Connect with us

Bisnis

Rencanakan Keuangan Gunkan Produk Dana Pensiun

Published

on

Bisniscorner.com  –  Melakukan perencanaan keuangan adalah sebuah keniscayaan, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kelak. Dengan melakukan perencanaan keuangan, setidaknya sedikit memberi harapan akan kehidupan di masa depan yang lebih baik lagi.

Bagaimanapun, memiliki perencanaan keuangan yang terjamin, tentu menjadi harapan setiap orang. Tetapi tidak semua orang memiliki rencana yang matang dalam mempersiapkan hidupnya kelak. Bisa karena mereka tidak tahu atau karena menganggap perencanaan keuangan adalah milik mereka yang telah berusia senja.

Perencanaan keuangan pun tak melulu bagi mereka yang akan menginjak pensiun, tetapi juga mesti dipersiapkan oleh kalangan muda atau milenial. Apalagi jika Anda saat ini telah bekerja, segera lah membuat perencanaan keuangan.

Tidak semua masyarakat mau dan tahu bagaimana perencanaan keuangan dilakukan. Padahal, banyak sekali produk keuangan yang bisa diakses masyarakat untuk membantu perencanaan keuangan di masa depan.

Jika Anda saat ini telah bekerja dan berencana melakukan perencanaan keuangan, maka bjb Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah pilihannya. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan yang akan membantu masa depan Anda lebih baik lagi.

Nah, bank bjb yang kini masuk bank terbesar nasional ini memiliki produk yang dapat memfasilitasi nasabah untuk membuat perencanaan keuangan melalui bjb DPLK. Fasilitas ini dibuat untuk semua usia agar masa depan Anda lebih baik lagi.

bjb DPLK adalah dana pensiun bank bjb yang dibuat untuk membantu nasabah mempersiapkan masa depan. Karena, berapapun besarnya penghasilan saat ini, tanpa ada perencanaan pensiun tidak ada yang bisa menjamin masa tua Anda akan terpenuhi secara ekonomi.

Tapi jika Anda bergabung menjadi nasabah bjb DPLK, ada perencanaan keuangan yang lebih pasti. Nah, untuk bergabung menjadi nasabah DPLK sangatlah mudah. Menariknya, bebas biaya pendaftaran. Hanya dengan setoran awal Rp 100,000 dan iuran bulanan minimal Rp 50,000 per bulan, peserta dapat mempersiapkan dana pensiun secara mandiri sesuai keinginannya dengan jangka waktu tertentu hingga mencapai usia pensiun.

Bedanya dengan dana pensiun lainnya, di bjb DPLK, besaran dan perubahan iuran diatur oleh peserta sendiri dan dapat dilakukan setiap saat. Fleksibilitas ini akan sangat membantu Anda dalam hal keuangan. Semakin besar iuran yang disetorkan, maka akan semakin besar dana pensiun yang akan didapatkan kelak.

Secara manfaat, Anda akan mendapatkan benefit pensiunan sampai dengan Rp 50 juta bebas pajak, pengenaan pajak 5% bersifat final dikenakan untuk kelebihan dari Rp 50 juta. Selain itu, batas usia pensiun yang tersedia dan manfaat usia pensiun dipercepat memungkinkan DPLK digunakan untuk manfaat lainnya seperti untuk ibadah keagamaan, pendidikan, liburan di masa depan dan berbagai hal lainnya sesuai dengan kebutuhan peserta.

Produk ini pun sangat menguntungkan. Pengelolaan dana peserta pada investasi dilakukan secara profesional dan pada instrumen yang memberikan keuntungan optimal dan aman bagi peserta. Pembebasan pajak hasil investasi memberikan keuntungan tambahan bagi pengembangan dana peserta.

Soal keamanan dana, Anda tak pelru khawatir karena bank bjb memiliki instrumen agar dana nasabah tetap aman. Pengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam pengelolaan DPLK yang serta dukungan penuh pendiri DPLK yaitu bank bjb memberikan keamanan bagi dana peserta. Nantinya, pertumbuhan saldo iuran, dana pengembangan peserta serta biaya dapat diketahui langsung oleh peserta.

