Connect with us

Breaking News

Menteri Basuki : Tingkatkan Terus Layanan Jalan Tol

Published

on

Bisniscorner.com  – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan pesan agar para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tergabung dalam Asosiasi Tol Indonesia (ATI) dapat menyusun program ke depan untuk terus meningkatkan layanan jalan tol bagi para pengguna. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Basuki dalam Rapat Koordinasi Tengah Tahun Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin malam (27/6/2022).

Mengawali arahannya, Menteri Basuki menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh BUJT yang telah berkontribusi mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, dibawah koordinasi Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri.

“Apresiasi disampaikan Bapak Presiden Jokowi pada Ratas Kabinet serta dari  Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR-RI pada saat Raker Evaluasi Mudik Lebaran 2022 minggu lalu. Secara garis besar masyarakat puas dengan layanan jalan tol selama mudik Lebaran 2022 yang sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, namun dari hasil evaluasi masih terdapat kekurangan yang perlu kita perbaiki bersama untuk Mudik Lebaran 2023,” kata Menteri Basuki.

Secara khusus, Menteri Basuki meminta kepada para BUJT selaku pengelola di masing-masing ruas jalan tol untuk memulai penyiapan kantong parkir tambahan dan toilet umum di rest area. “Keterbatasan area parkir menyebabkan banyak pengemudi yang memarkir kendaraan di bahu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Sehingga sebelum masa mudik Lebaran 2023, saya minta kantong parkir tambahan sudah dapat terealisasi,” kata Menteri Basuki. Selain itu BUJT juga diminta melakukan penataan lansekap dan beautifikasi pada ruas-ruas tol operasional, seperti pengecatan marka jalan, median/pembatas (concrete barrier), gantry, pintu tol dan gardu agar lebih rapi, bersih dan tidak kumuh.

Pada periode 2015-2019, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 1.400 km termasuk tersambungnya Tol Trans Jawa dan dimulainya Tol Trans Sumatera sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Pada periode 2020-2024, diharapkan target pembangunan jalan tol sepanjang 1.567 km dapat terwujud, dimana dari tahun 2020 hingga Mei 2022 telah diselesaikan sepanjang 412 km dan akan menyusul 320 km jalan tol baru yang tersebar di 16 ruas hingga akhir tahun 2022 mendatang.

Menteri Basuki berpesan agar dengan sisa waktu 2,5 tahun lagi, seluruh anggota ATI dapat bekerja keras mempercepat penyelesaian berbagai ruas jalan tol yang sudah sangat ditunggu manfaatnya oleh masyarakat, antara lain lanjutan backbone Tol Trans Sumatera, Tol Trans Jawa sampai Besuki, Tol JORR II, Tol Semarang – Demak, dan Tol Cisumdawu. “Selain itu kita juga telah memulai pembangunan beberapa ruas tol yang sangat penting untuk melengkapi sistem jaringan jalan nasional, antara lain Tol Jogja – Solo, Tol Jogja – Bawen, Tol Gilimanuk – Mengwi, Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap, termasuk Tol Akses IKN Nusantara di Kaltim,” tegas Menteri Basuki.

Dalam pelaksanaan pembangunan jalan tol tersebut, Menteri Basuki berpesan kepada seluruh BUJT senantiasa tetap memprioritaskan kualitas hasil pekerjaan, keselamatan kerja, serta mengedepankan penggunaan produk-produk dalam negeri.

“Kualitas is a must, akan ada prerequisite peralatan yang mungkin agak lebih sedikit seperti halnya dalam pembangunan Sirkuit Mandalika sehingga kita akan mendapatkan kualitas jalan tol yang lebih baik. Perbaikan saya mohon untuk segera dilaksanakan mulai bulan Juli 2022 sehingga tuntas seluruhnya pada tahun 2023. Saya ingin kita dapat sepakat dengan program kerja yang akan saya gunakan sebagai dasar dalam persetujuan penyesuaian tarif tol pada tahun 2022 hingga 2024, diluar faktor inflasi dan pemenuhan SPM,” ujar Menteri Basuki.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit juga mengatakan, BPJT Kementerian PUPR terus berupaya mendorong seluruh BUJT untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur Jalan Tol beserta layanan kepada pengguna jalan secara berkelanjutan karena kebutuhan dan permintaan masyarakat yang semakin tinggi.

