Connect with us

CSR

Wecare Charity Group Bersama Scientia Square Park Menggelar Merah Putih untuk 1.000 Anak Yatim

Published

on

Bisniscorner.com – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan baik antar sesama manusia, salah satunya dengan kebersamaan. Hal inilah yang menjadi latar belakang WECare Charity Group untuk menggelar kegiatan Merah Putih Untuk 1.000 Anak Yatim. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat jalinan kerjasama, komunikasi, kekeluargaan, serta meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap masyarakat di lingkungan sekitar.

WeCare Charity Group adalah sebuah perkumpulan yang mempunyai satu pemikiran dan panggilan hati untuk melakukan sesuatu yang bermakna, sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan pelayanan di bidang kemanusiaan & sosial.

Misi dari WeCare tidak lain adalah memberikan perhatian khusus dalam bidang pelayanan sosial kemasyarakatan, untuk dapat sedikit meringankan beban hidup mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini dihadiri oleh 1.000 anak yatim/piatu/dhuafa di bawah pengasuhan panti asuhan yang tersebar di Jabodetabek. “Acara ini seharusnya kami lakukan pada tahun 2020, namun karena pandemi, maka baru terlaksana pada hari ini,” ujar Lisa Christiandy selaku ketua panitia.

Dalam keterangannya, Megawati Tan, selaku Founder dari WeCare Charity Group menyampaikan, di usia kami yang telah 12 tahun pada tanggal 8 Agustus, kami mempunyai beberapa program bantuan kepada masyarakat yakni, Pembangunan Air Bersih di Karawang, Tangerang, Sukabumi yang hingga saat ini telah mencapai 52 titik bantuan pembuatan pompa air bersih, pembangunan renovasi rumah ibadah, Pendirian Gubug Baca di Kab. Gunungkidul, bedah rumah di Kab. Karawang, pengobatan gratis, pemberian paket sembako, hingga berbagi kasih dengan anak-anak penderita thalasemia, kanker dan autis.

Selain sebagai wujud syukur perayaan 12 tahun WeCare Charity Group, kegiatan ini juga bertepatan dengan perayaan 77th Kemerdekaan RI, sehingga tema yang diangkat adalah “Merah Putih Untuk 1.000 Anak Yatim”. Dalam kegiatan ini, WeCare Charity Group mendapat dukungan penuh dari Scientia Square Park (SQP), yang merupakan group dari Summarecon.

SQP dipilih sebagai lokasi kegiatan karena di saat pandemi ini kegaitan yang relatif aman dan nyaman adalah di area terbuka (outdoor). Selain itu, di tempat ini anak-anak bisa bermain di ruang terbuka hijau sembari berinteraksi dengan berbagai jenis hewan. Para remaja juga bisa berkreasi, berekspresi memanfaatkan fasilitas untuk menyalurkan hobi, sembari bersantai menikmati suasana yang asri dan nyaman. Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk Kota Tangerang dan Jakarta, kehadiran SQP bagaikan oase yang menyegarkan.

Sementara itu, Tommy selaku Center Director SQP menambahkan, kami menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh WeCare Charity Group. Apalagi semenjak pandemi, anak-anak sudah bosan melakukan aktivitas di rumah terus. Momen 17 Agustus ini menjadi momen yang tepat untuk memberikan beragam wisata edukasi, sembari bermain dan memperkenalkan anak-anak pada berbagai jenis hewan. Di area Teepee Barn misalnya, pengunjung bisa memberi makan hewan Alpaca, sapi jenis Scottish Highland, Mini Donkey, dan Mini Horse.

“Selain berbagi kasih dan edukasi, kegiatan ini juga diisi dengan acara lomba antar panti asuhan dengan total hadiah sebesar 10jt, hiburan live band performance, sulap, edukasi kesehatan gigi dan mulut, serta pembagian goodie bag berisikan perlengkapan sekolah,” ujarnya. (Rls)

CSR

Sinar Mas Land Berikan Pelatihan dan Pendampingan Usaha Secara Intensif

Published

on

Bisniscorner.com – Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam menopang perekonomian nasional, sehingga peningkatan daya saing UMKM terus menjadi fokus pemerintah. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.


Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk secara konsisten menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan pendampingan usaha bagi pelaku UMKM binaan yang dikelola melalui Small, Medium, Large (SML) UMKM Centre. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) di bidang ekonomi. 


