Connect with us

Event

Jelang FIBA World Cup 2023, Progres Pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK Senayan Capai 74%

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang rencananya akan digelar pada Agustus 2023 mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya segera menyelesaikan konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Progres fisik pembangunannya kini telah mencapai 74% dan ditargetkan tuntas seluruhnya pada bulan Juni 2023 yang akan datang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur  olahraga bola basket tersebut merupakan bagian dari dukungan pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional.  “Pada SEA Games lalu, basket sudah juara, setelah memiliki stadion ini,  prestasi harus lebih ditingkatkan. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berpesan agar stadion yang sudah dibangun dengan biaya APBN tersebut dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Nasional.

“Kenapa konsepnya multifungsi, karena bisa untuk konser dan olahraga.  Teknologinya teleskopik tribun. Lokasinya di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas. Sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi, dan selanjutnya harap diperhatikan aspek pemeliharaannya,” pesan Menteri Basuki.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara dibawah pengelolaan PPK-GBK.  Bangunannya sendiri seluas  50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, IMS tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mendukung olahraga bola basket saja, tetapi juga untuk cabang olahraga lain, serta aktivitas non-olahraga.

“Secara desain, IMS memiliki 5 lantai dan 1 lantai atap dengan fungsi utama sebagai stadion bola basket dengan 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan. Selain itu, stadion ini juga dapat difungsikan bagi cabang olahraga lain seperti Voli, Badminton, Tenis, MMA, Atletik, dan lain-lain. IMS juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan non olahraga seperti konser musik, seminar, pertunjukan khusus dan lain-lain,” terang Diana.

Diana juga menambahkan, pembangunan IMS dilaksanakan dengan teknologi konstruksi Building Information Modeling (BIM), dengan anggaran yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 – 2023 senilai Rp639,1 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Adhi Karya – PT Nindya Karya – PT Penta (KSO). “Saat ini, progress fisik pembangunan IMS telah mencapai 74% dan ditargetkan rampung pada Juni 2023 mendatang,” tambah Diana.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilaksanakan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, serta pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pemasangan struktur terakhir pada atap tertinggi pada bangunan IMS di lantai 5. “Acara topping-off rencananya akan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Jokowi. Jadwal pastinya masih kita tunggu. Acara ini merupakan penanda berakhirnya kegiatan konstruksi dan akan dilanjutkan dengan kegiatan finishing hingga tuntas seluruhnya pada bulan Juni 2023 yang akan datang,” tutup Jubir Endra. (Rls)

Event

Honda Persiapkan Mobil Honda Civic Type R-GT Concept untuk Ajang Balap Super GT Tahun 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan untuk mempersiapkan mobil Honda Civic Type R-GT Concept yang akan mulai digunakan pada ajang balap Super GT Series tahun 2024. Calon mobil balap terbaru dari Honda ini diperkenalkan untuk pertama kali di dunia pada ajang Tokyo Auto Salon 2023 lalu.

Calon mobil balap terbaru dari Honda ini berhasil mendapat sambutan yang sangat baik dimana mobil ini berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi “Concept Car Category Grand Prize” di acara Tokyo International Custom Car Contest 2023 pada ajang Tokyo Auto Salon 2023 lalu.

Calon mobil balap terbaru dari Honda ini akan dikembangkan oleh Honda Racing Co., Ltd (HRC). Untuk pertama kalinya, model Type R akan digunakan oleh Honda di ajang balap Super GT Series tahun depan. mobil Honda Civic Type R-GT Concept dikembangkan dari model Honda Civic Type R generasi terbaru yang diperkenalkan pada semester kedua tahun 2022. Selain di ajang balap Super GT Series tahun 2024, Honda Civic Type R generasi terbaru juga akan mulai digunakan di ajang balap Touring Car Series (TCR) tahun 2023. Honda akan memperkenalkan generasi terbaru Honda Civic TCR untuk digunakan di ajang balap FIA World Touring Car Cup (WTCR) 2023.

Koji Watanabe, President dan CEO HRC mengatakan “Kami dengan bangga untuk pertama kalinya menggunakan brand Type R untuk calon mobil balap terbaru kami yaitu Honda Honda Civic Type R-GT Concept yang akan mulai digunakan di ajang balap Super GT Series tahun 2024. Kami juga sangat berterima kasih dimana calon mobil balap terbaru kami ini berhasil mendapat penghargaan bergengsi di ajang Tokyo Auto Salon 2023 ini”.