“Transaksi DPLK bank bjb juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, misalnya melalui setoran tunai, autodebet, transfer antar bank, transfer dari ATM bank manapun dan internet banking. Melalui DIGI by bank bjb, saldo iuran dan pengembangan peserta DPLK bank bjb dapat diketahui setiap saat. Penarikan iuran dan klaim dapat dilaksanakan di seluruh jaringan kantor bank bjb,” ujar Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto. (Rls)

Advertisement iklan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bisnis

Sinergi Kolaborasi Antar BPD Melalui KUB Dalam Rangka Pengembangan Bisnis

Published

on

Bisniscorner.com  – Dalam rangka memperkuat stabilitas sistem perbankan Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan menelurkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum dan POJK 12 Tahun 2021 tentang Bank Umum, yang menjadi trigger positif bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk bersinergi, utamanya mengenai peningkatan layanan kepada masyarakat, transformasi digitalisasi, maupun kerjasama lainnya yang dapat meningkatkan efisiensi bagi operasional perbankan.

Lebih lanjut, POJK tersebut juga mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi daerah serta mampu mengantisipasi tren terkini industri perbankan, dimana salah satu skema penguatan permodalan yang mengemuka adalah melalui Kelompok Usaha Bank (KUB).

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyampaikan, sejak 2021, bank bjb melakukan komunikasi dengan sejumlah BPD untuk melakukan sinergi bisnis dalam kerangka KUB. Pertemuan pun bahkan telah dilakukan dengan beberapa Gubernur selaku Pemegang Saham Pengendali dari BPD bersangkutan, yang ditanggapi positif sebagai sebuah kesamaan visi untuk memajukan ekonomi bangsa.

Terkini, bank bjb telah bersepakat ber KUB dengan Bank Bengkulu melalui penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penyertaan modal dalam rangka pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB), yang merupakan tindak lanjut dari keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Bengkulu tanggal 27 Juli 2022 yang telah menyetujui rencana Bank Bengkulu untuk dapat menjadi anggota KUB bank bjb dimana bank bjb akan melakukan setoran modal secara bertahap sebanyak-banyaknya 250 miliar rupiah.

Saat ini, bank bjb telah melakukan penempatan dana kepada Bank Bengkulu sebesar 100 miliar rupiah, yang saat ini dalam proses persetujuan pengefektifan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selanjutnya, akan dilakukan proses sebagaimana dipersyaratkan dalam rangka pembentukan KUB bank bjb dengan Bank Bengkulu, bersamaan dengan pelaksanaan setoran modal tahap selanjutnya yang direncanakan akan dilakukan di tahun 2023.

“Inti dari skema KUB, kebutuhan likuditas dan permodalan dari anggota KUB untuk kebutuhan pertumbuhan bisnisnya akan disupport oleh bank bjb selaku induk usaha. Untuk sinergi bisnis pun segera kami realisasikan, yang diawali kerjasama BI Fast dimana Bank Bengkulu menjadi peserta tidak langsung dibawah bank bjb. Setelah itu akan diakselerasi berbagai sinergi bisnis lainnya, terutama layanan e-tax, digitalisasi dan pembiayaan sindikasi” ucap Yuddy, dalam acara Media Gathering, di Bogor, Jumat (12/8). Turut hadir Komisaris Utama Independen bank bjbFarid Rahman beserta jajaran serta jajaran Direksi bank bjb.

Disampaikan Yuddy, bank bjb sangat terbuka untuk kolaborasi, tidak terbatas pada Bank Bengkulu saja. Karena itu, tidak menutup kemungkinan bank bjb akan bersinergi dengan BPD yang lainnya juga dalam waktu dekat. Yang pasti, sinergi yang dilakukan haruslah memberikan manfaat yang positif bagi kedua belah pihak, dalam kerangka pengembangan bisnis bersama-sama.

“Kolaborasi adalah hal paling penting yang harus dilakukan BPD dalam melakukan inovasi dan transformasi agar bisa bersaing di industri perbankan. Bank bjb yang telah sarat pengalaman dalam melakukan berbagai langkah strategis serta menjadi pionir berbagai aksi korporasi BPD, dapat berbagi pengalaman tersebut kepada sesama BPD untuk tumbuh kembang dan besar bersama,” tegas Yuddy.