Sebanyak 60 pelaku UMKM binaan CSR Sinar Mas Land mengikuti pelatihan batch kedua yang diselenggarakan setiap hari Sabtu sejak Januari-September 2022 lalu dengan total materi sebanyak 26 silabus. Selama masa pelatihan, para peserta mendapat materi dan bimbingan dari pakar/praktisi di bidang ini yakni Endang Retno Wardhani, Rujiyanto, dan Setya Sandi.  Perangkat pembelajaran terdiri dari materi Branding, Manajemen dan Etika Bisnis, Pemasaran, Manajemen Keuangan, hingga Pengelolaan Usaha. 


Dalam proses pelatihan yang diberikan selama 8 bulan, para pelaku UMKM kemudian mendapat pendampingan melalui Klinik SML UMKM Centre. Lalu, sebagai evaluasi terakhir 13 peserta terbaik yang dinyatakan lolos diwajibkan untuk membuat dan mempresentasikan tugas akhir atas proses pengembangan usahanya. Sidang ujian tugas akhir tersebut dilaksanakan pada Sabtu (24/09) di Gedung Marketing Office Sinar Mas Land, BSD City. 


Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, “Sebelumnya kami juga sudah melangsungkan pengujian sidang akhir kepada para UMKM binaan pada gelombang pertama. Saat ini, kami kembali menyelenggarakan sidang ujian akhir untuk gelombang kedua yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kompetensi pelaku UMKM dalam membangkitkan dan mengembangkan jiwa wirausahanya. Semoga pendampingan dan pelatihan yang perusahaan berikan dapat bersaing di pasar lokal maupun global, serta menjadi kontributor pada bangkitnya perekonomian nasional.”


Pada 27 Oktober 2021 lalu, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie telah meresmikan SML UMKM Centre sebagai fasilitas pengembangan usaha yang komprehensif dalam bentuk pelatihan, Klinik UMKM, Galeri UMKM, situs pemasaran digital, pameran, serta promosi dan pemasaran produk dari para pelaku UMKM binaan.  Saat ini, CSR Sinar Mas Land telah mendampingi lebih dari 600 pelaku UMKM di wilayah Tangerang Raya dan sekitarnya dengan omzet yang dihasilkan mencapai Rp1,6 miliar sejak awal 2021.

Sebelumnya, SML UMKM Centre pada 2021 juga telah menuntaskan pelatihan bina usaha batch pertama bagi 50 peserta dengan 13 peserta terbaik yang sudah resmi dikukuhkan. (*)

Continue Reading

CSR

Majukan Perempuan di Komunitas Petani Kopi, bank bjb Berkolaborasi Gelar Literasi Keuangan

Published

on

Bisniscorner.com – Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memajukan perekonomian Jawa Barat, bank bjb berkolaborasi dengan Mercy Corps dan The Starbucks Foundation menggelar edukasi literasi keuangan bagi para keluarga petani kopi di Jawa Barat. Edukasi tersebut diselenggarakan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut pada 1-2 September 2022.

Melalui program BENTANI iBrewing Change: Women’s Empowerment in Coffee Origin Communities, sebanyak 2.000 petani kopi, istri petani kopi dan perempuan muda Jawa Barat dibina untuk meningkatkan akses kebersihan, kesehatan, kemampuan kepemimpinan hingga kesejahteraan ekonomi mereka. Salah satu langkahnya adalah dengan mendekatkan akses perbankan.

Berdasarkan hasil assessment dari program BENTANI, sebanyak 67 persen perempuan di wilayah pertanian kopi masih menabung di rumah, 20 persen di bank, dan sisanya di koperasi. Oleh karenanya, program BENTANI mengupayakan peningkatan kesejahteraan ekonomi para perempuan di wilayah pertanian kopi dengan mengenalkan akes perbankan kepada mereka.

Hal tersebut dilakukan dengan mengajak para perempuan di komunitas pertanian kopi untuk menabung di bank dan menjadi agen Laku Pandai bank bjb, setelah sebelumnya memperoleh edukasi literasi keuangan. Dalam kegiatan edukasi tersebut, peserta dibekali cara mengelola keuangan, memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, hingga cara memilih lembaga keuangan yang aman untuk menabung.

Setelah diberikan edukasi dan pelatihan literasi keuangan, sebanyak 794 peserta program BENTANI membuka akun tabungan pertama mereka di bank bjb. bank bjb juga memfasilitasi 78 peserta BENTANI yang ingin menjadi agen Laku Pandai.

