Connect with us

Breaking News

Multimedia Nusantara Polytechnic dan KGX Perkuat Industri Logistik Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com  – Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menjalin kerja sama dengan salah satu unit usaha logistik milik Kompas Gramedia, PT Sirkulasi Kompas Gramedia (KGX). Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama yang berlangsung pada 26 April 2022 di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang.

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi sinergi institusi pendidikan dan industri yang mampu mengoptimasi proses logistik di Indonesia. Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Presiden Joko Widodo, biaya logistik di Indonesia masih jauh tertinggal. Rata-rata biaya logistik negara-negara ASEAN bahkan hanya 12%, sementara Indonesia biayanya hingga 23% dari total harga barang. Hal ini diakibatkan oleh inefisiensi yang terjadi dalam pendistribusian barang atau produk-produk.

Inefisiensi yang terjadi di industri logistik dapat dikurangi dengan adanya kerja sama Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) atau link and match dengan institusi pendidikan. Salah satunya melalui poin kerja sama yang diinisiasi oleh MNP dan KGX, yakni di bidang riset dan pengembangan yang pada momen ini ditandatangani oleh Roy Anthonius selaku Direktur MNP dan Amelia Angelica selaku Direktur KGX.

“MNP memiliki visi yang berkaitan dengan creative technology. Saya percaya kreativitas bisa dikembangkan di luar bidang seni, salah satunya adalah di bidang e-Commerce Logistics. Politeknik fokusnya adalah di bidang terapan, kemampuan ini juga harus digabungan dengan literasi digital dan teknologi yang baik. Kami ingin kerja sama ini dapat menjadi pengembangan yang simultan baik bagi perusahaan maupun bagi kami sebagai institusi pendidikan, sehingga MNP bisa menerapkan teaching industry,” ujar Roy.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang menjadi tujuan dari KGX, yakni siap untuk memberikan kontribusi bagi dunia logistik Indonesia dengan menawarkan pelanggan dan mitra beberapa keunggulan, seperti jaringan yang luas, harga yang kompetitif, dan memprioritaskan kualitas yang terbaik.

“KGX awalnya bukan sebagai perusahaan logistik, namun saat ini KGX sudah bisa catch up dengan perkembangan industri logistik. Dengan kerja sama ini, salah satu harapan kami adalah sumber daya manusia yang dipersiapkan oleh MNP dapat langsung siap menjadi profesional di bidang logistik, khususnya untuk menjadi tenaga kerja di KGX. Sehingga diharapkan lulusan MNP yang bekerja di KGX dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan karena mereka sudah memahami penerapannya,” tambah Amelia.

Untuk memperkuat sinergi di masa depan, MNP dan KGX rencananya akan memperluas lingkup kerja sama agar dapat berkontribusi lebih dalam bagi kemajuan dunia logistic di Indonesia. Hal ini juga sekaligus bisa memperkuat posisi Program Studi e-Commerce Logistics MNP sebagai pendidikan vokasi yang mampu menyediakan tenaga kerja terampil, riset untuk pengembangan bisnis, dan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Rls)

Breaking News

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusun Kampus Unila

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga pendidikan setempat di berbagai daerah guna menyediakan hunian yang nyaman bagi generasi muda yang ingin menuntut ilmu. Salah satu hunian yang telah selesai dibangun yaitu rumah susun (Rusun) untuk mahasiswa Universitas Lampung (Unila).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa, agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk prestasi.

“Dibangunnya rusun lembaga pendidikan diharapkan bisa membantu para pelajar untuk mendapatkan hunian yang layak selama proses belajar mengajar sehingga diharapkan akan mencetak SDM yang unggul dan berakhlak mulia,” kata Menteri Basuki.

Pembangunan Rusun Unila dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera yang dimulai sejak 24 Mei 2021 dan telah rampung pada bulan Maret 2022. Adanya rusun tersebut diharapkan bisa membantu para mahasiswa untuk mendapatkan tempat yang layak selama proses belajar mengajar dan bisa lebih fokus belajar untuk meningkatkan prestasi, sehingga diharapkan menciptakan SDM yang unggul.

Rusun yang dibangun sebanyak satu tower dengan ketinggian tiga lantai dan memiliki kamar atau hunian sebanyak 43 unit tipe 24 dengan kapasitas 168 mahasiswa.  Setiap unit rusun yang dibangun telah dilengkapi fasilitas yang layak seperti listrik, air bersih, tempat tidur 2 tingkat, lemari 2 pintu, meja belajar, dan kursi belajar.

Pembangunan rusun ini merupakan tahap ke II yang dilakukan Kementerian PUPR di Kampus Unila. Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah membangun rusun mahasiswa Unila pada awal 2018 dan selesai di tahun yang sama. Gedung yang menyerap anggaran Rp12,5 miliar ini mempunyai empat lantai, berisi 50 unit kamar tipe 24 dengan kapasitas maksimal 198 mahasiswa.

Selain rusun untuk tempat tinggal mahasiswa, Kementerian PUPR juga telah membangun embung air yang bermanfaat sebagai sumber air untuk rusun dan kawasan kampus Unila. Terdapat empat embung air yang dibangun dengan biaya sebesar Rp14,6 miliar. Pembangunan embung air yang dimulai ada 9 April 2019 tersebut sudah selesai 100% pada 4 Desember 2019 sehingga saat ini sudah difungsikan sepenuhnya. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Kementerian PUPR Tata Kawasan Pura Agung Besakih, Tingkatkan Kenyamanan Beribadah Umat Hindu di Bali

Published

on

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan penataan Kawasan Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali. Penataan dilakukan sebagai upaya pelindungan kawasan cagar budaya Pura Agung Besakih yang merupakan pusat peribadatan umat Hindu di Bali sekaligus sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Menteri Basuki mengatakan pekerjaan fisik penataan kawasan tidak akan menyentuh area bangunan utama Pura Besakih yang digunakan sebagai tempat ibadah. “Penataan kawasan ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung yang beribadah dan berwisata,” kata Menteri Basuki.

