Connect with us

Gaya Hidup

Layanan ICIR Eka Hospital Jadi Destinasi Pengobatan Kemoterapi Kanker Darah

Published

on

Bisniscorner.com – Eka Hospital hadirkan Immunocompromised Isolation Room (ICIR) untuk memastikan keamanan pasien kanker darah (leukimia) yang sedang dalam kemoterapi untuk pengobatan agresif. ICIR merupakan ruangan isolasi steril bertekanan positif yang dirancang khusus untuk proses pengobatan kemoterapi pada pasien kanker darah, sehingga menghindari risiko infeksi dari virus, bakteri dan jamur. Penggunaan ruangan ICIR dapat membantu pasien terhindar dari risiko terkena infeksi penyakit lain disaat tubuh sedang rentan setelah proses kemoterapi.

Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group drg. Rina Setiawati menjelaskan bahwa ruangan ICIR ini menjadi salah satu layanan yang dibutuhkan ketika seseorang sedang mengalami pengobatan kanker darah. Ruang ICIR tak hanya bagi pasien yang melakukan kemoterapi saja, tapi bisa digunakan untuk ruang transplantasi. “Perbedaannya dengan ruang isolasi pada umumnya adalah ini merupakan ruangan untuk imunitas menurun bagi pasien yang melakukan kemoterapi, jadi ruangannya khusus dan benar-benar steril” ujar drg. Rina

Chairman Eka Tjipta Widjaja Cancer Center (ETWCC) Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk., M.Epid., MARS juga menjelaskan dalam press conference bahwa sebagai pusat layanan kanker, kedepannya ETWCC akan terus menggunakan teknologi modern dan canggih serta alat-alat yang komprehensif dalam prosedur penanganan kesembuhan pasien kanker dimulai dari pendeteksian awal seperti pemeriksaan Patologi Anatomi (PA) dengan hasil same day yang akan mempercepat diagnosis kanker. Selain itu penggunaan Positron Emission Tomography (PET) Scan dan Genetic Testing guna menambah validitas deteksi sel kanker pada tubuh.

Pelayanan terpadu kanker darah bagi pasien yang termasuk dalam tiga kelompok besar kanker darah seperti Leukemia, Limfoma dan Multiple Myeloma juga tersedia di Eka Hospital. Sulit dan mahalnya penanganan kanker darah menyebabkan tidak semua rumah sakit di Indonesia, bahkan di kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Jakarta, mampu melakukannya. Namun, Eka Hospital menyediakan pelayanan terpadu dengan sarana dan prasarana yang canggih serta tim dokter yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan tergabung dalam Multi Disciplinary Team (MDT) yang solid dengan SDM yang profesional.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik DR. dr. Cosphiadi Irawan mengatakan bahwa pasien kanker darah dengan kemoterapi agresif dirawat

 di ruang perawatan ICIR ini guna menghindari risiko terjadinya infeksi virus, bakteri dan jamur karena kemoterapi agresif dapat menurunkan sistem imunitas tubuh.

Sebagai ruangan isolasi bagi pasien kanker darah dan untuk transplantasi, ICIR dilengkapi penyaringan udara bertekanan positif dengan menggunakan HEPA Filter, sehingga menghasilkan kualitas udara dan ruangan dengan partikel kuman patogen yang rendah sesuai standar baku dari Kementrian Kesehatan. Selain itu, ruangan ini juga dilengkapi dengan sistem tata udara yang dapat menjamin sterilitas ruangan dengan mekanisme proses pemanasan (Heating), ventilasi (Ventilation), dan penyejuk udara (Air Conditioning) atau yang biasa disebut dengan HVAC.

Selama perawatan intensif di dalam ICIR, pasien akan mendapatkan pemantauan ketat. Pasien akan menjalani persiapan perawatan, meliputi pemeriksaan penunjang dan konsultasi dokter spesialis terkait untuk memastikan tidak adanya infeksi.

