Connect with us

Gaya Hidup

Ini Dia, Cara Tetap Nyaman Berpuasa bagi Penderita Maag dan GERD

Published

on

Serpongupdate.com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti bagi umat Muslim seluruh dunia. Saat ini pula seluruh umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa, yang berarti menahan hawa nafsu termasuk untuk makan dan minum.

Banyak isu bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti maag maupun GERD dapat mengganggu jalannya ibadah puasa. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam).

Sedangkan penyakit maag dalam dunia kedokteran disebut sebagai dispepsia/gastritis, yakni penyakit akibat peradangan di dinding lambung. Kondisi ini biasanya ditandai nyeri pada ulu hati. Dua gangguan kesehatan ini tentu akan mengganggu bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa, karena berkaitan dengan sistem cerna dan pengaturan jadwal makan yang berubah.

Lalu, bagaimana dengan orang dengan penyakit maag ataupun GERD dalam menjalankan ibadah puasa? Tenang saja, berikut adalah tips nyaman melakukan puasa bagi penderita maag juga GERD:

1.Jangan makan berlebihan saat sahur dan berbuka

Makanlah secara perlahan dan secukupnya, karena makan makanan dalam jumlah banyak dan berlebih dalam satu waktu dapat membuat lambung bekerja keras. Hindari konsumsi makanan yang mengandung asam, pedas, serta bersantan karena akan merangsang asam lambung keluar lebih banyak. Selain itu kurangi juga makan makanan yang banyak mengandung gas seperti kubis/ kol, sawi, nangka. Serta hindari pula minuman berkafein seperti kopi, teh juga minuman bersoda.

2.Konsumsi makan ringan saat mengawali berbuka puasa

Tidak makan dan minum selama satu hari membuat perut lapar dan kosong tentunya kondisi ini membuat kita tidak sabar untuk langsung makan besar sebagai “balas dendam” namun itu merupakan tindakan yang salah. Lambung memerlukan penyesuaian terlebih dahulu secara perlahan sehingga tidak kaget. Maka dari itu saat berbuka, awali dengan konsumsi makanan ringan, setelah itu lanjutkan dengan makan besar. Setelahnya cukup konsumsi camilan ringan dan sehat seperti pisang atau biskuit.

3.Makanlah secara perlahan 

Makanlah secara perlahan dan hindari makan sembari mengobrol. Makan yang terlalu cepat apalagi sambil berbicara menyebabkan banyak udara masuk ke saluran cerna dan memicu sakit maag.

4.Hindari tidur setelah makan

Perilaku ini biasanya dilakukan setelah makan sahur. Setelah makan sebaiknya tidak langsung tidur, hal ini akan membuat tekanan dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan. Disarankan jika ingin tidur, 1-2 jam setelah makan sahur atau buka puasa. Jika terpaksa harus tidur setelah makan, maka posisi tidur sebaiknya dalam posisi setengah duduk sehingga mengurangi kemungkinan refluks asam lambung.

5.Kendalikan emosi

Selain karena saat sedang menjalankan ibadah puasa, pengendalian emosi ini juga dapat menurunkan tingkat stress dengan cara yang positif dan baik seperti istirahat sejenak jika lelah serta lakukan teknik relaksasi ataupun latihan pernapasan.

Bagi yang memiliki gangguan kesehatan maag atau GERD yang akut tentunya akan mengubah waktu dalam konsumsi obat-obatan. Hal ini bisa disiasati agar tidak kambuh dengan mengkonsumsi obat pereda maag mendekati waktu imsak, sesaat setelah berbuka puasa serta sebelum tidur. Dengan mengkonsumsi obat secara rutin dan memperhatikan segala makanan yang dikonsumsi beserta polanya, diharapkan puasa yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. Jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam guna mendapatkan pemeriksaan medis yang tepat.

by : Dr. Dedy Sudrajat, SpPD-KGEH, Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD

Gaya Hidup

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa

Published

on

Bisniscorner.com – Bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat Islam berpuasa selama sebulan penuh. Meski memiliki banyak manfaat seperti menjaga kadar gula darah, berat badan, dan tekanan darah, berpuasa juga dapat menyebabkan gangguan mulut dan gigi. Salah satunya bau napas tidak sedap.