Pelaksanaan KUB dengan Bank Bengkulu serta sesama BPD lainnya di Indonesia merupakan upaya bersama memajukan ekonomi bangsa. Selain itu, merupakan upaya pengembangan bisnis bank bjb yang tidak hanya beroperasi di lingkup regional Jabar dan Banten, tetapi juga lingkup nasional, melengkapi jaringan kantor cabang bank bjb yang telah berada di 14 provinsi di Indonesia.

bank bjb merupakan BPD terbesar di Indonesia dengan infrastruktur yang mumpuni sehingga infrastruktur tersebut dapat dimanfaatkan oleh BPD secara bersama sama. Sebagai contoh untuk infrastruktur IT saat ini bank bjb sudah memiliki produk produk digital seperti DIGI dan DigiCash bank bjb, (QRIS), bjb e-Tax, Social Fund Transfer untuk penyaluran dana Bantuan, Cash Management System, dan Loan Onboarding untuk pengajuan kredit melalui aplikasi. Bank bjb, juga memiliki bjb University yang merupakan Corporate University bank bjb, yang dapat dipergunakan untuk pengembangan SDM bersama. BPD yang bersinergi dengan bank bjb, tentunya dapat memanfaatkan hal-hal tersebut secara bersama-sama untuk pengembangan bisnis model, efisiensi capex, sekaligus mengakselerasi bisnisnya.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core), Piter Abdullah, menambahkan, sinergi dengan skema KUB yang dilakukan oleh BPD merupakan langkah pintar karena mampu memaksimalkan berbagai potensi dan peluang di sektor perbankan, walaupun didasari dengan POJK yang menyaratkan pemenuhan modal inti minimal.

Kebutuhan KUB, juga terkait sinergi di tengah tren besar dunia perbankan menuju digitalisasi. BPD hendaknya mengantisipasi perubahan yang sedang terjadi, terutama dalam persaingan perbankan digital. Persaingan dalam perbankan digital tersebut membuka peluang pemenang persaingan yang baru, namun harus didukung dengan permodalan yang kuat.

“Industri perbankan sudah sangat kompleks dan kebutuhan utama bank digital ya ekosistem serta infrastruktur teknologi informasinya, artinya membutuhkan modal besar. Saya kira peluang KUB yang ditawarkan oleh bank bjb dengan berbagai potensi sinergitas lainnya yang mengikuti, dapat menjadi sebuah solusi,” ucap Piter.

Disampaikan Piter, dengan modal yang terbatas, untuk ijin pengembangan alat pembayaran pun akan sulit mendapat restu dari regulator. Namun, jika bersinergi bersama bank bjb dalam skema KUB, pengembangan tersebut bisa menggunakan izin yang sudah dimiliki bank bjb, sekaligus memanfaatkan berbagai infrastruktur, teknologi informasi dan knowledge yang sudah dimiliki bank bjb. Diketahui, saat ini bank bjb telah memiliki kerjasama dengan Amazon Web Service (AWS), PT DCI Indonesia, serta Alibaba Cloud untuk penguatan infrastruktur IT-nya. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Usung Tema Reignite Passion and Energy, Honda Sampaikan Inisiatif Elektrifikasi dan Tampilkan Produk Terbaru di GIIAS 2022

Published

on

Bisniscorner.com –  PT Honda Prospect Motor kembali berpartisipasi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung pada tanggal 11 hingga 21 Agustus 2022 di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Mengusung tema “Reignite Passion and Energy,” Honda berkomitmen untuk membawa semangat bagi konsumen dan menjadikan kehidupan lebih baik melalui produk dan teknologi terbarunya, serta inisiatif elektrifikasi untuk Indonesia.

Salah satu display spesial yang ditampilkan Honda adalah Small SUV RS, sebuah model yang akan menjadi lini terbaru dari Honda. Model ini merupakan pengembangan dari Honda SUV RS Concept yang sebelumnya telah diperkenalkan Honda pada ajang GIIAS tahun lalu. Setelah membawa model konsep tersebut ke berbagai daerah di Indonesia dan mengadakan survei langsung kepada konsumen, Honda mewujudkan konsep tersebut menjadi model Small SUV RS yang kini tampil di booth Honda. Memadukan desain khas RS yang lebih sporty dan karakter SUV yang tangguh, model ini akan menjadi mobil pertama Honda di segmen Small SUV dan akan diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat.