Momen ini ditandai dengan serah terima buku rekening bjb kepada peserta literasi keuangan BENTANI pada Kamis 1 September 2022 di GOR Desa Cempaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Juga pada Jumat 2 September 2022 di GOR Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana Hartadji, MM., para perwakilan bank bjb, Mercy Corps Indonesia, pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten setempat.

Dalam kesempatan terpisah, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bahwa dengan menjadi agen Laku Pandai, perempuan dan masyarakat di lingkungan pertanian kopi akan lebih mudah mengakses berbagai fitur dan keuntungan dari layanan perbankan.

“Terbukanya akses pada lembaga keuangan formal akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan menjadi agen Laku Pandai,perempuan dan masyarakat di lingkungan pertanian kopi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut akan lebih mudah untuk menabung dan mengatur rencana keuangan keluarga mereka,” ungkap Widi. (Rls)

Continue Reading

CSR

SML Serah Terima Jaringan Penerangan Jalan ke Warga Desa Lengkong Kulon

Published

on

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk terus membuktikan komitmennya terhadap masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan. Hal tersebut diwujudkan perusahaan melalui program pembangunan infrastruktur penerangan jalan pedesaan di wilayah Kampung Pabuaran, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Program tersebut diimplementasikan dalam bentuk pembangunan jaringan lampu jalan utama desa sepanjang 1,5 kilometer yang dilaksanakan sejak Juli 2022 oleh Community Resident Support Department. Serah terima hasil pengerjaan jaringan penerangan jalan dilakukan oleh Rama Devy Simbolon (Head of Corporate Affairs & Regulations – Sinar Mas Land) kepada perwakilan warga pada Selasa, 13 September 2022.

Program pembangunan infrastruktur penerangan jalan ini merupakan upaya Sinar Mas Land dalam menjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan dan komunitas masyarakat dengan cara melengkapi infrastruktur di sekitar kawasan BSD City. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu menerangi sejumlah tempat yang dijadikan pusat aktivitas warga desa seperti masjid dan musala, balai warga, dan sarana warga lainnya, seperti tempat pemakaman umum.

Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dony Martadisata menjelaskan, kami berharap dampak pengembangan yang kami lakukan juga dapat dinikmati oleh masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan. Oleh karena itu, Sinar Mas Land senantiasa melaksanakan tanggung jawab sosial ini melalui program pembangunan jaringan penerangan jalan desa. Kegiatan ini menjadi langkah konkret Sinar Mas Land agar masyarakat di sekitar BSD City juga bisa merasakan kehidupan yang aman dan nyaman saat beraktifitas selepas petang.

Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Sinar Mas Land telah melaksanakan program penerangan jalan pedesaan di sepuluh titik lokasi desa yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Dalam empat tahun tersebut, perusahaan membangun fasilitas penerangan jalan umum sebanyak 94 titik lampu atau setara 3,76 km yang kini telah dinikmati ribuan masyarakat di sekitar pengembangan BSD City.  (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Kementerian PUPR Lakukan Konstruksi Penanganan Banjir di Ruas Tol Pondok Aren – Serpong

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas jalan tol kepada masyarakat....

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar Resmi Operasionalkan Flyover Kopo Pada 1 Oktober 2022

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga telah memastikan kesiapan dan kemantapan...

Breaking News2 minggu ago

Airin : Dalam Politik di Tanah Air, Wanita Punya Hak yang Sama

Bisniscorner.com – Ketua Bidang perempuan DPP Partai Golkar dan Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PP KPPG), Airin Rachmi Diany...

Breaking News2 minggu ago

Perlancar Lalu Lintas ke Sukabumi dan Pelabuhan Ratu, Menteri Basuki: Tol Bocimi Tersambung Sampai Sukabumi Barat Tahun 2024

Bisniscorner.com –  Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melanjutkan kunjungan kerja di Jawa Barat dengan meninjau...

Breaking News2 minggu ago

UMN dan APTIKOM Adakan Rapat Membahas Kurikulum INFOKOM Berbasis OBE

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) adakan rapat kerja ke-2 guna membahas...

Breaking News2 minggu ago

Gandeng KPK, Kementerian PUPR Laksanakan Workshop Pengendalian Gratifikasi

Bisniscorner.com  – Dalam rangka meningkatkan upaya untuk pengendalian gratifikasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Inspektorat Jenderal menggandeng...

Trending