Connect with us

Gaya Hidup

MAKUKU dan EKA Hospital Group : Kolaborasi untuk Tingkatkan Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak

Published

on

Bisniscorner.com –  pelopor popok anti gumpal dengan teknologi struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP) di Indonesia, menjalin kerja sama dengan Eka Hospital  BSD, Bekasi, Cibubur dan Pekanbaru dalam rangka memperluas layanan dan edukasi seputar kesehatan ibu dan anak. Kerja sama ini berlaku mulai Agustus 2022 melalui sejumlah program kolaborasi termasuk penyediaan popok berkualitas dari MAKUKU hingga konten edukasi bersama dokter spesialis dari Eka Hospital.

Jason Lee, CEO MAKUKU Indonesia, mengungkapkan, sebagai produsen popok berkualitas pertama dengan teknologi struktur inti SAP di Indonesia, MAKUKU berkomitmen untuk selalu menyediakan produk dan layanan yang terbaik bagi ibu dan anak. Kerja sama dengan Eka Hospital Group merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk menjangkau masyarakat dan memperluas edukasi seputar kesehatan ibu dan anak, penggunaan popok, serta parenting. Kami sangat bangga dapat menggandeng Eka Hospital yang merupakan jaringan rumah sakit dengan layanan kesehatan lengkap dan dokter ahli terpercaya berdedikasi tinggi.

drg. Rina Setiawati, Chief Operating Officer Eka Hospital Group, mengatakan, Motherhood adalah sebuah perjalanan panjang bagi seorang ibu dan kami memahami bahwa menyambut sang buah hati adalah salah satu  momen yang luar biasa. Kami berharap kerja sama dengan MAKUKU ini dapat mengeskalasi kenyamanan bagi para ibu yang melahirkan di Eka Hospital khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Kami juga tengah mengeksplorasi sejumlah program yang melibatkan pakar dari Eka Hospital dan MAKUKU untuk mendampingi para orangtua dalam pengasuhan anak. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi program-program menarik bersama MAKUKU yang dapat kami persembahkan kepada masyarakat.

MAKUKU telah hadir di Indonesia pada pertengahan 2021 untuk meramaikan industri ritel modern ibu dan bayi di Indonesia. Berawal dari pembukaan gerai di Tiongkok pada tahun 2020, MAKUKU kini ekspansi ke Indonesia, Filipina dan Dubai. Di Indonesia, MAKUKU meluncurkan sejumlah produk kebutuhan premium ibu dan bayi dengan kualitas internasional termasuk MAKUKU Air Diapers Slim. Produk MAKUKU Air Diapers tersedia di 74 gerai Transmart di Pulau Jawa dan 2 gerai Transmart di Pulau Bali termasuk di kota-kota besar seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

“Selain dengan RS Eka Hospital, MAKUKU telah menjalin kerja sama dengan RS St. Carolus Salemba dan Klinik Anak Medikids. MAKUKU akan terus mengembangkan program kolaborasi dengan institusi kesehatan untuk edukasi dan penyediaan popok bayi berkualitas guna menjangkau masyarakat lebih luas lagi,” tutup Jason Lee. (Rls)

Gaya Hidup

Jangan Asal Pakai Diffuser, Waspada Bahayanya untuk Kesehatan

Published

on

Bisniscorner.com – Sejak pandemi covid-19 penggunaan diffuser menjadi tren karena dipercaya bermanfaat bagi kesehatan. Diffuser merupakan alat yang digunakan untuk mengolah essential oil dicampur dengan air dan menghasilkan uap halus. Uap yang dihasilkan dari diffuser ini akan menyebar ke ruangan untuk memberi efek menenangkan. Banyak yang percaya uap yang dihasilkan diffuser dapat membantu mensterilkan udara luas, menciptakan suasana tenang, dan dapat menenangkan pikiran serta mengurangi stres.

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial TikTok postingan dari salah satu selebgram yang membuat campuran diffuser dengan cairan antiseptik dan diklaimnya bahwa hal tersebut bisa menjadi pencegah virus covid-19. Namun, Medical Underwriter Sequis dr Debora Aloina Ita Tarigan mengatakan sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa diffuser dapat menjadi tata laksana pencegahan covid-19.