Pemeriksaan darah, pemberian obat dan cairan intravena, kebersihan tubuh, latihan dan peregangan tubuh rutin dilakukan selama perawatan, serta akan dilakukan transfusi darah bila diperlukan. Selain itu, sebagai wujud meningkatkan layanannya terutama bagi pasien kanker, kedepannya Eka Hospital akan menghadirkan terapi proton, yakni terapi radiasi eksternal menggunakan proton berenergi tinggi untuk mengecilkan tumor dan membunuh sel kanker.

Terapi proton merupakan penanganan pasien kanker dalam mengurangi efek samping yang umumnya dialami pada radioterapi konvensional. Sistem ini bekerja dengan cara menembakkan sinar proton tepat di lokasi tumor, di mana partikel ini melepaskan energinya tanpa mengenai anggota tubuh lainnya. Dibandingkan dengan metode-metode pengobatan lain, seperti kemoterapi atau bahkan operasi pengangkatan kanker, terapi proton jauh lebih aman dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien selama terapi radiasi dijalankan.

Drg. Rina Setiawati menambahkan bahwa dengan kelengkapan alat dan teknologi yang nantinya dimiliki oleh ETWCC, Eka Hospital Group siap membantu pasien Indonesia untuk berobat di dalam negeri sehingga Eka Hospital turut menekan laju pasien ke luar negeri. (Red)

Gaya Hidup

Pentingnya Asuransi Jiwa Kredit Bagi Debitur KPR

Published

on

Bisniscorner.com – Tempat tinggal adalah kebutuhan primer. Namun, memiliki rumah pribadi masih dianggap kendala karena harga properti tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan. Ketiadaan rumah yang terjangkau membuat sebagian orang terpaksa mengontrak atau menumpang tinggal di rumah keluarga sehingga sangat sulit untuk menggapai impian memiliki rumah sendiri. Ada juga yang berpikir untuk memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) karena tidak memungkinkan mendanai secara tunai, selama skema yang ditawarkan masih sesuai kemampuan beli maka KPR masih menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri.

Jika ingin mendapatkan pinjaman KPR bank maka pastikan Anda memiliki Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang bersih dan segera siapkan sejumlah persyaratan administrasi kependudukan dan syarat finansial seperti uang muka dan berbagai biaya lainnya. Kemudian, jangan lupa hitung suku bunga dan jangka waktu pinjaman karena KPR merupakan pendanaan jangka panjang sehingga penuh risiko.

Bagi Anda yang berencana mengambil pendanaan KPR untuk tempat tinggal atau investasi, President Director Sequis Financial Edisjah mengingatkan untuk memperhitungkan kemungkinan terjadinya gagal bayar jika debitur meninggal dunia. Antisipasinya dapat dilakukan dengan melengkapi rencana KPR dengan Asuransi Jiwa Kredit (AJK). Meminimalkan risiko gagal kredit kepemilikan rumah dengan AJK dimaksudkan agar aset rumah yang sedang kita cicil dapat tetap menjadi milik keluarga bilamana sang pencari nafkah sebagai debitur meninggal dunia dan mencegah terjadinya risiko kesulitan finansial bagi keluarga sebagai Ahli Waris akibat kewajiban melunasi sisa cicilan.

Saat kredit terancam macet karena terjadi risiko gagal bayar akibat keluarga tidak mampu membayar sisa cicilan maka rumah akan disita oleh pihak bank. Nama keluarga debitur juga berpotensi masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia (blacklist). Hal ini tentu menambah kesulitan keluarga karena akan sulit mendapatkan pinjaman bank pada masa mendatang. Padahal sejatinya, nasabah mengambil KPR untuk menyediakan kesejahteraan dan aset bagi keluarga.               