“Seiring dengan pembangunan Jalan Tol yang semakin masif, industri Jalan Tol juga dihadapkan pada tantangan konstruksi, pendanaan dan pengoperasian Jalan Tol, hingga inovasi teknologi yang terus berjalan di setiap perkembanganan industri Jalan Tol 4.0 yang sejalan dengan komitmen Pemerintah dalam terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya para pengguna Jalan Tol,” kata Danang.

Ditambahkan Danang, peran ATI kedepannya juga sangat penting, sesuai dengan program Pemerintah yang mengedepankan infrastruktur. “Kita semua berharap ATI dapat semakin erat dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya jalantol karena tujuan akhir kami adalah masyarakat bisa semakin merasakan manfaat dari infrastruktur Pemerintah yang sudah dibangun,” tukas Danang.

Turut hadir Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi,  Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan, Sekretaris BPJT Triono Junoasmono, Sekjen ATI Kris Ade Sudijono beserta jajaran pengurus ATI, dan para Direksi BUJT. (Rls)

Breaking News

Skystar Ventures UMN – Kementerian Koperasi dan UKM Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Startup

Published

on

Bisniscorner.com – Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia untuk mendukung pengembangan kapasitas startup melalui program pendampingan Level Up yang berlangsung secara on site pada bulan Agustus – Desember 2022.

Level Up merupakan program pengembangan kapasitas startup berbasis digital dan teknologi, dengan kriteria minimal sudah memiliki MVP atau Minimum Viable Product. Kolaborasi Skystar Ventures UMN dengan Kemenkop UKM ini bertujuan untuk menciptakan startup yang tangguh, kreatif, dan profesional. Lebih lanjut, diharapkan program pendampingan ini juga dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan baru.

Rangkaian program pengembangan kapasitas startup ini akan dimulai dengan kegiatan bootcamp yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus 2022 di Soll Marina Hotel Serpong. Terdapat lebih dari 60 startup yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program pendampingan ini. Adapun terpilih sebanyak 16 startup berasal dari berbagai kota di Indonesia meliputi Tangerang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, hingga Pontianak untuk mengikuti bootcamp dan program secara keseluruhan.

Pada acara bootcamp, Skystar Ventures UMN turut mengundang dan melibatkan sejumlah praktisi serta founder startup untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka dalam mengembangkan startup. Selain untuk mengembangkan pemahaman dan kompetensi, program ini juga sekaligus memfasilitasi pelaku startup untuk berjejaring dan membangun koneksi satu sama lain.

“Melalui program Level Up ini, Skystar Ventures UMN turut serta dalam menciptakan entrepeneur muda Indonesia yang tangguh dan nantinya memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi Indonesia” ujar Andrey Andoko, selaku Kepala Inkubator dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum & Keuangan UMN.

Setelah bootcamp, program Level Up ini masih akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya mencakup workshop, coaching clinic, demo day, hingga monitoring & evaluation. Startup yang menjadi peserta dalam program ini berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan langsung dari mentor yang berasal ekosistem startup serta akses ke pendanaan.

Secara keseluruhan, dengan diselenggarakannya program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kewirausahaan pada startup asal Indonesia untuk terus bertumbuh dan bersaing secara global. Program ini juga menjadi bentuk dukungan nyata dari Kemenkop UKM untuk membentuk startup yang berkelanjutan di Indonesia. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Tol Serbaraja Seksi 1A, Akses Baru Menuju GIIAS 2022 di BSD City

Published

on

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15 km. Tol ini menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Aren-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi AEON Mall) dan terkoneksi langsung dengan kawasan Transit-Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City.

Ruas tol ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada 22-24 Juni 2022. 

Dalam rangka menyambut kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, ruas Tol Serbaraja seksi 1A pada periode 10-21 Agustus 2022 dioperasikan tanpa tarif alias gratis bagi masyarakat. 

Managing Director President Office Sinar Mas Land & Direktur PT Trans Bumi Serbaraja – Dony Martadisata mengatakan, infrastruktur konektivitas pada Tol Serbaraja Paket 1A merupakan bentuk partisipasi Sinar Mas Land untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan Proyek Strategis Nasional (PSN). Selain untuk mempermudah mobilitas masyarakat, pembangunan Tol Serbaraja dimaksudkan untuk menyediakan jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten yang berpotensi semakin berkembang.