Penggunaan diffuser juga belum terbukti aman untuk digunakan sebagai metode penguapan cairan antiseptik guna mensterilisasi udara. Justru penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Risiko kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan antiseptik pada diffuser juga tidak main-main, mulai dari iritasi pada mata hingga potensi kerusakan pada organ pernapasan.

“Mencampur cairan yang mengandung antiseptik melalui diffuser tidak disarankan. Cairan antiseptik memiliki sejumlah kandungan yang membahayakan. Apabila terkena kulit manusia bisa menyebabkan hipersensitif karena cairan mengandung chloroxylenol. Hipersensitif dapat menyebabkan perubahan warna kulit, ruam, iritasi, dan kulit terbakar. Apalagi, jika sampai tertelan, dapat menyebabkan erosi faring (penipisan atau pengikisan jaringan tenggorokan), edema laring (penyempitan saluran pernapasan), gangguan pernapasan akut hingga dapat terjadi henti jantung,” sebut dr. Debora

Sedangkan penggunaan minyak esensial pada diffuser masih relatif aman untuk saluran pernapasan. Namun, dr Debora mengingatkan bagi penderita gangguan pernafasan, seperti yang memiliki riwayat asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan kronis lainnya sebaiknya perlu lebih waspada atau menghindari penggunaan diffuser karena uap dari diffuser berpotensi menyebabkan iritasi di saluran pernapasan.

dr. Debora menganjurkan agar masyarakat jangan latah meniru dan menyebarkan percobaan tren do it yourself diffuser atau konten kesehatan lainnya yang belum tervalidasi kebenarannya, seperti mencampur antiseptik pada diffuser karena tidak semua informasi yang ada di media sosial selalu benar dan kondisi dan riwayat kesehatan setiap orang berbeda. Jika bukan disarankan atau direkomendasikan oleh dokter atau lembaga kesehatan tepercaya, sebaiknya jangan dilakukan dan disebarkan. Sebaliknya, dr Debora mengajak masyarakat untuk ikut aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 daripada bereksperimen sendiri dengan mencampurkan cairan antiseptik pada diffuser dengan dalil dapat mencegah penyebaran virus.

“Hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah tetap menaati protokol kesehatan, yakni selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan, memperhatikan kebersihan lingkungan dan menjaga imunitas dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, cukup beristirahat, dan kelola stres dengan baik. Selain itu, ada baiknya kita mempersiapkan diri dari kemungkinan terserang penyakit dengan memiliki asuransi kesehatan agar bisa mendapatkan perawatan medis lebih cepat dan berkualitas. Apalagi, pada masa pandemi covid ini, penularan virus rentan terjadi dan bagi mereka yang memiliki komorbid rentan mengalami long covid,” sebut dr. Debora.

Sayangnya, kurangnya literasi akan manfaat asuransi kesehatan membuat orang menunda memiliki asuransi kesehatan padahal asuransi kesehatan menjadi persiapan menghadapi risiko kesehatan yang bisa muncul kapan saja, yakni membantu menjaga stabilitas keuangan saat harus mengeluarkan uang untuk biaya perawatan medis.

Salah satu alasan menunda asuransi adalah merasa premi asuransi berbiaya tinggi dan khawatir tidak mampu berkomitmen membayar premi asuransi. Menjawab kerisauan ini, Sequis menyediakan sejumlah asuransi kesehatan berbiaya terjangkau melalui kanal asuransi onlinenya, yakni Super You by Sequis Online.

Salah satunya adalah Super Easy Health dengan premi mulai dari Rp135 ribu yang memberikan perlindungan menyeluruh untuk perawatan medis, mulai dari rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap serta rawat inap dengan kamar 2 tempat tidur atau Rp750 ribu (mana yang lebih besar). Produk ini juga telah memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti biaya ICU, biaya rawat jalan untuk kemoterapi, radioterapi, fisioterapi, terapi okupasi, hemodialisa, dan biaya rawat jalan darurat (termasuk perawatan gigi) akibat kecelakaan. Sistem klaimnya juga dilengkapi dengan fasilitas cashless sehingga nasabah bisa mendapatkan manfaat rawat inap yang biaya perawatannya akan ditanggung oleh Sequis sesuai tagihan (as charged). (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

Tangani Skoliosis, Eka Hospital Miliki Teknologi Canggih O-Arm

Published

on

Bisniscorner.com –  Berbagai inovasi terus dihadirkan Eka Hospital dalam upaya meningkatkan pelayanan, khususnya spine (tulang belakang) yang tentunya sangat mendukung serta memudahkan dalam melakukan tindakan operasi di Indonesia.

