi digital mereka.

IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30% untuk lonjakan traffic per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi olehmeningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan sepertiYouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan traffic data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati masa libur Lebaran, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik.

Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, khususnya di masa libur lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

“Prioritas utama kami adalam memaksimalkan pengalaman pelanggan. Kesiapan jaringan yang terintegrasi lewat teknologi MOCN, peningkatan kapasitas data, optimalisasi jaringan di berbagai POI dan rute mudik, monitoring yang intensif melalui command center terpusat, serta kesiagaan saluran layanan pelanggan, diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan IOH. Kami berharap dengan ekosistem digital lengkap akan memaksimalkan keseruan libur lebaran pelanggan bersama keluarga tercinta di kampung halaman,” tutup Desmond. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Kolaborasi UMN dan WIR Group Kembangkan Metaverse

Published

on

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berkolaborasi dengan WIR Group perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), untuk mengembangkan platform teknologi metaverse dan membangun sumber daya manusia di bidang teknologi yang unggul dan kompetitif. Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani oleh Rektor Universitas Multimedia Nusantara Dr. Ninok Leksono, M.Sc dan Chief Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus, di Kampus UMN, Serpong, Tangerang, Jumat (1/4).

Melalui kerja sama ini, para mahasiswa nantinya berkesempatan menggali dan mengembangkan potensi mereka melalui program khusus yang dapat menunjang kurikulum pendidikan di kampus UMN. Para mahasiswa juga akan diperkenalkan kepada dunia Metaverse dan akan berperan serta dalam proses pengembangan Metaverse di Indonesia.

Rektor UMN, Ninok Leksono dalam sambutannya mengatakan, melalui kolaborasi ini civitas akademika Universitas Multimedia Nusantara diharapkan mewujudkan salah satu tujuan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu mencetak sumber daya manusia yang terbaik, terutama di bidang teknologi melalui percepatan transformasi digital. 

“Perkembangan teknologi yang kian canggih membuka akses di berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan sehingga memberi kesempatan seluas-luasnya bagi pengembangan teknologi digital yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Ninok Leksono

Ninok menambahkan, kolaborasi ini akan mendorong minat mahasiwa untuk makin kreatif dan  inovatif, melalui penelitian dan pengembangan, sehingga mahasiswa tidak akan berfokus pada nilai akademik saja, namun juga pengembangan keilmuan yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Merupakan komitmen kami di UMN untuk dapat selalu update dengan perkembangan teknologi masa depan. Kurikulum kami dibuat untuk dapat memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang teknologi digital yang dapat mendukung terwujudnya trensformasi digital di Indonesia serta mendukung pengembangan Metaverse Indonesia,” ujar Ninok.

Ninok berkeyakinan, kolaborasi dalam pengembangan metaverse di kampus UMN dapat berjalan mulus mengingat kampus yang berdiri sejak 2006 ini memang berfokus pada Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), sehingga dalam penyusunan kurikulum pendidikan semuanya sudah berbasis TI. “Mahasiswa UMN telah dibekali pengetahuan dan orientasi terhadap perkembangan TIK agar siap menghadapi perubahan teknologi yang kian canggih,” ujar Ninok Leksono yang juga mantan pemimpin redaksi Kompas Cyber Media.

Sementara itu, Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer dari WIR Group, mengatakan, kerjasama WIR Group dengan UMN merupakan salah satu fase dari sejumlah kolaborasi pengembangan ekosistem utuk mendukung Metaverse Indonesia di sektor pendidikan, yang sebelumnya telah dilakukan dengan kampus lain, maupun dengan sektor industri dan bisnis, guna membangun partisipasi pelajar dan mahasiswa dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi metaverse.