“AJK berguna sebagai alat lindung nilai dari risiko kewajiban bagi Ahli Waris yang harus melunasi sisa cicilan KPR jika debitur meninggal dunia selama masa tenor. Sequis Finansial sebagai perusahaan asuransi penyedia AJK akan memberikan perlindungan kepemilikan aset nasabah yang dibiayai dari pinjaman bank partner berupa manfaat pelunasan sisa pinjaman yang diberikan dengan cara sekaligus (lumpsum) sebesar sisa pinjaman dan sesuai spesifikasi produk jika Tertanggung meninggal dunia dalam Masa Pertanggungan Asuransi (MPP) bilamana terjadi risiko gagal bayar karena kematian debitur. Dengan demikian hunian atau rumah tersebut dapat dimiliki oleh keluarga nasabah,” sebut Edisjah.

Sequis Finansial berkomitmen menyediakan AJK dengan premi terjangkau bagi nasabah mitra perbankan. Adapun mitra perbankan dari Sequis Finansial yang menyediakan AJK diantaranya Bank Permata, Bank UOB, Bank Mayora, dan Bank MAS. Tahun 2023 Sequis Financial menargetkan bisnis AJK dapat bertumbuh di atas  200% dan masih diyakini oleh perusahaan dapat mendongkrak Pendapatan Premi perusahaan pada tahun 2023. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

MAKUKU SAP Diaper Slim Care, Popok Teknologi Inti SAP dengan Super Tipis 1.6mm dan Super Nyerap

Published

on

Bisniscorner.com – Ruam popok terjadi pada sekitar 50% bayi, dan menyumbang sekitar 25% kunjungan ke dokter umum terkait keluhan dermatologis pada tahun pertama kehidupan si Kecil.[1] Biasanya, ruam popok dapat disembuhkan dalam waktu 2-4 hari dengan perawatan yang tepat. Namun, dapat pula menjadi lebih sering terjadi jika tidak diantisipasi sejak awal. Insiden puncak dari ruam popok adalah sekitar usia 9 hingga 12 bulan si Kecil.

Oleh karena itu, Ibu perlu memperhatikan pemilihan popok yang cocok untuk Si Kecil. MAKUKU, sebagai brand yang berkomitmen mendukung Ibu dan Si Kecil, MAKUKU meluncurkan MAKUKU SAP Diaper Slim Care  sebagai popok anti gumpal, mengunci cairan serta ketebalan popok hanya 1,6mm yang super tipis super nyerap dengan teknologi inti struktur SAP dan permukaan yang hexagonal.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, area yang ditutupi popok juga berisiko karena kondisinya hangat dan lembap, menjadikannya sebagai tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri dan jamur. Ruam ini dapat ditemukan di dalam lipatan kulit seperti titik-titik merah tersebar di sekitar lipatan, termasuk di area pinggang si Kecil.Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memperhatikan pemilihan popok yang cocok untuk Si Kecil.

Popok dengan teknologi daya serap tinggi dan merata dapat mengurangi tingkat kelembapan pada popok yang dapat memengaruhi perubahan pH kulit si Kecil. MAKUKU sebagai brand yang berfokus pada masalah ruam popok bayi, melalui keunggulan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) meluncurkan MAKUKU SAP Diapers Slim Care sebagai popok yang mampu mengurangi risiko ruam popok bayi sejak dini. Inti struktur SAP memiliki daya serap yang tinggi dan mampu mengunci cairan sehingga popok tetap kering dan tidak bocor. MAKUKU SAP Diapers Slim Care memiliki daya tampung sebesar 450ml dengan daya serap yang cepat dan cairan yang menyerap tersebar secara merata.