Sementara sebagai bagian dari perwujudan visi elektrifikasinya, Honda juga mengumumkan akan memperkenalkan dua model hybrid baru di Indonesia pada tahun 2023. Kedua model tersebut akan mengusung teknologi e:HEV, yaitu sistem hybrid terdepan dari Honda yang memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik, emisi yang lebih bersih, namun dengan performa sporty yang menjadi ciri khas seluruh mobil Honda. Tak hanya itu, setelah memperkenalkan dua model e:HEV tersebut, Honda terus memperkenalkan model berbasis listrik lainnya, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia. Rencana tersebut merupakan bagian dari visi elektrifikasi Honda yang menargetkan untuk mencapai elektrifikasi 100% untuk seluruh produknya secara global pada tahun 2040.

Sebagai perwujudan dari visi tersebut, Honda menampilkan dua model e:HEV terpopuler yang dimiliki Honda saat ini, yaitu Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid. Kedua model tersebut saat ini telah dipasarkan dan sukses diterima oleh konsumen di berbagai negara. Konsumen juga berkesempatan untuk mencoba langsung model e:HEV Honda melalui unit test drive CR-V Hybrid yang tersedia di area test drive pada GIIAS 2022. Sebagai peraga untuk menjelaskan cara kerja sistem hybrid Honda, juga terdapat sebuah cut engine dari e:HEV di booth Honda. Tak hanya itu, Honda juga menampilkan mobil balap F1 Red Bull Racing Honda RB16B, yang juga mengusung mesin Turbo e:HEV.

Kotaro Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Melalui ajang GIIAS kali ini, kami ingin menghadirkan semangat baru untuk konsumen melalui berbagai produk, inovasi dan teknologi terbaru. Honda Small SUV RS yang kami tampilkan merupakan langkah berikut dari realisasi SUV RS Concept yang akan segera kami luncurkan di Indonesia. Sementara untuk mendukung terwujudnya visi elektrifikasi Honda di Indonesia, kami menampilkan berbagai model hybrid yang akan menjadi teknologi yang kami fokuskan saat ini sebagai transisi menuju era elektrifikasi.”

Booth Honda yang berlokasi di Hall 2A menampilkan total 32 unit mobil display yang terbagi menjadi beberapa zona. Di dalam zona Safety, Honda menampilkan informasi mengenai teknologi keselamatan dari Honda, termasuk fitur keselamatan terdepan yaitu Honda SensingTM. Tak hanya menampilkan produk-produk yang telah dilengkapi fitur ini, booth Honda juga memiliki sebuah alat virtual reality yang dapat digunakan oleh konsumen untuk merasakan pengalaman berkendara menggunakan fitur Honda SENSING.

Di Zona Racing, pengunjung dapat merasakan keseruan membalap di berbagai sirkuit Internasional melalui alat Racing Simulator. Selain itu, hadir juga mobil balap Honda Racing Indonesia yang dipakai di ajang ISSOM serta Slalom, motor balap Honda  yang digunakan di ajang balap MotoGP, serta mobil Formula 1 Red Bull Racing Honda.

Sebuah zona khusus Honda Brio juga dihadirkan khusus untuk merayakan 10 tahun eksistensi Honda Brio di Indonesia. Di dalam zona ini, terdapat banyak memorabilia mengenai aktivitas Honda Brio di Indonesia yang dekat dengan aktivitas anak muda. Di area ini juga akan ditampilkan Honda Brio yang dimodifikasi berdasarkan desain juara ajang Brio Virtual Modification (V-Mod) #4 yang saat ini tengah digelar.

Berikut adalah daftar lengkap tampilan mobil Honda di ajang GIIAS 2022:

