Connect with us

CSR

“Festival Setara #BerdayaDenganHati” Hadirkan Pelatihan untuk Disabilitas

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, PermataBank melalui PermataHati menyelenggarakan Festival Setara #BerdayaDenganHati—yaitu sebuah rangkaian pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas, hasil kolaborasi PermataHati bersama Kita Setara Indonesia.

Kegiatan pelatihan vokasional ini merupakan bagian dari salah satu program flagship unggulan PermataHati yang lahir sejak 2017, yaitu PermataBRAVE, (Because eveRyone Able and creatiVE) yang berfokus pada pemberdayaan komunitas penyandang disabilitas demi turut mewujudkan kesetaraan di Indonesia.

Festival Setara #BerdayaDenganHati terdiri dari empat jenis pelatihan vokasional, di antaranya Pelatihan Barista; Pelatihan Menjahit; Pelatihan Desain Grafis dan Pemasaran Digital; serta Pelatihan Komputer dan Internet Dasar bagi Tuna Netra. Seluruh pelatihan akan dilaksanakan sepanjang bulan Desember 2022.

Richele Maramis, Division Head, Corporate Affairs PermataBank menjelaskan, Festival Setara  #BerdayaDenganHati merupakan wujud keberlanjutan dari komitmen PermataBank dalam  memberdayakan sahabat-sahabat disabilitas. Sepanjang tahun 2022 ini, kami terus berkolaborasi dengan berbagai mitra PermataHati dalam memberikan pemberdayaan kepada lebih dari 200 orang penerima manfaat, meliputi pelatihan vokasional siap kerja, pendampingan kepada UMKM disabilitas, serta pemberian alat bantu kaki, tangan palsu, dan alat bantu dengar bagi mereka yang membutuhkan.

Keempat pelatihan Festival Setara #BerdayaDenganHati dilaksanakan di waktu dan tempat yang berbeda dengan menggandeng kolaborator-kolaborator yang ahli di bidang masing-masing. Pelatihan Barista dan Menjahit untuk total 25 peserta akan dilaksanakan pada periode 10 – 23 Desember 2022 secara offline di Kampus Kita Setara, Tangerang Selatan dengan menggandeng komunitas jahit Yuka Leather dan sahabat disabilitas sebagai pengajar dan mentor.

Pelatihan Desain Grafis dan Pemasaran Digital untuk 30 peserta dilaksanakan secara online pada periode 13 – 23 Desember 2022 dengan DekarDekor— UMKM produsen dekorasi poster-poster kayu dengan desain-desain unik yang dimotori oleh seorang Tuna Netra berdaya bernama Muhammad Ikhwan Tariqo—sebagai kolaborator dan pemberi materi.

Adapun Pelatihan Kemampuan Komputer dan Internet Dasar bagi Tuna Netra akan diberikan kepada 10 penerima manfaat dalam periode 10 – 29 Desember 2022 secara online, dengan menggandeng Lentera Inklusif sebagai kolaborator pengajar dan pemberi materi. Lentera Inklusif sendiri adalah UMKM bimbingan belajar (bimbel) yang didirikan oleh seorang Tuna Netra bernama Sofyan Sukmana, yang sebelumnya mendapatkan pendampingan intensif dari program BANGGA—yaitu program pendampingan UMKM disabilitas hasil kolaborasi PermataHati dengan Precious One. Program BANGGA sudah terlaksana hingga batch ke-V menjelang penutup tahun 2022 ini.

Agusnadi, Founder Kita Setara Indonesia mengatakan, merupakan sebuah kebangaan bagi Kita Setara Indonesia dapat kembali bekerja sama dengan PermataHati dalam Festival Setara #BerdayaDenganHati ini. Semoga kolaborasi kali ini semakin banyak melahirkan talenta dan Sumber Daya Manusia (SDM) difabel yang mumpuni, kreatif, dan berdaya juang untuk bersaing. Tentunya kami juga berharap bisa terus bermitra dengan PermataHati dalam memberdayakan sebanyak mungkin teman-teman disabilitas ke depannya.