CEO MAKUKU, Jason Lee menyampaikan, sejalan dengan tagline MAKUKU “Takut Ruam Popok Pakai MAKUKU”, MAKUKU senantiasa berinovasi melalui teknologi produk, sehingga kecemasan Ibu terhadap ruam popok terjawab dengan solusi yang baik melalui MAKUKU SAP Diapers Slim Care. Inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim Care tidak menjadikan popok menggumpal pada satu titik, sehingga penyerapan cairan lebih merata dan menjaga permukaan tetap kering. Lapisan permukaan penyerapan MAKUKU SAP Diapers Slim Care juga memiliki bentuk struktur 3D hexagonal sehingga mengurangi frekuensi kontak langsung popok dengan kulit. Dengan permukaan yang berongga dan berstruktur 3D ini akan mengurangi gesekan popok dan sirkulasi udara tetap terjaga selama pemakaian popok. Teknologi ini efektif mengurangi ruam merah yang sering dialami oleh si Kecil.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, meskipun teknologi yang dimiliki oleh MAKUKU SAP Diapers Slim Care tinggi, namun hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenis. Ibu tidak perlu khawatir si Kecil tidak nyaman saat menggunakan popok, karena MAKUKU SAP Diaper Slim Care memiliki ketebalan hanya 1,6mm dan terdapat teknologi heat-press side pada bagian pinggang sehingga lebih elastis dan tidak terputus serta mempermudah Ibu saat mengganti popok. Selain itu, terdapat fitur u shape belly button pada popok newborn untuk mengurangi gesekan langsung dengan tali pusar. Beberapa kelebihan ini telah menjawab solusi dari ruam popok yang dialami oleh si Kecil, terutama di awal kelahirannya.

Selain itu, popok MAKUKU SAP Diapers Slim Care juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya yang tidak kalah canggih, diantaranya:

● Struktur 3D: Lapisan permukaan dengan tekstur hexagonal dapat mengurangi kontak dengan kulit.

● Permukaan rongga udara: menghilangkan lembab adanya pertukaran udara bagian bawah dan  memungkinkan udara segar masuk.

● Bahan inti samping: memiliki lebih banyak area penyerapan dan mengurangi risiko kebocoran samping.

● Tape pembuangan: Tape pembuang ini memudahkan orang tua saat membuang popok dan kotoran pada popok tidak berantakan saat dibuang.

● Indikator Urine: memudahkan untuk mengetahui apakah popok si kecil sudah penuh atau belum dengan perubahan warna dari kuning ke biru.

MAKUKU SAP Diapers Slim Care kini hadir dalam tipe celana (ukuran M, L, XL, XXL) dengan harga Rp. 82.900,00. MAKUKU SAP Diapers Slim Care tersedia di Superindo, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON, Transmart, dan Diamond Supermarket atau bagi yang lebih nyaman berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

L’Oréal Paris Meluncurkan Perawatan Rambut Inovatif Berbasis Hyaluronic Acid

Published

on

Bisniscorner.com – L’Oréal Paris – brand kecantikan #1 di dunia – mengadakan acara peluncuran The Hyaluronic Lab by L’Oréal Paris di Mal Gandaria City. Dengan konsep kreatif yang terinspirasi dari image Parisian Beauty, acara ini dirancang untuk melibatkan para beauty enthusiast yang ingin mengenal lebih dekat dunia kecantikan L’Oréal Paris dan menggali wawasan di balik inovasi L’Oréal Paris yang sangat sukses, serta mengajak mengenal lebih dalam perpaduan formulasi unik Hyaluronic Acid dari L’Oréal Paris yang membuat produknya sangat disukai oleh konsumen di Indonesia.

Melanjutkan kesuksesan rangkaian perawatan kulit Revitalift Hyaluronic Acid dari L’Oréal Paris, pada kesempatan ini L’Oréal Paris juga meluncurkan inovasi baru dalam perawatan rambut L’Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture Series – yang akan menjadi rangkaian perawatan rambut terlengkap dengan produk andalannya: L’Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture Night Cream – krim rambut malam hari tanpa bilas pertama di Indonesia.

