Connect with us

Gaya Hidup

Nestlé BOOST Optimum Ajak Lansia Jalankan Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia

Published

on

Bisniscorner.com  – Dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional, Nestlé Health Science (NHS) melalui Nestlé BOOST Optimum mengadakan Konferensi Pers bertajuk “Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia: Tetap Sehat, Aktif & Bahagia di Sepanjang Usia”. Turut dihadiri oleh seorang pakar gerontologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), acara ini bertujuan mengajak para lansia untuk menurunkan resiko malnutrisi dan meningkatkan kualitas hidup dengan menjalankan gaya hidup sehat, aktif dan bahagia.

Melalui Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang baru pertama kali diinisiasi tahun ini, Nestlé BOOST Optimum ingin menginspirasi para lansia di Indonesia untuk senantiasa memastikan pemenuhan kebutuhan gizi harian, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, serta yang tak kalah penting yaitu memperhatikan kondisi mental dan sosial, karena rasa kesepian atau depresi yang tidak terlihat juga dapat menyebabkan malnutrisi.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, jumlah lansia di Indonesia kini telah mencapai 29,3 juta jiwa atau 10,82% dari total penduduk Indonesia. Pada tahun 2030, Indonesia bahkan diperkirakan akan mengalami lonjakan ageing population yang dapat berdampak pada kenaikan angka malnutrisi serta menurunkan kualitas hidup lansia (silver tsunami effect).

Prof. Dr. dr. Siti Setiati, Sp.PD-KGer, M. Epid, FINASIM selaku Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PB Pergemi) mengatakan, sehat adalah keseimbangan kondisi mental, fisik, dan sosial yang saling melengkapi. Di Indonesia sebanyak 34,71% lansia tinggal bersama keluarga tiga generasi, nilai ini menurun sebesar 6% dari tahun sebelumnya. Padahal berinteraksi dengan keluarga merupakan salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas hidup lansia karena mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk merasakan keterlibatan sosial yang dapat menghadirkan perasaan bahagia. Kondisi ini dapat menurunkan resiko lansia untuk merasa kesepian atau diabaikan.

Mengerti pentingnya peran serta keluarga dalam mendukung upaya peningkatan kualitas hidup para lansia, Marketing Manager Nestlé Health Science (NHS), dr. Yulia Megawati mengatakan “Sejalan dengan tujuan Nestlé untuk menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang gizi untuk kesehatan yang berbasis ilmu pengetahuan, Nestlé Health Science melalui Nestlé BOOST Optimum yang percaya bahwa Mimpi Tak Kenal Usia, menghadirkan Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang bertujuan mengajak keluarga Indonesia untuk mendukung para lansia mewujudkan hidup sehat, aktif dan bahagia di sepanjang usia.”

Telah menghadirkan beragam produk seperti Nutren Junior, Nutren Diab, Nutren Fibre, Peptamen, Peptamen Junior, dan ISOCAL, Nestlé Health Science menghadirkan Nestlé BOOST Optimum untuk membantu para lansia di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan gizi hariannya sehingga mereka dapat nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari termasuk dalam menggapai mimpi-mimpi yang sempat tertunda. Adapun Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang direkomendasikan Nestlé BOOST Optimum untuk dijalankan oleh para lansia dalam kehidupan sehari-harinya adalah sebagai berikut:

1.            Memenuhi kebutuhan gizi lansia, salah satunya asupan protein harian dengan mengonsumsi Nestlé BOOST Optimum, produk susu bubuk dengan kandungan whey protein yang lebih tinggi dibanding produk sejenis lainnya, yaitu mencapai 50%, serta dilengkapi dengan probiotik & prebiotik serta vitamin & mineral yang baik bagi kesehatan lansia.

2.            Mengajak olahraga para lansia agar tetap aktif. Penelitian membuktikan bahwa suplementasi gizi oral ditambah dengan latihan fisik dapat meningkatkan fungsi, status gizi dan kualitas hidup para lansia.

3.            Memberikan kesempatan kepada para lansia meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup dan berkualitas.

4.            Membantu para lansia dalam menjaga pola makan yang sehat, seperti memastikan menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung serat pangan, vitamin dan mineral yang tepat.

5.            Memberikan dukungan agar para lansia tetap bahagia, salah satunya dengan menyemangati mereka untuk menghidupkan kembali mimpi-mimpi yang tertunda, termasuk mencoba aktivitas baru atau menekuni hobi secara rutin.