“Pada saat upacara besar pengunjungnya akan sangat ramai, sehingga perlu dibuat jalur masuk dan keluar yang berbeda disamping pengaturan sirkulasi jalan. Hal ini untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan,” ujar Menteri Basuki.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah, Bali I Nyoman Sutresna mengatakan, “Pekerjaan dilakukan pada dua area, yaitu area Bencingah dan area Manik Mas yang ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir 2022 dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada tahun 2023. Kementerian PUPR akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali selaku pengelola nantinya,” kata Nyoman.

Lingkup pekerjaan di Area Manik Mas yakni pekerjaan gedung parkir beserta connecting, jalan baru, dan dinding penahan tanah. Sedangkan pekerjaan di area Bencingah mencakup bangunan kios besar,kios kecil, bale pasandekan, bale gong, bangunan powerhouse, dan jalan baru.

Pekerjaan fisik dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebagai kontraktor pelaksana dan PT Ciriajasa Cipta Mandiri selaku manajemen konstruksi dengan biaya APBN sebesar Rp378,4 miliar. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Kementerian PUPR Selesaikan Pekerjaan Lanjutan Penataan Kebun Raya Bogor Sebagai Pusat Konservasi Tanaman Anggrek

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat. Dukungan infrastruktur Kementerian PUPR merupakan bagian dari program kerjasama  dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai salah satu kawasan konservasi tumbuhan secara ex-situ untuk pelestarian spesies di luar habitat alaminya. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penataan Taman Anggrek Bogor tidak hanya memberikan dampak positif dari sisi kelengkapan prasarana fisik dan keindahan lansekap ruang terbuka hijau publik, namun juga memberikan kontribusi terhadap konservasi air, tanah, dan perbaikan kualitas udara pada kawasan perkotaan. 

“Taman Anggrek di Kebun Raya Bogor tentunya akan menambah fasilitas yang sudah tersedia dengan baik. Harapannya juga akan menambah koleksi tanaman sebagai keanekaragaman hayati kita yang kaya,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Pada akhir 2019, Kementerian PUPR memulai penataan Taman Anggrek Bogor yang berada di kawasan Rumah Kaca Induk seluas 6.813 m2 dan Laboratorium Kultur Jaringan seluas 1.560 m2. Pekerjaan penataan bangunan sesuai kontrak dimulai sejak 18 Desember 2019 dan selesai pada 30 November 2020 oleh kontraktor PT Kemang Bangun Persada dengan nilai kontrak Rp35,9 miliar dan Manajemen Konstruksi dilakukan oleh PT Elsadai Servo Cons – PT Bintang Perkasa Sejati (KSO) dengan nilai kontrak Rp1 miliar.

Penataan kawasan Rumah Kaca Induk bertujuan untuk memaksimalkan fungsi bangunan sebagai ruang Eksplorasi Tanaman Anggrek, ruang perawatan, ruang isolasi, fuang koleksi, dan ruang pameran. Sementara untuk kawasan Laboratorium Kultur Jaringan bertujuan memaksimalkan fungsi bangunan sebagai ruang kerja staf, ruang persiapan pembuatan media, ruang penanaman kultur, ruang inkubasi, ruang sterilisasi, ruang penyimpanan media steril, gudang alat/material, ruang seminar, ruang arsip dan perpustakaan.

Pada tahun 2021, Kementerian PUPR melanjutkan penataan Taman Anggrek Bogor yang mencakup bangunan penghubung seluas 265,8 m2, bangunan display kiri dan kanan masing-masing seluas 345,6 m2, dan area servis seluas 100,8 m2. Pekerjaan penataan sesuai kontrak dimulai pada 4 April 2021 dan selesai 31 Oktober 2021 oleh kontraktor PT Wiratama Karya Abadi dengan biaya konstruksi Rp2,47 miliar.

Pengembangan Taman Anggrek pada Kebun Raya Bogor menekankan pada pelaksanaan lima fungsi kebun raya, yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan. Dengan fasilitas tersedia yang sudah dibangun, Taman Anggrek Bogor diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai pusat konservasi tumbuhan, penelitian dan layak menjadi tujuan wisata edukasi. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Rampungkan Pembangunan Rusun Kampus Unila

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan...

Breaking News1 minggu ago

Multimedia Nusantara Polytechnic dan KGX Perkuat Industri Logistik Indonesia

Bisniscorner.com  – Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menjalin kerja sama dengan salah satu unit usaha logistik milik Kompas Gramedia, PT Sirkulasi...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Tata Kawasan Pura Agung Besakih, Tingkatkan Kenyamanan Beribadah Umat Hindu di Bali

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melaksanakan penataan Kawasan Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem,...

Breaking News2 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pekerjaan Lanjutan Penataan Kebun Raya Bogor Sebagai Pusat Konservasi Tanaman Anggrek

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor di...

Breaking News2 minggu ago

Eka Hospital, Pelayanan Orthopedi dengan Peralatan Operasi Tulang Belakang Terkini dan Terintegrasi se-Asia Tenggara

Bisniscorner.com – Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam menangani pasien mulai dari...

Breaking News3 minggu ago

Serdik Sespimmen Dikreg 62 Pokjar XIV Salurkan Ratusan Paket Sembako

Bisniscorner.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim dan santri Lembaga Pendidikan (Lemdik) Sespim Polri menggelar bakti sosial membagikan ratusan...

Trending