Kolaborasi dengan UMN juga merupakan suatu upaya memperkaya ekosistem untuk mendukung pengembangan Metaverse Indonesia yang akan dipertunjukkan saat presidensi G20 di Bali.  “Sebagai kampus yang memfokuskan pada dunia TIK, UMN tidak akan sulit untuk mengadopsi teknologi tinggi dan tentunya memiliki kapababilitas dalam pengembangan Metaverse.  Kami sangat yakin UMN memiliki sumber daya yang mumpuni untuk dapat mengambil peran lebih dalam pengembangan teknologi digital sektor pendidikan dan transformasi digital di masa depan,” ujar Gupta.

“Metaverse adalah keniscayaan dan applicable untuk semua sektor termasuk pendidikan, property, industry dan pemerintahan. Prinsipnya ini adalah kolaborasi yang diciptakan bersama untuk membangun metaverse Indonesia yang kredibel. Kolaborasi tentu mempertimbangkan kompetensi masing masing pihak,” kata Gupta.

Metaverse sendiri merupakan konsep semesta virtual kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata dengan dunia digital tanpa batas. Berkat bantuan teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR) serta artificial intelligence semua bisa berlangsung secara simultan dan parallel di Metaverse. Metaverse memiliki potensi besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar dan menjalani aktivitas lain dalam kehidupan sebagaimana di dunia nyata.

“Kami percaya, kolaborasi WIR, sebagai perusahaan teknologi kreatif dengan UMN, dapat membentuk perilaku di antara komunitas pelajar dan mahasiswa untuk memperkuat serta menciptakan teknologi yang inovatif di masa depan sehingga bermanfaat dan dapat mendorong transformasi digital masyarakat. Kolaborasi ini juga memungkinkan kontribusi mahasiswa untuk turut andil dalam sejarah perkembangan metaverse di Indonesia,” kata Gupta.

WIR Group merupakan perusahaan yang fokus pada teknologi Metaverse seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality, dan Artificial Intelligence. Perusahaan memiliki lima paten global untuk AR dan terdaftar secara nasional maupun Patent Cooperation Treaty (PCT) yang menjangkau hingga 153 negara seluruh dunia. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Eka Hospital Luncurkan DIVINE, Pusat Endoskopi Canggih di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com –  Eka Hospital Group meluncurkan DIVINE (Digestive Intervention and Endoscopy Center), pusat layanan endoskopi berteknologi mutakhir yang menggabungkan diagnosa komprehensif dan terapi, khususnya pada masalah digestif dan liver (hati). DIVINE secara resmi mulai beroperasi sejak bulan Maret 2022 dan berpusat di Eka Hospital BSD, Tangerang Selatan. Diketuai oleh Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH selaku Chairman of Digestive Intervention and Endoscopy Center dan didukung dengan tim dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroentero-hepatologi.

“Endoskopi merupakan salah satu metode pemeriksaan yang dilakukan dengan memasukkan pipa lentur serta memiliki lampu juga kamera kecil melalui mulut pasien ke sepanjang sistem pencernaan yang diinginkan untuk mendeteksi adanya penyakit di dalam saluran pencernaan seperti esofagitis (radang pada kerongkongan) di esofagus, tukak lambung, tukak usus 12 jari, tumor di kolon (usus besar), dan Chron’s disease di usus halus. Alat ini juga memiliki walking tunnel yang digunakan untuk melakukan aksesoris tertentu yang berguna melakukan tindakan therapeutic seperti membuang polip, menutup luka, dan menghentikan pendarahan,” ungkap Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH

Prof. Murdani menjelaskan bahwa endoskopi disarankan dilakukan bagi pasien dengan diagnosis penyakit dalam tertentu. “Misalnya pasien dengan batu empedu, radang pankreas baik jenis akut maupun kronis, cedera atau komplikasi pembedahan pada empedu dan pankreas, pseudokista pankreas atau sejenis kista yang terbentuk akibat komplikasi pankreatitis, tumor atau kanker pada saluran empedu maupun pada pankreas. Jika memungkinkan, prosedur ini bisa sekaligus bertujuan sebagai terapi dalam menangani masalah yang terjadi,” paparnya.

