Connect with us

Breaking News

Dukung Pengembangan KSPN Tanjung Kelayang Belitung, Kementerian PUPR Selesaikan Sejumlah Infrastruktur

Published

on

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen dalam memberikan dukungan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang disebut sebagai 10 “Bali baru”. Salah satu KSPN yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 adalah Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Untuk kawasan pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” kata Menteri Basuki.

Selain ditetapkan menjadi KSPN, Tanjung Kelayang yang berada di Kampung Laskar Pelangi juga ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016. Sebagai bentuk dukungan pengembangan Kepulauan Bangka Belitung, Kementerian PUPR telah menyelesaikan sejumlah pembangunan infrastruktur, yakni sarana hunian pariwisata (Sarhunta), Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batu Mentas, Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Kampong Amau, dan Jembatan Gantung Beruas – Kelapa. 

Pembangunan Sarhunta di KSPN Tanjung Kelayang bertujuan meningkatkan kualitas rumah warga sekitar kawasan pariwisata menjadi layak huni. Pada tahun 2021-2022 tercatat Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan total 90 unit Sarhunta dengan anggaran Rp4,44 miliar. 

Sarhunta atau homestay yang dibangun di Tanjung Kelayang ini memiliki fasilitas yang lengkap serta desain bangunan yang menonjolkan perpaduan unsur lokal. Terdapat ornamen payung yang disebut Payung Lilin Belitung sebagai ciri khasnya. Pembangunan Sarhunta ini sangat dibutuhkan bagi warga lokal guna mendukung perekonomian masyarakat setelah Belitung dengan menjadikan Sarhunta sebagai alternatif penginapan bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Selanjutnya Kementerian PUPR juga Pembangunan SPAM Batu Mentas di Kabupaten Belitung Kapasitas 50 liter/detik sebanyak 2 unit. Pembangunan SPAM tersebut bertujuan untuk mendukung Kawasan Tanjung Pandan. Konstruksinya dilaksanakan pada 2020 – 2021 dengan anggaran Rp75,4 miliar.

Kementerian PUPR pada 2021-2022 juga telah menyelesaikan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan Kampong Amau di Kabupaten Belitung dengan anggaran Rp8,65 miliar. Penataan kawasan kumuh bertujuan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik, sekaligus mengangkat potensi sumber daya di wilayah setempat. Setelah dilakukan penataan, selain mengurangi kawasan kumuh, kini masyarakat juga memiliki ruang terbuka (public space) yang baru sebagai tempat berinteraksi warga serta sebagai tujuan wisata yang representatif bagi masyarakat sekitar.

Di bidang konektivitas, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Gantung Beruas – Kelapa di Kabupaten Bangka Barat sepanjang 84 meter. Konstruksinya dilaksanakan pada 2021 dengan anggaran Rp3,6 miliar. Pembangunan jembatan gantung sebagai salah satu infrastruktur kerakyatan akan memudahkan pergerakan dan memangkas waktu tempuh antar desa yang sebelumnya harus memutar jauh karena terpisah oleh kondisi geografis, seperti lereng, bukit, jurang, ataupun sungai. 

Terakhir di bidang Sumber Daya Air, Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan pengaman Pantai Arung Dalam di Kabupaten Bangka Tengah sepanjang 1,95 km. Konstruksinya dilaksanakan pada tahun 2022 senilai Rp66,3 miliar dengan progres 11,51%. Selanjutnya juga tengah diselesaikan Rehabilitasi Daerah Irigasi (D.I.) Selingsing sepanjang 2 km di Kabupaten Belitung Timur. Konstruksinya dilaksanakan pada 2022 senilai Rp13,2 miliar dengan progres 61,02%. (Rls)

Breaking News

Aksi Sosial JMSI dan SMAN 18 Garut Dapat Pujian Komandan Pasukan Marinir

Published

on

Bisniscorner.com – SMAN 18 Garut bersama JMSI Jabar mengelar aksi sosial dengan mendistribusikan bantuan ke beberapa titik pengungsian korban gempa Cianjur, Rabu (30/11). Salahsatunya ke Posko Satuan Tugas (Satgas) TNI AL Peduli Cianjur yang berlokasi di lapangan Prawatasari, Joglo.