“Tahun ini merupakan pencapaian yang baru, karena selain dapat kembali berkolaborasidengan Kita  Setara Indonesia yang memiliki visi dan misi selaras dengan PermataHati dalam memberdayakan komunitas disabilitas di Indonesia, kami juga menggandeng DekarDekor dan Lentera Inklusif, dua UMKM yang diprakarsai dan dijalankan oleh perwakilan komunitas disabilitas. Tentunya kami berharap hal ini juga akan semakin menambah semangat dan motivasi bagi para peserta pelatihan, sehingga mereka bisa melihat bahwa dengan ketekunan, semangat, dan sikap pantang menyerah, mereka pasti bisa meraih sukses seperti halnya Mas Riqo dan Mas Sofyan,” ungkap Richele.

Selain Festival Setara #BerdayaDenganHati, dalam momentum Hari Disabilitas Internasional tahun ini, PermataHati juga mengajak masyarakat untuk turut berdonasi dan berpartisipasi dalam kampanye digital Comment Social Responsibility (CSR) “Tribute to Bang Dzoel”.

Achmad Zulkarnain (Bang Dzoel) merupakan sosok inspiratif disabilitas yang telah berpulang pada Agustus 2022 lalu. Masyarakat dapat  berkontribusi dengan menuliskan komentar berisi kutipan atau kalimat inspiratif terkait Bang Dzoel pada tautan “Tribute to Bang Dzoel”, melalui Instagram @permatahaticsr. Setiap komentar yang diberikan akan bernilai Rp 5000 dan total akumulasi nilai rupiah dari seluruh komentar akan didonasikan ke komunitas fotografi Bang Dzoel di Banyuwangi. Kampanye ini berlangsung hingga 28 Februari 2023.

Sepanjang tahun 2022, PermataHati telah melakukan berbagai program untuk memberdayakan  penyandang disabilitas, di antaranya: pendampingan intensif terhadap UMKM disabilitas; pemberian alat bantu mobilitas dan alat bantu dengar; penyerahan beasiswa bagi mahasiswa/i berprestasi; pelatihan memasak, membuat roti dan kue; pelatihan dasar barista bagi tuna netra, hingga pelatihan budidaya hidroponik. Semua peserta pemberdayaan juga mendapatkan kelas literasi edukasi keuangan dan investasi dari Investment Specialist PermataBank. (Rls)

CSR

Venus Live Berikan Bantuan Langsung Tunai Kepada Yayasan Pelita Jiwa Tangerang

Published

on

Bisniscorner.com – Venus Live mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Yayasan Pelita Jiwa Tangerang pada (28/01) dengan membagikan sembako beserta bantuan langsung tunai kepada pihak yayasan.

Perusahaan yang bergerak di bidang marketing dan komunikasi ini mempunyai misi dimana setiap orang berhak diberdayakan seperti tag line yang berkumandang “empowered your journey with us!”.

Lisa Ramadhanty selaku Direktur Eksekutif PT Sinergi Komunikasi Global (venuslive.id) mengatakan bahwa acara ini rutin dilakukan untuk memberikan kontribusi ke masyarakat atas apa yang perusahaan lakukan selama setahun ke belakang.“Kami berkunjung ke yayasan yang menampung orang-orang berkebutuhan khusus, yang mental dan jiwanya mengalami gangguan,” ujar Lisa melalui instagram @venuslive.id.

Setiap tahun, Venus Live mendatangi tempat berbeda untuk melakukan kegiatan CSR. Agenda rutin tersebut juga didasari oleh rasa bersyukur atas kepercayaan para klien dan customer yang telah menggunakan layanan perusahaan.

Acara yang dilakukan di kawasan Neglasari, Tangerang ini bertemakan Kala Mentari Menyinari.