Sebenarnya ini bau napas tidak sedap ini merupakan suatu hal yang alami. Saat puasa aliran air liur berkurang akibat tidak ada makanan dan air yang masuk melalui mulut. Akibatnya mulut menjadi kering dan bakteri tumbuh berkali-kali lebih cepat sehingga menimbulkan bau mulut. Untungnya hal ini dapat ditangani dengan mudah lewat cara berikut.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Sikat gigi Anda selama 2-3 menit dengan pasta gigi berfluoride setelah sahur dan berbuka saat sebelum tidur untuk mengurangi penumpukan plak. Menyikat gigi membantu menghilangkan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan napas tidak sedap.

2. Gunakan benang gigi

Jangan lupa membersihkan gigi setiap hari dengan alat antara gigi seperti benang gigi. Selain dapat menghilangkan sisa makanan dan plak dari tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sikat gigi Anda, benang gigi juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit gusi.

3. Bersihkan lidah

Nah ini sangat penting ya. Karena permukaan lidah kita itu seperti handuk, maka plak akan banyak terperangkap disitu. Agar mulut tetap sehat dan segar, gunakan alat pembersih lidah secara teratur, atau anda dapat menggunakan sikat gigi anda juga. Cara ini dapat mencegah napas bau akibat bakteri yang menumpuk di lidah.

4. Hindari makanan berbau tajam

Agar napas tidak bau, saat berbuka atau sahur hindari makanan seperti bawang, bawang putih, dan rempah-rempah. Makanan ini dapat meninggalkan aroma yang tidak sedap di mulut.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat dapat membantu menjaga keseimbangan flora normal mulut kita juga ya.

5. Minum banyak air

Saat jam buka hingga sahur minumlah banyak air agar mengeluarkan untuk melembapkan mukosa (kulit bagian dalam mulut) sehingga tidak cepat terasa kering ya. Usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air antara berbuka dan sahur untuk menjaga mulut tetap terhidrasi.

6. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis dapat menyebabkan napas tidak sedap dengan merangsang pertumbuhan bakteri.

7. Gunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur tanpa alkohol dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan napas tidak sedap. Jangan juga gunakan obat kumur yang memberikan sensasi terbakar atau pedas menyengat karena dapat membuat mulut terasa kering. Gunakan obat kumur yang mengandung zat antibakteri seperti zinc, triclosan, dan cetylpyridinium klorida.

8. Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet bebas gula dapat merangsang aliran air liur, yang dapat membantu membersihkan bakteri di mulut Anda. Cari permen karet yang mengandung xylitol, karena telah terbukti mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut.

9. Berkumur dengan Air Garam atau air putih biasa

Berkumur dengan air dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat dan bilas mulut Anda selama 30 detik sebelum meludahkannya. Namun hati-hati tertelan di saat puasa ya

10. Hindari Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan napas tidak sedap tetapi juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Sebisa mungkin hindari merokok.

Itu dia berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi selama bulan puasa.

11. Periksa ke dokter gigi

Nah ini sangat penting ya, karena bila ada penyakit di dalam gigi dan mulut kita tentu membuat mulut kita menjadi bau. Yang paling simpel kita bisa melakukan pembersihan karang gigi atau scaling sebelum bulan puasa ya Bila mulut atau gigi mengalami gangguan, jangan ragu untuk datang langsung ke dokter gigi. (*)

Narasumber : Drg. Alexander Bryan- Dokter Gigi Eka Hospital BSD

Continue Reading

Gaya Hidup

Eudora Aesthetic Clinic Tawarkan Promo Ramadan untuk Kulit dan Tubuh Ideal

Published

on

Bisniscorner.com – Menjelang Lebaran, tentunya ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan seperti persiapan acara dan tentunya perawatan kulit & tubuh selama Ramadan. Merawat kulit dan tubuh menjadi salah satu kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan selama puasa.