Seperti diketahui, Eka Hospital telah memiliki teknologi berkelas dunia berupa robot navigasi untuk operasi tulang belakang yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. Melalui penggunaan robot navigasi ini, akurasi penempatan screws (implan) bisa mencapai 99,9 persen. Risiko misplacement screw yang tadinya mencapai 15% khususnya pada kasus skoliosis yang bentuk tulangnya banyak mengalami perubahan bentuk, dapat ditekan hingga dibawah 1 persen.

Setelah menjadi pioneer dalam menghadirkan operasi tulang belakang dengan teknik robotik, kini Eka Hospital kembali menghadirkan O-arm untuk mendukung operasi tulang belakang, khususnya untuk kasus skoliosis. O-arm di Eka Hospital merupakan satu-satunya mesin yang ada di Indonesia saat ini dan seri yang dimiliki adalah seri O-arm 2 yang merupakan seri tercanggih dari O-arm. 

Fungsi O-arm pada dasarnya mirip dengan fungsi CT Scan tetapi memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan CT Scan. O-arm ini bersifat portable sehingga pemeriksaan bisa dilakukan di tengah-tengah operasi sedang berlangsung.

Hal ini sangat penting karena meberikan gambaran yang lebih real dibandingkan CT Scan yang dilakukan saat pasien masih sadar dan dalam posisi terlentang. Perbedaan posisi, pengaruh obat-obatan selama operasi, dan tarikan otot dapat mempengaruhi susunan tulang belakang sehingga akurasi O-arm jauh lebih tinggi daripada CT Scan.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh O-arm adalah beamnya yang bersifat conical sehingga radiasi yang ditimbulkan juga jauh lebih kecil dibandingkan CT Scan. Bahkan dengan pilihan low-dose, radiasi yang ditimbulkan oleh satu kali scan dengan menggunakan O-arm setara dengan satu kali ronsen lumbar. Dengan radiasi yang hanya setara ronsen, kita mendapatkan gambaran sedetail CT Scan.

Menurut dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine, Dokter Spesialis Ortopedi, Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD, ada banyak keunggulan dari penggunaan O-arm ini, seperti tidak perlunya CT Scan praoperasi, biaya yang lebih terjangkau, gambar yang detail dan lebih real-time, serta dosis radiasi yang jauh lebih rendah.

Dokter Phedy bahkan menyebut O-arm ini sebagai perfect partner untuk melakukan operasi robotik.  Tanpa gambar yang berkualitas, akurasi robot akan menurun sehingga pada kasus skoliosis terkadang cukup menyusahkan dan bahkan pada kasus berat berbahaya.

“Bahaya sekali bila kita menggunakan robot tapi gambaran imagingnya tidak jelas. Robot mendapatkan input anatomi tulang pasien dari imaging. Tanpa imaging yang jelas, jangan sekali-kali menggunakan robot untuk operasi, apalagi untuk kasus skoliosis.” ujar Dokter Phedy.

Selain meningkatkan akurasi robot, pemeriksaan dengan O-arm juga hanya memakan waktu 25 detik sehingga operasi skoliosis robotic kini menjadi semakin cepat. Dengan operasi yang semakin cepat, perdarahan selama operasi juga semakin sedikit. Pemulihan juga berlangsung cepat.

“Salah satu tujuan dari operasi skoliosis adalah mencapai keseimbangan tubuh pasien, yang biasanya hanya dapat dinilai setelah operasi selesai dengan melakukan ronsen whole spine. Dengan adanya alat ini, keseimbangan sudah dapat dinilai oleh tim dokter saat operasi masih berlangsung. Ini merupakan satu-satunya alat di Indonesia yang bisa melakukan hal itu,” ungkap dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine.

Dengan sedemikian banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh O-arm, dikombinasikan dengan penggunaan robotic, operasi skoliosis dapat dilakukan dengan sangat aman dengan tingkat keberhasilan mendekati 100 %.