“Sambil menunggu tanggal peresmian, kami mengundang segenap masyarakat dan pengunjung GIIAS untuk dapat mengakses melalui ruas tol ini,” ujarnya dalam siaran pers pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Pembangunan Tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang ±40 km yang terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan sejumlah tol lainnya yakni Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. Pada bagian jalan Tol Serbaraja seksi 1A, PT Trans Bumi Serbaraja telah memasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol. (Rls) 

Continue Reading

Breaking News

Groundbreaking Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 3, Target Operasi Penuh 2024

Published

on

Bisniscorner.com  – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen melanjutkan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di Provinsi Banten sepanjang 83,67 km. Percepatan pembangunan tol ditandai dengan  peletakan batu pertama (Groundbreaking) Seksi 3 Ruas Cileles – Panimbang oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gerbang Tol Exit Panimbang, tepatnya di Ruas Simpang Labuan – Cibaliung STA 16+500, Senin (8/8/2022).

Turut hadir, PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Saifullah Tamliha, Bupati Pandeglang Irna Narulita, dan Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kehadiran jalan tol ini akan mendorong perekonomian di wilayah Banten, khususnya melalui sektor pariwisata dan industri.

“Pertumbuhan ekonomi Banten akan tambah  bagus, sekarang sudah lebih dari 5,4 persen atau diatas rata-rata nasional. Jadi kalau tol ini selesai, saya kira mereka dapat tumbuh di atas 6 persen dalam beberapa tahun ke depan,” kata Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaita.

Jalan Tol Serang-Panimbang akan melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten seperti Serang, Lebak, dan Pandeglang yang diharapkan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan Tol Jakarta – Merak, termasuk mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya, seperti Kawasan Ste Pariwisata Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Serang – Panimbang membentang sepanjang 83,7 km terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang – Rangkasbitung sepanjang 26,50 km telah beroperasi sejak Desember 2021, dilanjutkan dengan Seksi 2 Rangkasbitung – Cileles sepanjang 24 km dengan progres konstruksi 31,20%, dan Seksi 3 Cileles – Panimbang sepanjang 33 km.

“Sekarang kita groundbreaking bagian Pemerintah dengan anggaran Rp4,6 triliun akan kita selesaikan pada kuartal pertama 2024 untuk mendukung destinasi wista Tanjung Lesung,” kata Menteri Basuki.

Selain itu, kehadiran Jalan Tol juga diharapkan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan dari Jakarta menuju Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 – 5 jam, nantinya hanya menjadi sekitar 2 – 3 jam. Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi Cileles – Panimbang akan diikuti dengan pembangunan 18 jembatan, 3 underpass, dan 11 overpass. Bertindak selaku kontraktor lokal adalah PT. Wijaya Karya dan PT. Adhi Karya.

PJ Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan  kehadiran Jalan Tol Serang – Panimbang manfaatnya luar biasa karena untuk memperlancar konektivitas antara DKI Jakarta, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang hingga Kabupaten Lebak. “Kami optimis ke depan jalan tol ini menjadi pemicu berkembangnya pusat pertumbuhan yang tentu akan berdampak positif pada Banten yang semakin maju. Terima kasih atas segala arah kebijakan pembangunan untuk Provinsi Banten,” kata Gubernur Al Muktabar.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai C3 Ketut Jayada, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten Rakhman Taufik. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Skystar Ventures UMN – Kementerian Koperasi dan UKM Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Startup

Bisniscorner.com – Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia untuk mendukung pengembangan kapasitas startup...

Breaking News3 hari ago

Tol Serbaraja Seksi 1A, Akses Baru Menuju GIIAS 2022 di BSD City

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15...

Breaking News5 hari ago

Groundbreaking Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 3, Target Operasi Penuh 2024

Bisniscorner.com  – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen melanjutkan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di...

Breaking News7 hari ago

Daftar ke KPU, Sarah Azzahra & Fahri Hamzah : Partai Gelora Siap Jadi Peserta Pemilu 2024

Bisniscorner.com – Bakal Calon DPR-RI dari Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Sarah Azzahra turut hadir mendaftarkan Partai Gelora bersama Wakil...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kerakyatan di 212 Kabupaten/Kota pada 2022

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung program percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Tanah Air...

Breaking News1 minggu ago

Rakernas Perkumpulan Politeknik Swasta: Politeknik Harus Bisa Menjadi Lembaga Pendidikan Berbasis Korporasi

Bisniscorner.com – Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang pertama pada 3-5 Agustus 2022 sejak dideklarasikan...

Trending