Donna Harun, seorang aktris senior Tanah Air, mengatakan di usia saya saat ini, saya merasa bersyukur karena keluarga dan orang-orang terdekat selalu menyemangati saya untuk menghidupkan kembali mimpi-mimpi yang sebelumnya sempat tertunda, salah satunya bergabung dengan wadah sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat luas.

“Menjalani minat dan hobi juga membuat saya merasa bahagia karena dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitar saya. Agar tubuh tetap sehat, selain istirahat yang cukup saya juga selalu meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin bersama anak dan cucu. Saya juga senantiasa memenuhi kebutuhan gizi salah satunya protein harian dengan mengonsumsi Nestlé BOOST Optimum. Selain memiliki kandungan gizi yang saya butuhkan, Nestlé BOOST Optimum juga memiliki rasa vanilla, yang merupakan kesukaan saya,” terangnya.

“Kami harap dengan diluncurkannya Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia ini dapat menginspirasi tidak hanya para lansia melainkan juga seluruh keluarga Indonesia agar dapat lebih memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan para lansia sehingga kualitas hidup mereka dapat tetap terjaga. Karena kami percaya lansia sehat, Indonesia kuat,” tutup dr. Yulia Megawati. (Rls)

Gaya Hidup

Apakah Kolesterol dapat menyebabkan  Penyakit Jantung Koroner?

Published

on

Bisniscorner.com – Tahukan Anda jika penyakit jantung koroner sangat berhubungan dengan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung. Bahaya utama dari kolesterol yang tinggi adalah terbentuknya plak yang memperkecil diameter pembuluh darah sehingga menyebabkan terhambatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh.

Kolesterol adalah jenis lemak yang dibuat di hati dan ditemukan pada makanan hewani. Kolesterol memiliki sejumlah manfaat yang diperlukan oleh fungsi tubuh, seperti membangun dinding sel, melindungi jaringan saraf dan membantu proses pembentukan hormon. Ada dua jenis yaitu kolesterol, kolesterol baik yang berguna bagi tubuh biasa disebut HDL (High Density Lipid) sedangkan kolesterol jahat, disebut dengan istilah LDL (Low Density Lipid). 

Kadar kolesterol yang tinggi dan menempel dalam dinding pembuluh darah akan menimbulkan aterosklerosis yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tak sehat, seperti pola makan tidak seimbang, kurang gerak, merokok atau terpapar asap rokok, dan kelebihan berat badan yang membuat produksi kolesterol naik melebihi kebutuhan tubuh. Selain itu, kadar kolesterol juga bisa meningkat karena asupan makanan seperti gorengan, susu, keju, sampai daging.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner
Ada beberapa cara untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit jantung koroner. Berikut diantaranya:

Mengkonsumsi Obat

Pencegahan penyakit jantung koroner, salah satunya dengan menurunkan angka kolesterol. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan minum obat untuk menurunkan kolesterol LDL dalam darah.

Kolesterol yang tinggi biasanya tidak selalu memberikan tanda atau gejala tertentu. Diperlukan pemeriksaan kolesterol untuk mengetahui dengan pasti kadar kolesterol dalam darah. Pemberian obat kolesterol pun harus sesuai anjuran dokter karena disesuaikan dengan tinggi rendahnya kadar kolesterol.

Menjalankan Perilaku Hidup Sehat

Tak hanya dengan meminum obat, cara lain untuk pencegahan penyakit jantung koroner adalah dengan menjalankan perilaku hidup sehat, diantaranya menjaga berat badan tetap ideal dengan menjalankan pola makan yang seimbang. Konsumsi daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit serta ikan. Juga menghindari konsumsi gorengan, makanan berpengawet, batasi konsumsi gula setiap harinya, dan berhenti merokok.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sejumlah sayuran juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Beberapa sayuran seperti bayam, sawi, dan brokoli memiliki kadar serat dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mengurangi risiko Anda dalam penyakit jantung koroner.

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga memiliki kadar serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung yaitu apel, anggur, tomat, dan jeruk.