Sementara itu, Chief Operating Officer Eka Hospital Group, drg. Rina Setiawati menambahkan dengan peralatan baru yaitu O-Arm yang dimiliki Eka Hospital serta robot navigasi yang sebelumnya sudah ada serta didukung oleh tim dokter profesional, Eka Hospital berhasil melengkapi dan mengawinkan penanganan tulang belakang khususnya skoliosis dengan aman, cepat dan tepat,” katanya menjelaskan. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

L’Oréal Paris Hadirkan Revitalift Triple Roller 2.5% Eye Serum di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com – Brand perawatan wajah #1 dunia*, L’Oréal Paris, hari ini meluncurkan L’Oréal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum, yang telah mendapatkan popularitas luar biasa di Eropa dan menjadi viral di TikTok. Aplikator triple roller adalah inovasi dari L’Oréal Paris yang dirancang untuk memberikan efek instant cooling untuk memijat kontur area sekitar mata serta membantu menyamarkan garis hitam di area mata dalam 2 minggu. Sejalan dengan kesuksesannya, L’Oréal Paris juga membagikan “The Other Side” dari inovasi sains L’Oréal Paris.

Ceren Hepyalniz, Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia mengatakan, sebagai brand perawatan wajah #1 di dunia*, L’Oréal Paris berupaya untuk mengerti permasalahan kulit wanita Indonesia.  L’Oréal Paris memiliki komitmen yang luar biasa terhadap penelitian dan inovasi. Kami selalu mendengarkan konsumen kami dan menyediakan produk yang  dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Kami percaya setiap wanita, di mana pun dia berada di dunia, berhak mendapatkan produk kecantikan yang terjangkau dan berkualitas yang memungkinkan dia untuk percaya pada nilai dirinya dan merasa percaya diri. Seperti yang kita ketahui, area mata selalu menjadi salah satu masalah kecantikan utama bagi wanita. Menemukan eye product yang optimal selalu menjadi tantangan bagi banyak wanita. Oleh karena itu, L’Oréal Paris menghadirkan eye serum pertama dengan kombinasi Hyaluron dan Caffeine, L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum. Didukung dengan inovasi sains yang tidak perlu diragukan produk ini langsung viral dan populer bagi para beauty enthusiast di Indonesia dimana sebelumnya produk ini terjual habis saat pre-launch.

Dr Arini Astasari Widodo, SpKK menjelaskan mengapa merawat area mata seringkali menjadi tantangan, kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih rapuh, memiliki jaringan yang lebih longgar, dan cenderung lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya. Area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus. Kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembab. Aktivitas dapat membuat otot dan organ mata kita bekerja lebih keras sepanjang waktu. Makan terlalu banyak makanan tinggi garam juga dapat menyebabkan retensi air yang membuat area bawah mata tampak bengkak.

Dr Arini melanjutkan, Hyaluronic Acid adalah bahan yang dapat mempertahankan kelembapan dengan cara mengikat air di jaringan kulit untuk membuat kulit di bawah mata terasa lebih kenyal dan terhidrasi sehingga dapat menyamarkan garis-garis halus di bawah area mata dengan meningkatkan hidrasi kulit. Sedangkan kafein dikenal akan kandungan antioksidannya yang dapat membantu menyegarkan kulit di area mata dan mengurangi retensi air di area mata untuk mengurangi mata yang sembap. Kandungan aktif dalam eye product dapat diserap dengan lebih optimal dengan teknik aplikasi tertentu. Namun di sisi lain, karena area kulit sekitar mata yang lebih tipis dan sensitif, tidak boleh terlalu agresif agar kulit mata tidak teriritasi.

Nayana Dharsono, Head of Research and Innovations, L’Oréal Indonesia menambahkan penjelasan Dr. Arini, saat mengaplikasikan produk mata, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan sentuhan lembut pada bagian bawah mata dan sedikit pijatan lembut untuk menghindari tekanan pada bagian bawah mata kulit mata. Itulah mengapa L’Oréal Paris mendalami berbagai pilihan aplikator untuk mencari yang benar-benar memberikan hasil terbaik. Didukung oleh sains, kami menemukan bahwa aplikator triple roller bekerja dengan baik dalam memberikan penyerapan optimal serta pengalaman menenangkan yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup kita yang sibuk.

