Connect with us

CSR

Majukan Perempuan di Komunitas Petani Kopi, bank bjb Berkolaborasi Gelar Literasi Keuangan

Published

on

Bisniscorner.com – Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memajukan perekonomian Jawa Barat, bank bjb berkolaborasi dengan Mercy Corps dan The Starbucks Foundation menggelar edukasi literasi keuangan bagi para keluarga petani kopi di Jawa Barat. Edukasi tersebut diselenggarakan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut pada 1-2 September 2022.

Melalui program BENTANI iBrewing Change: Women’s Empowerment in Coffee Origin Communities, sebanyak 2.000 petani kopi, istri petani kopi dan perempuan muda Jawa Barat dibina untuk meningkatkan akses kebersihan, kesehatan, kemampuan kepemimpinan hingga kesejahteraan ekonomi mereka. Salah satu langkahnya adalah dengan mendekatkan akses perbankan.

Berdasarkan hasil assessment dari program BENTANI, sebanyak 67 persen perempuan di wilayah pertanian kopi masih menabung di rumah, 20 persen di bank, dan sisanya di koperasi. Oleh karenanya, program BENTANI mengupayakan peningkatan kesejahteraan ekonomi para perempuan di wilayah pertanian kopi dengan mengenalkan akes perbankan kepada mereka.

Hal tersebut dilakukan dengan mengajak para perempuan di komunitas pertanian kopi untuk menabung di bank dan menjadi agen Laku Pandai bank bjb, setelah sebelumnya memperoleh edukasi literasi keuangan. Dalam kegiatan edukasi tersebut, peserta dibekali cara mengelola keuangan, memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, hingga cara memilih lembaga keuangan yang aman untuk menabung.

Setelah diberikan edukasi dan pelatihan literasi keuangan, sebanyak 794 peserta program BENTANI membuka akun tabungan pertama mereka di bank bjb. bank bjb juga memfasilitasi 78 peserta BENTANI yang ingin menjadi agen Laku Pandai.

Momen ini ditandai dengan serah terima buku rekening bjb kepada peserta literasi keuangan BENTANI pada Kamis 1 September 2022 di GOR Desa Cempaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Juga pada Jumat 2 September 2022 di GOR Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana Hartadji, MM., para perwakilan bank bjb, Mercy Corps Indonesia, pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten setempat.

Dalam kesempatan terpisah, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bahwa dengan menjadi agen Laku Pandai, perempuan dan masyarakat di lingkungan pertanian kopi akan lebih mudah mengakses berbagai fitur dan keuntungan dari layanan perbankan.

“Terbukanya akses pada lembaga keuangan formal akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan menjadi agen Laku Pandai,perempuan dan masyarakat di lingkungan pertanian kopi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut akan lebih mudah untuk menabung dan mengatur rencana keuangan keluarga mereka,” ungkap Widi. (Rls)

Advertisement iklan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CSR

PT Indah Kiat Tangerang Siapkan 1.000 Pouch Minyak Goreng Murah di Bazar Serpong Utara

Published

on

Bisniscorner.com – PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang kembali menjual minyak goreng dengan harga murah pada Bazar Penanggulangan Inflasi di Kecamatan Serpong Utara 2022, Kota Tangsel pada Selasa, (6/12/2022).

Minyak goreng berlabel Kunci Mas ini dijual dengan harga Rp 14 ribu dengan ukuran 900 ml. Sedangkan, untuk harga normal dijual Rp 18 ribu dengan 19 ribu dengan ukuran yang sama.

“Kami di sini berpartisipasi dalam penjualan minyak goreng yang di Serpong Utara ini kami menjual 1000 pouch minyak goreng murah kemudian di kecamatan-kecamatan lain juga kami ikut dalam kegiatan Bazar ini,” kata Humas PT IKPP Tangerang, Junaidi saat ditemui di Halaman Kecamatan Serpong Utara.

Pria yang akrab disapa Bang Jun berharap, dengan adanya bazar pengendalian inflasi ini dapat membantu warga, khususnya warga di Kecamatan Serpong Utara.

“Semoga ini dapat membantu warga Serpong Utara,” ungkapnya.

Kegiatan bazar dihadiri Sekda Kota Tangsel Bambang Nurtjahyo. Ia berterima kasih kepada PT IKPP Tangerang atas kepedulian perusahaan terhadap masyarakat terutama.

Sementara itu, Camat Serpong Utara, Sutang Suprianto menjelaskan, pihak swasta sangat antusias dalam kegiatan bazar di Serpong Utara di tahun ini.