Selain itu mulailah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Lakukan Medical Check Up setiap tahun, terutama jika Anda berasal dari keluarga penderita penyakit jantung. Semakin cepat mengetahui faktor risiko penyakit jantung, semakin cepat Anda bisa mengambil tindakan untuk mencegah penyakit jantung. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

ZAP Beauty Index 2023 Berikan Perspektif Baru Mengenai Tren Kecantikan Lokal

Published

on

Bisniscorner.com – ZAP kembali meluncurkan ZAP Beauty Index 2023, sebuah survei tahunan yang memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan. ZAP Beauty Index tahun ini
melibatkan sekitar 9.000 responden wanita, meningkat 3.000 dari pelaksanaan di 2021, berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia.

Bekerja sama dengan MarkPlus, survei pertama dan paling komprehensif
mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia ini, telah dilakukan sejak 2018 dan telah memiliki banyak versi dari tahun ke tahun.

Survei kali ini dilakukan untuk membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023 mendatang.

Secara konsisten ZAP Beauty Index kembali merilis sejumlah temuan menarik. Beberapa di antaranya adalah popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal. ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi lebih spesial karena memuat lebih banyak pendapat wanita tentang tipe pria idaman.

Tipe Pria Idaman Wanita

Bagaimana pria yang sempurna di mata para wanita Indonesia? Wanita menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri. Mayoritas wanita setuju jika pria memerlukan perawatan kulit. Sebanyak 95.1 persen wanita mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin.

Dengan persentase 82.9 persen, wanita setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. Temuan ini menjadi bukti bahwa wanita tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi wanita, karena untuk menjadi pria idaman para wanita, pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik.

Terkait pesona dan fisik, 87.5 persen wanita Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77.3 persen dan 67.5 persen. Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu/dada yang bidang juga mudah membuat para wanita mudah jatuh hati.

Brand dan Influencer Lokal Jadi Juara


Brand kecantikan lokal berhasil memenangkan hati para wanita Indonesia tahun ini. Lebih banyak wanita yang mempercayakan perawatan kulitnya pada brand lokal dibandingkan brand luar negeri.

Sebanyak 96.8 persen wanita Indonesia menggunakan produk skincare buatan Indonesia. Bahkan, terdapat 19 persen
wanita yang mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka.

Antusias para wanita untuk memakai brand kecantikan lokal dapat terlihat dari produk-produk skincare dan makeup lokal yang semakin beragam dan inovatif.

Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan oleh para wanita Indonesia adalah serum, facial wash, sunscreen dan pelembab.

“Pada tahun ini, kami juga melihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favorit wanita Indonesia. Pada 2021, hanya 17.8 persen wanita Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32.5 persen. Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini,” kata Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023, Rabu (07/12) di Hotel Ashley, Jakarta Pusat.

Beauty influencer memberikan pengaruh besar bagi para wanita Indonesia dalam mengonsumsi produk-produk kecantikan. Namun, di tengah banyaknya brand yang menunjuk brand ambassador artis atau musisi terkenal dari Korea, nyatanya ZAP Beauty Index 2023 membuktikan bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya .

Terkait memilih produk dan layanan kecantikan, 78 persen wanita Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea. Hanya sekitar 16.8 persen wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 8.5 persen terpengaruh oleh girlband/boyband Korea.

Selain Instagram, ternyata tahun ini TikTok turut memberikan pengaruh besar dimana sebanyak 51.5 persen wanita mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

Tren dan Perawatan Kecantikan Favorit
Skincare dengan manfaat melembabkan lebih banyak dicari sebesar 60 persen dibandingkan manfaat anti-acne, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas. Pada tahun sebelumnya, 53.8 persen wanita lebih mencari manfaat anti-acne dan 53.6 persen mencari manfaat melembabkan.

Sementara itu, penuaan dini atau anti-aging menjadi momok para wanita di semua kalangan usia. ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 14.4 persen remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah mulai mencari skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan. Semakin dewasa wanita, manfaat anti-aging semakin menjadi prioritas.

Perawatan di klinik kecantikan semakin populer dan digemari oleh banyak wanita. Hal tersebut mengacu pada temuan 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai
kegiatan pampering yang paling disenangi.

Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai oleh lebih dari 50 persen wanita Indonesia saat ini.

Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern wanita Indonesia terhadap kulit kusam. Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain juga bertubuh sehat dan bugar, agar dapat merasa cantik.

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan, kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ketahun.

Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri.