Aplikator triple roller adalah inovasi dari L’Oréal Paris Terbuat dari tiga bola stainless steel dengan rotasi 360′ untuk memberikan efek  instant cooling saat memijat kontur area mata, membantu menyamarkan  kantung mata dan menyegarkan mata yang lelah sambil membantu produk menyerap secara optimal.

Rikka Anggitha, Brand Business Leader for Skincare, L’Oréal Paris Indonesia menjelaskan, L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum mengandung banyak bahan aktif yang terbukti bermanfaat. Bahan aktif utama adalah 1.5% Macro dan Micro Hyaluronic Acid memiliki ukuran molekul berbeda untuk menargetkan lapisan kulit yang berbeda; bersama-sama, mereka memiliki efek anti-aging membantu melembapkan kulit hingga ke dalam lapisan epidermis, menyamarkan garis di sekitar mata, bahkan yang sangat halus. Bahan aktif kedua adalah 1% Caffeine yang dapat membantu menyegarkan kulit di area mata dan mengurangi retensi air untuk menyamarkan tampilan lingkaran hitam dan sembap di bawah mata. Serum ini juga mengandung Niacinamide atau vitamin B3 (niacin) untuk membantu mencerahkan kulit. Formulasinya telah divalidasi oleh dewan dermatologis independen+, L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum juga telah diuji secara klinis untuk membantu menyamarkan garis-garis halus di area bawah mata dalam dua minggu.

5 langkah menggunakan L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum:

1.            Menggunakan aplikator, serum dapat dioleskan pada kulit yang bersih dan kering, sebelum atau sesudah serum wajah di pagi dan sore hari.

2.            Serum harus dipijat dengan aplikator dalam gerakan melingkar kecil, dari mata bagian dalam ke pelipis atas. Untuk membantu menghaluskan garis dan menghilangkan kantung mata. Ulangi 4 kali.

3.            Kemudian aplikator digunakan untuk meratakan serum dengan lembut di atas kelopak mata untuk menciptakan efek uplifted.

4.            Berikan tekanan ringan pada 6 titik mata yang memberi energi,  untuk memberikan sentuhan yang menyegarkan.

5.            Produk yang berlebih dapat kembali diratakan atau ditepuk dengan lembut menggunakan jari sebelum melanjutkan dengan rutinitas skincare berikutnya termasuk pelembab dan/atau masker wajah.

Cinta Laura, L’Oréal Paris Spokesperson membagikan pengalamannya menggunakan produk tersebut, “Aku senang sekali produk favoritku, L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum  akhirnya resmi hadir di Indonesia. Setelah mencobanya secara langsung, aku langsung mengerti mengapa produk ini viral banget. Inovasi triple roller nya unik dan memberikan efek instant cooling yang langsung membuat mata cerah dan tampak lebih muda,” paparnya.

L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum tersedia melalui e-commerce, supermarket, hypermarket, serta beberapa toko kosmetik di Indonesia dengan harga retail yang disarankan Rp 169.000. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Kementerian PUPR Lakukan Konstruksi Penanganan Banjir di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas jalan tol kepada masyarakat....

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar Resmi Operasionalkan Flyover Kopo Pada 1 Oktober 2022

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga telah memastikan kesiapan dan kemantapan...

Breaking News2 minggu ago

Airin : Dalam Politik di Tanah Air, Wanita Punya Hak yang Sama

Bisniscorner.com – Ketua Bidang perempuan DPP Partai Golkar dan Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PP KPPG), Airin Rachmi Diany...

Breaking News2 minggu ago

Perlancar Lalu Lintas ke Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, Menteri Basuki: Tol Bocimi Tersambung Sampai Sukabumi Barat Tahun 2024

Bisniscorner.com –  Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melanjutkan kunjungan kerja di Jawa Barat dengan meninjau...

Breaking News2 minggu ago

UMN dan APTIKOM Adakan Rapat Membahas Kurikulum INFOKOM Berbasis OBE

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) adakan rapat kerja ke-2 guna membahas...

Breaking News2 minggu ago

Gandeng KPK, Kementerian PUPR Laksanakan Workshop Pengendalian Gratifikasi

Bisniscorner.com  – Dalam rangka meningkatkan upaya untuk pengendalian gratifikasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Inspektorat Jenderal menggandeng...

Trending