Terdapat 3 cabang untuk Eudora Aesthetic Clinic area Jabodetabek, yakni terletak di Central Park Mall (Jakarta Barat), Summarecon Mall Serpong (Serpong), dan segera buka di Kemang Selatan Raya (Jakarta Selatan). Ketiga cabang tersebut menawarkan berbagai pilihan perawatan mulai dari kulit, tubuh, hingga rambut. Tak hanya itu, Eudora Clinic juga menawarkan banyak harga promo spesial dalam rangka bulan Ramadan.

Hanya dengan Rp88.000, Eudora menawarkan beberapa treatment best-seller untuk wajah, tubuh, dan hair removal khusus untuk warga Jabodetabek yang belum pernah melakukan treatment di Eudora. Selain itu, terdapat beberapa promo dan paket lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perawatan lainnya.

Eudora Aesthetic Clinic akan segera membuka cabang ke-10 nya di daerah Kemang yang diperkirakan buka di sekitar akhir Maret 2024 nanti. Dalam rangka menyambut acara Grand Opening Eudora Aesthetic Clinic Kemang, Eudora juga menjual voucher khusus.

Cukup dengan Rp580.000, customer sudah bisa mendapatkan 3 treatment antara lain: Pico Laser Face, DNA Salmon, dan Body Contouring serta gratis 1 produk Skincare dari Eudora Clinic. Promo ini hanya berlaku hingga acara Grand Opening Eudora Clinic cabang Kemang.

Dengan membuka cabang baru di daerah Kemang, harapan kami dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Jakarta dan sekitarnya dengan menghadirkan Eudora Clinic sebagai one stop solution untuk menjawab permasalahan kulit, tubuh, dan rambut pasien, ujar Brenda Cynthia Atmadja selaku PR & Digital Media Eudora Aesthetic Clinic.

Menurut Brenda, promo voucher Grand Opening Kemang tidak dapat dilewatkan karena harganya yang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp580.000, pasien sudah bisa mendapatkan treatment dokter yaitu Pico Laser & DNA Salmon. Selain itu, bisa berkonsultasi dengan dokter Eudora yang sudah profesional dan memiliki experience di bidang estetika, imbuh Brenda.

Eudora Aesthetic Clinic area Jabodetabek dapat dikunjungi di:

Eudora Aesthetic Clinic cabang Central Park Mall, Lantai 3 blok 107A (sebelah The Nail Shop), Jl. Letjen S. Parman No.Kavling 28, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

Eudora Aesthetic Clinic cabang Kemang, Jl Kemang Sel. Raya No 99B Lt 2, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12730

Eudora Aesthetic Clinic cabang Summarecon Mall Serpong, Lantai 1F blok 17D (sebelah Waxhaus), Kabupaten Tangerang, Banten 15810. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

Menemukan Kecantikan Sejati di Insta Beauty Center

Published

on

Bisniscorner.com – Kecantikan sejati berasal dari dalam hati, tetapi tidak ada salahnya jika kita memberikan sedikit sentuhan ekstra untuk menemukan kilau alami yang telah lama dicari.

“Di Insta Beauty Center, kami percaya bahwa kecantikan dan kepercayaan diri adalah hak setiap individu. Dengan lebih dari delapan tahun pengalaman dalam industri anti-aging dan perawatan kontur wajah, kami telah menjadi tempat berkumpul bagi ribuan individu yang mencari kecantikan yang sejati dan kepercayaan diri yang tak tergoyahkan,” papar dr. Rudy Adiputra, MARS, M.Biomed (AAM).