Pada awal tahun 2023 ini, Honda melalui Honda Racing Co., Ltd (HRC). Juga telah mengumumkan program balap di tahun 2023 ini dimana Honda akan terus memperkuat operasional serta kapabilitas motorsport dengan terus berpartisipasi di berbagai kejuaraan ajang balap roda empat serta roda dua tingkat internasional.

Shinji Aoyama, Director and Senior Managing Executive Officer of Honda Motor co., Ltd. mengatakan, sejak didirikan, Honda tumbuh sebagai perusahaan dengan semangat balap dan telah mengembangkan sumber daya serta teknologinya melalui balap. “Racing spirit” Honda telah menjadi dasar komitmen Honda dalam mengejar mimpi dan meraih kemenangan. Dalam hal ini, motorsport merupakan perwujudan utama budaya perusahaan Honda. Pada tahun ini Honda akan terus memperkuat citranya dalam hal balap melalui berbagai aktivitas balap baik roda empat maupun roda dua di kancah internasional.

Untuk memenuhi harapan para penggemar motorsport dan penggemar Honda serta konsumen Honda di seluruh dunia, Honda akan terus mencurahkan energi untuk motorsport melalui HRC yang kini mengintegrasikan kegiatan balap motor dan mobil. Dengan perubahan ini, Honda akan menjadikan motorsport dengan tujuan untuk memantapkan diri sebagai merek balap yang lebih kuat, di mana Honda akan membangun fondasi yang kuat dan berkelanjutan sebagai bagian dari DNA Honda.

Di ajang balap Formula 1 pada musim 2023, Honda dan HRC masih akan mensuplai power unit Red Bull Powertrains (RBPT) untuk Red Bull Group yaitu tim Red Bull Racing dan juga Scuderia AlphaTauri di musim balap F1 tahun 2023 ini. Tim Red Bull Racing akan meluncurkan mobil balap terbarunya pada tanggal 3 Februari 2023 mendatang sementara tim Scuderia AlphaTauri pada tanggal 11 Februari 2023. Honda bersama tim Red Bull Racing telah meraih kesuksesan dengan meraih gelar juara dunia Formula 1 pada tahun 2021 dan 2022.

Selain itu, Honda akan terus mendukung bakat anak-anak muda asal Jepang yang mempunyai keinginan berjuang serta bersaing di kejuaraan balap mobil tingkat dunia melalui Honda Performance Development Academy Program. Honda bertekad untuk kembali meraih bibit pembalap unggul di ajang FIA Formula 2 Championship (F2) dimana Ayumu Iwasa akan kembali berlomba pada musim balap 2023 ini. Selain F2, Honda juga berharap dapat menjaring bibit pembalap unggulan dari balapan lainnya, mengikuti jejak Yuki Tsunoda yang berlaga di F1 bersama tim Scuderia AlphaTauri sejak tahun 2021.

Selain itu, Honda melalui Honda Performance Development (HPD) akan meneruskan partisipasinya di ajang balap IMSA SportsCar Championship dimana Honda menggunakan mobil balap Acura ARX-05 di kelas Daytona Prototype International (DPI) dan Acura NSX GT3 Evo di kelas GT Daytona (GTD Pro / GTD). Selain itu, Honda dan HPD juga masih akan memasok mesin balap Honda untuk 6 tim (total 17 mobil) yang akan berlaga di ajang balap IndyCar® Series tahun 2023 ini.

Di Jepang, Honda masih akan berpartisipasi di ajang balap Super GT dimana Honda bertekad untuk merebut kembali gelar juara di kelas GT500 dengan mengandalkan mobil balap Honda NSX-GT Type S. Selain ajang balap Super GT, Honda juga akan berupaya untuk mempertahankan prestasinya di ajang balap Japanese Super Formula Championship. Pada tahun 2022 lalu, Honda berhasil meraih gelar juara ganda di ajang balap tersebut lewat Tomoki Nojiri dan Team Mugen. (Rls)

Continue Reading

Event

Genap Dua Tahun, Vespa Benz Owners Selenggarakan Riding dan Kegiatan Sosial

Published

on

Monitorbogor.com – Vespa Benz Owners (VBO) sambut hari jadi yang kedua dengan Menyelenggarakan kegiatan konvoi dalam kota dan kegiatan sosial di panti asuhan Jakarta yang diikuti lebih 300 Vespa dari puluhan club & komunitas Vespa. Semangat berbagi bersama dan tetap memperhatikan kondisi sekitar dengan semboyan Berbagi Sesama, untuk Sesama” yang diselenggarakan di 2 (dua) Panti asuhan di Jakarta.

Kegiatan konvoi dalam kota dimulai dengan titik kumpul yang berlokasi di BURKEM (Bubur Ayam Kemang) Tamani Kids Café Jl Kemang Raya No. 5A, Jakarta Selatan dan finish di Masjid Baiturrahman Saharjo, Jakarta.