Selain pusat penampungan pengungsi dan dapur umum, di lokasi tersebut terdapat rumah sakit lapangan yang di dirikan Batalion Kesehatan Pasukan Marinir (Pasmar) 2.

Di sana, para siswa juga berkesempatan mengunjungi faslitas-fasilitas yang disiapkan TNI AL dan berinteraksi dengan para pengungsi.

Di satu sesi khusus para siswa diterima dan mendapatkan arahan dari Komandan Tim Kesehatan Satgas Gulben TNI AL Peduli Cianjur Letkol Laut (K) dr Suryantoko.

Komandan Pasukan Marinir itu terharu dengan kepedulian para siswa SMAN 18 Garut yang jauh-jauh datang memberikan bantuan ke lokasi bencana.

Suryantoko juga memujui metode pembelajaran pihak sekolah yang tidak hanya memberikan pelajaran berupa nilai dan norma tapi juga mendorong siswa memiliki empati dan jiwa sosial yang langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini namanya learning by doing, teaching by example,” ujarnya.

Suryantoko menjelaskan, di rumah sakit lapangan tersebut disiagakan  83 personel yang sebelumnya dilepas Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menuju Cianjur Jawa Barat. Jumat (25/11).

“Rumah sakit lapangan ini lebih canggih, mampu melaksanakan operasi mandiri,” kata komandan pasukan khusus kebanggan bangsa Indonesia itu.

“Masyarakat yang butuh bantuan datang saja kesini. Jika ada warga yang sakit, tunjukan saja lokasinya. Pasti kami jemput dan langsung ditangani dengan fasilitas terbaik,” tandasnya. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

JMSI Dukung Lomba Esai untuk Siswa SMA dan Mahasiswa tentang Kebijakan Korsel di ASEAN

Published

on

Bisniscorner.com — Republik Korea atau Korea Selatan menempatkan organisasi negara Asia Tenggara atau ASEAN sebagai salah satu pemain kunci politik global, khususnya dalam menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera. Presiden Yoon Suk-yeol memperkenalkan kebijakan negeri ginseng ketika menghadiri KTT ASEAN-Korea Selatan di Phnom Penh, Kamboja pada 11 November lalu.

Kebijakan baru itu diberi nama Korea-ASEAN Solidarity Initiative, disingkat KASI.

Dalam penjelasannya, Presiden Yoon menggarisbawahi KASI sebagai inti dari kebijakan luar negeri untuk mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas, damai, dan sejahtera di tengah persaingan Amerika Serikat dan Republik Rakyat China.

“Saya berencana membangun kawasan Indo-Pasifik yang bebas, damai, dan sejahteran melalui solidaritas dan kerjasama dengan ASEAN dan negara-negara besar lain,” ujar Presiden Yoon yang mulai memimpin Korea Selatan bulan Mei lalu.

Menyambut kebijakan baru Korea Selatan itu, Korean Center of RMOL merasa perlu mengajak kalangan akademik dan masyarakat umum untuk ikut mempelajari dan memahami kebijakan KASI itu. Dengan menggandeng Universitas Pertamina, Korean Center of RMOL akan menggelar webinar bertajuk “Korea-ASEAN Solidarity Initiative: Epicentrum of Peace and Prosperous in the Indo-Pacific”. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 20 Desember mendatang.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, Kantor Berita Politik RMOL juga menggelar Essay Writing Competition bertema “South Korea-ASEAN Cooperation on the Indo-Pacific Region Stability Framework” untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa.

Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina, DR. Indra Kusumawardhana, dalam keterangannya mengatakan, Essay Writing Competition ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan pengetahuan siswa dan mahasiswa terhadap kebijakan Korea Selatan di ASEAN, di mana Indonesia masih diakui sebagai aktor yang berperan besar di kawasan.

“Lomba ini juga dimaksudkan agar mahasiswa bisa mengasah kemampuan analisis dan critical thinking terhadap isu-isu yang berkembang, dalam hal ini seputar kerjasama ASEAN dan Korea Selatan,” ujarnya, Rabu (30/11).

Dalam Essay Writing Competition, peserta dipersilakan memilih salah satu dari empat sub-topik yang ditawarkan Korean Center of RMOL, yakni hubungan ASEAN dan Korea di kawasan Indo-Pasifik dalam aspek stabilitas keamanan regional, sosial budaya, dan lingkungan hidup, serta ekonomi berkelanjutan.

Esai yang diikutsertakan dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan maksimal 1.000 kata. Setiap peserta diwajibkan mengirimkan karya beserta kartu identitas siswa dan mahasiswa kepada penyelenggara melalui https://bit.ly/ASEANKoreaEC.

Batas waktu pengiriman esai pada 11 Desember pukul 23.59 WIB. Setelah itu, proses penilaian oleh dewan juri akan dilakukan dari 12 sampai 19 Desember.

Sementara itu, pengumuman pemenang akan dilakukan bersamaan dengan webinar yang diselenggarakan secara hybrid di Universitas Pertamina pada 20 Desember mendatang.

Penyelenggara akan memilih empat pemenang untuk setiap kategori. Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 2 juta beserta sertifikat, juara kedua menerima Rp 1,5 juta beserta sertifikat, juara ketiga mendapat Rp 1 juta beserta sertifikat, dan esai favorit berhadiah Rp 500 ribu beserta dengan sertifikat.

Head of Korean Center of RMOL Sarah Meiliana Gunawan menuturkan, webinar dan Essay Writing Competition ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kantor Berita Berita Politik RMOL sejak dua tahun lalu. Di tahun 2020 dan 2021, webinar yang diselengagrakan Korean Center of RMOL menyoroti kebijakan New Southern Policy (NSP) di pemerintahan Presiden Moon Jae-in.

“Ini merupakan tahun ketiga kami menyelenggarakan kegiatan webinar internasional untuk membedah kerjasama ASEAN dan Korea Selatan. Kali ini kami menyelenggarakan secara goes to campus untuk menggaet lebih banyak partisipan,” jelas Sarah.

Sarah juga berharap kegiatan ini dapat rutin diselenggarakan di berbagai kampus di tanah air.

Hal lain yang disampaikan Sarah, Essay Writing Competition ini juga didukung olehe Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

“Kami berharap, semakin banyak siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai provinsi di tanah air yang ikut dalam Essay Writing Competition ini,” ujar Sarah yang juga merupakan Sekretaris Bidang Luar Negeri JMSI Pusat. (Rls

Continue Reading

Breaking News

HUT Kota Tangerang Selatan ke-14 Tahun 2022

Published

on

Bisniscorner.com – Setiap tanggal 26 November diperingati sebagai Hari Jadi Kota Tangerang Selatan atau HUT Tangsel.

Pada 26 November 2022, Kota Tangerang Selatan genap berusia 14 tahun.

Di usia yang baru 14 tahun, kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie (25/11), Tangsel berkembang sangatlah cepat. Ini berkat kekompakan di seluruh lapisan masyarakat dalam mewujudkan Tangsel yang Cerdas, Modern dan Religius.

Sebagai informasi.Berdiri pada 26 November 2008 atau 14 tahun lalu.Tangerang Selatan (Tangsel) adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak 30 km sebelah barat Jakarta dan 90 km sebelah tenggara kota Serang atau ibukota Provinsi Banten. (Red)

Continue Reading

Berita Terbaru

Trending