Didukung oleh tim ahli yang berpengalaman dan dipimpin oleh dr. Rudy Adiputra, MARS, M.Biomed (AAM), Insta Beauty Center telah membantu lebih dari 10,000 pasien untuk meraih impian kecantikan mereka. Dengan keberadaan empat cabang di Senopati, PIK, Serpong, dan Pasar Baru, Insta Beauty Center berkomitmen untuk menjaga standar kualitas kami agar setiap langkah perawatan yang Anda ambil adalah langkah menuju keindahan yang tak terbantahkan.

“Kami paham bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang unik, itulah sebabnya kami selalu berusaha untuk menyajikan yang terbaik. Menyambut bulan suci Ramadan dan perayaan Idulfitri 2024, Insta Beauty Center mempersembahkan rangkaian promosi istimewa yang dirancang khusus untuk memanjakan Anda,” ujarnya.

Dari Insta Body Shaping hingga Red Carpet Oxygen Facial, klinik kecantikan ini  menawarkan perawatan berkualitas dengan harga spesial yang menggoda. Mulai dari Rp300.000, Anda bisa mendapatkan perawatan Insta Body Shaping yang membentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal dengan bantuan teknologi terkini. Bagi yang ingin menghilangkan lemak membandel, layanan Meso Slim Injection tersedia dengan harga istimewa mulai dari Rp500.000. Dan bagi Anda yang menginginkan solusi cepat, Insta Fat Freeze hadir dengan harga spesial mulai dari Rp1.000.000.

Namun, kecantikan tidak hanya berada di dalam, tetapi juga pada kulit yang sehat dan berseri. Dapatkan kulit yang bersinar dan bebas komedo dengan Red Carpet Oxygen Facial, yang kini hanya dengan mulai dariRp400.000. Atau, coba Pico Laser dengan special price mulai dari Rp750.000 untuk mengatasi pigmentasi dan ketidakrataan warna kulit.

Promo Ramadan & Idul Fitri 2024 ini berlangsung mulai 1 Maret hingga 10 April 2024 di semua cabang Insta Beauty Center. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk memanjakan diri Anda dengan perawatan estetika unggulan. Jadikan momen ini sebagai langkah pertama Anda menuju transformasi kecantikan yang tanpa waktu pemulihan di Insta Beauty Center.

“Segera kunjungi cabang kami dan raih kecantikan yang Anda impikan. Bersama Insta Beauty Center, setiap langkah adalah langkah menuju keindahan yang abadi. Mari temukan kecantikan sejati bersama kami,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News11 jam ago

Masuk Top-Rated ESG Companies List untuk Regional Asia Pasifik, Sinar Mas Land Siap Memperkuat Komitmen Penerapan Prinsip ESG di 2024

Bisniscorner.com  – Perubahan iklim dan risiko kerusakan lingkungan hidup telah menjadi kekhawatiran utama bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Pengembangan bisnis...

Breaking News12 jam ago

Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan, Menteri Basuki Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun...

Breaking News1 hari ago

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran...

Breaking News2 hari ago

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 15 Ruas Inpres Jalan Daerah Sepanjang 147 km di Sulawesi Tengah

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan perbaikan 15 ruas...

Breaking News2 hari ago

BMKG Imbau Masyarakat Banten dan Jakarta Antisipasi Musim Kemarau Tahun 2024

Bisniscorner.com – Meskipun musim kemarau tahun 2024 tidak separah dibandingkan tahun 2023, pemerintah daerah dan masyarakat di Provinsi Banten dan...

Breaking News2 hari ago

Konsisten Terapkan Konsep Green Building, Sinar Mas Land Bersama Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia Gaungkan Bangunan Tanpa Emisi Karbon

Bisniscorner.com – Bertambahnya emisi gas rumah kaca di atmosfer secara terus menerus membuat panas matahari yang dipantulkan dari bumi kian...

Trending