1. Honda Accord HEV

2. Honda CR-V HEV

3. Honda Small SUV RS

4. F1 Red Bull Racing Honda RB16B

5. Honda RC213V-S

6. Honda RC213V HRC Repsol Honda Team (Marc Marquez #93)

7. Honda RC213V HRC Repsol Honda Team (Pol Espargaro #44)

8. Honda Brio Racing (Honda Racing Indonesia Divisi Slalom)

9. Honda City Hatchback RS (Honda Racing Indonesia Divisi ISSOM – ITCR 1.500)

10. Honda Civic Type R (Honda Racing Indonesia Divisi ISSOM – STCR)

11. Honda Brio pemenang Brio Virtual Modification 4

12. All New Honda BR-V Paint Art

13. All New Honda BR-V Showcar bertema Family Adventure

14. All New HR-V Showcar dengan warna khusus Dark Green

15. e:HEV Cut Engine

16. All New Honda HR-V RS Turbo

17. All New Honda HR-V SE

18. All New Honda HR-V E

19. All New Honda BR-V Prestige with Honda SensingTM

20. All New Honda BR-V Prestige

21. All New Honda BR-V E

22. New Honda CR-V Black Edition

23. New Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo

24. New Honda CR-V 1.5L Turbo

25. New Honda Accord

26. All New Honda Civic RS

27. All New Honda City

28. Honda City Hatchback RS with Honda SensingTM

29. Honda City Hatchback RS

30. Honda Brio RS Urbanite Edition

31. Honda Brio RS

32. Honda Brio Satya

Continue Reading

Bisnis

Banjir Diskon Hingga 77 Persen Persen dalam Indonesia Shopping Festival 2022

Published

on

Bisniscorner.com – Menjelang HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyelenggarakan Indonesia Shopping Festival 2022. Pesta diskon ini berlangsung mulai 11 – 21 Agustus 2022, yang digelar serempak di seluruh pusat belanja di Indonesia.

Ketua DPD APPBI Banten, Alexander Bambang mengatakan Indonesia Shopping Festival 2022 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dari program Indonesia Great Sale yang sebelumnya diadakan sebelum pandemi Covid-19 dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

“Didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, Indonesia Shopping Festival 2022 akan dimeriahkan dengan pesta diskon spesial hingga 77 persen, sesuai dengan usia Republik Indonesia pada Agustus tahun ini. Kami sebagai perwakilan dari Banten turut mendukung dan memeriahkan pesta diskon ini,” ujar Alexander Bambang pada acara pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022, Kamis 11 Agustus 2022.

Summarecon Mall Serpong dipilih sebagai lokasi pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022. Turut hadir Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah, Drs. H. Yusuf Herawan.

“Melalui Indonesia Shopping Festival 2022 yang diadakan dalam rangka merayakan HUT RI ke-77, APPBI DPD Banten optimis turut berperan serta mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan Banten khususnya, terutama industri retail yang mengalami dampak cukup besar selama pandemi,” imbuh Alexander.

Yusuf Herawan menambahkan, kegiatan Indonesia Shopping Festival 2022 merupakan kesempatan yang tepat untuk menggairahkan ekonomi Indonesia, khususnya di Tangerang.”Kita ketahui dengan berbagai tantangan saat ini dimana pandemi covid19 sempat menghantam, namun seiring dengan kemajuan teknologi dan jejaring sosial bisnsi menjadi kemajuan dan eksistensi bagi pelaku usaha,” terangnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan ide-ide pelaku usaha yang bisa ikut membangkitkan ekonomi bagi pelaku usaha.”Saya harap ini tidak sebatas seremonial belaka, namun bisa terwujud konkrit sesuai harapan kita bersama,”imbuhnya kepada media.

Sebgai informasi, dalam kegiatan hadir pula berbagai jenis pameran produk dalam negeri UMKM Banten mulai dari makanan tradisional hingga fashion. Serta dimeriahkan pula dengan pertunjukan angklung, tarian tradisional, dan fashion show dari tenant Yuan Market, J.Rep, Avenue, Star, CottonInk, Hush Puppies, Catterpillar, Pink Sugar, dan Lakon Indonesia. (Fjn)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Skystar Ventures UMN – Kementerian Koperasi dan UKM Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Startup

Bisniscorner.com – Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia untuk mendukung pengembangan kapasitas startup...

Breaking News3 hari ago

Tol Serbaraja Seksi 1A, Akses Baru Menuju GIIAS 2022 di BSD City

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A sepanjang 5,15...

Breaking News5 hari ago

Groundbreaking Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 3, Target Operasi Penuh 2024

Bisniscorner.com  – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen melanjutkan pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di...

Breaking News7 hari ago

Daftar ke KPU, Sarah Azzahra & Fahri Hamzah : Partai Gelora Siap Jadi Peserta Pemilu 2024

Bisniscorner.com – Bakal Calon DPR-RI dari Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Sarah Azzahra turut hadir mendaftarkan Partai Gelora bersama Wakil...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Kerakyatan di 212 Kabupaten/Kota pada 2022

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung program percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Tanah Air...

Breaking News1 minggu ago

Rakernas Perkumpulan Politeknik Swasta: Politeknik Harus Bisa Menjadi Lembaga Pendidikan Berbasis Korporasi

Bisniscorner.com – Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) Indonesia mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang pertama pada 3-5 Agustus 2022 sejak dideklarasikan...

Trending