Chief Operating Officer Eka Hospital Goup, drg. Rina Setiawati mengatakan, bahwa peluncuran DIVINE merupakan manifestasi dari upaya Eka Hospital Group dalam menghadirkan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat Indonesia. “Kami berupaya mendukung Pemerintah Indonesia untuk memberikan opsi layanan kesehatan terbaik di dalam negeri yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, layanan-layanan kesehatan yang didukung dengan kelengkapan berupa State-of-the-Art Medical Equipment, pelayanan yang sifatnya specialized, personalized, cost effective dan tentunya mengutamakan quality of care, akan terus kami hadirkan di Eka Hospital Group,” ujarnya.

DIVINE, menurut Dokter Rina, berfokus pada dua layanan utama yaitu diagnostic & therapeutic. “Misalnya untuk prosedur EUS membutuhkan tingkat keterampilan dan keahlian yang tinggi. Dokter yang dapat melakukan prosedur ini biasanya sangat berpengalaman bahkan hanya sedikit dokter spesialis yang terlatih dalam teknik canggih ini. Prosedur EUS membutuhkan pelatihan sub-spesialisasi dalam teknik endoskopi lanjut dan peralatan endoskopi canggih. Hanya spesialis yang telah menjalani pelatihan dalam EUS yang dapat menafsirkan gambar USG,” ucap drg. Rina.

EUS, tambah Prof. Murdani, bermanfaat dalam diagnosis penyakit seperti batu saluran empedu, kanker dalam sistem pencernaan, kista dan tumor pankreas, pertumbuhan abnormal di perut, kerongkongan, rektum (tumor submukosa, lesi sub-epitel), limfoma dan pembesaran kelenjar getah bening di perut serta dada. Selain itu untuk endoskopi diagnostic, Eka Hospital Group juga menyediakan kapsul endoskopi terkecil dengan ukuran panjang 24,5 milimeter dan diameter 10,8 milimeter serta baterai yang bertahan hingga 12 jam. 

“Saat ini kami sudah menjalankan berbagai teknik endoskopi tersebut di Eka Hospital Group. Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD-KGEH dan tim berpraktik di Eka Hospital BSD sedangkan Prof. dr. Abdul Aziz Rani, Sp.PD-KGEH dan tim berpraktik di Eka Hospital Cibubur. Dengan adanya DIVINE, kami berharap masyarakat yang memiliki keluhan pada saluran pencernaan dan membutuhkan perawatan khususnya melalui metode endoskopi, dapat menjadikan Eka Hospital Group sebagai tujuan utama,” pungkas drg. Rina Setiawati, Chief Operating Officer Eka Hospital Goup. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusun Kampus Unila

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan...

Breaking News1 minggu ago

Multimedia Nusantara Polytechnic dan KGX Perkuat Industri Logistik Indonesia

Bisniscorner.com  – Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menjalin kerja sama dengan salah satu unit usaha logistik milik Kompas Gramedia, PT Sirkulasi...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Tata Kawasan Pura Agung Besakih, Tingkatkan Kenyamanan Beribadah Umat Hindu di Bali

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan penataan Kawasan Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem,...

Breaking News2 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pekerjaan Lanjutan Penataan Kebun Raya Bogor Sebagai Pusat Konservasi Tanaman Anggrek

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor di...

Breaking News2 minggu ago

Eka Hospital, Pelayanan Orthopedi dengan Peralatan Operasi Tulang Belakang Terkini dan Terintegrasi se-Asia Tenggara

Bisniscorner.com – Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam menangani pasien mulai dari...

Breaking News3 minggu ago

Serdik Sespimmen Dikreg 62 Pokjar XIV Salurkan Ratusan Paket Sembako

Bisniscorner.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan santri Lembaga Pendidikan (Lemdik) Sespim Polri menggelar bakti sosial membagikan ratusan...

Trending