Lisa menjelaskan arti dari kegiatan tersebut bahwa ketika mentari atau rezeki datang, sudah sepantasnya bisa menjadi berkah buat lebih banyak orang.“Ketika kami datang, akses lokasi ke yayasan masih kurang memadai. Masih dipenuhi tanah berlumpur dan becek ketika hujan, harapnnya setelah kegiatan kami ini akan lebih banyak donatur yang datang ke yayasan pelita jiwa tangerang,” ujar Lisa. (Rls)

Continue Reading

CSR

Peduli Warga Terkena DBD, Indah Kiat Tangerang Fogging Perumahan

Published

on

Bisniscorner.com – Merespon laporan warga di sekitaran PT. Indah Kiat Pulp and Paper TBK. (IKPP) Tangerang Mill langsung turun ke pemukiman untuk memfogging.

Kegiatan penyemprotan nyamuk ini mencegah demam berdarah dengue (DBD) yang tengah merebak di masyarakat.

Salah satunya, penyemprotan nyamuk di dua RW di Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kegiatan fogging di wilayah tersebut dilakukan pada Kamis, (26/1/2023) dan Selasa, (31/1/2023).

“Kegiatan fogging dilakukan untuk merespon laporan masyarakat terkait adanya lima orang warga yg terkena DBD di lingkungan RT03/01 Kelurahan Pakulonan,” kata Humas PT. IKPP Tangerang, Achmad Junaedi pada Selasa, (31/1/2023).

Menurutnya, pelaksanaan fogging biasa dilakukan perusahaan yang memproduksi kertas ini untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah DBD di lingkungan pabrik.

“Kita Fogging di dua RW. Untuk RW 02, lima ada lima RT yang difogging. Kemudian, RW 01, ada empat RT yang kita difogging,” ucap pria yang biasa Bang Jun ini.

Bang Jun mengimbau, selain fogging masyarakat harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan untuk mencegah penyakit khusunya DBD, Kami akan selalu berusaha membantu masyarakat sesuai komitmen perusahaan.

“Kita harapkan juga masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan mengimplementasikan prilaku hidup bersih dan sehat,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua RT 03/02, Kelurahan Pakulonan, Wawan berterima kasih kepedulian PT IKPP Tangerang yang merespon dan membantu penyemprotan nyamuk di pemukiman warga.

“Kami berterima kasih kepada PT Indah Kiat yang merespon cepat laporan warga dan melakukan tindakan pencegahan penyebaran DBD,” tandasnya. (Rls)

Continue Reading

CSR

SGM Eksplor dan Indomaret, Salurkan Bantuan Pendidikan dan Beasiswa

Published

on

Bisniscorner.com – SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menyalurkan bantuan pendidikan berupa renovasi bangunan sekolah dan beasiswa bagi siswa – siswi Sekolah Dasar di 20 kabupaten/ kota di Indonesia. Sejalan dengan visi pemerintah dalam mempersiapkan Sumber Daya manusia (SDM) unggul sejak dini, kolaborasi ini merupakan rangkaian gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia.”

Senior Brand Manager SGM Eksplor, Shiera Syabila Maulidya meyakini bahwa setiap anak Indonesia berhak mendapatkan akses untuk tumbuh menjadi anak generasi maju, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses pendidikan. “Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak agar dapat memastikan setiap anak Indonesia dapat memperoleh akses pendidikan sebagai fondasi untuk mencapai kemajuan dan potensi maksimal mereka. Oleh karena itu, sebagai produk susu pertumbuhan nomor 1 yang majukan 75 juta anak Indonesia sejak 1954, SGM Eksplor terus berkomitmen menghadirkan berbagai inisiatif kolaboratif guna mendukung kemajuan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Generasi Emas 2045.”