Ceren Hepyalniz, Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia mengatakan, pilihan Hyaluronic Acid sebagai bahan pelembab telah mengguncang industri kecantikan, memicu lahirnya berbagai inovasi. Dengan begitu banyak pilihan produk di pasaran, L’Oréal Paris harus memastikan bahwa produk yang kami kembangkan menetapkan standar yang tinggi untuk memberikan hasil yang efektif. Menggunakan kemampuan riset L’Oréal yang telah diakui,  kami mengidentifikasi bahwa perpaduan spesifik Makro dan Mikro Hyaluronic Acid menawarkan keampuhan dan keefektifan yang paling memuaskan. Perpaduan Makro dan Mikro Hyaluronic Acid yang eksklusif ini pertama kali diperkenalkan dua tahun lalu dalam rangkaian perawatan kulit L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid dan sejak itu telah menjadi rangkaian produk L’Oréal Paris yang paling sukses baik di skala global maupun lokal di Indonesia.

Rikka Anggitha, Brand Business Leader untuk Skincare L’Oréal Paris Indonesia menjelaskan, terjualnya 1 botol L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid setiap menit di Indonesia merupakan bukti akan tingginya permintaan produk ini secara global dan lokal. Untuk melengkapi rangkaian perawatan kulit L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid, tahun lalu kami meluncurkan L’Oreal Paris Triple Roller 2.5% [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum dengan  inovasi aplikator triple roller dan kombinasi optimal Hyaluron 2.5% dan kafein yang dapat membantu mengurangi garis halus di area mata dalam 2 minggu. Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift mewakili  inovasi canggih berbasis sains dari L’Oréal Paris untuk menampilkan kecantikan semua perempuan, bagi semua perempuan.

Popularitas Hyaluronic Acid sebagai produk must-have bagi para beauty enthusiast terus meningkat ketika para beauty insiders mulai mengikuti tren viral memakai serum Hyaluronic Acid pada rambut, dan memberikan banyak testimoni  atas keefektifannya untuk melembabkan rambut kering dan membuat rambut lebih lembut. 

dr. Tisha Dionetta memberikan penjelasan bahwa seperti hal nya pada kulit, Hyaluronic Acid bekerja sama efektifnya pada rambut, “Sifat utama Hyaluronic Acid, atau Makro Hyaluronic Acid terletak pada kemampuannya mengikat hingga 1000x berat air pada kulit dan batang rambut. Oleh karena itu, sangat baik untuk menggunakan Hyaluronic Acid pada rambut kering terlepas dari apapun penyebabnya,  baik itu yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, paparan udara kering dari AC, pewarnaan rambut, pengeritingan, pelurusan, pada rambut gelombang maupun keriting. Efektivitas kandungan Hyaluronic Acid akan  meningkat ketika Makro Hyaluronic Acid dikombinasikan dengan Mikro Hyaluronic Acid karena Mikro Hyaluronic Acid memberikan penetrasi lebih dalam ke lapisan kulit atau batang rambut sehingga semua manfaat Hyaluronic Acid diserap lebih efisien oleh lapisan kulit yang lebih dalam dan juga batang rambut untuk memberikan pemulihan yang lebih baik pada rambut,” terangnya.

Deddy Lukmanda, Brand Business Leader of Haircare and Make up L’Oréal Paris berkomentar, rambut kering adalah salah satu masalah utama konsumen kami. Konsumer seringkali harus mencoba bermacam-macam produk yang belum tentu memuaskan hasilnya. Rata-rata orang Indonesia mengalami rambut kering yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup, dikeriting atau diwarnai, atau kondisi pekerjaan yang mengharuskan mereka berada di outdoor atau di dalam ruangan ber-AC sepanjang hari. Itulah mengapa L’Oréal Paris meluncurkan rangkaian perawatan rambut inovatif ini, menggunakan bahan Hyaluronic Acid yang sama dengan dengan skincare kami yang viral dan telah terbukti efektivitasnya. Rangkaian perawatan rambut L’Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture adalah satu-satunya brand perawatan rambut kering yang memiliki  krim malam  tanpa bilas – Hydra Filling Night Cream – yang dapat memberikan hidrasi 4x lebih banyak. Wajib dimiliki untuk merawat rambut kering, karena proses restorasi rambut justru terjadi ketika kita tidur di malam hari.