VBO menyelenggarakan aksi solidaritas sosial dalam bentuk penyaluran santunan dan makan bersama dengan anak-anak yatim panti asuhan Daarul Aitam yang berlokasi di KH. Mas Mansyur No.47, Tanah Abang, Jakarta Pusat dan di Masjid Baiturrahman Jl. Dr. Saharjo No. 100, Menteng Atas Jakarta Selatan.

Ajo, President VBO mengatakan, untuk membangun sebuah komunitas sangat diperlukan pondasi yang kuat agar terus berkibar dan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan. Lebih dari itu, VBO ingin mengajak kepada seluruh masyarakat, bahwa banyak hal positif yang dapat diambil di dunia otomotif. Maka dari itu, Kami juga sangat terbuka bagi para pegiat dan pecinta otomotif diluar sana khususnya yang memiliki Vespa maupun Mercedes-Benz untuk menjadi bagian dari keluarga besar VBO dan menjadi ‘Otomatis Ganteng’.

Komjen Pol. (Purn) Nanan Soekarna, Pembina VBO mengatakan, hari ini merupakan hari kedua yang bersejarah bagi kami, tepat dua tahun sudah VBO berdiri dengan landasan rasa solidaritas dan kekeluargaan. Kami juga berharap VBO tetap dapat menginspirasi masyarakat lainnya bahwa komunitas sepeda motor dan mobil dapat bersinergi bersama sekaligus membuktikan bahwa hobi otomotif sangat dapat memberikan dampak positif,”

Rony Arifudin, Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mengatakan, saya mewakili segenap keluarga besar PPMKI mengucapkan selamat ulang tahun untuk VBO yang kedua tahun, semoga VBO kedepannya semakin menjadi komunitas yang kuat dan kompak serta semakin guyub.

Acara kegiatan ini pun turut dihadiri oleh teman-teman komunitas Outsiders Indonesia, Vespa 60’s Jabodetabek, dan PIC (Piaggio ID Community). Pada akhir acara, kegiatan diisi dengan pembagian santunan oleh Ajo selaku President VBO dan ditutup dengan makan bersama anak-anak yatim panti asuhan. Sebagai wujud rasa syukur atas capaian VBO setelah dua tahun berdiri.

Seluruh rangkaian kegiatan perayaan hari jadi VBO sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan tertib mematuhi peraturan lalu lintas. (Rls)

Continue Reading

Event

Annual Risk Management Meeting 2023, Upaya Kementerian PUPR Tingkatkan Budaya Sadar Risiko

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka memperkuat budaya sadar risiko, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelenggarakan Annual Risk Management Meeting 2023 dengan tema “Penguatan Budaya Sadar Risiko” di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (12/1).

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, pelaksanaan Manajemen Risiko di Kementerian PUPR, khususnya di Direktorat Jenderal Cipta Karya berdasarkan pada PP Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Inntern Pemerintah, yang kemudian diturunkan dalam SE Menteri PUPR Nomor 04/SE/M/2021 Tahun 2021 tentang Pedoman Penerapan Manajemen Risiko di Kementerian PUPR.

“Manajemen Risiko ini dilakukan agar tujuan-tujuan dari pembangunan infrastruktur yang kita lakukan ini bisa tepat mutu, tepat waktu, tepat kualitas, tepat biaya, tepat administrasi serta tepat manfaat. Semua ini bisa terwujud tanpa terkendala permasalahan yang sebetulnya bisa kita cegah jika kita bisa mengidentifikasi dan juga bisa mengendalikan risiko-risiko tersebut,” terang Diana.

Diana juga menambahkan bahwa pada tahun 2023, implementasi manajemen risiko pada Direktorat Jenderal Cipta Karya akan berfokus pada integrasi dalam proses bisnis. Diana juga berharap para pejabat pimpinan tinggi madya maupun pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya harus paham terkait Manajemen Risiko dan sudah mulai menyadari dan mencatat risiko apa saja yang dihadapi dalam setiap pekerjaan. Kemudian, harus memikirkan pula pengendaliannya supaya risiko tersebut tidak berubah menjadi suatu permasalahan.

“Diharapkan jika kita telah menerapkan Manajemen Risiko ini dengan baik, permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada pekerjaan kita seperti misalnya keterlambatan pekerjaan oleh penyedia jasa, kemudian koordinasi dengan Kementerian/Lembaga lain yang kurang baik, hingga terjadinya fraud pada pekerjaan konstruksi dapat teratasi. Sehingga kita dapat fokus untuk berinovasi dan mencipatakan nilai-nilai baru bagi masyarakat,” jelas Diana.