Infrastruktur menjadi salah satu penunjang proses belajar mengajar yang harus diperhatikan. Melalui kolaborasi ini, renovasi 20 bangunan sekolah dilakukan di 20 kabupaten/ kota di antaranya Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara; Kabupaten Pelalawan, Riau; Kabupaten Indragiri Hulu, Riau; Kabupaten Batanghari, Jambi; Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung; Kabupaten Pandeglang, Banten; Kabupaten Tangerang, Banten; Kota Bandung, Jawa Barat; Kabupaten Bogor, Jawa Barat; Kabupaten Kuningan, Jawa Barat; Kota Semarang, Jawa Tengah; Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta; Kabupaten Situbondo, Jawa Timur; Kabupaten Ngawi, Jawa Timur; Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat; Kota Poso, Sulawesi Tengah; Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah; Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; dan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Senada dengan tujuan Indomaret untuk mendukung pendidikan di Indonesia, kolaborasi dengan SGM Eksplor ini bukan yang pertama kalinya. “Kami sangat senang program ini berkelanjutan untuk terus mendukung pendidikan anak Indonesia,” ujar Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Bastari Akmal. Diharapkan, bantuan pendidikan ini dapat memberikan dampak positif dan memberikan semangat bagi anak – anak dalam menempuh pendidikan.

Selain berkolaborasi memberikan kepedulian dan dukungan terhadap pendidikan anak Indonesia, sebelumnya sejak awal tahun 2022 SGM Eksplor dan Indomaret juga telah berhasil berkolaborasi menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju di beberapa daerah dan sudah memberikan dukungan vaksinasi COVID-19 bagi sekitar 16.000 anak usia 5-12 tahun. Inisiatif ini merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah untuk pemulihan dari pandemi COVID-19 serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ yang berlangsung sepanjang tahun 2022, SGM Eksplor telah berhasil memberikan dampak positif dan dukungan akses nutrisi, kesehatan dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 anak yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia untuk mendukung kemajuan bangsa. Dukungan tersebut disalurkan dalam bentuk menyediakan paket dukungan nutrisi untuk anak usia di atas 3 tahun, dukungan paket beasiswa pendidikan, renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (online).

Mewujudkan Generasi Emas 2045 untuk Indonesia maju tentunya perlu dukungan dari seluruh pihak, bukan hanya pemerintah, namun juga pelaku usaha dan industri, maupun masyarakat, memiliki kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk berkontribusi dengan perannya masing-masing. “Melalui rangkaian inisiatif gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia” yang telah diinisiasi sejak tahun 2019 ini, merupakan upaya kami untuk memfasilitasi semangat kolaborasi dalam mendukung akses nutrisi dan pendidikan bagi anak-anak Indonesia agar dapat tumbuh menjadi generasi maju yang bisa berkontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia di masa depan,” tutup Shiera. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News7 hari ago

Indonesian Chef Association Rayakan HUT ke – 16 Bersama UMN

Bisniscorner.com – Indonesian Chef Association (ICA) merayakan ulang tahun ke-16 sekaligus Indonesian Chef Day bersama program studi Perhotelan Universitas Multimedia...

Breaking News2 minggu ago

Gunakan Tipografi Nulshock, Inilah Karakter, Filosofi, dan Arti Logo HUT ke-3 JMSI

Bisniscorner.com — Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) meluncurkan logo ulang tahun ketiga yang dimodifikasi dari tipografi dasar...

Breaking News2 minggu ago

Iwan Sakri Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua IOF Pengda DKI Jakarta 2023-2027

Bisniscorner.com – Iwan Sakri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengurus Daerah DKI Jakarta periode 2023-2027 dalam...

Breaking News3 minggu ago

Topping Off IMS GBK, Presiden Jokowi: Arena Tertutup Multifungsi Terbesar di Indonesia

Bisniscorner.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Badan...

Breaking News3 minggu ago

Tingkatkan Pasokan Air Baku dan Irigasi di Jawa Tengah, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Jragung Rampung Tahun Depan

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyelesaian pembangunan 61 bendungan hingga tahun 2024 untuk tambahan...

Breaking News3 minggu ago

Bupati Lebak: Kehadiran JMSI Doronng Pembangunan di Kabupaten Lebak

Bisniscorner.com — Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) hadir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak sekadar untuk meramaikan...

Trending