“Selain itu, kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis,” ujarnya. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

Selain Tren Kecantikan dan Influencer Terfavorit, ZAP Beauty Index 2023 Akan Kupas Tipe Pria Idaman Wanita

Published

on

Bisniscorner.com – Good personality, pintar dan wangi menjadi kriteria utama yang membuat wanita tertarik terhadap seorang pria.

Temuan tersebut dibeberkan dalam ZAP Beauty Index2023, sebuah survei mengenai kebiasaan dan preferensi kecantikan wanita Indonesia yang diadakan oleh ZAP dan MarkPlus. Survei tersebut melibatkan sekitar sembilan ribu wanita berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia.

Para wanita masih menaruh hati pada penampilan fisik pria. ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 73,2 persen wanita menyukai pria dengan tinggi badan di atas rata-rata. Selain itu, hidung yang mancung dan bahu/dada yang bidang juga dapat membuat para wanita mudah jatuh hati.

Kini para wanita tidak lagi menganggap skin care dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi mereka, karena untuk menjadi pria idaman para wanita, pria perlu merawat diri dan memperhatikanpenampilan fisik.

Sebanyak 61 persen wanita Indonesia menganggap penting hingga sangat penting bagi pria untuk menggunakan skincare setiap hari. Bahkan, 82,8 persen wanita mengapresiasi para pria yang merawat kulitnya secara ekstra dengan mengunjungi klinik.

Hal tersebut sejalan dengan temuan ZAP Beauty Index 2021 yang mengungkapkan bahwa 98,8 persen wanita Indonesia setuju bahwa pria memerlukan perawatan kulit. Temuan-temuan ZAP Beauty Index mematahkan stigma bahwa perawatan diri identik dengan wanita, karena justru para wanita menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri.

Selain selera wanita terhadap pria, ZAP Beauty Index 2023 juga membahas temuan menarik lain terkait tren dan kebiasaan wanita seputar kecantikan.

Beberapa diantaranya adalah pengaruh beauty influencer, budget belanja produk kecantikan, popularitas brand skincare lokal, klinik kecantikan populer hingga insecurityy yang dirasakan para wanita. Temuan ZAP Beauty Index 2023 selengkapnya akan diluncurkan pada7 Desember 2022.

ZAP Beauty Index 2023 telah memasuki tahun penyelenggaraan keempat. Sejak2019, ZAP rutin menyelenggarakan survei komprehensif mengenai kebiasaan konsumen wanita dan industri kecantikanIndonesia. Beragam topik dan temuan menarik diangkat setiap tahun.

Pada 2019, ZAP Beauty Index memotret tren penggunaan skincare dan makeup pada remaja di bawah 18 tahun. Pada 2020, bodyshaming menjadi highlight yang dibahas. Sementara pada 2021, ZAP Beauty Index mengulas mengenai mental health dan tren koreksi wajah. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News6 hari ago

Indonesian Chef Association Rayakan HUT ke – 16 Bersama UMN

Bisniscorner.com – Indonesian Chef Association (ICA) merayakan ulang tahun ke-16 sekaligus Indonesian Chef Day bersama program studi Perhotelan Universitas Multimedia...

Breaking News2 minggu ago

Gunakan Tipografi Nulshock, Inilah Karakter, Filosofi, dan Arti Logo HUT ke-3 JMSI

Bisniscorner.com — Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) meluncurkan logo ulang tahun ketiga yang dimodifikasi dari tipografi dasar...

Breaking News2 minggu ago

Iwan Sakri Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua IOF Pengda DKI Jakarta 2023-2027

Bisniscorner.com – Iwan Sakri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengurus Daerah DKI Jakarta periode 2023-2027 dalam...

Breaking News3 minggu ago

Topping Off IMS GBK, Presiden Jokowi: Arena Tertutup Multifungsi Terbesar di Indonesia

Bisniscorner.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Badan...

Breaking News3 minggu ago

Tingkatkan Pasokan Air Baku dan Irigasi di Jawa Tengah, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Jragung Rampung Tahun Depan

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyelesaian pembangunan 61 bendungan hingga tahun 2024 untuk tambahan...

Breaking News3 minggu ago

Bupati Lebak: Kehadiran JMSI Doronng Pembangunan di Kabupaten Lebak

Bisniscorner.com — Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) hadir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak sekadar untuk meramaikan...

Trending