“Pihak swasta sangat antusias untuk bersama-sama menyemarakkan kegiatan bazar pengendalian inflasi Serpong Utara, dan mereka membuka gerai di sini untuk mempromosikan produknya, terutama PT. IKPP Tangerang yang selalu bersinergi dengan pemerintah dalam membantu masyarakat,” tandasnya. (Rls)

Continue Reading

CSR

Peduli Korban Gempa Cianjur, ACE Banten Kirim Bantuan Kemanusiaan

Published

on

Bisniscorner.com – Gempa bumi dengan magnitude (M) 5,6 dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya. Pusat gempa berada di darat 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Fenomena ini terjadi pada Senin (21/11/2022), ratusan warga meninggal dunia dan sejumlah rumah rusak pasca kejadian tersebut.

Sebagai bentuk kepedulian kepada korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Asosiasi Chief Engineer Banten (ACE Banten) mengajak anggotanya untuk menggalang bantuan kemanusiaan.

Penggalangan donasi kemanusiaan yang dilakukan selama 1 minggu tersebut dikonfersi berupa barang ini, dikirim langsung oleh Pengurus ACE Banten ke Kabupaten Cianjur pada Sabtu (03/12/2022) untuk bisa bermanfaat bagi korban terdampak gempa.

Adapun bantuan berupa kebutuhan pokok (minyak sayur dan mie instan ) perlengkapan mandi, bumbu dapur, kebutuhan balita (minyak kayu putih dan pampers) kebutuhan wanita (pakaian dalam dan pembalut) serta kebutuhan pengungsian ( terpal dan emergency lamp).

Bantuan diterima oleh perwakilan Pondok Pesantren Assuratul Fikriyah yang beralamat di Jl.Cirumput Kampung Sindang Falay, Kecamatan Cugeunang, Cianjur Jawa Barat.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, ACE Banten juga dibantu oleh Pengurus Ace Jawa Barat yaitu Pak Dadang dan Pak Ibnu serta Pak Amin.

“Kami berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah gempa bumi di Cianjur,” kata Yon Maryono selaku Ketua Assosiasi Sosial Responability ACE Banten.

Dalam kegiatan ASR ACE Banten, juga mendapatkan support dari Ikatan Pengajian Nurul Iman (IPNI) Kunciran Jaya Pinang Kota Tangerang, yaitu berupa pengumpulan pakaian layak pakai.

“Terima kasih kepada donatur yang telah memberikan bantuan kepada saudara kita yang sedang tertimpah musibah di Cianjur. Semoga amal ibadah yang kita berikan diterima oleh Allah SWT, dan bagi yang sedang mengalami musibah diberikan kesabaran,” ujar Wawan Kurniawan saat dikonfirmasi lewat WhatsApp.

Sebagai informasi.Asosiasi Chief Engineer Banten (ACE Banten) merupakan satu wadah maintenance building yang berprofesi sebagai ahli teknik di Banten yang mewadahi para Chief Engineer serta para Engineer Manufacture, Hotel, Mall, Apartement, Building Offies dan institusi lainnya.(Red)

Continue Reading

CSR

Camat Serpong Utara Minta Masyarakat Maksimalkan CSR dari Indah Kiat Tangerang

Published

on

Bisniscorner.com – Camat Serpong Utara, Sutang Suprianto meminta masyarakat untuk mengembangkan dan memaksimalkan bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang.

Hal tersebut diungkapkannya saat forum dialog CSR Binaan PT IKPP Tangerang di salah satu rumah makan di Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangsel pada Rabu, (30/11/2022).

Menurut Sutang, perusahaan tersebut telah banyak melakukan bantuan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Indah Kiat ini perusahaan yang sangat dominan dalam membantu perekonomian masyarakat lewat CSR-nya. Situasi Covid, CSR ini sangat berguna, agar masyarakat dapat bangkit kembali,” katanya.

Forum tersebut membahas tentang pemanfaatan CSR bagi masyarakat, serta menampung dan mendorong usulan-usulan dari warga khususnya warga yang tergabung di dalam Paguyuban CSR Indah Kiat Tangerang.

Head of Sustainability PT IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin mengatakan, pihaknya terus mendorong usulan-usulan masyarakat dalam pemanfaatan CSR.

“Yang seperti disampaikan oleh Pak Camat, sebenarnya ada sebagian masyarakat yang mengusulkan untuk kerajinan bambu. Kebetulan Indah Kiat Serang sudah melakukan kerajinan bambu itu,” ujarnya.

Kholisul menegaskan, dalam pemanfaatan CSR Indah Kiat, perlunya keberlanjutan dan motivasi dari masyarakat.

“Karena kegiatan ini bagaimana pun juga yang menggerakkan masyarakat, kalau memang mereka berminat dan bersungguh-sungguh, akan kita support,” tegasnya.

Saat ini, usulan dukungan dari CSR Indah Kiat Tangerang dari masyarakat, khususnya di Kecamatan Serpong Utara, antara lain pembudidayaan lele dan hidroponik.

“Kalau selama ini kegiatan hidroponik maupun budidaya lele ini kami supportnya. Terutama di Serut dulu,” tutupnya. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Trending