Inspektur Jenderal T. Iskandar yang juga hadir dalam kegiatan ini mengingatkan kembali pesan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada seluruh insan PUPR terkait Manajemen Risiko yang merupakan bagian dari mitigasi risiko penyelenggaraan proyek, upaya pencegahan potensi risiko, sekaligus pemastian berjalannya proses bisnis Kementerian PUPR.

“Penerapan Manajemen Risiko sejatinya membantu organisasi untuk mencapai tujuan serta mencegah kejadian yang dapat mengganggu proses bisnis. Seluruh pegawai PUPR merupakan lini terdepan dalam pelaksanaan Manajemen Risiko sehingga sudah seharusnya seluruh pegawai memahami penerapannya,” jelas Iskandar.

Kegiatan Annual Risk Management Meeting 2023 ini bertujuan untuk melakukan internalisasi terhadap implementasi manajemen risiko TA. 2023, melaksanakan komunikasi dan konsultasi penyusunan Komitmen Manajemen Risiko UPR-T1 hingga UPR-T3, memberikan penghargaan kepada seluruh unit kerja, UPT, Satker Pelaksanaan, dan individu untuk implementasi Manajemen Risiko, serta melakukan penguatan peran Direktorat Kepatuhan Intern di Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Dalam kegiatan ini, disampaikan beberapa materi terkait dengan Manajemen Risiko oleh para narasumber yang merupakan praktisi Manajemen Risiko. “Budaya risiko mempengaruhi secara signifikan kemampuan organisasi untuk mengambil keputusan terkait risiko yang strategis dan memenuhi janji-janji kinerja. Pada tingkat ringan, hal itu akan menghambat pencapaian tujuan strategis/taktis/operasional dari organisasi. Pada tingkat berat, bisa merusak reputasi/keuangan secara serius,” jelas Kepala BPKP Salamat Simanullang yang memaparkan materi terkait dengan “Strategi Penguatan Budaya Sadar Risiko pada Sektor Publik”.

Kemudian, Deputi Bidang Pencegahan KPK Herda Helmijaya yang juga menjadi narasumber dari materi “Strategi Nasional Pencegahan Korupsi: Manajemen Risiko sebagai Bagian Penguatan Reformasi Birokrasi” mengatakan, strategi nasional pencegahan korupsi merupakan arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan KLD dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan Aksi Pencegahan Korupsi (Aksi PK) di Indonesia.

“Timnas PK berkolaborasi dan bersinergi tidak hanya dengan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah, namun juga dengan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan Aksi Pencegahan Korupsi (Aksi PK), seperti organisasi perwakilan masyarakat (CSO), mitra pembangunan, akademisi, dan media,” tandas Herda.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pula Launching Profil Risiko IKN Bidang Cipta Karya dan Penghargaan Penerapan Manajemen Risiko UPR-T1, T2 dan T3. Turut hadir, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Staf Khusus Menteri PUPR Binsar Pandjaitan, serta para Pejabat Tinggi Pratama di Kementerian PUPR. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News6 hari ago

Indonesian Chef Association Rayakan HUT ke – 16 Bersama UMN

Bisniscorner.com – Indonesian Chef Association (ICA) merayakan ulang tahun ke-16 sekaligus Indonesian Chef Day bersama program studi Perhotelan Universitas Multimedia...

Breaking News2 minggu ago

Gunakan Tipografi Nulshock, Inilah Karakter, Filosofi, dan Arti Logo HUT ke-3 JMSI

Bisniscorner.com — Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) meluncurkan logo ulang tahun ketiga yang dimodifikasi dari tipografi dasar...

Breaking News2 minggu ago

Iwan Sakri Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua IOF Pengda DKI Jakarta 2023-2027

Bisniscorner.com – Iwan Sakri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengurus Daerah DKI Jakarta periode 2023-2027 dalam...

Breaking News3 minggu ago

Topping Off IMS GBK, Presiden Jokowi: Arena Tertutup Multifungsi Terbesar di Indonesia

Bisniscorner.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Badan...

Breaking News3 minggu ago

Tingkatkan Pasokan Air Baku dan Irigasi di Jawa Tengah, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Jragung Rampung Tahun Depan

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyelesaian pembangunan 61 bendungan hingga tahun 2024 untuk tambahan...

Breaking News3 minggu ago

Bupati Lebak: Kehadiran JMSI Doronng Pembangunan di Kabupaten Lebak

Bisniscorner.com — Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) hadir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak sekadar untuk meramaikan...

Trending