Rangkaian L’Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture terdiri dari 3 produk yaitu Shampo serta Kondisioner yang dapat mengunci kelembaban dari akar sampai ujung rambut hingga 72 jam dan Hydra Filling Night Cream – satu-satunya produk krim malam tanpa bilas di Indonesia yang secara alami dapat mengunci kelembaban, melembutkan rambut 4x lebih baik, membuat rambut terurai indah dan tidak lepek.

Sebagai brand yang dikenal dunia oleh karena misinya untuk mendukung pemberdayaan perempuan, Ceren Hepyalniz berkomentar mengenai pentingnya mengajak perempuan untuk menemukan nilai diri mereka dan terus membangunnya dengan kecantikan, “Because You’re Worth It”  bukan sekedar ucapan untuk meyakinkan perempuan bahwa mereka berharga. Lebih dari itu, “Because You’re Worth It” adalah bentuk dukungan bagi semua perempuan untuk selalu percaya diri selagi mereka meraih tiap kesempatan, menuai prestasi baru, dan melangkah semakin dekat menuju kesuksesan yang mereka bebas artikan sendiri.”

Cinta Laura, Brand Ambassador and Spokesperson L’Oréal Paris, berkomentar, saya kagum dengan komitmen L’Oréal  Paris untuk selalu mengingatkan dan memberdayakan wanita untuk menemukan harga dirinya”. Untuk menyebarkan pesan ini, L’Oréal Paris memperkenalkan Putri Marino, Enzy Storia, dan Eva Celia sebagai L’Oréal Paris Worth It Squad. Bersama Cinta Laura, mereka akan menginspirasi dan memberdayakan wanita Indonesia untuk mengenali harga diri mereka yang sebenarnya.

Ceren mengakhiri, kami berharap konsumen kami akan merasa terinspirasi untuk menemukan kecantikan dari dalam diri masing-masing berdasarkan standar yang mereka terapkan untuk diri mereka sendiri. Inilah definisi kecantikan yang berbeda dari L’Oréal Paris.

The Hyaluronic Lab by L’Oréal Paris dibuka untuk umum mulai tanggal 26 Januari – 5 Februari 2023. Pada event ini akan ada spesial promosi pada rangkaian Revitalift Hyaluronic Acid dan L’Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture baru yang ditawarkan secara eksklusif. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News14 jam ago

Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Huntap di Sulawesi Tengah, Ditargetkan Selesai Desember 2023

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi disertai tsunami...

Breaking News4 hari ago

Promosikan World Water Forum ke-10 Bali, Indonesia Gelar Pameran di Kantor Pusat PBB, New York

Bisniscorner.com  – Menyongsong pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Indonesia pada 2024 mendatang, Pemerintah Indonesia bersama World Water...

Breaking News5 hari ago

Dukung Zakat Sejahterakan Umat, Menteri Basuki Terima Penghargaan Baznas Award 2023

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award 2023...

Breaking News6 hari ago

Komitmen Kerja Sama Bangun IKN, Kementerian PUPR Dampingi Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Tinjau Lokasi IKN

Bisniscorner.com  – Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-Ryong didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan...

Breaking News1 minggu ago

Pasok Kebutuhan Air Baku di IKN, Kementerian PUPR Selesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku di 2023

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sungai Sepaku di...

Breaking News2 minggu ago

Sustainable Infrastructure Forum, Komitmen Kementerian PUPR Wujudkan Konstruksi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Indonesia Water Institute menyelenggarakan Sustainable Infrastructure Forum dengan tema “Komitmen...

Trending